Konsep Dasar Sosiologi dan Contohnya

Diposting pada
5/4 - (5 votes)

Konsep Dasar Ilmu Sosiologi

Hakikat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan bukan hanya terlahir karena adanya berbagai bentuk gejala sosial maupun masalah sosial yang ada dalam masyarakat, akan tetapi sosiologi terlahir karena adanya arti kebutuhan hidup manusia yang berkeinginan untuk hidup damai, sejahtera, dan tentram.

Latar belakang terlahirnya sosiologi itulah mendorong setiap perkembangan sejarah ilmu sosiologi memiliki konsep dasar tersendiri yang intinya diperlukan untuk referensi atau acuan alat dalam penelitian, analisis, dan perbandingan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan.

Konsep Dasar Sosiologi

Konsep dasar dalam objek kajian sosiologi dilakukan untuk meminimalisir segala bentuk kesalahan yang dapat mendorong kerancuan dan salah pengertian.

Adapun disisi lain konsep ialah kata, atau istilah ilmiah yang berarti ide atau pikiran umum tentang sifat-sifat suatu benda, peristiwa, gejala, atau istilah yang mengemukakan tentang hubungan antara satu gejala dan gejala lainnya. Adapun sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari manusia dan berbagai dampak yang terlahir akibat perbuatan dilakukan.

Pengertian Konsep Dasar Sosiologi Menurut Para Ahli

Adapun definisi konsep dasar sosiologi menurut para ahli, antara lain;

  1. Hassan Shadily (1993), Konsep dasar sosiologi adalah kajian ilmu kemasyarakatan yang mempelajari dan mengkaji tentang individu dan kelompok di lingkungan sosial dengan mencangkup ikatan adat istiadat, kepercayaan, kebiasaan, dan segala bentuk sifat kebudayaannya.

Macam Konsep Dasar Sosiologi

Macam Konsep Dasar Sosiologi dan Contohnya
Macam Konsep Dasar Sosiologi dan Contohnya

Beberapa macam bentuk dari konsep dasar yang dipelajari dalam ilmu sosiologi ini, antara lain;

  1. Struktur sosial

Struktur sosial menjadi konsep-konsep dasar sosiologi yang diartikan sebagai keseluruhan komponen sosial yang pokok, yang di dalam bahasan terkait dengan struktur sosial ini meliputi kaidah-kaidah sosial, norma sosial, tipe lembaga-lembaga sosial dalam masyarakat, dan kelompok serta lapisan kelas sosialnya.

Contoh konsep dasar sosiologi berkaitan dengan struktur sosial

Prihal ini misalnya saja mempelajari konsep kehidupan dalam sistem sosial perpolitikan di Indonesia. Maka secara jelas sebagai sosiolog akan mengkaji berdasarkan struktur sosial terendah yaitu pemerintahan desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, sampai pada nasional.

  1. Proses Sosial

Proses sosial adalah sebagai timbal balik antara masyarakat yang hidup dan berdampingan secara bersama-sama yang kemudian dipergunakan dalam sosiologi sebagai studi pengetahuan dengan memberikan manfaat dalam menjalani rutinitas kehidupan.

Contoh konsep dasar sosiologi berkaitan dengan proses sosial

Misalnya mempelajari adanya pengaruh timbal balik antara segi kehidupan ekonomi dan segi kehidupan politik, antara segi kehidupan hukum dan segi kehidupan agama, antara segi kehidupan agama dan segi kehidupan ekonomi, antara segi kehidupan dalam arti pendidikan dan segi kehidupan hukum, serta segi-segi kehidupan yang lainnya.

  1. Perubahan Sosial

Perubahan sosial adalah keadaan serta kondisi yang berbeda dengan mencakup seluruh lapisan dalam struktur sosial dan jalinan hubungan sosial dalam masyarakat. Dimana untuk bentuk perubahan sosial ini memiliki 2 dampak, yakni dampak postif dan dampak negatif.

Tetapi yang pasti untuk realitas sosial tidak bisa untuk dihindari oleh masyarakat, alasannya karena setiap masyarakat pasti akan mengalaminya.

Contoh konsep dasar sosiologi berkaitan dengan perubahan sosial

Misalnya saja kajian terkait dengan contoh perubahan sosial ini ialah terdapatnya sistem hukum di Indonesia yang mengalami penambahan dan pengurangan. Tahapan penambahan dibutuhkan karena adanya pengaruh daripada teknologi, jikalau dahulu tidak ada aturan tentang penggunaan media sosial namun sekarang sudah banyak ditemukan aturan terkait hal tersebut.

  1. Organisasi Sosial

Organisasi sosial adalah bagian daripada aspek kerjasama yang mendasar hingga akhirnya mampu untuk memberikan dorongan pada masyarakat agar tingkah laku para individu pada tujuan sosial dan ekonomi tertentu pembentukan organisasi sosial ini diperlukan dalam mengakomodir adanya keinginan setiap individu yang berbeda.

Contoh konsep dasar sosiologi berkaitan dengan organisasi sosial

Contoh organisasi sosial yang menjadi kajian sosiologi misalnya saja adanya lembaga pemberi bantuan beasiswa dengan bergerak mencerdasarkan anak bangsa. Maka, prihal ini sosiologi haruslah melakukan pendekatan dengan segmentasi pendidikan dan permasalahan pendidikan.

  1. Fakta Sosial

Fakta sosial artinya keadaan sadar pada setiap individu atau masyarakat untuk melakukan kegiatannya, sehingga pada akhirnya fakta sosial ini akan melahirkan paradigma sosial, yang satu dan lainnya saling berkaitan dan saling membutuhkan. Diluar daripada itu untuk teori sosiologi dan tokohnya yang menjelasankan tentang fakta sosial adalah Emile Durkheim.

Contoh konsep dasar sosiologi berkaitan dengan fakta sosial

Prihal ini misalnya contoh kajian fakta sosial ialah melihat lebih dalam penggunaan masker untuk mencegah adanya penularan virus corona. Awalnya pada Tahun 2020 banyak memprediksi hanya berlaku untuk beberapa bulan saja, hal ini akhirnya menyebabkan adanya banyak masyarakat memborong semua merek masker di toko maupun swalayan.

Akan tetapi lambat laun berjalanan waktu kondisi berbeda pada  pertengahan Tahun 2021 dimana penanganan terhadap virus corona belum usai yang akhirnya masyarakat sudah mudah menemukan keberadaan masker. Keadaan seperti ini merupakan bagian daripada fakta sosial.

  1. Institusi sosial

Institusi sosial adalah semacam lembaga legal (diakui) dan dianggap mampu untuk memberikan dorongan kepada masyarakat, agar dapat menjalankan peranan sosial dan norma-norma  guna menjaga integratsi sosial dan menghindari atau mengenyampingkan konflik sosial dalam masyarakat.

Contoh konsep dasar sosiologi berkaitan dengan institusi sosial

Prihal ini untuk contoh institusi sosial yang bisa dengan mudah ditemukan ialah adanya lembaga pendidikan sepertihalnya sekolah yang berusaha untuk menghilangkan kebodohan dengan memberikan pengajaran dalam materi-materi tertentu.

  1. Individu

Individu dalam konsep dasar sosiologi berarti sebagai hubungan sosial yang terjadi antara pribadi dan pribadi dalam kehidupan masyarakat. Definisi indvidu ini tentusaja identik dapat melakukan bentuk tindakan sosial dan kegiatannya yang sesuai dengan keiinginan dan fikiran yang di rasakannya.

Oleh karenanya untuk penilaian dalam individu sendiri hanya bisa dilakukan oleh masyarakat, terutama penilaian baik dan buruknya tindakan yang dilakukan tersebut.

Contoh konsep dasar sosiologi berkaitan dengan individu

Misalnya saja adanya kajian tentang kasus bunuh diri yang dilakukan oleh seseorang. Pemahaman tentang bunuh diri tentusaja tidak bisa dibenarkan, oleh karena itulah sosiologi melakukan kajiannya dengan melihat akar masalah yang menyebabkan tindak tersebut bisa terjadi.

  1. Masyarakat

Masyarakat adalah istilah yang berasal dari Bahasa Inggris “society” istilah ini  berarti kawan, sehingga arti masyarakat secara luas adalah sekelompok manusia yang hidup bersama untuk dapat berinteraksi mencapai kepentingan secara bersama-sama dalam kurun waktu tertentu.

Sehingga dalam hal ini masyarakat menjadi bahasan pokok dalam konsep dasar sosiologi, lantaran sosiologi dan masyarakat adalah kesatuan  yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya.

Contoh konsep dasar sosiologi berkaitan dengan masyarakat

Konsep dasar sosiologi dalam masyarakat ialah kajian terhadap urbanisasi maupun adanya transmigrasi yang berkembang di Indonesia. Hal ini dilakukan agar sosiologi mampu mengidentifikasi kebutuhan setiap daerah dan pemerataan dalam pembangunan.

  1. Hubungan Individu dan Masyarakat

Hubungan yang terjadi diantara individu dan masyarakat dalamkKonsep dasar sosiologi akan mendorong terbentuknya kebiasaan/adat, adapun untuk kebiasaan ini terjadi karena seringnya interaksi yang dilakukan secara bersama.

Sehingga untuk menjaga kebiasaan hubungan individu dan masyarakat maka diperlukan bahasan mengenai ketaraturan sosial, hal ini dilakukan untuk meminimalisir masalah sosial yang ada dalam hubungan individu dan masyarakat.

Contoh konsep dasar sosiologi berkaitan dengan hubugan individu dan masyarakat

Dasar sosiologi yang melakukan kajiannya. Misalnya saja adanya proses sosial dan interaksi sosial yang dilakukan oleh dewan hakim dalam memberikan keyakinan dan jaminan kepada para penegak hukum untuk mampu memberikan perlindungan serta keadilan.

  1. Kelompok Sosial

Kelompok sosial diartikan sebagai himpunan masyarakat yang saling hubungan secara teratur satu sama lainnya, sehingga prihal ini hubungan dalam kelompok sosial di dalam konsep dasar sosiologi ini akan melahirkan integrasi sosial dan melahirkan konflik sosial dalam masyarakat.

Contoh konsep dasar sosiologi berkaitan dengan kelompok sosial

Beberapa contoh konsep dasar sosiologi berkaitan dengan kelompok sosial ini misalnya saja kajian tentang adanya konflik yang terjadi antara masyarakat Suku Lampung dan Suku Bali di Kabupaten Lampung Selatan, latar belakang penyebab dan hubungan yang sebelumnya terjadi menjadi salah satu bahasan dalam sosiologi.

  1. Komunitas (Community)

Kesatuan hidup yang dipilih oleh setiap manusia untuk dapat menempati wilayah-wilayah tertentu pada umumnya dikenal dengan community/komunitas. Definisi komunitas ini menjadi bagian daripada konsep dasar sosiologi, karena dengan mengatahhui dan memahami komunitas masyarakat akan bisa bertahan dalam keharmonisan sosial.

Contoh konsep dasar sosiologi berkaitan dengan komunitas

Adanya pembentukan pemberdayaan komunitas yang dilakukan oleh mahasiswa dalam memberbaiki perekonomian di daerah pesisir. Kegiatan yang diseleggarakan dengan mempublikasikan secara luas fasilitas di wilayah tersebut serta menjual anekaragam kerajinan.

Kegiatan ini dilakukan  sebagai perwujutan daripada konsep dasar sosiologi yang berkenaan dengan komunitas di lingkungan pendidikan.

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa semua konsep-konsep dalam ilmu sosiologi ini dapat dijadikan sebagai alasan untuk seorang dalam mempelajari keluarga, kampung, masyarakat, fakta sosial, dan komunitas-komunitas.

Tentusaja konsep dasar yang sering digunakan dalam sosiologiini tergantung dari kebutuhan dan keinginan ketika ingin meberikan penjalasan mengenai sosiologi, baik dari sisi cabang sosiologi pendidikan, sosiologi hukum, sosiologi pedesaan, sosiologi pertanian, atau cabang ilmu sosiologi lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam konsep dasar sosiologi dan contohnya, semoga dengan adanya ulasan ini bisa memberikan wawasan dan juga dapat memberikan pengetahuan bagi para pembaca, terutama yang membutuhkannya.

Rating: 3.6/5. From 7 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *