Pengertian Kebutuhan, Macam, dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Kebutuhan Adalah

Mahluk sosial yang hidup di dunia memerlukan alat penunjang, dalam artian alat penunjang ini adalah kebutuhan hidup manusia baik sebagai individu dan kelompok, dimana setiap kebutuhan yang diperlukan tersebut pada hakekatnya tidak dapat dipenuhi dalam satu waktu tertentu akan tetapi ada kebutuhan yang dapat dipenuhi dengan cara bertahap (step by step). Baik itu kebutuhan berdasarkan intensitas, berdasarkan bentuk, berdasarkan waktu pemenuhan, serta berdasarkan subjeknya.

Disisi lain, dengan terpenuhinya kebutuhan ini juga maka manusia dapat bertindak dengan lebih mudah, terlebih lagi kebutuhan yang dipenuhi tersebut merupakan kebutuhan pokok. Maka dari hal itulah, suatu kebutuhan menjadi bagian yang penting dan wajib untuk dipenuhi setiap orang agar kehidupan berlangsung dengan lancar. Apabila jika kebutuhan tidak ada yang terpenuhi, maka akan menimbulkan berbagai dampak masalah sosial dan menghambat proses sosial dan interaksi sosial dalam kelangsungan hidup manusia.

Kebutuhan

Kebutuhan meupakan peristilahan yang berasal dari Bahasa Inggris need yang dianggap sebagai upaya dalam bentuk motif ekonomi dalam setiap orang dalam mencukupi segenap keinginan yang dianggap mampu memberikan dorongan untuk melangsungkan kehidupan.

Pengertian Kebutuhan

Kebutuhan adalah keinginan manusia kepada barang berupa benda atau jasa yang diharapkan dapat terpenuhi dalam rangka memuskan dirinya, lingkungan sosial sekitar, ataupun dalam arti keluarganya, sehingga naluriah keinginan setiap orang untuk menunjukan jenis kelas sosialnya di lingkungan masyarakat.

Keinginan yang menjadi kebutuhan ini terus terorganisir, artinya saling mempengaruhi satu kebutuhan dengan kebutuhan yang lain dengan bersifat jasmani dan rohani

Pengertian Kebutuhan Menurut Para Ahli

Pengertian Kebutuhan Menurut Para Ahli
Pengertian Kebutuhan Menurut Para Ahli

Adapun definisi kebutuhan menurut para ahli, antara lain antara lain;

  1. Abraham Maslow, Pengertian kebutuhan adalah tingkah laku setiap individu yang berdasarkan pada prinsip keinginan serta terorganisir antara satu dengan yang lainnya. Pengaruh ini saling melengkapi satu sama lain, sehingga ada tingkatan yang lebih dominan.
  2. McClelland, Definisi kebutuhan adalah sebuah simbol keterkaiatan hidup manusia dengan ketenaran dengan lingkungan sekitar (n-Ach), sehingga keadaan ini memiliki nilai kepuasaan apabila terpenuhi secara baik, akan tetapi jika tidak terpenuhi rasa kekuarangpuasaan menjadi salah satu ungkapan yang ada di dalam hidupnya.

Macam Kebutuhan

Jenis kebutuhan hidup manusia, dilihat dari bentuknya terdiri dari  berbagai bentuk. Antara lain;

  1. Berdasarkan Intensitasnya

Kebutuhan berdasarkan pada intensitasnya di bagi atas, kebutuhan primer, sekunder, dan tersirer. Penjelasannya sebagai berikut;

  1. Kebutuhan primer

Kebutuhan primer adalah suatu kebutuhan yang harus di penuhi. Kebutuhan ini bukan sekedar pada keinginan saja, akan tetapi berdasarkan pada keharusan serta kewajiban dalam memenuhinya. Adapun untuk contoh kebutuhan primer dalam hidup manusia misalnya saja kebutuhan sandang, pangan, dan papan.

  1. Kebutuhan sekunder

Definisi kebutuhan sekunder adalah jenis kebutuhan hidup manusia yang diperlukan apabila kebutuhan primer terpenuhi, kebutuhan ini identik dengan alat keperluan dalam penunjang kebutuhan primer, contohnya adalah pembeliaan alat rumah tangga, pembelian kursi, atau memakali serta membeli alas tidur.

  1. Kebutuhan tertsier

Kebutuhan tersier adalah jenis kebutuhan mewah yang dilakukan seseorang jikalau kebutuhan primer serta skunder telah dipenuhinya. Adapun untuk contoh yang masuk dalam kebutuhan ini misalnya saja pembeliaan mobil mewah seperti mobil mercedez, pajero sport, ataupun pembelian mobil lamborgini.

  1. Berdasarkan Bentuknya

Kebutuhan berdasarkan pada bentuknya, terbagi menjadi dua macam, antara lain;

  1. Kebutuhan materiil

Kebuthan materill atau kebutuhan jasmani, adalah jenis kebutuhan yang diperlukan manusia dalam menunjang keberlangsungan hidup yang dijalaninya. Kebutuhan ini indetik dengan kepentingan pribadi, misalnya saja adalah olahraga agar setiap orang terlihat sehat.

  1. Kebutuhan immaterial

Kebutuhan immaterial atau rohani adalah jenis kebutuhan hidup manusia yang dilakukan dalam upaya memenuhi kebahagiaan serta keteraman hidup yang dijalani. Kebutuhan ini tidak terlihat secara kasap mata akan tetapi akan begitu terasa pengaruhnya. Contoh kebutuhan ini misalnya saja menjalankan ritual ibadah, bagi orang bergama.

  1. Berdasarkan pada Waktunya

Berdarkan pada waktu pelaksanaan kebutuhan. Jenis kebutuhan ini di bagi menjadi berbagai hal, antara lain;

  1. Kebutuhan sekarang

Kebutuhan sekarang adalah jenis kebutuhan manusia yang dilakukan karena keterdesakan di dalam setiap rutinitas hidup yang dijalaninya. Contoh kebutuhan ini hampir sama dengan kebutuhan primer, seperti sakit keras sehingga harus berobat ke Rumah Sakit, ataupun keperluan makan serta minum yang kita jelanjakn sehari-harinya.

  1. Kebutuhan yang akan datang

Kebutuhan yang akan datang adalah jenis kebutuhan yang dapat ditunda dalam bentuk pemenuhannya. Kebutuhan ini identik dengan rencangan masa depan seseorang yang sering dikaiatkan dengan “cita-cita”, contoh yang termasuk dalam kebutuhan ini misalnya saja ingin memiliki rumah mewah, ataupun berkeinginan sekolah di luar negri.

  1. Kebutuhan yang tidak bisa ditentukan waktunya

Kebutuhan yang tidak bisa ditentukan waktunya adalah jenis kebutuhan hidup manusia yang datang secara tiba-tiba. Tidak ada prediksi dalam kedatangan kebutuhan ini. Contonya saja kedatangan tamu dari saudara yang bersilaturrahmi sehingga segala sesuatu harus dipenuhi.

  1. Kebutuhan sepanjang waktu

Kebutuhan sepanjang waktu trerakhir ini adalah jenis kebutuhan manusia yang harus dipenuhi sepanjang ia hidup. Contonya saja kebutuhan akan ilmu pengetahuan yang diperlukan setiap orang, baik muda ataupun dewasa dan orangtua harus senantiasanya belajar dengan sungguh-sungguh.

  1. Berdasarkan Pada Subjeknya

Jenis kebutuhan manusia yang terkhir, adalah kebutuhan berdasarkan pada sumbjek atau pelakuknya. Antara lain;

  1. Individu

Berdasarkan pada pelakuknya adalah jenis kebutuhan manusia yang diperlukan untuk individu, dalam hal ini kepentingnya hanya untuk keperluaan satu orang saja. Tidak ada keterkaiatan antara keluarga, saudara, dan lain sebagianya.

Adapun untuk contoh dalam kebutuhan manusia individu ini misalnya saja kebutuhan untuk bersosialisasi serta melakukan bentuk interaksi sosial dengan lingkungan sekiatar.

  1. Kelompok

Berdasarkan pada pelakuknya, kebutuhan manusia dilandasi dengan kelompok lebih pada kepentingan umum untuk dapat menjaga kesiimbangan sosial serta keteraturan sosial dalam masyarakat. Sedangkan untuk contohnya dalam kebutuhan jenis ini misalnya saja kebutuhan untuk hidup dalam lingkungan yang bersih, menjaga keamanan lingkungan, dan lain sebaginya.

Contoh Kebutuhan

Adapun untuk contoh alat kebutuhan, antara lain sebagai berikut;

  1. Makanan

Pemenuhan makanan bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer yang diperlukan manusia dalam mencukupi keperluan dan kepentingan hidupnya. Makanan ini sendiri tergoling menjadi hal yang sangat penting karena berhubungan erat dengan energi dan keberlangsungan hidup.

  1. Alat Elektronik

Adapun untuk contoh kebutuhan lainnya, misalnya saja alat elektronik yang memang bisa dikatakan sebagai kebutuhan yang dibutuhkan oleh sebagain orang di jaman sekarang. Meskipun alat elektronik termasuk HP dan laptop memang bukan kebutuhan primer tetapi keberadaannya sangat diperlukan.

Kesimpulan

Bedarkan pada penjelasan dapat dikatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh seseorang selalu berkiatan dengan kebutuhan hidup, baik yang bersifat sementara atuoun permanen. Dalam upaya pemenuhannya diperlukan arti sosialisasi serta diperlukan integrasi, baik dalam dirinya sendiri atapun di dalam lingkungan masyarakat.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian kebutuhan menurut para ahli, macam, dan contohnya. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa memberikan wawasan serta memberikan pengetahuan bagi segenap pembaca yang membutuhkannya.

Rating: 3.0/5. From 2 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *