Pengertian Tindakan Ekonomi Irasional, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Tindakan Ekonomi Irasional Adalah

Diakui ataupun tidak, pada dasarnya semua manusia akan melakukan tindakan ekonomi dengan pemikiran yang sama. Terlepas dari pemikiran yang berbeda bagi setiap individu dan kelompok kadangkala tetap akan memilih pilihan yang menguntungkan baginya. Meski kadangkala prilaku ini dijalankan dengan tidak rasional alias irasional.

Tidakan irasional dalam bidang kajian ekonomi tentusaja tidak terlepas daripada usaha setiap individu yang dilakukan atas dasar pilihan yang terbaik dan paling banyak memberikan keuntungan.

Tindakan Ekonomi Irasional

Prilaku kemunculan atas tindakan ekonomi irasional biasanya terjadi karena adanya keterbatasan atas selera dan kelangkaan terhadap sumber daya. Oleh karena demikian terjadi faktor diluar keterbatasan pemikiaran manusia untuk tidak simbang atas pemikirannya dan kebutuhan yang harus dipenuhi.

Prihal ini, terlihat misalnya saja dengan adanya hubungan persahabatan yang terjadi dalam kehidupan kadangkala lebih memilih barang yang harganya lebih mahal, lantaran demi menjaga hubungan sosial di kedepannya.

Pengertian Tindakan Ekonomi Irasional

Tindakan ekonomi irasional adalah suatu bentuk tindakan yang dilakukan guna memenuhi arti kebutuhan hidup yang dilakukan oleh manusia karena memperkirakan keuntungan yang akan diperoleh namun kenyataannya justru kerugian yang didapatkannya.

Sehingga pada umumnya, orang yang memiliki kebiasaan tidak mempertimbangkan berbagai hal dengan baik maka cenderung melakukan tindakan irasional tersebut.

Pengertian Tindakan Ekonomi Irasional

Adapun definisi untuk tindakan ekonomi irasional menurut para ahli, antara lain;

  1. Weber (1933), Tindakan ekonomi irasional adalah prilaku sosial yang dilakukan setiap individu atas dasar spekulasi kuantitatif tanpa perhitungan matang sehingga secara faktual mudah untuk diimplementasikan.

Ciri Tindakan Ekonomi Irasional

Karakteristik yang memperlihatkan tindakan ekonomi terjadi secara irasional, misalnya saja;

  1. Melakukan tindakan sosial dengan tidak mempertimbangkan faktor waktu, biaya, dan tenaga yang dikeluarkan
  2. Dilakukan dengan tidak adanya pertimbangan yang matang
  3. Melakukan prilaku yang cenderung merugikan dirinya sendiri secara ekonomi

Contoh Tindakan Ekonomi Irasional

Contoh tindakan ekonomi irasional yang ada dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saja;

  1. Ibu membeli beras di agen beras yang harganya lebih murah, namun tidak memperhitungkan ongkos transportasi yang jika diakumulasikan akan lebih mahal dibandingkan membelinya di warung depan rumah.
  2. Adek berangkat ke sekolah dengan sepeda motor padahal jarak rumah dan sekolahnya hanya 2km karena beralasan lebih praktis dan murah dibandingkan bersepeda. Padahal, ongkos yang harus dikeluarkannya membeli bensin lebih mahal dan boros.
  3. Paman membeli apartemen mahal padahal ia belum memerlukannya dan ada keperluan lain yang lebih penting dengan alasan untuk foya-foya.
  4. Pak Surya membeli jam tangan mewah seharga 1 milyar karena hobi mengoleksi jam tangan. Tindakan ini merupakan tindakan yang irasional karena tidak berdasar logika dan merupakan tindakan yang berlebih-lebihan.
  5. Anita membeli tas seharga 5 juta dengan alasan gengsi membeli yang murah, padahal ia bisa membeli tas yang lain dengan harga lebih murah karena melihat fungsi tas yang sama saja.
  6.  Mawar selalu pulang pergi dari luar kota hanya sekedar untuk membeli makanan yang sebenarnya ada di kotanya sendiri dengan kualitas yang samaa. Namun, ia melakukan itu karena merasa mampu mengeluarkan biaya lebih. Tindakan ini tidak rasional dan hanya membuang-buang uang.
  7. Raisa membeli baju baru untuk acara ulang tahun temannya, padahal ia memiliki banyak baju pesta di rumah. Alasannya hanya karena ia malu menggunakan baju yang sama untuk acara yang berbeda.
  8. Ibu selalu mencucikan pakaian ke tetangganya yang membuka usaha laundry. Padahal, ibu hanya seorang ibu rumah tangga yang tidak bekerja di luar dan memiliki waktu luang untuk mencuci pakaian sendiri. Seharusnya, uang bayar jasa laundry dapat ditabung untuk pendidikan anak.
  9. Rosita ingin menjadi kaya namun ia hanya menganggur dan berfoya-foya selama masa mudanya.
  10. Kegiatan meletakkan sesajen di pinggir jalan sebagai penghormatan bagi makhluk ghaib merupakan tindakan yang tidak masuk akal namun masih menjadi tradisi di beberapa wilayah.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa tindakan ekonomi rasional adalah tindakan atau usaha yang dilakukan manusia dengan dasar pilihan paling menguntungkan dari yang lainnya dan realitasnya juga semacam itu. Sedangkan untuk tindakan ekonomi irrasional adalah tindakan atau usaha yang dilakukan manusia dengan dasar pilihan yang paling menguntungkan akan tetapi realitasnya tidak terjadi keuntungan yang begitu banyak.

Itulah saja penjelasan dan ulasan yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan pengertian tindakan ekonomi irasional, ciri, dan contohnya yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberi wawasan bagi kalian yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *