Ciri Masyarakat Modern dan Contohnya

Diposting pada

Karakteristik Masyarakat Modern

Pada dasarnya setiap arti masyarakat terbagi ke dalam masyarakat modern dan masyarakat tradisional. Pada masyarakat modern sendiri lebih mengedepankan pada nilai-nilai dan unsur budaya lebih bersifat universal. Sedangkan dalam masyarakat tradisional masih memegang nilai luhur.

Meski ada perbedaan yang pasti hubungan keduanya memiliki karakteristik yang saling berkaitan. Oleh karena demikianlah setiap membahas tentang masyarakat dalam ciri modernisasi tak terlepas pada sikap masyarakat yang sebelmunya tradisional.

Masyarakat Modern

Masyarakat modern adalah sekelompok orang yang telah terjamah oleh arti budaya global dan telah mengalami kemajuan dalam bidang teknologi maupun pengetahuan. Sehingga dalam hal ini sikap masyaarakat modern mampu menyesuaikan dan mengikuti perkembangan zaman dan bersifat terbuka.

Setiap masyarakat mengalami gejala modernisasi yang berbeda-beda. Oleh karenanya tingkat kemajuan IPTEK maupun budaya setiap lapisan masyarakat berbeda-beda. Modernisasi dapat berpengaruh terhadap perubahan sikap manusia. Perubahan dapat terjadi padas sikap yang lebih baik atau justru sebaliknya.

Ciri Masyarakat Modern

Masyarakat modern pada umumnya memiliki karakteristik sebegai berikut:

  1. Individualisme

Individualisme dalam hal ini memiliki makna bbahwa pada masyaraakt modern, individu bebas melakukan apapun tanpa mempertimbangkan orang lain dan tanpa terikat apapun. Sehingga mereka lebih leluasa mengembangakan apa yang menjadi keinginannya.

Sikap individualis ini juga berlaku dalam proses sosial dan interaksi sosial dalam masyarakat. Mereka tidak terikat dalam kelompok manapun karena merasa dirinya sendiri yang berhak menentukan perkembangan dirinya.

  1. Deferensiasi

Masyarkat modern memiliki spesialisasisasi pada setiap bidang. Setiap orang melakauakn pekerjaan sesuai dengan kemampuan dirinya masing-masing. Pola hidup diferesiasi sosial ini akan berakibat pada kebebasan setiap orang dalam menentukan pekerjaan, tingkatan pendidikan, gaya hidup, maupun aturan hidup sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.

  1. Adanya Status Sosial

Status sosial adaah tingkatan sosial sesorang dilihat dari berbagai aspek. Aspek utama yang menjadi penentu stasus sosial sesorang dalam masyarakat modern adalah tingkat ekonomi dan gaya hidup. Adanya status sosial dapat berdampak baik dapat pula berdamapk buruk

Salah satu dampak baiknya ialah sesorang menjadi terpacu dan bersemanagat untuk bekerja lebih keras demi mendapat pengakuan status sosial yang diinginkan. Dampak buruknya adalah seseorang akan melakuakn segala cara untuk mendapatkan pengakuan sosial tinggi meskipun cara tersebut tidak baik sekalipun.

  1. Gaya Hidup Mewah

Ciri masyarakat modern yang paling menonjol adalah gaya hidup mewah. Tren gaya hidup mewah sudah menjadi hal biasa dalam masyarakat modern. Berbagai aspek kehidupan serba mewah, mulai dari pola hidup, pola makan, kendaraan, dan lain sebagainya.  

  1. Mengikuti Perkembangan Zaman

Masyaarajt modern berarti masyarakat yang selalu mengikuti perkembanagan zaman. Perkembanan zaman dimaksudkan untuk memudahkan seseorang dalam melakauakn setiap aktivitas sehari-hari. Perkembangan zaman masyarakat modern berpusat pada budaya barat khsusunya negara-negara eropa dan amerika yang lebih dulu mengalami masa modern.

  1. Teknologi Maju

Kemajuan IPTEK menjadi ciri khas dari masayarakt odernn. Penggunaan teknologi yang semakin maju membuat tingkat kehidupanpun semakin berkembang pesat. Misalnya saja dalam hal produksi, adanya teknologi yang lebih canggih membuat hasil produksi lebih banyak sehingga dapat memenuhi klebutukhan konsumen yang semakin bertambah.

  1. Bersifat Terbuka

Pada umumnya masayarakat modern memiliki pola pikir terbuka. Mereka menerima dan menerpakna sistem-sitem dan pola perkembangan di berbagai aspek kehidupan. Pola pikir terbuka ini memudahkan berbagai akibat modernisasi masuk dengan mudah.

  1. Orientasi Ke Masa Mendatang

Masa mendatang harus dipersiapkan sejak sekarang. Masyarakat modern melakauakn sesuatu dengan tujuan untuk kemajuan dan kemudahan di masa yang akan datang bukan hanya untuk masa sekarang. Perilaku dan usaha untuk menunjang kepentingan di masa mendatang dibarengi dengan pemikiran dan semangat positif.

  1. Heterogen

Proses penerimaan hal-hal baru yang masuk ke dalam masyaraka modern membuat masyarakat modern memiliki keragaman dalam berbagai aspek kehidupan. Sikap terbuka mengakibatkan adanya percampuran budaya atau paham antar masyarakat.

  1. Objektif

Pemikiran terbuka pada masyarakat modern sejatinya akan senantisa membuat segala sesuatu dipertimbangkan secara objektif. masyarakat modern menerima segala sesuatu secara objektif sesuai dengan apa yang terjadi dan dibutuhkan.

  1. Perencanaan

Ciri-ciri masyarakat modern lainnya ialah memiliki perencanaan yang matang dalam melakuakan segala sesuatu. Tujuannya adalah untuk memperoleh hasil yang maksimal. Perencanaan secara matang memerlukan konsep yang matang pula. Oleh karenanya masyarakat modern dikenal sebagai orang pemikir.

  1. Mode Pakaian Lebih Variatif

Ciri-ciri masyarakat modern dapat dilihat pula dari gaya berpakaian. Masyarakat modern memiliki model gaya busana yang lebih vaiatif dibandingkan dengan masyarakat tradisional. Beragamnya model pakaian ini terjadi karena masyarakat modern bersikap terbuka terhadap ideologi baru yang masuk dan berkembang di wilayahnya, termasuk ideology dalam trend busana.  

  1. Hubungan Sosial karena Pekerjaan

Hubungan sosial yang terjalin dalam masyarakat modern pada umumnya terjadi karena faktor pekerjaan. Setelah hubungan pekerjaan ini selesai, hubungan sosial pun berakhir, kondisi seperti ini kerokali ditemukan dalam kehidupan masyarakat yang mengalami kemodernitasan dalam hidup.

Contoh Sikap Masyarakat Modern

Adapun untuk memberikan kelengkapan yang diberikan, berikut ini adalah contoh sikap yang ditemukan dalam kehidupan masyarakat modern pada saat ini. Antara lain;

  1. Politik

Dalam bidang politik ciri masyarakat modern terbuka dalam berbagai pilihan terkait dengan kepemimpinan dalam sistem pemerintahan. Pilihannya pun semakin beragam sesuai dengan sosialisasi politik yang dilakukan, untuk peranannya seharnysa masyarakat modern menyadari bahwa pilihan menjadi salah satu berpedaan mendasar dalam hidup manusia.

  1. Ekonomi

Bidang ekonomi dalam ciri masyarakat modern juga mudah ditemukan. Misalnya saja beragamnya jenis lapangan pekerjaan pada saat ini yang bukan hanya saja pada bekerja di kantor dan menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) akan tetapi bisa bekerja di rumah, contohya menjadi youtuber, menjadi blogger, atau berjualan online shop.

Kesimpulan

Dari penjelaan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa sikap terbuka pada masyarakat modern dalam menerima unsur-unsur baru yang masuk dalam kehidupannya menjadi kunci uama tingkat keberhasilan pengaruh modernisasi. Pada umumnya masyarakat  modern dipandang sebagai masyarakat yang selalau mengikuti tren-tren.

Pembaharuan dalam ilmu pengetahuan maupun budaya biasanaya dipengaruhi oleh budaya asing yang berasal dari budaya barat yang lebih dulu telah mengalami modernisasi dalam berbagai bidang. Cara pandang dan cara berpikir manusia selalu berkembang.

Perkembangan pola pikir dibarengi dengan kemunculan ide baru yang akan menciptakan sesuatu yang baru yang dapat mempengaruhi kehidupan dirinya sendiri atau bahkan mampu mempengaruhi kehidupan orang lain.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan karakteristik yang ada pada masyarakat modern dan contohnya dalam bidang politik serta ekonomi. Semoga memberikan edukasi bagi semua kalangan yang memperlukannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *