Pengertian Persaingan, Bentuk, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Persaingan. Bentuk Persaingan, Contoh Persaingan

DosenSosiologi.Com– Persaingan menjadi salah satu kajian sosiologi yang terdapat dalam bentuk interaksi sosial. Sosiologi dalam hal ini memberikan penjelasan secara khusus mengenai “Persaingan”. Oleh karena itulah artikel ini akan menuliskan tentang Pengertian Persaingan (competition), Bentuk, dan Contohnya.

Pengertian Persaingan (competition)

Pengertian persaingan adalah bentuk pertikaian yang terjadi apabila beberapa pihak menginginkan sesuatu yang jumlahnya sangat terbatas atau sesuatu yang menjadi pusat perhatian umum., sedangkan kertersediannya barang/jasa dari yang diinginkan jumlah terbatas.

Persaingan yang dilakukan dalam masyarakat biasa dilandasi dengan norma dan nilai yang diakui bersama. Maka suatu prediksi bahawa kecil kemungkinan persaingan menggunakan kekerasan atau ancaman. Dengan kata lain, persaingan dilakukan secara sehat atau sportif.

Definisi ini tentusaja menjadi pembeda daripada pengertian konflik sosial atau kontraversi. Lantaran dalam konflik dan kontraversi dilakukan dengan cara menyingkirkan pihak lawan untuk mendapatkan apa yang dingginkan oleh individu/kelompok dalam kehidupannya. Selengkapnya, baca; Pengertian Kontravensi, Bentuk, Dampak, dan Contohnya

Bentuk Persaingan

Bentuk-bentuk persaingan yang ada dalam kehidupan masyarakat, antara lain adalah sebagai berikut;

Ekonomi

Bentuk pertama, dari persaingan berada di dalam bidang ekonomi. Dalam bidang ini masyarakat mengingkatn sesutu hal di dasarkan pada kepentingn untuk melanjutkan kehidupan berdasarkan pada faktor perekonomian, contohnya saja dalam penjualan, penyedia jasa, dan dalam bentuk kegiatan ekonomi lainnya.

Kebudayaan

Kebudayaan menjadi salah satu jenis persaingan di dalam kehidupan masyarakat, kebudayaan atau budaya ini melakukan persiangan dengan tidak menimbulkan konflik sosial masyarakat. Dalam kebudayaan persaingan dilakukan hanya sebatas eksistensi bukan untuk mengelahkan pihak yang memiliki kebudayaan berbeda.

Kepentingan

Faktor kepentingan juga menjadi salah satu jenis daripada persaingan di dalam masyarakat, kepentingan ini lebih di dasari para peran atau status seseorang di dalam masyarakat. Untuk mendapatkan peran yang lebih baik dan dianggap lebih seringkali masyarakat melakukan persaingan.

Agama

Persaingan dalam segi agama juga menjadi salah satu bentuk persaingan masyarakat, agama yang ada di negara-negara tertentu berlomba untuk mendapatkan peran atau pengakuan yang lebih baik. Oleh karena itu untuk meminimalisir konflik rasial masyarakat setiap negara pastilah membentuk lembaga agama.

Ras

Persaingan dalam ras ini lebih dekat dengan persaingan masyarakat yang di dasari pada kebudayaan, bedanya jika ras masyarakat dibawanya sejak lahir, lantaran ada perbedaan warna kulit dan postur tubuh. Akan tetapi untuk kebudayaan sendiri bisa dilakukan dengan asimilasi atau akulturasi.

Artikel Terkait;

  1. Pengertian Asimilasi, Ciri, Syarat, Faktor, dan Contohnya
  2. Pengertian Akulturasi Budaya dan Contohnya
  3. 18 Contoh Konflik Sosial di Indonesia dan Cara Mengatasinya

Contoh Persaingan dalam Masyarakat

Contoh persaingan dalam kehidupan masyarakat, misanya saja kasus-kasus sebagai berikut;

Persaingan Kehidupan Sehari-hari

Contohnya, dalam kehidupan sehari-hari kita seringkali melihat persaingan 12 besar para penyanyi dalam acara Kompetsisi Dangdut yang disiarkan salah satu stasiun televisi swasta. Persaingan dalam bentuk ini sejenis kompetisi yang ada pihak kalah dan menang.

Regulasi penialaian dalam persaingan ini bisa dilakukan dengan menggumpulkan point atau SMS sehingga siapa yang mendapat banyak dukungan akan dianggap menang. Maka jenis persaingan yang ada dalam totontanan tersebut bisa dikatakan sebagai persaingan terbuka dan juga persangan yang sempurna.

Persaingan di Sekolah

Persaingan dalam lembaga pendidikan yang seringkita jumai dan rasakan adalah dalam sepakbola dikenal istilah fair play. Sepak bola yang ada di sekolah atau masyarakat adalah persiangan terbuka dalam pihak ini pasti ada yang menang dan jaga ada yang kalah dalam persaingan, semuanya tergantung pada kemampuan serta skill yang dimiliki sebuah tim. Selengkapnya, baca; Pengertian Lembaga Pendidikan, Bentuk, Fungsi, dan Contohnya

Dari penjelasan mengenai pengertian, bentuk, dan contoh persaingan di atas, dapat dikatakan bahwa persaingan persaingan akan senantiasa diterima dengan kepala dingin oleh berbagai pihak yang bersaing, tanpa ada rasa dendam, karena sejak awal, tiap pihak telah menyadari akan ada yang menang dan kalah.

Oleh karena itulah banyak para ahli yang mengetakan bahwa persaingan sangat baik tujuannya untuk meningkatkan prestasi, misalnya untuk menjadi juara kelas dengan rajin bejalar, masuk kelas, dan rajin dalam mengikuti perlombaan. Selain hal tersebut berikut inilah beberapa manfaat dari persaingan, antara lain;

  1. Persaingan menyalurkan keinginan individu atau kelompok yang samasaman menuntut dipenuhi, padahal sulit dipenuhi semuanya secara serentak.
  2. persaingan dapat menyalurkan kepentingan serta nilai-nilai dalam masyarakat, terutama yang menimbulkan konflik.
  3. Menyeleksi individu yang pantas memperoleh status dan peran yang sesuai dengan kemampuannya.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan secara lengkap mengenai pengertain persaingan, bentuk, contoh, serta manfaat persaingan. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan yang mendalam bagi segenap pmebaca yang sedang membutuhkan referensi mengenai “Materi Persaingan”. Trimakasih,

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *