Pengertian Sosiologi Kesehatan, Ruang Lingkup, dan Contohnya

Diposting pada

Sosiologi Kesehatan Adalah

Sosiologi kesehatan bisa dikatakan sebagai salah satu cabang studi sosiologi yang memberikan penjelasan dan pemahaman tentang hubungan sosial di masyarakat dengan kesehatan. Kesehatan dalam suatu lingkungan sosial bermasyarakat sangat penting untuk diketahui lebih mendalam, kondisi ini tentusaja tak terlepas daripada kebutuhan dan keberlangsungan dalam kehidupan manusia itu sendiri.

Disisi lainnya, tujuan mempelajari sosiologi kesehatan dan masyarakat ialah agar nantinya tenaga-tenaga kesehatan bisa beradaptasi serta mempelajari pola komunikasi verbal maupun komunikasi non verbal yang baik. Sehingga implementasi atas ilmunya bisa dengan mudah diterima.

Sosiologi Kesehatan

Sosiologi kesehatan menjadi cabang studi sosiologi yang mengkaji tentang gejala-gejala sosial dengan penguruhnya pada sisi penyakit serta kontribusinya dalam medis.

Selain itu, tak dapat dipungkiri lahirnya sejarah sosiologi kesehatan sebagai dimulai dari perkembangan sosiologi medis. Yang dinilai dalam dunia kesehatan memiliki pengaruh pada sisi biologis, sosiologis, dan psikologis. Oleh karena itulah sosiologi kesehatan ini memberikan pandangan mengenai hubungan sosial dan lingkungan sosial dengan persfetif kesehatan dalam masyarakat.

Pengertian Sosiologi Kesehatan

Sosiologi kesehatan adalah ulasan terhadap kajian mengenai perilaku kesehatan sekaligus norma sosial para perilaku kesehatan dalam mengelola bentuk interaksi sosial oleh petugas kesehatan, sehingga proses penerapan padangan ini mempunyai perspektif diantara manusia dan penyakit.

Pengertian Sosiologi Kesehatan Menurut Para Ahli

Adapun untuk definisi sosiologi kesehatan menurut para ahli, yaitu;

  1. Ruderman (1981), Pengertian sosiologi kesehatanadalah studi ilmu pengetahuan mengenai perawatan kesehatan dengan lembaga-lembaga sosial dalam masyarakat. Hal ini didasari pada pemahamannya bahwa kesehatan erat kaitannya dengan faktor-faktor sosial yang menjadi pengaruhnya.
  2. ASA (American Sociological Association (1986), Definisi sosiologi kesehatan adalah bidang kajian sosiologi yang memberikan pemahaman mengenai perspektif, konsep, teori dalam menelaah paradigma fakta sosial melalui fenomena penyakit dan kesehatan masyarakat.
  3. Mechanic, Sosiologi kesehatan adalah cabang ilmu sosiologis dengan kesehatan manusia, sosiologis disini penting untuk dipelajari lantaran berpengaruh besar pada penyakit seseorang yang sedang dialamianya. Tentusaja selain hal tersebut dalam sosiologi kesehatan juga melakukan instrumen penelitian terhadap peran sosial-budaya dalam keberhasilan para petugas medis.

Ruang Lingkup Sosiologi Kesehatan

Ruang Lingkup Sosiologi Kesehatan
Ruang Lingkup Sosiologi Kesehatan

Dalam ruang lingkup sosiologi kesehatan, antara lain;

  1. Hubungan Lingkungan Sosial dan Kesehatan

Ruang lingkup kajian dalam studi ilmu sosiologi kesehatan adalah lingkungan sosial. Artinya lingkungan ini tidak hanya pada lingkungan masyarakat akan tetapi lingkungan keluarga menjadi pengaruh di dalamnya. Apalagi takalah seseorang berada dalam kondisi sakit, ada pengaruh besarnya dengan hubungan sosiologis antar manusia.

  1. Perilaku Sehat dan Sakit

Prilaku individu dan kelompok sosial dalam masyarakat menjadi sisi penting kajian dalam sosiologi kesehatan, sisi penting ini berhubungan dengan interkasi sosial yang dilakukan takalah seseorang merasa sehat dan sakit. Yang pastinya prilaku ini dipengaruhu besar dengan perubahan sosial yang sedang dialaminya.

  1. Praktisi Perawatan Kesehatan dan Hubungan dengan Pasien

Karena fokus sosiologi kesehatan adalah masyarakat dan medis maka tak khayal dalam ruang lingkup sosiologi kesehatan, meneliti tentang peraktisi perawatan yang dilakukan. Baik di daerah perkototaan atau pedesaan sekalipun.

  1. Sistem Perawatan Kesehatan

Terakhir mengenai ruang lingkup sosiologi kesehatan adalah sistem perawatan kesehatan. Perawatan ini berhubungan erat tentang fasilitas dan kualitas tenaga kesehatan yang diharapkan dapat membantu masyarakat ketika mengalami peramasalahan kesehatan.

Manfaat Sosiologi Kesehatan

Banyak terdapat manfaat ketika mempelajari sosiologi kesehatan, yaitu;

  1. Mempelajari tentang prilaku masyarakat ketika sakit dan meminta pertolongan pada cara tenaga medis
  2. Memberikan analisis yang kuat dalam interkasi sosial antara seorang dokter dengan masyarakat (pasien)
  3. Dapat memberikan pandangan dan kajian mengenai latar belakang ekonomi dengan fasilitas layanan kesehatan yan di dapatkan.
  4. Memberikan analisa sosial dalam hubungannya dengan penyakit. Analisa ini di dapatkan dari metode-metode penelitian sosial
  5. Mengulas tentang beragam fakta sosial secara sosiologis kepada masyarakat yang sedang mengalami permasalahan kesehatan (sakit).
  6. Sosiologi kesehatan secara umum dapat memberikan pemahaman dan penyusunan rencana mengenai tingkat keberhasilan tenaga media (dokter, bidan, perawat, tabib).

Istilah Sosiologi Kesehatan

Ada beragam istilah yang panting diketahui dalam sosiologi kesehatan, yaitu;

  1. Sociology in Medicine, adalah istilah yang dipergunakan dalam sosiologi kesehatan khususnya dipergunakan dalam mengalisa hubungan sosial tenga kesehatan dengan masyarakat.
  2. Sociology of Medicine, adalah istilah dalam sosiologi kesehatan yang dipergunakan untuk menganalisa tingkat kepercayaan masyarakat dengan tenaga kesehatan.
  3. Sociology From Medicine, adalah istilah sosiologi kesehatan yang dihubungkan dengan sosiologi dan pelayanan kesehatan.
  4. Sociology Around Medicine, istilah dalam sosiologi kesehatan yang dihubungkan dengan kedekatan dokter dengan masyarakat.

Contoh Sosiologi Kesehatan

Contoh mengenai kasus studi penelitian dalam sosiologi kesehatan, misalnya saja;

  1. Penyakit

Ketika adanya suatu desa terjangkit penyakit Malaria, atau penyakit HIV Aids. Maka fungsi sosiologi kesehatan memberikan analisa faktor yang melatar belakangi wilayah tersebut dengan keterjangkitan virus-virus penyakit. Barangkali yang bisa dilakukan kajian dengan memberikan gambaran latar belakang tentang kedua penyakit dan cara menanggulanginya.

  1. Virus Corona

Penyebaran virus Corona telah banyak melupuhkan perekonomian masyarakat di seluruh dunia, tak terkeculi di Indonesia. Bahkan WHO secara resmi menyarankan untuk social distancing dan physical distancing. Prilaku ini tentusaja menimbulkan perubahan kehidupan. Misalnya saja dengan pergi kemana-mana mempergunakan masker atau lain sebagainya.

Oleh karena itulah sisi kajian dalam sosiologi kesehatan ini cukup potensial dalam menekan tingginya masyarakat. Oleh karena itulah beberapa kajian dalam sosiologi kesehatan lebih sering menggunakan instrumen penelitian yang ibservatif yakni terun langsung dil lapangan.

Demikinalah penjelasan mengenai pengertian sosiologi kesehatan menurut para ahli, ruang lingkup, manfaat, dan contoh kajiannya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan para pembaca yang sedang membutuhkan refrensinya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *