Pengertian Fenomena Sosial, Jenis, Faktor, dan Contohnya

Diposting pada

Fenomena Sosial Adalah

Fenomena sosial menjadi bahasan yang begitu penting dalam objek kajian ilmu sosiologi. Fenomena sosial ini bahkan secara umum menjadi bagian dari nilai kegunaan sosiologi dalam pembangunan di masyarakat yang lebih dikenal dengan aksiologi.

Oleh karena itulah salah satu aspek terpenting dari fenomena sosial senantisa melibatkan perilaku seseorang yang dapat diamati, yang mampu memengaruhi orang lain dalam semua perilakunya di kehidupan sehari-hari.

Fenomena Sosial

Fenomena sosial bisa dikatakan sebagai bentuk gejala sosial yang dilandaskan melalui peristiwa sosial sehingga mampu terjadi dalam kehidupan masyarakat. Istilah fenomena Sosial ini sendiri berasal Bahasa Yunani “phainomenom” yang berarti “apa yang terlihat”. Terjadinya fenomena sosial ini bisa disebabkan karena faktor kultural dan faktor struktural.

Faktor kultural dalam fenomena sosial tejadinya dengan sendiri tanpa adanya paksanaan sedangkan untuk struktural memiliki sistem sosial tertentu dalam masyarakat.

Pengertian Fenomena Sosial

Fenomena sosial  adalah fakta sosial dalam kehidupan masyarakat yang dilakukan lantaran adanya bentuk-bentuk perubahan sosial yang diakibatkan tindakan masyarakat itu sendiri, sehingga terjadinya berbagai fenoma ini akan memiliki dampak negatif akan tetapi beberapa juga akan memiliki dampak positif.

Adapun untuk dampak positif fenomena sosial yakni mampu menumbuh kembangkan pengetahuan dan wawasan dalam masyarakat.

Pengertian Fenomena Sosial Menurut Para Ahli

Fenomena Sosial Menurut Para Ahli
Fenomena Sosial Menurut Para Ahli

Adapun definisi fenomena sosial menurut para ahli, antara lain;

  1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Pengertian fenomena sosial adalah kejadian nyata yang dapat dilihat secara langsung melalui pancaindra dan dapat dijelaskan dalam penelitian bersifat ilmiah. Dalam arti ini jelas bahwa fenomena sosial harus bisa dibuktikan melalui langkah penelitian sosial yang sistematis agar apa yang dilihanya dapat dipertanggung jawabkan.
  2. Freddy Rangkuti (2011), Definisi fenomena sosial adalah fakta sosial atau kejadian sosial yang terlihat di lapangan. Fenomena sosial ini mampu memberikan gambaran masyarakat secara umum, dari dinamika kelompok sosialnya atau dapat menciptakan integrasi sosialnya.

Jenis Fenomena Sosial

Beragam bentuk fenomena sosial dalam masyarakat, antara lain;

  1. Ekonomi

Jenis fenomena sosial yang pertama adalah ekonomi. Perekonomian menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia, oleh karenannya bentuk fenomena sosial ekonomi ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya saja dalam pencurian dan tingginya tingkat kriminalias.

  1. Budaya

Jenis lainnya mengenai fenomena sosial adalah tentang sifat kebudayaan atau unsur budaya, fenomena sosial ini misalnya saja adalah tentang adanya Reog Ponorogo yang diakui oleh Malaysia secara umum, bentuk ini adalah pelanggaran yang mengakibatkan adanya bentuk perlawanan dari pemerintah Indonesia.

  1. Psikologis

Bentuk lainnya mengenai fenomena sosial adalah psikologis yang dapat memrusak atau menggangu ketertiban sosial karena dampak yang ditimbulkannya. Apalagi dampak psikologis ini akan menjadi dampak yang membekas dalam kehidupan manusia, misalnya dampak fenomena sosial psikologis adalah peperangan.

  1. Lingkungan Alam

Lingkungan alam sering terjadi fakta kehidupan yang sulit dihindari, dalam hal ini untuk di Indonesia misalnyas aja adalah pembakaran hutan, penebangan hutan, dan lain sebaginya yang tentusaja dapat merusak alam secara berkelanjutan.

Penyebab Terjadinya Fenomena Sosial

Fenomena sosial dapat terjadi karena dua hal, yaitu sebagai berikut;

  1. Faktor kultural, yaitu faktor yang terjadi dengan sendirinya tanpa adanya paksaan, atau faktor yang berasal dari nilai yang berkembang dalam suatu arti komunitas masyarakat atau lingkungan sosialnya.
  2. Faktor struktural, yaitu faktor yang mempengaruhi struktur atau sistem sosial tertentu di dalam nasyarakat.

Contoh Fenomena Sosial

Beberapa contoh mengenai adanya fenomena sosial yang baru-baru ini terjadi dalam kehidupan masyarakat, antara lain;

  1. Indonesia

Contoh yang baru-baru ini terjadi di Indonesia mengenai penjelasan kasus fenomena sosial  misalnya saja adalah bummingnya lagu Jaran Goyang atau lagu Sayang yang dinyakikan oleg Via Valen. Dalam lagu ini banyak fenomena sosial  yang terjadi, diantaranya hampir semua usia menyenangi lagu mereka berdua, baik tua, ataupun muda. Selain itu mereka senang karena lantunan musik daerah yang dikombinasikan dengan Jawa.

Meskipun seseorang menangi lagu tersebut ada yang beralasan bukan senang karena penyanyinya, akan tetapi lebih senang karena lagu kaeadaerahan. Secara tidak langsung ini menjadi fenomena sosial  yang menarik, artinya bisa menyebarluasakan lagu daerah dengan kebudayaan yang terjadi pada saat ini.

  1. Budaya

Contoh lainnya, mengenai fenomena sosial  dan kebudayan yang pernah terjadi pada tahun 2015, 2017, bahkan pada tahun ini 2018. Adalah adanya fenomena sosial dalam budaya. Arti budaya ini misalnya saja adanya budaya Korea Selatan mengenai pengenalan K-Pop , pengenalan dalam lagu yang ada meniktiberarkan pada arti internasiliasi budaya ini membuat masyarakat Indonesia mengikuti dan mengenal budaya di negara tersebut.

  1. Kemiskinan

Contoh fenomena sosial yang lainnya adalah perbedaan kedudukan ekonomi masyarakat yang ditentukan karena berkembangnya nilai-nilai sosial baru tentang kedudukan yang berkenaan dengan pemilikan benda-benda bernilai ekonomi. Perbedaan ini seringkali menyebutkan tentang adanya tingkat kedudukan dalam stratifikasi sosial.

Perbedaan kedudukan dan kekayaan dalam masyarakat ini menjadi salah satu istilah dalam arti kemiskinan. Meskipun kemiskinan menjadi hal yang wajar dalam kehidupan akan tetapi tetap pada fenomena sosialnya menimbulkan banyak dinamika kelomopok sosial.

  1. Kejahatan

Arti kejahatan atau kriminalitas adalah satau satu kondisi yang menyebabkan adanya proses-proses sosial atau perubahan sosial dalam kehidupan manausia. Perubahan ini banyak disebabkan karena adanya tingkat kejahatan, dengan kejahatan dan kriminalitas akan mampu menjadi perusak dalam bentuk keteraturan sosial yang ada.

  1. Peperangan

Peperangan adalah salah satu fenoma sosial yang sering terjadi di daerah-daerah konflik. Peperangan ini menjadi bukti ketidakadanya kesebailan hidup dalam masyarakat. Perang yang dapat merubah sistem sosial dianggap sebagai fenomena sosial yang negatif.

Alasan negatif karena peperangan bukan hanya merugikan dalam pembangunan wilayah akan tetapi juga menjadi kerugian masyarakat dengan adanya kematian serta dampak sosial, psikologis dan troma yang mendalam dari pihak-pihak yang melakukan konflik sosial tersebut.

  1. Kependudukan

Contoh lainnya, fenomena sosial yang akan terjadi pada baru-baru ini misalnya saja adalah fenoma terhadap kependudukan. Banyak para ahli yang mengatakan bahwa Indonesia akan mengalami bonus demografi. Bonus demografi adalah melonjaknya jumlah penduduk usia muda dibandingkan dengan usia tua, fenomena iki akan terjadi pada Tahun 2020.

Maka hal yang wajar, dalam menyambut fenomena sosial dalam masyarakat termasuk dalam bonus demografi, pemerintah memberikan pembekalan dalam berbagai aspek, semua itu dilakukan untuk siap dalam menghadapi bonus demografi. Misanya saja dalam kebijakan bantuan program pendidikan, kesehatan, dan program lainnya.

  1. Kenakalan Remaja

Fenoma sosial yang terjadi selanjutnya adalah kenakalah remaja, kenakalan ini menjadi bukti bahwa kehidupan dalam masyarakat selalu dipengaruhi oleh hal-hal baru dan dinggap sebagi hal yang tidak wajar. Kenakalah remaja ini erat kaitannya dengan dampak positif dan negatif globalisasi yang terjadi dalam masyarakat.

Contoh kenakalan remaja ini adalah tentang hamil di luar nikah, minum-minuman keras, tawuran antara pelajar dan lain sebaginya. Oleh karena itulah fenomana sosial yang seperti ini setidaknya terus diberikan pemantauan khusus agar bisa terkendali dengan mudahnya.

  1. Disorganisasi Keluarga

Contoh terhadap fenoma sosial lain, dan sering terlihat di lingkungan sekitar adalah disorganisasi keluarga. Misalnya tergolong dalam fenomena sosial ini adalah perceraian, pertengkaran, ataupun KDART (Kekerasan Dalam Rumah Tangga).

  1. Mudik

Contoh terakhir mengenai fenomena sosial yang ajag terjadi dalam kehidupan bermasyarakat adalah mudik, dengan mngunjungi teman, kawan, atau sudara ke kampung halaman. Kunjungan seperti ini dilakukan padasaat Hari Raya Idul Fitri, dan ini menjadi ciri khas yang membuktikan bahwa Indonesia adalah bangsa yang ramah terhadap lingkungan sosialnya.

  1. Bantuan Covid 19 yang di Korupsi

Paling nyata terjadinya fenomena sosial yang ada masyarakat ialah adanya kasus dalam arti korupsi yang terjadi lantaran adanya dana bantuan covid 19.

Dimana seperti yang diketahui bahwa covid 19 atau dikenal dengan virus korona telah melumpuhkan sistem sosial dan sistem perekonomian yang ada. Sehingga tindakan melakukan korupsi saat terjadinya covid 19 menjadi salah satu munculnya gejolak masyarakat.

Kesimpulan

Dari penjelasan dapat dikatakan bahwa fenomena sosial adalah keadaan yang mutlak terjadi dalam masyarakat. Tidak ada masyarakat yang bisa menghindari sekalipun, meskipun begitu penting untuk bagi masyarakat untuk menghindari bentuk fenomena sosial yang bersifat negatif.

Sehingga dapatlah disebutkan bahwa fenomana sosial adalah segala sesuatu yang terjadi dalam masyarakat. Terjadinya fenomana sosial ini akan memberikan perubahan sosial yang mengerah pada sisi negatif atau sisi postif.

Demikianlah penjelasan dan pemaparan mengenai pengertian fenomana sosial menurut para ahli, jenis, faktor penyebab, dan contohnya yang terjadi di masyarakat. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca yang sedang mendalami materinya.

Rating: 5.0/5. From 3 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *