Gejala Modernisasi Dalam Berbagai Bidang

Diposting pada

Gejala Modernisasi Adalah

Modernisasi merupakan suatu proses transisi dari kehidupan yang sifatnya tradisional menuju kehidupan yang modern.  Sejatinya dalam teori modernisasi hadir pada abad XVII dan menyasar kepada proses sistem sosial, ekonomi, hingga politik. Lebih lanjut lagi, dalam artikel ini akan membahas mengenai gejala-gejala modernisasi dalam berbagai bidang.

Modernisasi

Modernisasi adalah sebuah proses yang menyebabkan adanya perubahan-perubahan di masyarakat yang di mana hal tersebut bergerak dari kodisi tradisional atau masyarakat pramodern menuju masyarakat yang modern.

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan pengertian modernisasi menurut para ahli:

  1. Schoorl

Modernisasi adalah suatu proses transformasi yang mampu mengerkan seluruh masyarakat di manapun dalam bentuk perubahan di aspek kehidupan sosial.

  1. Arbi Sanit

Menurut Arbi, modernisasi merupakan terjadinya perubahan dalam segala aspek kehidupan yang disebabkan oleh individu yang berawal dari tahap tradisional hingga mengarah pada kehidupan yang modern.

  1. Soerjono Soekanto

Pengertian modernisasi menurut Soerjono Soekanto yaitu suatu upaya perubahan sosial yang terarah (directed change). Sehingga dalam perubahannya didasani atas perencanaan yang disebut social planning.

  1. Wilbert E. Moore

Modernisasi merupakan proses transformasi total dalam kehidupan masayarakat di segala aspek kehidupan mulai dari bidang teknologi, ekonomi, hingga lembaga sosial.

  1. Koentjaraningrat

Modernisasi yaitu segala usaha yang dilakukan oleh masyarakat untuk menyesuaikan kehidpan mereka dengan kondisi zaman dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan hingga saat ini.

Karakteristik Modernisasi

Modernisasi identik dengan proses pembangunan. Karakteristik dari modernisasi dapat dilihat melalui individu sehingga dapat diketahui tingkat perkembangannya. Adapun karakteristik dari modernisasi dalam mayarakat adalah sebagai berikut:

  1. Segala kegiatan pemerintahan berpusat di Ibukota atau bersifat sentralistik.
  2. Terjadinya ketimpangan sosial dalam masyarakat.
  3. Penerapan teknologi di berbagai aspek kehidupan masyarakat.
  4. Adanya kecemburuan sosial antara si Kaya dan si Miskin.
  5. Sistem ekonomi yang diterapkan berdasarkan pada keuntungan.

Syarat-Syarat Modernisasi

Modernisasi yang hadir di tengah-tengah masyarakat hingga saat ini tentu tidak muncul secara tiba-tiba. Adapun syarat-syarat menuju modernisasi adalah sebagai berikut:

  1. Pola pikir masyarakat yang kritis.
  2. Tingkat pengorganisasian yang tinggi.
  3. Wewenang berada dibawah kendali pusat atau sentralisasi kekuasaan.
  4. Penciptaan iklim sosial yang mendukung modernisasi.
  5. Adanya birokrasi yang baik dan teratur.
  6. Sistem administrasi negara yang berjalan dengan baik.

Gejala Modernisasi dalam Berbagai Bidang

Modernisasi terjadi di berbagai aspek kehidupan sosial dalam masyarakat. Hal ini kemudian menjadi pertanda bahwa dari zaman ke zaman, peradaban manusia dapat dikatakan semakin maju. Berikut ini merupakan gejala-gejala modernisasi yang di temukan dalam beberapa bidang di lingkungan sosial:

  1. Bidang Ekonomi

Modernisasi di bidang ekonomi ditandai dengan adanya perkembangan dalam sistem perekonomian. Dalam hal ini, kegiatan ekonomi dalam masyarakat seperti jual-beli dan kegiatan pasarsemakin lama semakin mudah.

Contoh adanya modernisasi dalam bidang ekonomi  yaitu berkembangnya pasar online yang yang dimana masyarakat memilih untuk membeli barang-barang yang mereka inginkan melalui toko online yang menyediakan berbagai macam barang yang diinginkan pelanggan.

  1. Bidang Sosial

Kehadiran modernisasi di bidang sosial ditandai dengan adanya platfrom media sosial yang di mana dalam media sosial tersebut masyarakat dapat berhubungan melalui fitur chatting yang kemudian memicu masyarakat untuk saling berhubungan satu sama lain melalui fitur tersebut.

  1. Bidang Politik

Gejala modernisasi yang terjadi di dalam bidang politik ditandai dengan berjalannya sistem demokrasi, terjalinnya hubungan kerjasama bilateral dan multilateral antar negara. Dengan berjalannya kerjasama antar negara secara bilateral maupun multirateral, maka arus perkembangan negara ke arah modern akan terus ada.

  1. Bidang Budaya

Modernisasi yang terjadi dalam arti budaya ditandai dengan adanya perkembangan yang terjadi dalam suatu kebudayaan dan keberadaan budaya tradisional akan semakin memudar dan munculan sebuah budaya populer di masyarakat.

  1. Bidang Pendidikan

Gejala sosial modernisasi yang terjadi dalam bidang pendidikan adalah media pembelajaran tidak lagi hanya menggunakan buku sebagai acuanbelajar.

Pada saat ini, pembelajaran melalui media online sangat diminati oleh banyak pelajar karena mudah dimengerti. Terlebih, saat ini terdapat bimbingan belajar online seperti ruang guru, zenius, dan lain sebagainya untuk mempermudah para belajar untuk memahami materi yang tidak dikuasainya.

  1. Bidang Agama

Dalam bidang agama contoh modernisasi yang timbul pada saat ini yaitu kitab suci tidak lagi berupa buku maupun lembaran. Dalam hal ini, kitab suci pada saat ini banyak bertransformasi bentuk dalam bentuk aplikasi dalam smartphone.

Hal ini kemudian dapat memudahkan seluruh umat beragama untuk dapat membaca kitab suci dimanapun mereka berada hanya dalam satu genggaman.

  1. Bidang Teknologi

Gejala modernisasis dalam bidang teknologi terdapat pada perkembagan telepon genggam yang kegunaannya tidak hanya untuk mengirim pesan berupa sms dan telepon suara, namun juga kegunaan telepon genggam saat ini untuk menggambil gambar berupa foto, merekam suara, hingga mengedit pekerjaan kita yang berupa file.

  1. Bidang Informasi

Gejala modernisasi berikutnya yaitu modernisasi di bidang informasi, yang dimana penyeberan informasi di masyarakat tentu tidak terlepas dari peran media massa. Dalam hal ini, informasi pada saat ini lebih menargetkan kawula muda yang dengan cepat mengakses informasi melalui makna media sosial seperi twitter dan instagram.

  1. Bidang Bidang Pertanian

Modernisasi di bidang pertanian dapat dilihat pada pengolahan tanah yang semula menggunakan sapi sebagai alat bantu dalam mengolah tanah pertanian, pada saat ini masyarakat modern menggunakan mesin traktor sebagai alat pembajak sawah.

  1. Bidang Kesehatan

Modernisasi di bidang kesehatan dapat dilihat dari semakin canggihnya alat-a;at bantu kesehatan yang digunakan di rumah sakit yang tingkat akurasinya dapat membantu para dokter untuk mendiagnosis penyakit apa yang diderita oleh pasien.

Itulah tadi materi lengkap yang bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan macam-macam gejala modernisasi dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Rating: 3.5/5. From 2 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *