Pengertian Sosiologi Komunikasi, Ruang Lingkup, dan Contohnya

Diposting pada

Sosiologi Komunikasi Adalah

Sosiologi komunikasi menjadi salah satu bagian cabang ilmu sosial yang berfokus pada proses sosial dan interaksi sosial dalam masyarakat. Adapun untuk bentuk interkasi sosial yang dilakukan dengan kelompok-kelompok sosial akan menghasilkan keteraturan sosial yang panjang, maksudnya keteraturan ini tidak begitu saja ada memperlukan pengaruh atas hubungan sosial manusia dengan manusia lain.

Disisi lainnya, komunikasi juga menjadi paling dasar dilakukan oleh setiap individu dan kelompok. Prihal ini misalnya saja dalam mendapatkan pendidikan formal maupun pendidikan non formal pembelajaran dilakukan dengan komunikasi.

Sosiologi Komunikasi

Sosiologi komuniasi menjadi dua istilah yang digabungkan menjadi satu, yakni sosiologi yang berasal dari sosial dan logos (ilmu tentang perkawanan maupun pertemanan), serta komunikasi yang harus ada komunikator dan komunikan. Sehingga jikalau digabungkan sosiologi komuniasi terlahir karena adanya hubungan masyarakat satu dengan masyarakat lainnya tidak akan terlepas dari proses pembicaraan.

Pengertian Sosiologi Komuniasi

Sosiologi komuniasi adalah disiplin ilmu yang mengkaji tentang interaksi sosial dalam penghubung antara masyarakat satu dengan lainnya untuk menciptakan ketaraturan sosial sehingga prihal ini komunikasi bisa dilakukan secara individu dan juga kelompok dalam proses timbal balik yang diperlukannya.

Pengertian Sosiologi Komuniasi Menurut Para Ahli

Adapun definisi sosiologi komuniasi menurut para ahli, antara lain;

  1. Soerjono Soekanto, Definisi sosiologi komunikasi adalah proses interaksi sosial dalam masyarakat yang saling memengaruhi antara terjadi pengaruh dalam postif dan negatif. Bila positif proses itu akan berlangsung elok akan tetapi jika proses hubungan komunikasi dalam masyarakat negatif akan menimbulkan dinamika kelompok sosial dalam masyarakat.
  2. Mc Quail, Arti sosiologi komunikasi adalah berlangsung hubungan interaksi sosial dalam masyarakat yang cangkupannya luas, seperti halnya mengunakan media massa. Hubungan tersebut berlangsung dalam jangka waktu tertentu sehingga menjadi sangat berpengaruh dalam masyarakat.
  3. Erving Goffman, Sosiologi komunikasi adalah suatu cabang ilmu sosiologi yang khusus memberikan pengatahuan tentang cara berkomunikasi dalam masyarakat, cara ini diharpkan dapat menopang dan mengindari bentuk gejala sosial yang bersifat negatif.
  4. Burhan Bungin (2007), sosiologi komunikasi yaitu studi ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang komunikasi dan sudut sosiologis dengan kajian terkait dengan aktivitas sosial, interaksi sosial, dan kelompok sosial yang menimbulkan dampak dari hubungan sosial diciptakan.

Ruang Lingkup Sosiologi Komunikasi

Ruang Lingkup Sosiologi Komunikasi
Ruang Lingkup Sosiologi Komunikasi

Ruang lingkup dalam sosiologi komunikasi, antara lain;

  1. Struktur

Ruang lingkup sosiologi komunikasi yang pertama adalah struktur, struktur disini mencangkup tentang hubungan interkasi sosial masyakat dalam tatanan sosial dan kelas sosial yang dilakuknnya. Sehingga prihal ini ada seseorang yang memiliki struktur berkomunikasi baik dan adapula seseorang yang memiliki gaya struktur komunikasi tidak baik, hingga akhirnya karena hal tersebut masyarakat bisa menilai bagimana struktur komunikasi yang diterima dalam kehidupan bermasyarakat.

  1. Pusat Perhatian

Pusat perhatian yang menjadi ruang lingkup sosiologi komunikasi berkait dengan wawasan tentag topik pembicaraan dan dominan seseorang dalam berkomunikasi di tenga-tengah masyarakat. Oleh karena itulah atas latar belakang ini, sosiologi kumunikasi di pelajari sebagai ilmu pengetahuan.

  1. Perilaku Masyarakat

Terkait dengan prilaku atas bentuk tindakan sosial yang dilakukan masyarakat, khususnya menjadi sasaran komunikator. Hal ini mencangkup tentang peran sosial dan nilai sosial atas komunikasi yang dialkukan sebagai studi dalam metode penelitian sosial di masyarakat.

Objek Kajian Sosiologi Komunikasi

Macam objek kajian sosiologi komunikasi, antara lain;

  1. Penjelasan mengani komunikasi antara individu dengan individu lainnya.
  2. Bahasan tentang komunikasi kelompok
  3. Kajian tentang komunikasi dalam organisasi sosial
  4. Kajian Komunikasi dalam media massa

Tujuan Mempelajari Sosiologi Komunikasi

Adapun untuk tujuan dalam mempelajari sosiologi komunikasi. Yaitu;

  1. Efektifitas Komunikasi Massa

Sosiologi komunikasi memberikan langkah dalam tatacara efektiftas dalam melakukan komunikasi, maksudnya disini ialah sejauh mana pengaruh dalam masyarakat luas melalui komunikasi dengan media masa, seperti koran, televisi, dan lain sebagainya.

  1. Meminimalisir Efek Negatif Interaksi Sosial

Dalam mengkaji tentang mata pelajaran sosiologi komunikasi interpersonal maupun komunikasi intrapersonal seseorang mengindari dampak negatif atas efek sosial yang ditimbulkan, efek sosial ini terbentuk antaran dampak dilakukan komunikasi yang dilakukan antara satu orang dengan orang lainnya, atau dari kelomopok satu dengan kelompok yang lain.

Manfaat Sosiologi Komunikasi

Manfaat yang menjadi fungsi dalam mempelajari sosiologi komunikasi. Yakni;

  1. Memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai tatacara berkomunikasi yang baik
  2. Dapat dengan mudah diterima masyarakat/lingkungan
  3. Menciptakan kepekaan sosial
  4. Memberikan rasa percaya diri dan tidak minder dalam melakukan hubungan sosial dengan masyarakat.

Contoh Sosiologi Komunikasi

Contoh yang bisa diberikan dalam kajian sosiologi komunikasi, misalnya saja;

  1. Status Sosial di Masyarakat

Perbedaan mengenai status sosial soseorang dalam masyarakat. Semakin status sosial dan peran sosialnya tinggi bisanya masyarakat semakin hilang atau memudarnya komunikasi dengan tentangga, orangtua, atau bahkan dengan saudara. Hal ini lantaran dipengaruhi rasa image atau menjaga status sosialnya agar tetap terhormat.

Penelitian inilah bisa dikatakan sebagai salah satu kasus tentang kajian dalam sosiologi komunikasi, tentusaja dijalankan dengan mempergunakan metodologi penelitian sosial.

  1. Kontak Sosial yang Menciptakan Konflik

Sosiologi komunikasi secara umum adalah pelajaran dan pengetahuan dalam masyarakat, yang secara khusus memberikan pengulasan tentang bentuk interakasi sosial di dalam kehidupan manusia. Kadangkala dalam proses interaksi yang melahirkan kontak sosial berlebihan tak jarang akhirnya memuculkan pertikaian maupun konflik sosial.

Alasannya semakin tinggi komunikasi verbal maupun komunikasi non verbal yang dilakukan oleh seseorang kepada pihak lainnya maka semakin riskan juga konflik dilahirkan.

Demkinalah penjelasan dan pembahasan mengenai pengertian sosiologi komunikasi menurut para ahli, ruang lingkup, objek kajian, tujuan, manfaat, dan contoh kasusnya. Semoga dengan adanya bahasan ini bisa memberikan wawasan dan refrensi bagi setiap pembaca yang sedang mendalaminya.

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *