37 Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

DosenSosiologi.Com– Istilah sosiologi pada awal kemunculannya berasal dari Bahasa Latin socius yang memiliki arti teman, dan logos dari Bahasa Yunani yang memiliki arti ilmu pengetahuan. Secara umum dua istilah tersebut menggabarkan bahwa sosiologi merupakan studi sistematik yang fokus kajian utamanya adalah masyarakat yang kemudian dikenal sosiologi sebagai ilmu masyarakat. Oleh karena itulah tulisan ini akan memberikan penjelasan mengenai pengertian sosiologi menurut para ahli.

Sosiologi

Sosiologi adalah studi sosial yang memberikan kajian beragam terhadap kelompok sosial (baca; pengertian kelompok sosial) serta berbagai konsekuensi dari kehidupan yang dilakukan manusia dalam bermasyarakat. Kajian sosiologi selain pada kelompok sosial juga memberikan penjelasan terhadap struktur sosial, interakasi sosial, perubahan sosial, dinamika penduduk, dan lembaga sosial yang keseluruhan kajian ini dikenal sebagai konsep dasar sosiologi.

Pengertian Sosiologi

Pengertian sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang memiliki kajian tentang berbagai pola interaksi manusia dengan manusia lainnya, baik  dilakukan dalam kelompok atau individu, yang timbul dari proses interaksi tersebut seperti hanya nilai, norma, dan kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus (ajeg).

Definisi sosiologi sebagai ilmu pengetahuan tentusaja tidak terlapas dari metode sosiologi yang dipergunakan untuk melakukan kajian empiris melalui penelitian yang dilakukan dalam wujud mengembangkan ilmu pengetahuan di dalam kehidupan bermasyarakat.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Definisi lainnya, dari pendapat teori sosiologi dan tokohnya, antara lain sebagai berikut;

Auguste Comte

Auguste Comte yang dikenal sebagai The Founding Father Of Sociology (Bapak Sosiologi) memeberi pengertian sosiologi sebagai fenomena sosial yang memiliki kemiripan karakteristik dengan fenomena alam (natural). Pemikiran Comte sebagai pendiri disiplin ilmu sosiologi ini pada akhirnya menjadi dasar utama di dalam mengawali perjalanan cabang ilmu sosisologi yang lainnya. Dalam menetapkan objek kajian sosiologi. Comte mengungkapkan bahwa masyarakat mengalami perkembangan melalui tahapan-tahapan teologis, metafisik dan positif.

Tahapan perkembangan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat tersebut dapat diidentifikasi dengan tahapan sederhana, transisional, dan masyarakat modern dan yang membedakan dari tahapan-tahapanya adalah rasionalitas pemikiran manusia dalam menentukan penyebab suatu peristiwa.

Max Weber

Definisi sosiologi adalah studi pengetahuan yang menjelasan tentang tindakan sosial dalam masyarakat. Tindakan ini sendiri didasari pada keinginan masyarakat untuk selalu beriterkasi dengan masyarakat lain, dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup yang sifatnya tidak terbatas.

Roucek dan Warren

Menurutnya, pengertian sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang memiliki fokus kajian pada hubungan sosial antar kehidupan manusia dengan kelompok sosial yang ada di lingkuangannya, dalam pandangannya manusia tidak bisa hidup sendiri sehingga memerlukan hubungan dengan manusia lainnya.

Pitirim A. Sorokin

Arti sosiologi adalah studi pengetahuan yang memberikan penjelasan terhadap hubungan sosial dan pengaruh timbal-baliknnya dalam hubungan sosial tersebut, termasuk dalam mengkaji tentang gejala sosial yang terjadi akibat hubungan masyarakat tersebut.

William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkoff

Pengertian sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang empiris karena selalu dilatarbelakangi pada metode penelitian sosial. Secara umum metode penelitian ini mampu memberikan kajian ilmiah terhadap interaksi sosial dan juga terbentuknya organisasi sosial dalam masyarakat.

A. A. Von Dorn dan C. J. Lammers

Pengertian sosiologi adalah studi pengetahuan yang memberikan kejelasan terhadap struktur sosial dan proses kehidupan dalam bermasyarakatan. pengertian struktur sosial ini kemudian dijebarkan kembali menjadi jenis stratifikasi sosial dan diferensiasi sosial yang termaktub di dalam kehidupan masyarakat.

Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Pengertian sosiologi adalah studi ilmu pengetahuan yang memberikan penjelasan tentang hubungan kemasyarakatan yang selalu berjalan dinamis, hubungan dinamis tersebut pada akhirnya akan memberikan kajian terhadap perubahan sosial. Selengkapnya, baca; “Perubahan Sosial” Pengertian, Proses, Teori, Bentuk, Faktor, dan Dampaknya

Hassan Shadily

Definisi sosiologi adalah ilmu kemasyarakat yang memberikan penjelasan tentang ikatan manusia satu dengan manusia yang lainnya, ikatan tersebut pada akhirnya mampu menguasai kehidupan secara menyeluruh baik dalam perubahannya, kepercayaan, dan keyakinan.

Paul B. Horton

Pengertian sosiologi adalah ilmu pengetahuan kemasyarakat yang fokus pada kajian kelompok dan produk yang dihasilkan dari hubungan kelompok tersebut. Dalam definisi ini Paul B. Horton lebih mengarahkan bahwa sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang menjelaskan tentang lembaga sosial, sepert politik, ekonomi, lembaga pendidikan, agama, dan lembaga hukum.

 Soerjono Soekanto

Pengertian sosiologi menurut Bapak Sosiologi Indonesia ini adalah studi pengetahuan yang memiliki fokus perhatian masyarakatan secara umum dan berusaha untuk bisa mendapatkan pola-pola kehidupan dalam masyarakat, agar dapat menghindari konflik sosial yang terjadi.

William Kornblum

Pengertian sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang bersifat ilmiah dalam melakukan kajian masyarakat dan perilaku sosial yang sesuai dengan keteraturan sosial dalam kehidupan masyarakat. Definisi ini secara khusus dilakukan kajian kepada kelompok dan kondisi masyarakat setempat.

Albion Woodbury Small

Pengertian sosiologi adalah studi pengetahuan yang memberikan penjelasan terhadap kepentingan sosial manusia di dalam menciptakan kehidupan bersama, serta membina hubungan manusia satu dengan yang lainnya lebih harmonis. Definisi ini sesuai dengan sejarah sosiologi yang lahir karena dimulai adanya konflik sosial di negara Prancis pada masa silam. Selengkapnya, baca; Sejarah Sosiologi [Awal-Akhir]

Nursid Sumaatmadja

Pengertian sosiologi adalah studi pengetahuan yang menjelaskan terhadap relasi sosial yang terjadi dalam, kehidupan manusia. Definisi ini berarti bahwa manusia adalah mahluk sosial yang aktif untuk terus bergerak dan menciptakan perubahan di dalam kehidupannya.

Emile Durkheim

Menurut Emile Durkheim, pengertian sosiologi adalah suatu studi pengetahuan yang menjelasakan tentang fakta sosial di setiap karakteritik individu, pengertian fakta sosial ini terdiri dari cara bertindak, perasaanda, berfikir. Sebagiman ia sendiri adalah tokoh pencetus teori fakta sosial dan seringkali sebagai landasan dalam menentukan paradigma fakta sosial.

George Simmel

Pengertian sosiologi adalah studi pengetahuan yang memberikan penjelasan terhadap fenomena khusus di dalam masyarakat. Penjelasan ini didapatkan dari analisis teoritis karena berdasarkan pada instrumen penelitian. Artinya dari kajian ini bisa dipertanggung jawabnkan untuk dipergunakan oleh masyarakat.

Ibnu Khaldun

Pengertian sosiologi oleh Ahli Islam ini adalah ilmu pengetahuan yang menjelaskan tentang solidaritas sosial melalui konsep ashabiyah. Yakni sebuah konsep yang menjelasakan bahwa manusia pada dasarnya memiliki kedekatan dan saling membuthkan satu dengan yang lainnya.

Mayor Polak

Pengertian sosiologi adalah studi empiris terhadap masyarakat yang dilakukan secara menyeluruhan, yaitu dilakukan untuk menjelasakan tentang hubungan sosial, terciptanya interaksi sosial, dan berkhir pada integrasi sosial. Hubungan sosial ini terbagi atas dua, yaitu formal dan hubungan sosial material.

Wright Mills

Arti sosiologi secara umum adalah studi mengenai masyarakat dan tindakan yang dilakukan oleh masyarakat, baik dilakukan dalam ukuran keluarga, ataupun tindakan yang dilakukan dalam ukuran pada lingkungan sosial yang dimilikinya .

Peter Barger

Pengertian sosiologi adalah studi mengenai wawasan atau pengetahuan yang menjelasakan tentang masalah sosial serta interaksi sosial yang ada dalam diri manusia dan lingkungannya. Definisi ini lebih singkat karena masalah sosial yang hadir pada dasarnya selalu dimulai dari interaksi soail yang diciptakan.

Hebert Spencer

Pengertian ilmu sosiologi adalah kajian pengetahuan yang memberi penjelasan terhadap susunan, proses sosial dalam masyarakat yang dianggap susunan dan proses adalah sistem sosial yang memberi pengaruh di dalam kehidupan manusia, secara menyeluruh.

Gillin

Pengertian sosiologi ialah ilmu pengetahuan yang menjelasakan tentang interaksi dalam kehidupan masyarakat. Interaksi ini dapat mengakibatkan perpecahan sosial atau hancurkan keteraturan sosial masyarakat akan tetapi dapat pula membentuk integrasi sosial (persatuan masyarakat).

Mr. J. Blerens De Haan

Pengertian sosiologi menurutnya, adalah studi pengetahuan yang memberikan penjelasan terhadap masyarakat, penjelasan ini khususnya dihadirkan dalam upaya melihat hakikat, susunan serta kodrat manusia yang saling membutuhkan satu sama lainnya.

Laster Frank Ward

Definisi sosiologi adalah studi terhadap pengetahuan masyarakat yang dialkukan dalam ruang penelitian sosial sebagai upaya menciptakan kemajuan dan pembangunan manusia secara menyeluruh. Dalam arti ini tentusaja menjelaskan bahwa sosiologi tidak akan terlepas dari penelitian sebagai syarat mutlak ilmu pengetahuan.

Vander Zanden

Pengertian sosiologi adalah studi ilmu yang memberikan pengajaran dan pembejaran tentang interaksi manusia di masyarakat. Interaksi ini menjadi fokus utama, alasannya karena dengan interaksi sosial sifat serta tabiat seseorang akan terlihat.

Ginsberg

Penulis buku sosiologi dengan judul “The Study of Society” ini mengungkapkan bahwa sosiologi adalah studi kajian masyarakat yang menjelaskan tentang aksi serta relasi manusia dan akibat dari aksi serta relasi tersebut dilakukannya.

Cuber

Pengertian sosiologi adalah studi pengetahuan masyarakat yang member batasan pada ruang lingkup hubungan sosial dan timbal-balik yan dihasilkan. Dalam definisi ini secara singkat menjelasakan bahwa sosiologi berfokus pada hubungan manusia.

Bierensdehan

Pengertian sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang menjelasakan secara jeas, terperinci, dan berdasarkan ada fakta mengenai pergaulan hidup pada manusia. Penjelasan ini lebih singkat, lantarn sosiologi dibatasi sebagai tatacara dalam pergaulan hidup.

Sorokin

Pengertian sosiologi adalah ilmu pengetauan yang memberikan kejelasan terhadap gejala sosial, adat, setrta kebudayaan dari dimensi umumnya. Sedangkan pada dimensi khusus sosiologi akan dibagi menjadi berbagai cabang atau dalam bentuk dimensi lain, misalnya dalam Atropologi yang menjelaskan tentang kebudayaan.

Dr. P.J. Bouman

Pengertian sosiologi adalah studi tentang masyarakat beradasarkan pada tindakan manusia melakukan interkasi sosial di lingkungan kelompoknya. Pengertian ini mengindikasikan bahwa sosiologi memiliki fokus pada interakasi sosial dan masyarakat.

Queen dan Repke

Pengertian sosiologi adalah studi pengetahuan yang memberikan penjelasan terhadap tatacara untuk menjalakan kehidupan kelompok yang lebih baik, kehidupan kelompok ini di dasari sebagai tindakan manusia yang membutuhkan orang lain.

Prof. Groenman

Pengertian sosiologi adalah studi kajian pengetahuan yang menjelasakan tentang prilaku serta tindakan dalam menyesuaikan pada lingkungannya. Baik dalam lingkungan penduduk, lingkungan masyarakat, ataupun dalam lingkungan alamnya.

H.P. Fairchild

Pengertian sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha dibentuk untuk mampu memecahkan masalah sosial secara fundamental. Dengan kajian-kajian berdasarkan teori empiris karena dibutuhkan metode penelitian dalam sosiologi.

Dari definisi atau pengertian sosiologi menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa sosiologi adalah disiplin ilmu yang senantiasa mengalami perkembangan, hal ini banyak disebabkan karena sosiologi mempelajari aktivitas sosial di masyarakat yang selalu mengalami mobilitas sosial, baik dalam proses sosial yang terjadi, dan dampak sosial yang ditimbulkannya.

Artikel Terkait, Sosiologi;

  1. Objek Kajian Sosiologi dan Contohnya
  2. 16 Fungsi dan Manfaat Sosiologi Secara Umum
  3. 4 Ciri-Ciri Sosiologi Sebagai Ilmu Beserta Contohnya

Sejalan dengan perkembangan ilmu sosiologi yang sangat dibutuhkan dalam studi masyarakat, maka sosiologi kembali dipersempit menjadi bidang-bidang, yang lebih dikenal dengan cabang-cabang ilmu sosiologi. Yang tentusaja memiliki fokus sendiri dalam bahasan dan penjelasannya.

Cabang-Cabang Ilmu Sosiologi

Beberapa cabang yang menjadi fokus dalam ilmu sosiologi, antara lain adalah sebagai berikut;

Sosiologi Industri

Pengertian soiologi industri adalah cabang ilmu sosiologi yang melakukan kajian terhadap perubahan sosial dengan kemajuan industri di berbagai bidang dalam masyarakat. Kemajuan indutri ini menciptkan pengaruh besar, baik dalam tata sosial, kontak sosial, ataupun di dalam hubungan kemasyarakat.

Sosiologi Ekonomi

Cabang ilmu sosiologi ekonomi memberikan penjelasan bahwa sosiologi menyangkut hubungan manusia sedangkan ekonomi adalah element pokok yang sangat diperlukan dalam kebutuhan setiap individu dalam masyarakat. Hingga akhirnya atas kondisi ini sosiologi dan ekonomi sulit untuk dipisahkan. Selengkapnya, baca; Pengertian Sosiologi Ekonomi, Ruang Lingkup, Tokoh, dan Teorinya

Sosiologi Kesehatan

Sosiologi Kesehatan adalah cabang ilmu sosiologi yang memberikan penjelasan tentang penelitian kesehatan dan kemasyarakatan. Yang mana masyarakat dan kesehatan adalah nilai penting yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lannya. Kondisi inilah pada akhirnya membuat kesadaran pentingnya kesehatan bagi masyarakat. Selengkapnya, baca; Pengertian Sosiologi Kesehatan, Ruang Lingkup, dan Manfaatnya

Sosiologi Militer

Sosiologi militer adalah cabang ilmu sosiologi yang menjelaskan tetang masyarakat militer dan dampak sosial yang ditimbulkannya. Masyarakat militer yang cederung melakukan tindakan atas dasar mempertahankan status kenegaraan atau wilayah tertentu sangat memerlukan kajian sosiologi.

Sosiologi Sastra

Sastra adalah hasil karsa manusia yang bisa menjadi pengaruh besar dalam setiap kehidupan yang dijalakan. Oleh karena itulah sastra juga dikaji secara khusus dalam ilmu sosiologi, yang membuat sosiologi semakin kompleks dalam kajian dan pembahasannya. Selengkapnya, baca; Pengertian Sosiologi Sastra, Ruang Lingkup, Fungsi, dan Contohnya

Sosiologi Politik

Sosiologi politk adalah salah satu cabang daam studi kamasyrakatan, hal ini di dasarkan pada kekuasaan dan kebijakan sebagai unsur politik tidak bisa dipisahkan dampaknya dalam kehidupan manusia. Oleh karena itulah politik menjadi elemen dalam kajian sosiologi. Selengkapnya, baca; Pengertian Sosiologi Politik, Ruang Lingkup, Konsep, dan Contohnya

Sosiologi Pendidikan

Sosiologi pendidikan adalah studi ilmu sosiologi yang menjelaskan tentang peran serta pendidikan dalam pembangunan kemasyarakatan. Secara khusus kajian dalam pendidikan di antara sosiologi ini akan memberikan pengaruh besar dalam kehidupan yang diajalani oleh penduduk setempat. Selengkapnya, baca; Pengertian Sosiologi Pendidikan, Ruang Lingkup, dan Tujuannya

Sosiologi Budaya

Sosiologi dan budaya menjadi salahatu konsep bahasan dalam ilmu sosiologi, budaya yang merupakan unsur terbentuknya masyarakat akan senantiasa ada dalam kehidupan manusia. Sebagaimana hal ini di dasari pada pengertian masyarakat yaitu hubungan kelomompok yang lebih dari dua orang dalam kurun waktu tertentu. Karena pentingya penjebaran ini kemudian ilmu sosial mendeskripsikan kembali kajiannya kepada ilmu antropologi. Selengkapnya, baca; “Sosiologi dan Antropologi” Persamaan & Perbedaannya

Sosiologi Agama

Cabang ilmu sosiologi selanjutnya adalah agama, agama yang menjadi sumber kepercayaan dalam kehidupan manusia secara khusus akan memberikan pengearuh dalam tindakan yang dilakuan. Oleh karena itulah kekhususnan ini kemudian dijelaskan dalam sosiologi agama.

Sosiologi Perkotaan

Cabang ilmu ssiologi selanjutnya, adalah sosiologi perkotaan yang menjelasakan tentang hubungan masyarakat di dalam perkotaan, yang dimulai dari mekanisasi masyarakat setra pengeruh perubahan interkasi sosial yang ditimbulkannnya.

Sosiologi Pedesaan

Kompleks kajian dalam sosiologi ini kemudian juga dijelasakan dalam cabang ilmu sosiologi lain, yakni sosiologi pedesaan yang khusus menjelasakan tentang masyarakat desa dan lembaga sosial, serta strukstur sosial dalam masyarakat pedesaan. Selengkapnya, baca; Pengertian Sosiologi Pedesaan, Ruang Lingkup, dan Kegunaannya

Sosiologi Pembangunan

Kajian sosiologi yang menjadi cabang ilmu sosiologi lainnya, adalah sosiologi pembangunan yang khusus menjelasakan tentang masyarakat dan segmen pembangunan yang dibutuhkannya. Dalam hal ini kajian sosiologi pembangunan akan berfokus pada tingkat keberhasilannya dalam masyarakat. Selengkapnya, baca; Pengertian Sosiologi Pembangunan, Ruang Lingkup, Fungsi, dan Perannya

Sosiologi Pertanian

Sosiologi pertanian adalah cabang dalam ilmu sosiologi yang menjelaskan tentang masyarakat pertanian dan taacara memenuhi kebutuhan hidupannya, bahkan kajian lebih mendalam dalam ialah menjelasakan tentang pola atau cara dalam bertani. Selengkapnya, baca; Pengertian Sosiologi Pertanian, Ruang Lingkup, dan Fungsinya

Sosiologi Hukum

Kajian sosiologi hukum memberikan penjelasan mengenai hukum daalam masyarakat, yang harus memuat unsur keadilan bersama. Hukum ini menjadi bahasan penting, hal ini sebagimana hukum dapat mempengaruhi kehidupan manusia secara menyeluruh. Selengkapnya, baca; Pengertian Sosiologi Hukum, Objek, Fungsi, dan Manfaatnya

Sosiologi Olahraga

Cabang ilmu sosiologi selanjutnya, adalah sosiologi olahraga yang sering dikaitkan dengan sosiologi kesehatan. Dalam olahraga juga dikaji mengenai sosiologi, lantaran olahraga selalu menciptakan hubungan antar masyarakat dan anggota di dalam masyarakat tersebut. Selengkapnya, baca; Pengertian Sosiologi Olahraga, Ruang Lingkup, Manfaat, dan Tujuannya

Sosiologi Komunikasi

Cabang ilmu sosiologi yang lainnya, adalah sosiologi komunikasi. Penjelasan mengenai komunikasi ini berkaitan erat dengan hubungan manusia dengan manusia lainnya melalui interaksi sosial di dalamnya. Interaksi sosial tersebut dapat bersifat postif dan juga bersifat negatif dalam pengaruh kehidupan manusia. Selengkapnya, baca; Pengertian Sosiologi Komunikasi, Ruang Lingkup, dan Contohnya

Dari penjelasan secara keseluruhan, seiring dengan diberlakukannya otonomi daerah khususnya di Indonesia, sosiologi sangat diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan dan perkembangan suatu wilayah atau negara. Melalui kajian sosiologilah seseorang dapat dengan mudah menambah pengetahuan dalam mempelajari hubungan masyarakat, individu dan interaksi sosial, nilai dan norma, serta penerapan sosiologi dalam menghadapi berbagai macam persoalan sosial.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian sosiologi menurut para ahli, semoga dengan adanya penjelasan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca yang pada saat ini sedang mencari referensi mengenai “sosiologi”. Trimakasih,

5 (100%) 9 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *