Contoh Kewajiban di Rumah dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Kewajiban di Rumah atau Keluarga

Setiap orang memiliki kewajiban, baik di sekolah, lingkungan sosial bermasyarakat, bahkan ketika berada di rumah sebagai anggota keluarga. Disisi lain, dalam suatu rumah tangga yang terdiri atas ayah, ibu, dan anak-anak, masing-masing anggota keluarga tersebut memiliki kewajiban masing-masing.

Contoh kewajiban di rumah ini misalnya adanya seoarang anak memiliki kewajiban diantaranya yaitu menghormati orang tua. Sedangkan untuk contoh tanggung jawab orang tua dalam keluarga misalnya saja dengan menafkahi anak-anaknya. Tetapi yang pasti, setiap anggota keluarga diharapkan dapat menjalankan kewajibannya tersebut agar kehidupan rumah tangga dapat bejalan harmonis.

Kewajiban di Rumah

Rumah adalah salah satu arti kebutuhan primer bagi setiap manusia, selain kebutuhan akan pangan dan juga papan. Rumah adalah tempat dimana kita bersama ayah, ibu, dan adik/kakak atau keluarga kecil kita kita tinggal. Setiap orang menjalankan kewajibannya masing-masing sebagai anggota keluarga.

Alasannya karena arti keluarga di rumah merupakan tempat tahapan sosialisasi pertama bagi seorang anak sebelum mereka mengenal lingkungan di sekitarnya. Atau bisa dikatakan bahwa  keluarga merupakan tempat pembentukan kepribadian anak pertama kali, sehingga di rumah orang tua harus mendidik anak dan membentuk kepribadian mereka sebaik mungkin.

Contoh Kewajiban di Rumah

Adapun untuk beberapa contoh kewajiban di rumah atau keluarga. Antara lain;

  1. Menjaga kebersihan rumah

Dalam hal ini semua anggota keluarga memiliki kewajiban untuk menjaga kebersihan rumah, misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya, menyapu lantai setaip pagi dan sore hari, dan lain-lain, agar rumah bukan hanya bersih tapi juga sehat.

Bahkan dalam konteks menghemat energi untuk kewajibannya sendiri bisa dilakukan dengan mematikan lampu ketika di pagi hari, atau bisa juga dengan membeli prabotan rumah tangga yang hemat pemakaian energi.

  1. Patuh kepada kedua orang tua

Setiap anak pada dasarnya wajib bersikap patuh terhadap kedua orang tua. Patuh terhadap segala nasihat yang diberikan demi kebaikan anak di masa depan maupun ketika berada di luar rumah. Prihal ini misalnya saja dengan pulang tidak larut malam ketika bermain bersama teman-teman.

  1. Membantu pekerjaan rumah

Ketika seorang anak berada di rumah, maka mereka wajib untuk membantu orang tua dalam menyelesaikan pekerjaan rumah, misalnya membantu orang tua menyapu lantai atau menyapu halaman agat tetap bersih, membantu mencuci piring, membantu memasak, dan lain-lain.

  1. Menghormati dan menghargai anggota keluarga

Setiap anggota keluarga wajib untuk saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Dengan demikian, akan tercipta suasa rumah tangga yang harmonis. Sikap penghormatan ini bisa dijalnkan dengan menjaga privasi untuk penggunaan nomor henphon yang dipakai oleh kakak ataupun orang tua.

  1. Belajar di Rumah

Seorang anak memiliki kewajiban untuk belajar agar kelak menjadi orang yang sukses, karena bagaimanapun seorang anak harus balas budi kepada orang tua karena sudah membiayai untuk menempuh serta menyelesaikan studinya di lembaga pendidikan tertentu.

  1. Mengerjakan pekerjaan rumah (PR)

Biasanya guru akan memberikan pekerjaan rumah (PR) bagi siswa untuk dikerjakan di rumah. Seorang anak sebagai siswa wahib mengerjakan PR tersebut, dan apabila ada kesulitan bisa meminta bimbingan orang tua untuk menyelesaikannya.

  1. Wajib membahagiakan orang tua

Seorang anak memiliki kewajiban untuk membahagiakan kedua orang tuanya, alasannya tak lain karena orang tua sudah bersusah payah untuk memenuhi kebutuhan dan membahagiakan setiap keteurannya ketika masih kanak-kanak.

  1. Menjaga nama baik keluarga

Semua anggota keluarga memiliki kewajiban untuk menjaga nama baik keluarga dimanapun berada. Konteks ini bisa dilakukan oleh seorang anak dengan tindak melakukan tindakan kriminalis yang akhirnya membuat aib bagi keluarga yang bersangkutan.

  1. Mandiri

Seorang anak harus mandiri dalam melakukan hal-hal yang bersfiat pribadi ketika berada di rumah, meskipun di rumah ada orang tua, kakak, adik atau anggota keluarga lainnya. Prihal ini contohnya saja dengan berusaha mengambil makan sendiri ataupun mengambil minuman sendiri, tanpa menyuruh orangtua.

  1. Bangun pagi

Kewajiban di rumah yang sudah kamu laksanakan barangkali salah satunya dengan bangun pagi untuk menumbuhkan kebiasaan baik yang akan memberikan manfaat bai mereka, misalnya dengan bangun pagi mereka tidak akan terlambat datang ke sekolah.

  1. Membereskan kamar sendiri 

Apabila memiliki kamar sendiri, maka seorang anak wajib untuk membereskannya sendiri dan menjaga kebersihan kamar tersebut. Dengan demikian, seorang anak akan memahami pentingnya rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri.

  1. Meminta izin orang tua ketika akan keluar rumah

Seorang anak wajib meminta izin kepada orang tua apabila mereka akan keluar rumah atau melakukan aktivitas apapun yang membutuhkan ozin orang tua, tujuan dari sikap ini tentusaja agar orang tua tidak khawatir dan was-was.

  1. Mendengarkan dan melaksanakan nasihat kedua orang tua

Apabila orang tua memiliki kewajiban untuk menasehati anak, maka anak memiliki kewajiban untuk mengdengarkan dengan seksama nasehat tersebut dan sebisa mungkin melaksanakannya tanpa rasa beban demi kebaikan dirinya sendiri.

  1. Menyayangi semua anggota keluarga

Prihal menyayangi ini menjadi fungsi keluarga yang juga kewajiban semua anggota keluarga. Dimana sebagai kakak harus dapat melindungi adik, begitupula seorang adik harus menghormati kakak, serta orang tua dan anak-anak harus saling menyayangi.

  1. Melaksanakan hasil keputusan musayawarah keluarga

Kewajiban lainnya ialah semua anggota keluarga wajib untuk mematuhi dan melaksanakan hasil musyawarah yang sudah disepakati bersama. Alasannya karena ini berupa komitmen yang harus dijalankan serta tidak boleh ada dilanggar.

  1. Menghormati privasi anggota keluarga

Meskipun keluarga tinggal dalam satu rumah yang sama, tiap-tiap anggota keluarga juga memiliki privasi yang harus mereka jaga. Oleh sebab itu, anggota keluarga lain harus menghormati privasi tersebut agar semua orang yang berada di rumah merasa nyaman dan aman.

Kewajiban Orang Tua Kepada Anak di Lingkungan Keluarga

Antara lain;

  1. Menasehati anak ketika melakukan kesalahan

Ini merupakan kewajiban orang tua dalam mendidik anak. Orang tidak bisa semena-mena memarahi tanpa apabila anak tidak melakukan kesalahan, atau ketika melakukan kesalahan dari pada memarahi atau membentaknya lebih baik dinasehati dengan baik agar anak tidak merasa tertekan.

  1. Menafkahi keluarga

Kewajiban yang satu ini merupakan tanggung jawab orang tua, khususnya ayah. Seorang ayah harus bekerja untuk menafkahi keluarga atau memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga, mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan untuk memberikan rasa aman kepada anak.

  1. Memberikan contoh yang baik kepada anak

Semua orang tua wajib untuk memberikan contoh yang baik kepada anak-anak. Bukan hanya sekedar menasehati ketika anak melakukan kesalahan, tapi orang tua juga harus memberikan teladan yang baik, karena cara mendidik yang efektif adalah melalui pemberian contoh.

  1. Meminta pertanggungjawaban anak atas tindakan yang mereka lakukan

Orang tua wajib untuk meminta pertanggungjawaban ana katas tidakan yang mereka lakukan, begitu pula anak harus bertanggungjawab pada tindakan merela tersebut. Hal ini untuk mengajarakan kepada mereka pentingnya tanggung jawab.

Misalnya, ketika anak menunda pekerjaan rumahnya, kita dapat meminta mereka untuk mematikan TV terlebih dahulu.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa kewajiban di rumah adalah sesuatu yang harus kita lakukan karena itu adalah bagian dari pekerjaan kita, atau sesuatu yang kita rasa adalah hal yang benar untuk dilakukan.

Perwujuatan ini bisa dijalankan dengan membantu orang tua menyelesaikan pekerjaan rumah, mendengarkan nasehat orang tua, meminta izin kepda orang tua ketika akan keluar rumah, dan lain-lain. Sedangkan untuk orang tua juga memiliki beberapa kewajiban yang harus dilakukan, diantaranya yaitu memberikan contoh yang yang baik untuk anak-anak, menasehati anak ketika mereka melakukan kesalahan, dan lain-lain.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai contoh kewajiban yang ada di rumah dalam keseharian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *