Pengertian Masyarakat Modern, Ciri, Jenis Kegiatan, dan Contohnya

Diposting pada

Masyarakat Modern Adalah

Modern dalam objek kajian sosiologi mengacu pada transformasi dari masyarakat tradisional yang memiliki ciri khas pedesaan dan agraris menuju pada arti masyarakat sekuler yang lebih bersifat perkotaan dan penuh dengan beragam industri, oleh karena itulah secara singkat masyarakat modern adalah masyarakat industri.

Adapun tahapan untuk memodernisasi masyarakat pertama-tama adalah melakukan industrialisasi atau dengan kata lain, ketika masyarakat terindustrialisasi dianggap sebagai masyarakat modern dengan beberapa perubahan penting yang terjadi termasuk dalam hal komersialisasi, peningkatan pembagian kerja, pertumbuhan produksi, pembentukan negara-bangsa, birokratisasi, pertumbuhan teknologi dan ilmu pengetahuan, sekularisasi, urbanisasi, penyebaran literasi, peningkatan mobilitas geografis dan gejala sosial, dan lain-lain.

Masyarakat Modern

Masyarakat umumnya dianggap modern ketika sudah terindustrialisasi. Faktor lain yang menjunjukan karakrakteristiknya ialah melek huruf, terjadi arus urbanisasi hingga sebagian besar aspek masyarakat memiliki contoh modern, seperti sekularisme pada gaya hidup.

Oleh karena itulah jelas. Bahwa disini masyarakat modern tidak lagi bertani atau menghasilkan produk pada tingkat subsisten. Sebaliknya, mereka membuat produk untuk dijual. Orang biasanya tidak hidup sendiri dan perlu membeli barang untuk hidup. Misalnya orang pergi ke toko kelontong daripada memiliki hewan dan kebun untuk menyediakan makanan. Masyarakat modern juga menunjukkan pertumbuhan unsur budaya dan liberal. Masyarakat ini semakin menekankan kesetaraan dan pendidikan formal untuk semua orang.

Adapun dalam sejarahnya kebangkitan masyarakat modern terkait erat dengan munculnya masyarakat industri. Semua ciri yang diasosiasikan dengan modernitas dapat ditunjukkan berhubungan dengan serangkaian perubahan yang, kira-kira 250 tahun yang lalu, membawa masyarakat menjadi tipe industri.

Pengertian Masyarakat Modern

Masyarakat modern adalah tipikal kependudukan yang sebagian besar warganya memiliki orientasi nilai budaya yang terarah ke kehidupan dalam peradaban masa kini. Hal itu tentunya berbeda dengan masyarakat tradisional yang mengacu pada kehidupan yang orientasi ke masa lalu, bukan masa depan, dengan dominannya peran adat dan kebiasaan.

Oleh karena itulah masyarakat modern bisanya ditandai dengan tidak adanya perbedaan antara keluarga dan bisnis, dengan pembagian kerja yang dipengaruhi terutama oleh usia, jenis kelamin, dan status sosialnya.

Pengertian Masyarakat Modern Menurut Para Ahli

Adapun definisi masyarakat modern menurut para ahli, antara lain:

  1. Durkheim (1893/1960), Pengertian masyarakat modern adalah terciptanya kesadaran kolektif semakin lemah pada individu dan ikatan integrasi sosial yang mengikat mereka dengan orang lain semakin sedikit. Oleh karena itulah masyarakat modern dicirikan oleh peningkatan keragaman pengalaman dan peningkatan pembagian orang ke dalam pekerjaan dan spesialisasi yang berbeda. Mereka semakin tidak memiliki kesamaan yang dapat mengikat mereka bersama.
  2. Your Dictionary, Masyarakat modern adalah terdapatnya pembagian kerja yang menjadikan orang-orang yang hidup bersama-sama.

Ciri Masyarakat Modern

Karakteristik yang ada dalam masyarakat modern antara lain:

  1. Industri dan teknologi maju, Masyarakat modern memiliki sistem industri dan teknologi yang sangat kompleks dan maju. Kehidupan masyarakat modern penuh dengan otomatisasi dan peran minimal manusia dalam operasinya.
  2. Urbanisasi, Masyarakat modern merupakan model urbanisasi. Dimana urbanisasi yaitu adanya kelompok masyarakat, kota dan daerah pemukiman didirikan untuk memenuhi arti kebutuhan perumahan masyarakat.
  3. Tekanan populasi tinggi , Ukuran populasi pada masyarakat modern sangat tinggi dengan jutaan orang di kota.
  4. Sub lembaga sosial, Di dalam masyarakat modern terdapat tipe lembaga sosial dasar beserta sub lembaga atau organisasi sosial kerjanya, hal ini disebabkan karena adanya heterogenitas kebutuhan masyarakat dan jumlah penduduk.
  5. Peluang kerja, Masyarakat modern adalah pusat organisasi industri dan ekonomi. Keberadaan kantor-kantor dan perusahaan-perusahaan membuka kesempatan kerja yang lebih baik bagi orang-orang terdidik, setengah terdidik dan terampil secara teknis.
  6. Peluang pendapatan yang lebih baik, Aktivitas ekonomi, industri, komersial, dan peluang pendapatan yang lebih baik tersedia bagi orang-orang dari masyarakat materialistis.
  7. Stratifikasi sosial, Dalam masyarakat modern, orang-orang dibagi ke dalam strata sosial yang berbeda berdasarkan latar belakang sosial ekonomi mereka. Sebuah pembagian kerja yang sangat kompleks bersama dengan ditemukannya spesialisasi dalam kehidupan masyarakat modern.
  8. Fasilitas perkotaan, Fasilitas perkotaan modern seperti faks, telepon, internet, kabel, telepon seluler, gas, listrik, instalasi pengolahan air, sistem pembuangan limbah, pelabuhan udara, kereta api, jaringan jalan, area komersial besar, rumah sakit, sekolah, perguruan tinggi, universitas dan lain-lain tersedia di dalamnya.
  9. Sumber komunikasi, Sumber komunikasi modern seperti telepon, internet, telepon seluler, faks, kabel diterapkan saat berkomunikasi satu sama lain.
  10. Mobilitas sosial , Karena arti pendidikan yang lebih baik, industrialisasi, ekonomi dan kesempatan kerja, tingkat mobilitas sosial yang tinggi ditemukan di antara orang-orang dari tipe masyarakat ini. Orang sering berganti profesi, pekerjaan dan tempat tinggal.
  11. Hubungan internasional, Masyarakat modern mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan negara tetangga yang memberikan manfaat ekonomi dan militer.
  12. Tingkat kejahatan, Karena anonimitas dan tekanan populasi, ditemukan tingkat kejahatan yang tinggi. Pembunuhan, pencurian, perampok, perampokan, pemerkosaan, dan berbagai bentuk kejahatan lainnya terjadi berkali-kali dalam sehari.
  13. Status perempuan, Status perempuan dalam masyarakat modern tinggi. Wanita berpendidikan tinggi dan bekerja sejajar dengan pria di berbagai lapisan masyarakat. Mereka diberikan karena pentingnya dan. berbagi dalam pengambilan keputusan dan berbagi sumber daya.

Jenis Kegiatan Masyarakat Modern

Adapun untuk beberapa macam kegiatan yang dilakukan masyarakat modern, yaitu;

  1. Adanya Pembagian Kerja

Seperti yang telah dituliskan di atas bahwa masyarakat modern adalah masyarakat industri yang kegiatannya ada pembagian kerja. Sehingga dalam masyarakat industri melakukan kegiatan dalam bidang industri. Mereka telah memiliki pabrik dan mesin. Mereka juga lebih kaya daripada masyarakat pertanian dan memiliki rasa individualisme yang lebih besar dan tingkat ketidaksetaraan yang agak lebih rendah yang masih tetap substansial.

Masyarakat industri juga bisa diartikan sebagai masyarakat yang telah menggunakan teknologi produksi massal  untuk membuat sejumlah besar barang di pabrik-pabrik, dan di mana ini adalah cara produksi dan pengatur kehidupan sosial yang dominan.

  1. Kegiatan Industri

Masyarakat modern kegiatann yang dilakukan ialah industri, dimana hal ini menjadi tahap dalam evolusi masyarakat ketika ekonomi bergeser dari kegiatan produksi dan penyediaan barang dan produk ke ekonomi yang terutama menawarkan jasa.

Oleh karena itulah sistem masyarakat manufaktur terdiri dari orang-orang yang bekerja di bidang konstruksi, tekstil, pabrik dan pekerja produksi sedangkan, di sektor jasa, orang-orang bekerja sebagai guru, dokter, pengacara, dan pekerja ritel.

Dalam masyarakat pasca-industri, teknologi, informasi, dan layanan lebih penting daripada manufaktur barang yang sebenarnya. Selain itu, pendidikan tinggi sangat penting dalam masyarakat ini untuk keberhasilan ekonomi.

Contoh Masyarakat Modern

Beberapa contoh kondisi yang ada dalam masyarakat modern. Antara lain;

  1. Secara tradisional, orang memperoleh status dan memperoleh serta hak istimewa dalam masyarakat mereka melalui warisan yang bisa menjadi pertanian keluarga atau bisnis. Saat ini pendidikan adalah mata uang untuk mobilitas sosial, terutama dengan menjamurnya pekerjaan profesional dan teknis. Kewirausahaan yang dijunjung tinggi pada umumnya membutuhkan pendidikan yang lebih tinggi.
  2. Modal manusia sekarang menjadi elemen yang lebih penting dalam menentukan kekuatan suatu masyarakat. Kini, modal sosial telah berkembang menjadi suatu konsep modal sosial (sejauh mana orang memiliki akses ke jaringan sosial dan peluang berikutnya).
  3. Teknologi intelektual (berdasarkan matematika dan linguistik) berada di garis depan, memanfaatkan algoritme, pemrograman perangkat lunak, simulasi, dan model untuk menjalankan “teknologi tinggi” baru.
  4. Infrastruktur masyarakat pasca-industri didasarkan pada komunikasi sedangkan infrastruktur masyarakat industri adalah transportasi.
  5. Masyarakat industri menampilkan teori tenaga kerja berdasarkan nilai, dan industri mengembangkan hasil dengan penciptaan perangkat hemat tenaga kerja yang menggantikan modal untuk tenaga kerja. Dalam masyarakat pasca-industri, pengetahuan adalah dasar untuk penemuan dan inovasi. Ini menciptakan nilai tambah, meningkatkan pengembalian dan menghemat modal.

Nah, itulah saja artikel yang bisa diabgikan pada semua pembaca berkenaan dengan pengertian masyarakat modern menurut para ahli, ciri, jenis kegiatan, dan contohnya. Semoga saja mampu memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *