Contoh Modernisasi di Berbagai Bidang

Diposting pada

Contoh Modernisasi di Bidang

Modernisasi kerapkali menjadi istilah yang seringkali diperdengarkan dalam berbagai bidang kajian ilmu sosial, baik ekonomi, politik, budaya, periklanan, ataupun dalam bidang ideologi dan pembangunan. Bahkan tak khayal peristilahan ini dihubungan dengan adanya bentuk perubahan sosial.

Oleh karena alasan itulah modernisasi yang terjadi dalam kehidupan masyarakat adalah keharusan yang mencerminkan bahwa kehidupan terus mengalami pergerakan secara dinamis.

Modernisasi

Dalam kajian teori modernisasi pertamakali diperdengungakan dalam masyarakat dunia pada saat terjadinya revolusi Inggris pada kisaran abad XVII. Pada zaman itu terjadinya perubahan sosial secara menyeluruh di Inggris yang awalnya mempergunakan teknologi tradisional dalam melakukan produksi, hingga akhirnya diganti dengan alat-alat modern.

Sehingga arti modernisasi tidak terlepas dari sikap masyarakat yang bergerak terus menerus dalam melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik. Baik yang akhirnya akan memberikan dampak modernisasi positif ataupun akhirnya mampu memberikan akibat negatif.

Prihal ini misalnya saja untuk contoh modernisasi serta dampak positif dan negatif melihat penggunaan teknologi facebook. Akibat positifnya masyarakat bisa dengan mudah melakukan proses sosial dan interaksi sosial di jejaring dunia maya, namun akibat negatifnya banyak penipuan dan pelecahan dengan kata-kata yang beredar.

Contoh Modernisasi

Macam dan Contoh Modernisasi
Contoh Modernisasi

Contoh modernisasi akan senantianysa meliputi beragam macam bidang-bidang yang melakat dalam pertumbuhan manusia dengan alam sekelilingnya. Penjelasan lengkapnya sebagai berikut;

  1. Ekonomi

Dalam bidang ekonomi contoh modernisasi di masyarakat yang saat ini terjadi ialah penggunaan alat hitung dalam dunia perkantoran.

Yang pada awalnya mempergunakan tenaga manusia untuk melakukan perincian secara manual akan tetapi pada saat ini lebih banyak menggunakan alat-alat komputer dan internet. Misalnya saja aktivitas ini seperti penggunaan penghitungan dengan Ms Excel, Kalkulator, dan lain sebagainya.

  1. Teknologi

Pengungkapan tentang aktivitas yang berhubungan dengan teknologi pada saat ini lebih mudah ditemukan daripada dengan bidang lainnya. Dominasi ini didapatkan setelah melihat kondisi pada saat ini. Misalnya saja khusus untuk masyarakat Indonesia hubungan sosial lebih banyak dilakukan dalam media, seperti facebook, twitter, instagram, tiktok, ataupun lainnya sebaginya.

Keaadan ini ditimbulkan dengan adanya perkembangan arus pergerakan manusia yang mudah menemukan aktivitas-aktivitas keseharaian masyarakat dunia. Oleh karena itulah teknologi sejatinya menjadi bidang paling dominan daripada bidang yang lainnya.

  1. Pengetahuan

Modernisasi dalam pengetahuan bisa ditemukan prihal penggunakan internet sebagai literasi pada saat ini. Bila zaman dulu penelitian-penelitian sosial dilakukan secara manual dan dari rujuan buku-buku akan tetapi pada saat ini aktivitas seperti menggunakan google lebih banyak dilakukan masyarakat dengan bisa langsung mengakses jurnal internasional maupun jurnal nasional.

  1. Pendidikan

Lembaga pendidikan menjadi salah satu contoh kegiatan dalam modernisasi yang ada di Indonesia dan masyarakat dunia.

Contohnya saja seperti aktivitas dalam arti pendidikan dilakukan secara online tanpa bertatap muka, bahkan belajar seperti bimbel yang dulunya dilakukan dengan tatap muka (interaksi sosial) pada saat ini lebih banyak mempergunakan aplikasi seperti ruangguru, zenius, dan lainnya. Terlebih lagu saat pandemi virus corona penggunaan teknologi dan pendidikan tidak bisa terpisahkan.

  1. Transportasi

Kegiatan transportasi juga tak luput dari adanya pengaruh modernisasi dalam masyarakat. Adapun untuk ontoh ini misalnya saja penggunakan gojek yang menjadi pionir dalam transpotasi online di Indonesia, hingga sampai saat ini bahkan aplikasi online ini bukan hanya membantu perekonomian masyarakat akan tetapi menjadi solusi keamanan yang tepat ketika terjadinya calo-calo yang bertebaran dimana-mana.

  1. Sosial

Berhubungan dengan modernisasi dalam masyarakat di lingkungan sosial, khususnya untuk bidang sosial seperti penghimpunan dana yang telah dilakukan oleh KitaBisa, IndonesiaDarmawan, dan lainnya. Proses penghimpunan dari media online ini menjadi solusi serta penawaran di era modern seperti saat ini.

  1. Perdangangan

Mengai modernisasi di bidang perdangan ini juga bisa dengan mudah ditemukan, misalnya saja aktivitas beli barang-barang elektronik ataupun jasa di media olx ataupun di dalam tokopedia dan shopee. Penggambaran atas wujud fenomena sosial inilah menjadi keadaan yang nyata bahwa perdanganan sudah terendus dengan modernisasi.

  1. Industri

Fakta sosial tentang contoh modernisasi juga muncul dari bidang industri yang pada faktanya melengkapi proses dalam penyampaian barang-barang dan jasa secara cepat kepada masyarakat. Misalnya saja fenomena adanya penjualan jamu tradisional yang sekarang ini dibuat dengan mempergunakan mesin-mesin canggih dengan tingkat kesehatan yang jauh lebih baik.

  1. Ideologi

Arti ideologi yang berhubungan dengan contoh modernisasi misalnya saja khusus di Indonesia yang pada masa sebelum merdeka mempergunakan sistem kerjaan dengan pemerintahan yang absolut. Akan tetapi pada saat ini semua itu dihapuskan dan dikembalikan lagi dengan sistem pemerintahan presidensial dengan tata cara demokrasi.

  1. Periklanan

Pada bidang periklanan juga tidak terlepas daripada modernisasi. Prihal ini untuk contohnya seperti adanya penyebaran pamflet yang pada zaman dahulu sebagai sumber marketing, namun pada saat ini pembisnis bisa melakukan dengan google ads, facebook ads, maupun endors dengan orang-orang tertentu yang memiliki subcarbe di youtube.

  1. Pekerjaan

Pada bidang pekerjaan juga tidak luput dari adanya pengaruh modernisasi. Prihal ini misalnya saja pada zaman dahulu karakteristik khas masyarakat tradisional mengirimkan surat lamaran secara langsung dalam perusahaan tertentu namun saat ini proses pengirimannya bisa dilakukan dengan secara online, khususnya via email.

  1. Agama

Modernisasi dalam bidang agama juga bisa ditemukan. Khususnya untuk kasus terkait dengan seseorang yang Bergama Islam mempergunakan pesawat terbang dari Indonesia untuk pergi haji di Arab Saudi yang dahulunya mempergunakan kapal laut.

  1. Komunikasi

Fenomena modernisasi dalam bidang komunikasi juga bisa dilihat dalam segmentasi hukum. Pada awalnya ketika ingin berkomunikasi tuntutan hukum pada pelaku maupun pengak terjadi dalam proses yang lama.

Namun pada saat ini proses tuntunan tersebut bisa secara online dilakukan dengan situs change(dot)org yang memiliki tagline wadah dunia untuk perubahan. Disini terjadi proses komunikasi secara online yang bisa meminta dukunga pada semua pihak untuk sama-sama memberi masukan sekaligus tuntutan.

Contoh Aktivitas Modernisasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Modernisasi dalam Kehidupan Sehari-Hari
Modernisasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sebagai pelengkap. Untuk macam modernisasi dilihat dari ciri modernisasi yang paling banyak ditemukan dalam masyarakat lebih didasari pada ketidakpuasaan pendudukan dengan keadaan tertentu yang sontak membuatnya ingin bergerak. dimana aktivitas atas pergerakan ini dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Penduduk mempergunakan facebook untuk melakukan kampanye politik
  2. Penghitungan hasil produksi barang dan jasa yang dilakukan perusahaan mempergunakan teknologi komputer bukan lagi mempergunakan jasa-jasa akuntan
  3. Perubahan pedangan keliling yang mempergunakan sepeda akan tetapi pada saat ini menggunakan kendaran bermotor dengan tujuan mengefesinesikan waktu yang dipergunakan
  4. Mata kuliah yang dilakukan di Universitas Bina Nusantara mempergunakan media online serta bisa dilakukan dengan kuliah online
  5. Prilaku masyarakat yang lebih condong mempergunakan aplikasi google maps untuk petunjuk jalan dibandingkan dengan bertanya kepada orang lain (masyarakat lainnya)
  6. Publikasi jurnal internasional bisa dilakukan secara online tanpa harus datang ke negara asal yang menjadi penyedianya
  7. Penggunakan ojek online dalam masyarakat Indonesia lebih banyak dibandingkan dengan ojek konvensional

Demikialah serangkaian penjelasan dan pengulasan secara lengkap mengenai contoh modernisasi dalam kehidupan sehari-hari dari berbagai bidang kajiannya. Semoga memberikan wawasan dan pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca sekalian.

Rating: 3.3/5. From 12 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *