12 Contoh Perubahan Sosial di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Perubahan Sosial di Masyarakat

Perubahan sosial pada hakikatnya menjadi bagian penting dalam objek kajian sosiologi, aspek ini dilandasi pada kodrat masyarakat yang bergerak dinamis (terus melaju) bukan bergerak secara statis (tetap). Sehingga sangatlah pantas jikalau dalam perkembangan masyarakat di Indonesia banyak sekali berbegai bentuk perubahan sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Baik terkait dengan perubahan sosial di lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, maupun perubahan yang terjadi dalam sosial dan unsur budaya lainnya.

Perubahan Sosial

Perubahan sosial adalah kondisi yang berbeda di alami oleh individu dan kelompok di dalam kehidupan lingkungan sosial bermasyarakat. Dimana keadaan yang berbeda ini tidak terbentuk begitu saja, ada pengaruh yang menjadi latar belakang terbentuknya. Misalnya saja seperti pengaruh pengaruh arti budaya, politik, ekonomi, agama, dan pengaruh lainnya.

Contoh Perubahan Sosial

Beberapa contoh perubahan sosial yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Perubahan Budaya

Proses perubahan sosial budaya yang terjadi di Indonesia, misalnya saja ialah perubahan dalam penggunakan bahasa daerah. Dimana bahasa daerah lambat laun perkembangannya semakin ditinggalkan, lantaran adanya image yang mengatakan bahwa bahasa daerah adalah “Ndeso”.

Padahal pandangan seperti ini salah besar, alasannya dengan mencintai sifat kebudayaan kita mukan hanya melestarian akan tetapi akan mampu membuat orang sadar akan arti sejarah di dalam kehidupannya. Oleh karenanya bahasa daerah adalah bagian daripada contoh perubahan sosial budaya yang berdampak negatif.

  1. Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah yang berada dalam ruang lingkup lembaga pendidikan juga tak lekang dengan adanya perubahan sosial. Ada beranekaragam perbuahan sosial di lingkungan sekolah, baik yang berdampak postif seperti kurikulum yang diberikan lebih sistematis. Juga ada perubahan sosial di lingkungan sekolah yang berdampak negatif. Misalnya saja mengenai internet yang di pergunakan untuk mengakses video porno, dan lain sebagainya.

Kasus nyata mengenai contoh perubahan sosial di lingkungan sekolah ini, ialah dengan adanya henphone atau smartphone yang pada dahulu dipergunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, atau tetangga. Akan tetapi saat ini fungsi smartphone dipergunakan untuk memotret mata pelajaran yang dilakukan oleh guru. Bentuk tindakan sosial ini juga disebut dengan contoh perubahan sosial.

  1. Perubahan Sosial Cepat di Masyarakat

Teori perubahan sosial cepat yang terjadi di dalam masyarakat Indonesia salah satunya, ialah gaya pacaran. Dimana gaya hidup pacaran pada saat ini memang beda dibandingkan gaya pacaran yang dilakukan oleh orang-orang terdahulu. Gaya pacaran dalam masyarakat mengelami perubahan sosial dratis, hal ini lantaran banyaknya film-film dalam televisi seolah memberikan edukasi dalam gaya berpecayan.

Sehingga akibatnya, tontonan menjadi tuntunan akan tetapi tuntunan sendiri menjadi tontonan. Maka tak khayal , jika proses perubahan sosial dalam remaja ini mengakibatkan banyaknya pelajar yang hamil di luar nikah, dan gejala sosial lainnya.

  1. Politik

Mengenai adanya perubahan sosial di bidang politik, misalnya saja adalah mengenai pemilihan umum yang diatur khusus untuk lembaga politik di Indonesia. Pemilihan umum ialah bagian daripada demokrasi yang dianut ideologinya di Indonesia.

Pada zaman dahulu, mayoritas masyarakat di Indonesia melakukan pemilihan pemimpin dengan garis keturunan akan tetapi pada saat ini, dengan sistem demokrasi yang dianut masyarakat menjadi bagian penting sebagai pemilik negara.

  1. Teknologi

Contoh Perubahan Sosial bidang Teknologi
Perubahan Sosial Bidang Teknologi

Mengenai perubahan sosial dalam teknologi, yang dapat dilihat adalah penggunaan traktor sebagai upaya mempermudah petani melakukan kegiatannya.

Pada zaman dahulu, masyarakat melakukan kegiatan penanaman di sawah dengan menggunakan bajak (sapi) akan tetapi demi adanya perubahan sosial yang efesin pada saat ini masyarakat menyadari pentingnya penggunakan teknologi yang berkemajuan.

  1. Kesehatan

Contoh perubahan sosial dalam bidang kesehatan, misalnya saja ialah kepercayaan masyarakat yang sudah sadar pentingnya tenaga media (bidan) untuk membantu persalinan. Pada zaman dahulu, sebelum kepercayaan ini muncul masyarakat lebih percaya menggunakan dukun sebagai tenga medis untuk membantu persalinan bayi.

  1. Perubahan Sosial Lambat di Masyarakat

Meskipun ada sebagian besar perubahan sosial yang sifatnya cepat, tetapi beberapa perubahan sosial juga berlangsung lambat.

Misalnya saja ialah adanya sistem demokrasi di Indonesia yang sulit dilakukan, kesulitan disini bukan hanya tetang pemimpin yang tidak amanah akan tetapi adanya money politic yang dianggap selalu ada dalam pesta demokrasi di Indonesia.

  1. Perubahan Sosial Revolusi

Perubahan sosial yang sifatnya revolusi atau mengganti seluruh aspek kehidupan dalam masyarakat. Misalnya saja dalam sejarah Indonesia, disaat merdeka masyarakat langsung melakukan perlawanan dengan penjajah, dan juga keturunan-keturunannya. Termasuk tata hukum, dirubah dengan sangat cepat untuk menyesuaikan dengan keinginan masyarakat.

  1. Keluarga

Kondisi dalam kehidupan berkeluarga merupakan keadaan yang bersifat dinamis. Setiap tahap kehidupan pasti akan mengalami perubahan begitu pula keadaan dalam arti keluarga. Prihal ini tentusaja mempengaruhi ketahanan setiap masyarakat yang sejatinya keluarga sebagai tempat sosialisasi primer yang didapatkan pertamakali oleh seseorang.

Adapun contohnya saja seperti mengasuh anak yang notabene pada era Tahun 80 an mengasuh anak dilakukan oleh Ibu secara langsung akan tetapi pada saat ini kadangkala lebih nyaman diasuh oleh babysister sedangkan ibu menjadi wanita karir. Bahkan tak jarang adanya usaha yang membuat taman pengasuhan anak.

  1. Ekonomi

Perubahan sosial yang bisa dikatakan sebagai bentuk nyata dari hasil dari faktor demografi dan lingkungan, dimana faktor tersebut dapat mengubah kehidupan masyarakat dari sistem sosial yang tradisional ke sistem yang modern. Sistem tradisional diikat dengan solidaritas mekanistik, sementara sistem modern diikat dengan solidaritas organistik dimana dalam perkembangannya juga meliputi pada bidang ekonomi.

Contoh perubahan sosial yang terjadi dalam bidang ekonomi ini sendiri misalnya saja seperti adanya toko online yang pada saat ini sedang merajalela akibat perkembangan teknologi. Misalnya saja seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya.

Hal ini tentusaja menjadi pengaruh bagi kehidupan masyarakat yang dahulu berbelanja harus pergi ke pasar namun pada saat ini bisa secara langsung membuka internet dengan mangakses kedalam marketplace.

  1. Arsitektur

Bentuk dari adanya contoh perubahan sosial di masyarakat modern khususnya dalam bidang arsitektur ataupun struktur bangunan misalnya saja dalam model rumah dimana wilayah-wilayah pedesaan ataupun perkotaan pada akhirnya model-modelnya beragam. Ada yang berbentuk klasik, minimalis, dan lain sebagainya.

  1. Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Perubahan Sosial dalam Kehidupan Sehari-Hari
Perubahan Sosial dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sebagai contoh penutup, mengenai perbuahan sosial dalam kehidupan sehari-hari misalnya saja ialah;

  1. Cara berkomuniasi yang dilakukan, dalam tata kesopanan komunikasi sekarang sudah banyak mengalami perubahan sosial. Lantaran komunikasi sering bersifat individualis yang yang menghilangkan penghormatan dan sikap untuk hidup sendiri. Dampak ini tentusaja secara langsung akan mengurasi integrasi sosial dalam masyarakat.
  2. Bepergian menggunakan masker sebagai alat pelindung agar terhindar dari virus corona
  3. Penyampaian kritik dan saran yang dilakukan masyarakat dengan menggunakan situs change(dot)org
  4. Adanya penghimpunan donasi yang dilakukan oleh tipe lembaga sosial tertentu dengan menggunakan situs KitaBisa
  5. Prihal layanan televisi yang mengalami perubahan dari dahulunya bisa dinikmati dengan membeli antena serta televisi namun pada saat ini hanya cukup dengan menghadirkan Wifi ataupun kuota
  6. Masyarakat desa yang pada zaman duhulu identik dengan adanya pekerjaan di bidang pertanian namun untuk saat ini sudah banyak yang bergerak dalam bidang industri kreatif seperti halnya yang terjadi di Desa Tamansari, Karangmoncol dengan adanya kampung marketer.
  7. Adanya proses kegiatan hutang piutang yang dilakukan secara online
  8. Prihal terdapatnya jenis usaha dropship bagi kalangan tertentu dalam memasrakan penjualan tanpa memiliki produknya
Kesimpulan

Dari penjelasan dapatlah disimpulkan bahwa perubahan sosial akan berdampak positif dan negatif. Dampak positifnya manusia akan lebih efesiensi dalam mengerjalan sesuatu hal. Sedangkan salah satu dampak negatif perubahan sosial akan mengikis adanya norma sosial dan nilai sosial yang menjadi keteraturan sosial dalam masyarakat.

Meskipun demikian, sebagai manusia tak bisa menghindari perubahan sosial. Oleh karenanya cara mengtasi perbuahan sosial dalam kehidupan sehari-hari sangat diperlukan sikap filtralisasi kepada hal-hal yang akan berdampak buruk. Sikap ini seringkali juga disebut sebagai sikap kewaspadaan dengan hal-hal yang bisa membuat fatal.

Demikinalah tulisan mengenai beberapa contoh perubahan sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan adanya pengulasan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan pembaca yang sedang membutuhkannya.

Rating: 2.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.