Contoh Fakta Sosial di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Fakta Sosial di Masyarakat

Pemahaman terkait dengan paradigma fakta sosial menjadi salah satu kehendak dalam objek kajian sosiologi. Hal ini disebabkan lantaran tindakan inividu yang dilakukan pada masyarakat senantiasa mengikuti pada pola prilaku individu yang sedang berkembang.

Sebagai realitas sosial ini terlihat begitu nyata dalam segala aspek kehidupan. Mulai dari yang berhubungan dengan nilai agama, ekonomi, sistem sosial perpolitikan, sifat kebudayaan, dan lainnya. Oleh karena itulah sadar maupun tindakan sejatinya fakta sosial memang mudah ditemukan.

Fakta Sosial

Fakta sosial adalah prilaku yang dilakukan oleh seseorang dalam masyarakat, yang lebih banyak melihat pada kondisi serta kenyataan yang sedang berkembang melalui serangkain observasi maupun pengamatan yang telah dilakukannya. Sehingga bentuk tindakan sosial inilah mengidikasikan bahwa fakta sosial akan senantiasanya memberikan pengengaruh pada permebangan struktur lembaga sosial, ekonomi, sistem pemerintahan, dan juga agama.

Contoh Fakta Sosial

Contoh Fakta Sosial
Contoh Fakta Sosial

Beberapa contoh kasus yang bisa disebutkan dalam fakta sosial di masyarakat dalam sehari-hari. Antara lain;

  1. Masyarakat

Dalam kehidupan masyarakat tentusaja setiap prilaku individu akan dipengaruhi pada fakta sosial ini, contohnya saja ketika melakukan gotong royong maka pola prilaku yang dijalankan senantiasa berhubungan pada penilaian kebutuhan akan penting kebersihkan.

Tindakan yang menjadi tujuan gotong royong dilakukan masyarakat bisa disebut sebagai salah satu contoh fakta sosial yang berkembang atas dasar penilaian kebutuhan, sehingga keadaan ini menimbulkan persepsi untuk menjadi arti budaya yang patut dilasterikan.

  1. Sehari-Hari

Tentang fakta sosial dalam keseharian, misalnya saja ketika melakukan kegitaan berupa pemakaian seragam, yang dijalankan oleh Pelajar SD dengan setiap seninnya mempergunakan Baju Putih dan Celana Merah. Kondisi ini disadari atau tidak sudah menjadi bagian daripada fakta sosial yng kemudian dijadikan sebagai pedoman atau aturan hidup.

Alasannya memakai seragam dalam lembaga pendidikan ialah untuk menghilangkan kelas sosial di masyarakat. Sehingga tidak ada perbedaan antara si miskin dan si kaya, semuanya memiliki kesempatan yang sama.

  1. Agama

Berhubungan erat dengan lembaga agama, terutama tentang fakta sosial ini misalnya saja proses penjalananan Sholat yang dilakukan oleh Umat Islam. Prilaku Sholat bagian daripada kepercyaan yang tidak bisa untuk ditinggalkan.

Sehingga pada proses penilaian yang dilakukan seseorang dalam cangkupan ini, apabila seseorang tidak menjalankan ritual ibdah, berupa sholat maka ia akan menjadi inividu yang tidak taat dan mendapatkan ganjaran di akhirat kelak.

  1. Sejarah

Berkaiatan dengan sejarah mengenai fakta sosial ini, misalnya saja Indonesia yang sebelum kemerdekaaan mempergunakan Sistem Pemerintahan Presidensial. Sebagai sebuah negara kerjaan budaya nepostisme yang dilakukan masyarakat dengan memberikan peluang kepada keluarga, sudara, atau anak cucunya untuk mepertahankan status sosial sangatlah lekat.

Keadaan inilah kemudian menjadikan salah satu fakta sosial sejarah, yang sampai saat ini prilaku mengenai KKN, berupa kolusi, korupsi, dan neopitisme yang ada di Indonesia sulit untuk dihapus ataupun dihilangkan peranannya sampai saat ini.

  1. Non Material

Tentang fakta sosial non material antara lain berkenanan dengan dorongan seseorang kepada orang lain yang sedang mengalami permasalahan (problem). Setiap orang pada faktanya selalu memiliki identitas menghargai kepada sesama.

Melalui munculnya sikap untuk memberikan saran, dorongan atupun simpati kepada orang lain ini disebuatkan sebagai salah satu pola non material dalam fakta sosial, sehingga disadari atupun tindakan prilaku ini seringkali dijalankan.

  1. Material

Berkaitan dengan fakta sosial material misalnya saja tentang norma atau aturan yang dijalankan masyarakat. Prilaku masyarakat yang beranekaragam menimbulkan polemik bila tidak dilakukan pengatasan berupa aturan, kesadaran atas tindakan dalam aturan inilah menjadi salah satu bagian daripada fakta sosial.

Sehingga aturan berupa jenis-jenis nilai yang dijalankan masyarakat menjadi bagian daripada fakta sosial, yang harus senantiasanya dilakukan kajian serta keterbukaan dalam menerima bentuk perubahan sosial yang sedang berkembang.

  1. Tindakan Sosial

Berkaitan dengan fakta sosial, berupa tindakan sosial yang dilakukan untuk menghargai orang lian, keadaan ini begtu penting dalam upaya menjaga perdamaian antar individu yang berkambang dalam masyarakat. Contoh prilaku ini sendiri misalnya saja tindakan sosial berupa pemberian obat gratis kepada warga miskin, ataupun masyarakat yang terkena bencana alam.

Atas dasar prilaku tersebut seringkali didasari pada tindakan secara langsung yang dilakukan seseorang dengan melihat situasi dan kondisi sosial yang sedang terjadi. Sehingga, khususnya pada tindakan ini bisa direncanakan ataupun tidak.

  1. Pekerjaan

Penggambaran dalam segi pekerjaan yang bisa dikaitkan dengan fakta sosial misalnya saja seperti halnya seorang pegawai kerja kantoran anda memiliki 8 jam kerja aktif. Disisi lain, pekerja tersebut adalah seorang istri dan ibu dua balita. Maka, sudah seharusnya pekerja tersebut memahami dan mengerti posisi dan mampu menyesuaikan diri di rumah maupun di kantor

Dari serangkaian penjelasan, dapatlah dikatkan bahwa keadaan yang berhubungan dengan aktivitas manusia untuk kesehariannya sangatlah diperlukan. Sehingga upaya ini menurut teori sosiologi dan tokohnya, yakni Emille Durheim terbentuk karena sikap manusia yang saling membutuhkan satu sama lainnya.

Demikianlah penjelasan tentang contoh-contoh kasus fakta sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan meningkatkan ilmu pengetahuan bagi segenap pembaca yang mendalaminya.

Rating: 3.5/5. From 2 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *