Pengertian Modernisasi, Ciri, Bentuk Gejala, Syarat, Teori, Dampak, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Modernisasi

Diakui maupun tidak telah banyak bentuk perubahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat serta memberikan pengaruh besar bagi setiap individu dan kelompok yang hidup bersamaan. Salah satu hal yang mempengaruhinya adalah modernisasi yang bisa dikatakan pola kehidupan masyarakat modern akibat adanya perubahan sosial yang telah terjadi.

Disisi lain, modernidasi juga memiliki sejumlah dampak positif dan negatif terhadap pola perilaku masyarakat. Prihal ini misalnya saja seperti adanya kecepatan dan ketidak adanya batasan antar wilayah karena perkembangan teknologi komunikasi, namun disisi lainnya juga terjadi permasalahan sosial seperti maraknya penipuan.

Modernisasi

Setiap masyarakat menginginkan kemajuan dalam kehidupannya. Masyarakat yang maju selalu identik dengan modernisasi. Adapun asal muasal istilah modernisasi terjadi pada abad XVII bermula dan proses perubahan sosial budaya pada sistem sosial, ekonomi, serta politik yang terjadi pertama kalinya di Benua Eropa pada abad XVII.

Untuk proses modernisasi yang terjadi di Eropa berkaitan dengan perkembangan masyarakat tradisional menjadi masyaraikat modern. Disini sangatlah jelas bahwa titik awal modernisasi paling terkenal adalah terjadinya Revolusi Inggris, yaitu perubahan sosial dari masyarakat agraris yang kemudian dengan sangat drastis menjadi masyarakat yang berada dalam pengaruh industri.

Pengertian Modernisasi

Modernisasi adalah terjadinya pola perubahan dalam setiap sisi kehidupan masyarakat dari bidang ekonomi, budaya, dan industri yang bergerak dari kondisi tradisional menuju pada pola kehidupan masyarakat modern yang di ciri khasnya dengan efesiensi waktu dalam menjalankan rutinitas kehidupan.

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Adapun definisi modernisasi menurut para ahli, antara lain;

  1. W. Schoorl, Modernisasi adalah sautu proses sosial dan interaksi sosial yang terjadi dalam secara transformasi sehingga mampu mengerkan masyarakat pada bentuk perubahan dalam aspek kehidupan yang ada di dalamnya
  2. Arbi Sanit, Arti modernisasi adalah terjadinya perubahan dalam setiap lini kehidupan individu yang awalnya tradisional mengarah pada kehidupan yang modern.
  3. Soerjono Soekanto, Definisi modernisasi adalah suatu upaya perubahan sosial yang terarah (directed change) sehingga dalam perubahannya akan senantiasa didasani perencanaan yang kemudian disebut atau dikenal dengan social planning.
  4. Wilbert E. Moore, Pengertian modernisasi adalah transformasi total kehidupan kebersaaan untuk serangkain perubahan dalam bidang teknologi dan organisasi sosial.
  5. Koentjaraningrat, Arti modernisasi adalah segala usaha yan dilakukan masyarakat untuk menyesuaikan dengan kondisi zaman yang telah berkembang pada saat ini.
  6. William F Ogburn dan Mayer F Nimkot, Definisi modernisasi adalah usaha yang mampu memberikan pengarahan untuk masyarakat agar mampu merubah dirinya dalam kehidupan yang sesuai dengan zaman.

Ciri Modernisasi

Karakteristik yang mencerminkan masyarakat mengalami modernisasi, yaitu;

  1. Kehidupan masyarakat secara heterogen sehingga perbedaan akan suku, budaya, etnis, dan lainnya menjadi sangat kompleks
  2. Terjadinya perubahan dalam bidang industri yang awalnya tradisional menuju pada efesensi dalam waktu
  3. Memiliki mobilitas masyarakat yang lebih tinggi
  4. Sistem pelapisan masyarakat dalam penentuan jenis kelas sosial semakin terbuka
  5. Pola fikirnya lebih pada segementasi rasional daripada irasional

Bentuk Gejala Modernisasi

Modernisasi merupakan bagian proses perubahan yang dilakukan sesuai perencanaan dan kebijakan yang telah ditetapkan. Prihal ini untuk jenis gejala dalam modernisasi, antara lain;

  1. Bidang budaya, Biasanya gejala ditandai semakin terdesaknya unsur budaya tradisional oleh pengaruh budaya dan luar sehingga budaya asli dalam masyarakat biasanya semakin pudar.
  2. Bidang Politik, Ditandai semakin banyaknya negara yang lepas dan penjajahan, munculnya negara-negara yang baru merdeka, tumbuhnya negara-negara demokrasi, lahirnya lembaga-lembaga politik, dan semakin diakuinya hak asasi manusia.
  3. Bidang ekonomi, Dalam moderenisasi biasanya memiliki gejala dimana kompleksnya kebutuhan mahluk hidup (manusia) akan kebutuhan barang dan jasa sehingga kondisi tersebut memunculkan keadaan untuk dapat memproduksi barang melalui ektor idustri.
  4. Bidang sosial, Dalam bidang sosial biasanya modernisasi ditandai dengan semakin banyak bentuk kelompok-kelompok sosial atau lembaga baru dalam kehidupan masyarakat yang tentusanya setiap hal dalam sosial tersebut memiliki perbedaan kelas dan status sosial.

Syarat Modernisasi

Syarat Modernisasi
Syarat Modernisasi

Pemberlakukan modernisasi dapat terbentuk apabila memenuhi syarat-syarat berikut.

  1. Cara berpikir ilmiah

Modernisasi yang selalu identik dengan proses pembangunan dalam bidang industri haruslany mampu menunjukan cara berfikir yang ilmiah. Prihal ini biasanya dalam mengatasi masalah sosial tertentu masyarakat lebih mempercayakan pada hasil penelitian bukan sekedar ramalan.

  1. Tingkat organisasi tinggi

Pembentukan organisasi sosial di masyarakat semakin banyak, yang tujuannya ialah agar mampu mengakomodir segala kebutuhan dan keinginan individu dan kelompok yang bergabung. Sehingga kadangkala hal ini menjadi perubahan yang harus dilakukan. Contohnya seperti adanya MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) yang muncul karena bertujuan mensosialisasikan bahaya berita bohong (hoax).

  1. Sentralisasi wewenang yang tidak mengutamakan kepentingan pribadi atau golongan

Penjelasan terkait dengan hal ini berhubungan denga konsep kebutuhan bersama dalam proses percepatan. Sehingga makankala model bisnis maupun usaha di jalankan pada saat ini khususnya bukan lagi tertutup namun lebih terbuka, misalnya saja adanya pembukaan saham yang juga mendorong masyarakat untuk ikut berkolasi.

  1. Penciptaan iklim yang mendukung modernisasi

Penjelasan tentang penciptaan iklim ini lebih mengarah pada sistem ekonomi yang diukur berdasarkan usaha bebas dan terbuka. Sehingga manakala setiap masyarakat bisa bergerak lebih baik daripada lainnya maka kemajuan dalam berbagai bidang akan didapatkannya.

  1. Sistem pengumpuhan data yang baik dan teratur

Penerapan ilmu dan teknologi dalam proses produksi yang mencerminkan syarat terjadinya demokrasi ialah melihat adanya hubungan pekerjaan yang pada saat ini lebih penting data daripada aset yang tersedia. Alasannya karena data maka bisnis maupun riset bisa berjalan lebih baik lagi.

  1. Sistem administrasi negara yang baik

Syarat modernisasi lainnya berhubungan erat dengan sistem administrasi yang lebih baik. Sehingga hal ini mencerminkan pengorganisasian atas pekerjaan biasanya ditentukan berdasarkan efektivitas dan keuntungan secara cepat. Meskipun konsentrasi atas berbagai jenis tenaga kerja di pusat urban atau kota-kota besar

Teori Modernisasi

Berikut inilah beberapa pandangan tentang teori yang mendeskripsikan modernisasi. Yakni;

  1. Kepribadian

Masyarakat selalu mengharapkan dan mengalami perubahan sosial untuk mencapai kehidupan yang hebih baik. Kondisi itu ditandai dengan ditenimanya arus informasi dan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Tindakan-tindakan yang dilakukan oleh masyarakat merupakan bentuk kepribadian yang terbentuk berdasarkan pengaruh internal atau eksternal perubahan sosial. Adapun ciri-ciri masyarakat modern atas kepribadian sebagai berikut.

  1. Kesiapan menerima pengalaman baru dan keterbukaan terhadap inovasi serta perubahan
  2. Kesiapan membentuk atau mempertahankan pendapat mengenai berbagai masalah yang menyangkut kepentingan umum, serta mencari bukti mengenai sebuah pendapat, mengakul pendapat tersebut, dan menilai pendapat tersebut sebagai sesuatu yang positif
  3. Orientasi khusus terhadap waktu
  4. Percaya pada kemampuan din sendiri
  5. Memiliki rencana
  6. Mempercayai prediksi mengenai keteraturan sosial
  7. Rasa keadihan
  8. Minat dan nilai tinggi pada arti pendidikan, terlebih pada pendidikan formal
  9. Menghormati hak orang lain
  1. Teori Tindakan Manusia Modern Alex Inkeles

Teori modernisasi yang dipemukakan oleh Alex lnkeles menjelaskan bahwa manusia merupakan komponen penting penopang pembangunan Pembangunan tidak sekadar perkembangan teknologi, tetapi dibutuhkan manusia yang dapat mengembangkn sarana materiel agar memiliki fungsi lebih produktif

Oleh karena itu, diperlukan manusia modern dengan ciri-ciri sebagai berikut;

  1. Merniliki sikap hidup untuk menerirna hal-hal baru dan terbuka terhadap perubahan.
  2. Memiliki keberanjan untuk menyatakan pendapat atau opini mengenaj lingkungannya serta dapat bersikap demokratjs
  3. Menghargai waktu dan lebih berorientasi pada masa depan daripada masa lalu.
  4. Memiliki perencanaan dan pengorganisasian
  5. Percayadiri
  6. Menghargai harkat hidup orang lain.
  7. Percaya pada ilmu pengetahuan dan teknologi.
  8. Menjunjung tinggi suatu sikap bahwa imbalan yang diterima seseorang harus sesuai dengan prestasinya dalam masyarakat

Dampak Modernisasi

Terjadinya modernisasi yang ada di masyarakat memberikan dampak positif dan negatif. Penjelasan terkait hal ini;

  1. Dampak positif modernisasi, yaitu mampu mencitakan efektifitas soal waktu dalam menjalankan runitas kehidupan. Misalnya saja dalam bidang transportasi atas munculnya kereta listrik yang dinilai lebih cepat dalam berpergian.
  2. Dampak negatif modernisasi, biasanya berhubungan erat dengan penyalahgunaan data-data terkait dengan privasi seseorang. Prihal ini contohnya saja seperti adanya pencurian pasword Whatshaap yang kemudian dimanfaatkan orang-orang tertentu untuk melakukan kejahatan dengan berhutang.

Contoh Modernisasi

Contoh Modernisasi
Contoh Modernisasi

Pemberian contoh dalam modernisasi yang lekat dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Pertanian

Dalam pertanian yang awalnya sistem pertanian di Indonesia dalam berbagai hal menggunakan sistem manual atau tradisional yang memanfaatkan hewan seperti sapi atau kerbau untuk membajak sawah. Karena adanya modernisasi pada saat ini sistem pernian dengan cara tersebut sudah ditinggalkan, karena dinilai tidak efektif dan diganti dengan adanya traktor dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

  1. Bangunan

Contoh lainnya misalnya dalam olahraga yang baru-baru ini dialami oleh masyarakat Indonesia dengan melakukan pembangunan pada Stadion GBK (Gelora Bung Karno) dengan sistem yang dinilai modern karena menggunakan desain bangunan kelas dunia sehingga bisa dipergunakan pada saat hujan, panas, atau dalam suhu-suhu tertentu karena sudah ada proteksi yang lebih baik.

  1. Ekonomi

Dalam bidang ekonomi yang paling ketara pada saat ini misalnya saja adanya e-wallet yang tersedia di Indonesia. Mulai dari dana, jenius, link aja, shopee pay, Ovo, dan lainnya. Sejatinya hal tersebut merupakan aset kecepatan dalam memenuhi segala kebutuhan.

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa modernisasi adalah perwujutan manusia yang senantisa bergerak maju kedepan dengan berbagai aspek yang melatarbelakangi. Meskipun dalam prosesnya sendiri muncul antagonisme terpendam antara majikan dan buruh sehingga terjadi ketimpangan dan ketidakadilan sosial.

Akan tetapi yang pasti, ciri kepribadian dalam modernisasi tidak dihihat terpisah, tetapi saling berkaitan dimana gejala modernisasi pada bidang budaya biasanya memberikan perubahan pada bidang sosial maupun ekonomi.

Demikinalah penjelasan mengenai pengertian modernisasi menurut para ahli, ciri, bentuk gejala, syarat, teori, dampak, dan contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan dan juga menambah pengetahuan bagi setiap pembaca mengenai materinya.

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *