Pengertian Sosiologi Olahraga, Ruang Lingkup, Manfaat, Tujuan, dan Contohnya

Diposting pada
4.4/4 - (5 votes)

Sosiologi Olahraga Adalah

Kesehatan masyarakat adalah bagian penting dalam keberlangsungan mahluk hidup. Tak khayal sosiologi memberikan kosentrasi penuh pada dua sisi ini, sisi pertama adalah matapelajaran sosiologi kesehatan dan sisi lainnya menjadi bagian daripada sosiologi olahraga.

Sosiologi olahraga sebagai cabang ilmu sosiologi terapan kajiannya terkait dengan olahraga, seperti membahasa tentang pola perilaku sosial, kehidupan dalam berbagai bentuk kelompok sosial, interaksi sosial, dan hal lainnya yang tentusaja berkaitan dengan olahraga.

Sosiologi Olahraga

Sejarah yang menjadi latar belakang adanya kajian dalam sosiologi olahraga ialah menyikapi bergamannya gaya hidup manusia akibat dari proses sosial dan interaksi sosial terhadap adanya perubahan sosial. Dimana proses perubahan sosial budaya ini mengakibatkan masalah sosial, salah satu masalah yang sering diabaikan dan penting diketahui adalah masalah kesehatan. Hingga akhirnya kondisi ini mengharuskan sosiologi olahraga penting untuk dilakukan kajian yang mendalam.

Sosiologi Olahraga

Sosiologi olahraga adalah studi kajian dalam sosiologi terapan yang memfokuskan diri pada cabang olahraga, sehingga secara khusus sosiologi berusaha untuk memberikan solusi dalam permasalahan olahraga, adapun permasalah ini muncul karena kekurangnya sosialisasi masyarakat untuk menerima proses pembaharuan dalam sisi kesehatan.

Pengertian Sosiologi Olahraga Menurut Para Ahli

Definisi mengenai sosiologi olahraga menurut ara ahli. Antara lain;

  1. Donald Chu, Pengertian sosiologi olahraga adalah perpaduan dua pengetahuan mengenai bahasan sosiologi dan olahraga. Panduan ini dilakukan karena olahraga berhubungan erat dengan tindakan yang dilakukan oleh masyarakat, baik berkelompok ataupun individu.
  2. ICSPE (International Council Of Sport And Physical Education), Definisi sosiologi olahraga adalah aktivitas manusia yang menyangkut tentang jasmani yang melibatkan beberapa unsur perjuangan, permainan, dan tujuannya adalah menghasilkan kesehatan bagi keberlangsungan hidup masyarakat.
  3. Plessner, Sosiologi olahraga yaitu cabang ilmu sosial yang memberikan penekankan terhadap pentingnya pengembangan olahraga dan kehidupan manusia melalui teori-teori dalam kompensasi manusia.
  4. Nurlan Kusmaedi (2002), Arti sosiologi olahraga adalah rekreasi dari kegiatan olahraga yang dilakukan dengan tujuan hiburan/rekreasi/wisata.
  5. Philips dan Madge, Pengertian sosiologi olahraga adalah kajian terkait fenomena sosial terhadap penyakit kewanitaan dari sudut sosiologi karena beratanya rutinitas dan tanggung jawab yang diemban.

Ruang Lingkup Sosiologi Olahraga

ruang lingkup sosiologi olahraga
Ruang lingkup sosiologi olahraga

Ruang lingkup yang menjadi objek kajian sosiologi olahraga, antara lain;

  1. Sistem sosial

Sistem sosial dalam kajian sosiologi olahraga adalah semua hal yang memiliki hubungan dengan garis sosial di dalam kehidupan masyarakat. Jenis sistem sosial dalam studi sosiologi olahraga ini menyangkut tentang kelompok sosial, tim dalam olahraga, klub dan hal lainnya yang berhubungan erat dengan interaksi dan proses integrasi sosial dalam masyarakat.

  1. Masalah figur sosial

Kajian sosiologi olahraga selanjutnya adalah masalah figur sosial. Masalah ini menyangkut tentang ketokohan atau olahragawan, mengenai pembina olahraga dana hal-hal lainnya yang sesuai dengan hubungan dalam kehidupan masyarakat.

Manfaat Sosiologi Olahraga

Beragam manfaat yang menjadi kegunaan dalam mempelajari sosiologi olahraga, antara lain;

  1. Mengetahuai beragam bentuk isu olahraga yang berkaitan erat dengan sistem sosial budaya dalam masyarakat.
  2. Memberikan analisis terhadap olahraga sebagai bagian daripada sitem sosial dan struktur dalam masyarakat.
  3. Memberikan analisis yang tejam mengenai hubungan olahraga dengan pranata sosial. Analisis ini di dapatkan dengan melakukan instrumen penelitian sosial
  4. Memberikan rekomendasi kepada masyarakat untuk mengisi waktu senggang
  5. Memberikan masukan dan rekomendasi terhadap peranan kelompok minoritas
  6. Memberikan gamabran mengenai pentingnya implementasi terhadap pendidikan jasmani dalam konteks budaya masyarakat majemuk
  7. Memberikan gambaran dan penjelasan terhadap kenakalan remaja dan olahraga

Tujuan Sosiologi Olahraga

Beragam jenis peranan yang ada di dalam sosiologi olahraga, yaitu;

  1. Menjadi Pemenuhan dasar Hidup

Alasannya karena pemenuhan terhadap arti kebutuhan dasar manusia di dalam proses sosial ialah kesehatan. Sehingga keberhasialan sosiologi olahraga ini sebagai upaya seseorang untuk dapat melakukan proses sosial melalui kualitas sikap dan perilaku dalam masyarakat.

Contoh Sosiologi Olahraga

Contoh mengenai studi kasus dalam kajian sosiologi olahraga misalnya;

  1. Permainan Bulu Tangkis

Kajiannya misalnya saja melihat konteks adanya pengaruh pendapata masyarakat terhadap para pecinta olahraga bulu tangkis. Olahraga bulu tangkis pada dasarnya memerlukan dana yang cukup mahal dibanding dengan permainan olahraga lainnya.

Pada permainan bulu tangis diharuskan setiap kali bermain untuk membeli cox, selain itu harus membeli raket, lapangan yang bagus, dan juga kualitas net yang mumpuni. Pendapatkan masyarakat dalam permainan ini tentusaja memiliki pengaruh yang bersar, hingga identik bahwa perminan bulu tangkis adalah perminan yang dilakukan oleh masyarakat yang memiiki pedapatan ekonomi menengah ke atas.

Semoga dengan adanya tulisan mengenai pengertian sosiologi olahraga menurut para ahli, ruang lingkup, manfaat, tujuan, dan contoh kajiannya bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi setiap pembaca yang membutuhkan refrensinya.

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *