Pengertian Kontak Sosial dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Kontak Sosial

Kontak sosial menjadi bagian penting dalam kehidupan bermasyarakat. Bahkan secara khusus kontak sosial ini menjadi salah satu tipe-tipe dari jenis interaksi sosial yang dilakukan seseorang dengan sekelompok atau sekelompok dengan kelompok lainnya.

Atas alasan demikinalah setiap manusia tidak dapat terlepas dari kontak sosial. Meski, pada saat ini sudah sulit untuk melakukan kontal langsung yang biasa disebut pembatasan sosial. Kata tersebut memang memiliki arti untuk mengurangi kontak sosia secara fisikk, namun bukan berarti kita tidak melakukan kontak sosial sama sekali. Manusia hidup saling membutuhkan satu sama lain sehingga tidak mungkin menghilangkan kontak sosial.

Kontak Sosial

Pengertian Kontak Sosial dan Contohnya
Kontak Sosial

Istilah montak sosial pada hekakatnya dari bahasa “cum/con” artinya bersamaan dan “tangere” definisinya menyentuh. Sehingga kelahiran kontak sosial ini sebagai suatu proses bersama-sama dalam kehidupan manusia, melalui sosialisasi yang menyentuh antara masyarakat dengan masyarakat lainnya.

Pengertian Kontak Sosial

Kontak sosial adalah sekumpulan aksi dan proses reaksi sosial dalam kehidupan masyarakat yang saling meberikan pengeruh satu dengan lainnya. Proses terjadi kontak sosial di masyarakat ini meliputi dua bentuknya, yaitu kontak primer melalui berhadapan langsung (face to face) dan kontak sekunder, yaitu kontak sosial yang dilakukan melalui perantara.

Jenis Kontak Sosial

Kontak sosial dalam masyarakat, berdasarkan pada bentuknya maka terbagi menjadi 2, yaitu;

  1. Primer

Menemukan adanya kontak sosial primer, sangatlah mudah kita temukan disetiap kehidupan manusia. Hampir setiap saat seseorang melakukan kegiatan ini.

Bentuk nyatanya saat ada acara hajatan pernikahan, masyarakat pada umumnya melakukan kontak sosial secara langsung, berhubungan membicarakan masalah dalam masyarakat, atau membicarakan solusi atas permasalahan yang terjadi.

Contoh lainnya, mengenai kontak sosial primer ini misalnya aja dalam melakukan syukuran, seseorang melakukan syukuran secara langsung akan beriterekasi sosial dalam masyarakat, interkasinya akan selalu face to face sebagai syarat utama terjadianya kontak sosial tersebut.

  1. Skunder

Contoh kontak sosial, yang dapat diberikan dalam masyarakat misalnya saja adanya hubungan yang dilakukan oleh individu dengan individu lainnya. Seperti seperti melalui jaringan telepon, pesan kepada orang lain, dan surat kabar.

Pada perkembangan sekarang, kontak sosial skunder ini bahkan melalui kecanggihan teknologi, dalam perkembangan komunikasi sosial. Masyarakat mudah melakukannya. Seperi melakukan kontak sosial melalui facebook, email, dan lain sebaginya.

Dampak Kontak Sosial

Akibat yang didapatkan  dari kontak sosial antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Dampak Negatif, dampak negatif yang akan diperoleh dalam kontak sosial apabila yang dibicarakan menyengkut tentang hal-hal yang dapat merusak keteraturan sosial dalam masyarakat. Contoh kontak sosial dilakukan untuk transaksi pencurian, atau dalam agenda melakukan terorisme yang dapat merusak integrasi sosial dalam masyarakat.
  2. Dampak Positif, selanjutnya dalam hubungan yang terdapat di dalam proses kontak sosial ini akan berakibat positif. Akibat ini dilakukan apabila kontak sosial menguntungkan salah satu pihak, misalnya untuk agenda bisnis, menjaring komunikasi dalam agenda silaturahmi.

Contoh Kontak Sosial

Adapun untuk contoh terjadinya kontak sosial di masyarakat. Antara lain;

  1. Mengikuti acara talkshow, kegiatan talkshow yang banyak dihadiri oleh orang yang berasal dai berbagai daerah. Ketika berada di satu lokasi sehingga kita dapat melakukan kontak langsung dengan orang yang sama-sama hadir di acara tersebut.
  2. Menggunakan HT untuk membantu komunikasi dalam pelaksanaan acara kepanitiaan, salah satu komunikasi yang dilakukan dalam sebuah kepanitiaan menggunakan bantuan alat HT. Bantuan alat ini dapat memperlancar komunikasi selama pelaksanaan acara tertentu.
  3. Melakukan wawancara pekerjaan, wawancara merupakan sebuah kontak langsung yang dilakukan secara formal. Hal ini biasanya menggunakan bahasa yang formal dan bertujuan untuk rekrutmen.
  4. Menghubungi keluarga menggunakan alat komunikasi yang ada, ketika memiliki saudara yang jauh atau jarang ketemu maka kita dapat menggunakan alat komunikasi yang ada. Komunikasi tersebut merupakan bentuk kontak sosial yang dilakukan secara sekunder dan dilakukan secara tidak langsung.

Dari penjelasan tersebut dapat dikatalan dikatakan bahwa bahwa sejatinya dalam masyarakat akan senantiasanya melakukannya. Hal ini karena semua kontak sosial dilakukan sebagai sebab dan akibat hubungan sosial. Oleh karenya syarat terjadinya kontak sosial ini adanya komunikan dan komunikator kedua hal ini mutlak harus ada dalam proses kontak sosial.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan yang bisa disampaikan dalam pengertian kontak sosial, jenis, dan contohnya di masyarakat. Semoga dengan adanya tulisan ini tentunya bisa menmabah wawasan dan juga pengetahuan.

Rating: 3.3/5. From 12 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *