Pengertian Komunitas, Bentuk, dan Contohnya

Diposting pada

Komunitas Adalah

Komunitas menjadi salah satu objek kajian sosiologi. Dimana untuk istilah ini seringkali berkaitan untuk memahami konsep dasar sosiologi secara mendalam dalam suatu contoh kelompok sosial yang ada di masyarakat. Bahkan di dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita tak lekang dengan komunitas.

Meski demikian, tak dapat dipngkiri bahwa berbagai bentuk dan karakteristik komunitas di lingkungan sosial sangat beragam. Mulai dari berangkat untuk mempertahankan unsur kebudayaan tertentu, melakukan gerakan sosial demi mempertahankan esksitensi politik, dan lain sebagainya.

Komunitas

Komunitas dalam masyarakat kerapkali dibentuk dalam upaya mengatasi hambatan-hambatan yang menyebabkan seseorang tidak dapat menggunkana kekuasaannya. Dimana untuk hambatan tersebut termasuk struktur penindasan atas berbagai jenis kelas sosial, gender, penidasan, ras, etnis, adanya mobilitas pribadi, arti pendidikan, bahasa, dan dominasi elit dari struktur sosial kekuasaan masyarakat.

Tetapi yang pasti. Prihal ini yang perlu dipahami bahwa konsep komunitas berasal dari Bahasa Inggris “Community” hakekatnya hampir sama dengan arti masyarakat, akan tetapi komunitas lebih erat dibandingkan dengan masyarakat. Lantaran dalam komunitas haruslah ada persamaan visi dan misi, sebagai latar belakang pembentuk komunitas.

Pengertian Komunitas

Komunitas adalah kesatuan hidup manusia secara bersama-sama yang memilih untuk menempati wilayah tertentu, dalam kurun waktu tertentu. Sehingga hal ini mampu merujuk pada perkumpulan masyarakat, yang harus mensyaratkan kehidupan bersama tanpa adanya perbedaan pandangan.

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Adapun definisi komunitas menurut para ahli. Antara lain;

  1. George Hillery Jr

Pengertian komunitas adalah kelompok sosial masyarakat yang tinggal di wilayah dan daerah yang sama untuk melakukan hubungan sosial dan kontak sosial. Komunitas dalam definisi ini berarti memiliki pandangan untuk tinggal secara bersama dan kontinu (ajeg).

  1. Christensson dan Robinson

Definisi komunitas adalah kelompok masyarakat yang tinggal di wilayah geografis yang sama untuk melakukan kegiatan dan aktivitas sosial, ekonomi, dan tindakan lainnya sesuai dengan keinginan dan harapan masyarakat. Arti ini memeberikan pandangan bahwa komunitas harus memiliki tujuan yang sama.

  1. Fairi

Arti komunitas adalah pertemuan face to face (tatap muka) dalam masyarakat dalam jumlah kecil atau besar untuk bersama-sama membentuk keterikatan sosial yang intens. Dengan harapan akan lebih mudah mendapatkan apa yang diinginkan.

Ciri Komunitas

Setidaknya ada beberapa karakteristik komunitas yang ada di masyarakat. Yaitu;

  1. Dapat di ramalkan, alasannya karena komunitas bisanya masyarakatnya bersifat heterogen sehingga keaktifannya serta project kerjanya dapat mudah untuk di lihat bersadarkan perkembangan yang ada
  2. Berisfat  inklusif, artinya perkembangan yang ada di masyarakat dalam komunitas tertetu tertutup bagi seseorang dengan perbedaan yang ada.
  3. Hanya memiliki rencana dadakan dan tidak memiliki program kerja yang jelas.

Bentuk Komunitas

Bentuk Komunitas
Bentuk-Bentuk Komunitas

Macam-macam jenis komunitas yang ada dalam masyarakat antara lain;

  1. Berdasarkan Hobi

Jenis komunitas yang pertama biasanya di dasari pada hobi atau minat dalam masyarakat. Sifat manusia yang memiliki kecederungan untuk melakukan apa yang diskuainya memberikan dorongan untuk membetuk kesatuan, atas dasar inilah komunitas berdasarkan hobi menjadi bagian daripada masyarakat.

  1. Berdasarkan Wilayah/Geografi

Jenis komunitas yang kedua, didasarkan pada wilayah atau geografis yang sama. Tujuannya komunitas ini cederung menjalin keterikatan masyarakat yang utuh, mulai dari kesamaan sejarah, kesamaan nasib pada masa lalu, ataupun berdasarkan pada persamaan arti budaya yang ada di wilayahnya.

  1. Berdasarkan Pada Komuni

Bentuk lainnya, dari komunitas ini didasarkan pada komuni. Komuni adalah pembentuk utama atas dasar kepentingan dan keinginan. Artinya dalam hal ini tujuan komunitas di dirikan atas dasar kepentingan di dalam organisasi sosial dalam masyarakat.

  1. Subkultur

Bentuk trakhir dari komunitas ini adalah komunitas sub kultur, artinya komunitas yang didasarkan pada kepribadian berbeda akan tetapi untuk menyatukannya memiliki kebudayaan khusus  atau adat khusus yang hanya berlaku pada komunitas tersebut. Komunitas seperti ini lebih banyak terdapat dalam kelompok anak muda di kota-kota besar.

Contoh Komunitas

Beberapa contoh yang bisa diberikan dalam menggambarkan komunitas sosial ini, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Pertanian

Komunitas pertanian pada dasarnya lebih sering dijumpai dalam masyarakat desa, di wilayah yang sama warga petani memiliki hubungan dan ikatan yang kuat. Mereka berada di suatu tempat dengan batas wilayah yang jelas meskipun cangkupannya kecil. Disisi lain, interaksi sosial yang sering mereka lakukan biasanya dengan rekan-rekan tetangga.

Adapun contohnya seperti adanya komunitas para pemanen singkong yang project kerjanya hanya dibutuhkan untuk saling memberi informasi ketika ada lowongan pekerjaan.

  1. Komunitas Lokal

Contoh komunitas kebudayaan yang bersiat lokal, misalnya saja mengenai masyarakat yang ada di wilayah Jakarta mereka membetuk forum atau tempat kesatuan untuk masyarakat lokal Padang. Latar belakang ini terjadi karena mereka memiliki kesamaan geografis yang sama.

  1. Komunitas Pendidikan

Contoh lainnya, mengenai bentuk komunitas pada tingkat pendidikan misalnya saja dalam kelompok belajar atau dalam satu kelas memberikan nama-nama kelas mereka dengan istilah yang menarik dengan tujuan memberikan kedekatan satu sama lainnya.

Bahkan untuk komunitas dalam ranah pendidikan ini juga kadangkala melakukan proses pemberdayaan komunitas. Misalnya saja adanya akademisi yang datang di wilayah tertentu, kemudian ia berusaha membangun masyarakat dengan mengadakan pasar dadakan yang dimana setiap masyarakat bisa menjual barang dagangannya secara langsung.

  1. Komunitas Tradisional

Komunitas tradisional memanglah menjadi salah satu hal yang sangat sulit ditemukan, khususnya pada karakteristik masyarakat perkotaan. Meski demikian, untuk di desa komunitas ini masih eksis. Misalnya saja ada perkumpulan yasinan bagi umat Islam yang dibentuk semata-mata sebagai proses mengamalkan ajaran agama.

Kesimpulan

Dari penjelasan dapat disimpulkan bahwa komunitas adalah hubungan sosial antar manusia di dalam kelompoknya untuk mendorong terciptanya tujuan dan keinginan secara bersama-sama. Sehingga hal ini selalu berkaitan dengan wilayah-wilayah tertentu, manusia dari zaman tradisional sampai peradaban masa kini istilah komunitas akan senantiasa ada di dalam kehidupan bermasyarakat.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian komunitas menurut para ahli, ciri, bentuk, dan contohnya di masyarakat. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan bagi senegap pembaca yang sedang mendalaminya.

Rating: 3.3/5. From 3 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *