Pengertian Sosiologi Pembangunan, Ruang Lingkup, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Sosiologi Pembangunan Adalah

Pembangunan dan perkembangan dalam kehidupa masyarakat merupakan bagian objek kajian sosiologi. Pembangunan ini bahkan seringkali dikaitkan keberadaannya yang terjadi dalam bentuk perubahan sosial yang setiap masyarakat akan mengalaminya.

Tak khayal atas kondisi itulah setidaknya sosiologi sebagai ilmu kemasyarakat memberikan perhatian khusus pada pembangunan dengan perkembangan pembangunan yang terjadi. Sehingga hal ini memungkinkan terjadinya transformasi yang sesuai antara kebutuhan, keinginan, serta kenyataan yang ada.

Sosiologi Pembangunan

Sosiologi dan pembangunan menjadi istilah yang dianggap memiliki arahan dan memiliki rencana terhadap kebijakan dalam kehidupan masyarakat. Rencana ini tentusaja disesuikan dengan kebutuhan manusia, hingga akhirnya program yang dilakukan akan sukses, bukan hanya soal ekonominya akan tetapi masalah aspek-aspek sosialnya.

Disisi lainnya, sosiologi pembangunan menjadi metode yang dipergunakan untuk memberika kajian sosial dalam sisi program pembangunan pemerintah. Kajian ini diperlukan sebagai upaya memberikan dampak keberhasilan yang akan maupun telah dilakukan.

Pengertian Sosiologi Pembangunan

Sosiologi pembangunan adalah serangkaian teknik dasar yang diakukan pemerintah kepada masyarakat untuk memberikan dampak dalam pengentaskan masalah sosialnya, adapun upaya ini dilakukan karena program-program yang dikeluarkan oleh pemerintah tidak bisa serta merta sesuai keinginannya akan tetapi harus melibatkan kebutuhan dalam masyarakat.

Pengertian Sosiologi Pembangunan Menurut Para Ahli

Adapun untuk definisi sosiologi pembangunan menurut para ahli, yakni;

  1. Soerjono Soekanto, , Pengertian sosiologi pembangunan adalah bagian dari konsep suksesi kesejahteraan masyarakat yang sangat berguna untuk kehidupan masyarakat di pedesaan ataupun masyarakat di perkotaan.
  2. Marx Weber, Sosiologi pembangunan adalah kajian sosial yang memberikan dampak postif pada lahirnya metode baru dalam pembangunan manusia dan lingkuannya.

Ruang Lingkup Sosiologi Pembangunan

Ruang Lingkup Sosiologi Pembangunan
Ruang Lingkup Sosiologi Pembangunan

Ruang lingkup objek kajian dalam sosiologi pembangunan, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Pembangunan pada negara miskin dalam hubungan sosial dan ekonomi masyarakat
  2. Pandangan terhadap ciri khas masyarakat dalam pembangunan.
  3. Hubungan sosial yang terjadi diantara budaya dan ekonomi dalam pembangunan
  4. Proses atau metoe pembangunan dan perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat
  5. Implikasi terhadap teori perubahan sosial dalam pembangunan.

Tujuan Sosiologi Pembangunan

Tujuan mempelajari sosiologi pembangunan, ialah;

  1. Mampu Memberikan Kajian Ilmiah

Memberikan kajian atas penelitian sosial yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dalam masyarakat. Hal ini dilakukan demi terciptanya kerukunan dan keharmonisan manusai dalam menjalani kehidupan.

Sehingga prihal ini tujuan sosiologi pembangunan ekonomi sebagai kajian juga sebagai perencanaan, tahap perencanaan yang dijakaji akan lebih strategis untuk kemudian hari terealisasi. Oleh karenannya peranan sosiologi perkembangan masyarakat sangatlah penting.

Manfaat Sosiologi Pembangunan

Ada beragam manfaat yang dapat diberikan dalam mempelajari sosiologi pembangunan, antara lain;

  1. Pengembangan SDM dan Ekonomi Kerakyatan

Fungsi yang dipelajari dalam sosiologi pembangunan ialah memadukung dua unsur yang selama ini seringkali tidak tersentuh. Unusr tersebut adalah unsur SDM (Sumber Daya Manusia) dan kerakyatan dengan fokus kajian yang diutamakan adalah kesehateraan dan kedamaian dalam masyarakat.

  1. Pengembangan Infatsruktur yang Sesuai dalam Masyarakat

Pembangunan infrastruktur yang sesuai dengan masyarakat, ialah memberikan apa dibutuhkan oleh masyarakat bukan memberikan apa yang di inginkan. Sebab apa yang dibutukan akan lebih bermanfaat dibandiangkan dengan apa yang dibutuhkannya.

  1. Pengembangan Wisata Masyarakat

Wisata dan masyarakat adalah salah satu unsur yang harus di pahami dalam sosiologi pembangunan. Unsur ini sejalan dengan peningkatakan ekonomi melali wisata-wisata yang tersedia, baik wisata alam seperti pertanian ataupun wisata adat/budaya.

  1. Memutuskan Perencanaan Yang Sesuai dengan Masyarakat

Memutuhkan adanya perencanaan yang sesuai denga keinginan masyarakat adalah salah satu fokus kajian dalam sosiologi pembangunan. Bentuk nyata dengan adanya hal ini, misalnya saja impementasi yang direcannakan untuk membangun Jembata Selatan Sunda (JSS).

Perencnaan tersebut gagal dilakukan, dan pemerintah lebih fokus untuk melakukan pembagunan di Indonesia Bagian Timur, seperti di Papua. Proses perencanaan ini sudah dikehendaki bersama sesaui dengan kajian dalam sosiologi pembangunan.

Dalam sosiologi pembangunan sosial budaya dianggap sebagai sikap pemerataan dan kesejahteraan masyarakat lebih utama dibandingkan dengan ketimpangan dalam sosial.

Contoh Sosiologi Pembangunan

Contoh terhadap studi kasus dalam kajian sosiologi pembangunan, misalnya saja;

  1. Kebijakan Jokowidodo dalam Mengeluarkan KIP dan KIS

Kebijakan Joko Widodo mengenai kemunculan Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar. Kebijakan yang dikeluarkan oleh Presiden tersebut secara tidak langsung dilakukan kajian dalam sosiologi pembangunan.

Kajian ini terdapat bahwa sekitar tahun 2020 Indonesia akan mengelami bonus demografi. Sehingga keputusan dalam munculnya bonus demografi ini sebagai syarat suksesinya masyarakat haruslah cerdas, sehat, dan berpendidikan tinggi. Oleh karenannya studi kebijakan presiden ini adalah bagian daripada pembangunan ekonomi, sosial, dan budaya dengan pendekatan sosiologis.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian sosiologi pembangunan menurut para ahli, ruang lingkup, tujuan, manfaat, dan contoh kajiannya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pemahaman kepada para pembaca mengenai refrensinya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *