Ciri Masyarakat yang Mengalami Modernisasi dan Contohnya

Diposting pada

 

Ciri-Ciri Modernisasi

Modernisasi menjadi salah satu aspek penting yang dialami oleh berbagai bentuk negara-negara di dunia, sehingga istilah modernisasi ini kerapkali dikaitakan dengan adanya perkembangan teknologi dan industri yang sangat tinggi sehingga mampu memberikan bentuk perubahan sosial di masyarakat.

Disisi lainnya, arti masyarakat yang telah mengalami modernisasi memiliki karakteristik tertentu misalnya saja dalam melakukan bentuk tindakan sosialnya lebih mengedepankan hasil pemeikiran yang bersifat rasional di bandingkan dengan irasional.

Modernisasi

Modernisasi adalah bagian tersformasi kehidupan manusia yang meningkat dari adanya pengaruh perubahan sosial dan globalisasi yang tinggi, sehingga hal ini memberikan efek dalam penciptakaan sistem sosial baru dalam masyarakat dunia, termasuk juga Indonesia yang sampai saat ini menjadi karakteristik negara berkembang terhadap penemuan teknologi.

Prihal ini tentusaja menggambarkan bahwa modernisasi tidak bisa dihindari oleh setiap negara. Dengan latar belakang masyarakat selalu berkembang mengikuti kemajuan zaman.

Ciri Modernisasi

Masyarakat yang Mengalami Modernisasi
Ciri Masyarakat yang Mengalami Modernisasi

Adapun penjelasan untuk ciri-ciri masyarakat yang mengalami modernisasi. Antara lain;

  1. Heterogen

Situasi dan kondisi yang ada di dalam masyarakat modernisasi relatif lebih heterogen. Artinya masyarakat bercampur baur membentuk kesatuan dan persatuan dalam proses pembangunan, masyarakat heterogen ini erat kaitannya dengan masyarakat multikultural yang terdiri dari etnis maupun suku berbeda dalam suatu wilayah tertentu.

Adapun untuk contoh modernisasi sebagai ciri masyarakat modern serta dampak positif dan negatif ialah London di Inggris. Pluralisme di wilayah tersebut terlihat, misalnya Sadiq Khan yang beragama Islam sebagai negara minoritas mampu menjadi Wali Kota. Namun akibat negatifnya dalam masyarakat seperti ini kerapkali di warnai dengan adanya beragam jenis konflik , khususnya jika penerimaan atas keberagaman tersebut kurang.

  1. System Pelapisan Terbuka

Karakteristik selanjutnya yang ada di dalam ciri masyarakat modernisasi adalah sistem pelapisan masyarajat terbuka dengan perubahan zaman, bentuk keadaan ini dipenguruhi besar dengan adanya globalisasi yang tidak bisa dihindarkan sedikitpun sehingga pengelompokan lapisan sosial terlihat pudar.

  1. Mobilitas Masyarakat Tinggi

Dalam masyarakat modernisasi ialah tingkat perpindahan penduduk sangat tinggi. Perpindahan ini bisa dari kota ke desa atau sebaliknya, dengan tujuan mendapatka kehidupan yang lebih baik dalam berbagai problem kehidupan yang dialami.

Tingkat mobilitas sosial seperti ini pada akhirnya memunculkan penggambaran istilah urbanisasi, ruralisasi, imigrasi, dan transmigrasi.

  1. Tindakan Manusia Rasional

Ciri masyarakat yang telah mengalami modernisasi paling mencolok ialah memiliki tindakan rasionalnya tinggi, sehingga segala tingkah laku dan kegiatan keseharian di dasarkan pada nilai pemikiran logika. Oleh karena itulah sangat jarang jikalau masyarakat modernisasi percaya dengan hal-hal yang sifatnya abstrak.

  1. Tidak terikat pada Adat

Salah satu ciri-ciri masyarakat yang mengalami modernisasi adalah timbulnya kepercyaan terhadap adanya adat-adat di dalam masyarakat lebih berkurang, lantaran masyarakat sudah bisa membedakan mana adat yang membawa pada kemajuan dan manapula adat yang membawa pada sistem pemerintahan yang tidak baik.

  1. Lebih Tinggi Kepentingan Sendiri

Orientasi kehidupan yang ada di dalam masyarakat modern lebih mengutamakan kepentingan dirinya sendiri. Sehingga kepentingan inipun membuat manusia selalu berfikir individualis bahkan terkesan materialistis dan kapitalis dalam segala tindakan sosial yang dilaukan.

  1. Pemikiran Yang Objektif

Sifat yang terjadi pada masyarakat modernisasi lebih universalisme terhadap beragam bentuk perbedaan yang ada, alasannya tak lain lantaran masyarakat lebih menerima segala sesuatu dengan obyektif berdasarkan pada nilai-nilai sosial yang sudah mengalami perubahan.

Oleh karena itulan salah satu alasannya masyarakat modernisasi sulit terjadi disintegrasi yang tidak menguntungkan.

  1. Mengejar Prestasi

Kehidupan yang menjadi ciri khas pada masyarakat modernisasi ialah lebih banyak untuk mengejar prestasi. Pengertian prestasi sendiri adalah penghargaan yang diberikan kepada kelompok atau masyarakat dalam beragam tindakannya yang bermanfaat.

  1. Spesifitas

Ciri selanjutanya yang terjadi pada masyarakat modernisasi  ialah spesifitas, artinya berterus terang dalam mengungkapkan segala sesuatu yang mempengaruhi kehidupannya.

Seperti kasus mengenai demontrasi, secara langsung bentuk demo yang dilakukan masyarakat terjadi karena adanya ketidakpahaman atau ketidakterimaan masyarakat kepada hal-hal yang dianggapnya menganggu kepentinga, baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk kepentingan kelompoknya.

  1. Menerima Pembaharuan

Masyarakat dengan ciri modernisasi menerima keadaan yang menyangkut pembaharuan, realitas sosial ini dianggapnya layak untuk dipergunakan. Adapun untuk proses sosial dan interaksi sosial terkait dengan pembaharuan dalam masyarakat bisa dilakukan dengan asmilasi, difusi, ataupun dengan akulturasi budaya-budaya yang berkembang.

  1. Menghargai Waktu

Terdapatnya penghargaan akan waktu serta pengaharaan terhadap waktu inilah menjadi simbul bahwa masyarakat modernisasi disiplin dalam bertingkah laku, seperti dalam pekerjaan, berlibur, dan lain sebaginya. Bahkan atas konsep inipula masyarakat yang mengalami modernisasi lebih tersistematis dalam melakukan hal apapun.

  1. Menghargai HAM

Dalam sikap masyarakat modernisasi sejatinya mempunyai menghargai harkat hidup orang lain, dengan penghargaan inilah sikap saling menghormati akan tercipta dengan sendirinya. Bahkan untuk saat ini pengahragaan terhadap kondisi seperti ini sudah di jalankan hampir semua negara.

Contoh Perilaku Masyarakat yang Menunjukkan Ciri Modernisasi

Contoh Perilaku Masyarakat Modernisasi
Contoh Perilaku Masyarakat Modern

Sebagai pelengkap. Untuk contoh sikap masyarakat yang modern, misalnya saja;

  1. Ikut Serta dalam Berbagai Bentuk Organisasi

Aktif dalam organisasi di lingkungan sekolah, seperti OSIS, PMR, dan Pramuka sejatinya menjadi salah satu tindakan yang selaras dengan ciri-ciri modernisasi yaitu mengejar prestasi. Alasannya karena dengan aktif dalam kegiatan organisasi sosial tertentu akan terbuka akses dalam membuka jaringan sosial.

Disisi lainnya, bersumber pada teori modernisasi dan contohnya yang diungkapkan oleh Alex Inkeles mengindikaskan bahwa semua individu dan kelompok senantiasa bergerak kepada keadaan yang dianggapnya lebih baik dari kondisi sebelumnya. Artinya prihal ini untuk orang yang mengikuti kegiatan tertentu nantinya mampu mencorong dirinya untuk lebih baik lagi.

  1. Berkomunikasi dengan Menggunakan Media Sosial

Pada saat ini setiap manusia dapat melakukan proses komunikasi dengan menggunakan berbagai bentuk media sosial. Media ini sejatinya bukan hanya dianggap efesiensi soal waktu namun juga menawarkan kecepatan akan kabar yang akan diberikan.

Sehingga setidaknya proses perubahan sosial budaya dalam komunikasi ini perlu dilakukan dengan tahapan-tahapan rencana yang baik, tahapan dalam kondisi ini dinamakan social planning agar interaksi tetap terjaga.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapat dikatakan bahwa modernisasi adalah proses transformasi kehidupan manusia dari yang berlatar belakang tradisional menjadi modern (penuh kemajuan). Aspek seperti ini meliputi ekonomi, organisasi masyarakat, dan juga pembangunan berkelanjutan.

Tetapi yang pasti agar terbentuk masyarakat modern, salah satu upaya yang bisa dilakukan ialah dengan menciptakan sistem administrasi dan pengumpulan data serta tingkat partisapasi terhadap organisasi tinggi. Keadaan ini dilatar belakangi karena dampak modernisasi di masyarakat selalu membutuhkan keteraturan sosial yang tetap dalam menjamin kehidupan yang dijalankan.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai ciri-ciri modernisasi. Semoga dengan adanya pengulasan secara lengkap terhadap materi ini bisa menambah wawasan dan juga menambah pengetahuan bagi setiap pembaca sekalian, khususnya yang mendalaminya.

Rating: 4.3/5. From 3 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *