Jenis Interaksi Sosial dan Contohnya

Diposting pada

Macam Interaksi Sosial

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Sebagai makhluk yang hidup di lingkungan sosial, manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan manusia lain. Hal ini sangat terlihat ketika melakukan tugasnya yang memerlukan interaksi sosial individu dengan individu lainnya.

Disisi lainnya, dalam proses sosial dan interaksi sosial, pihak-pihak yang terlibat memiliki tujuan masing-masing yang ingin dicapai. Oleh karena itulah interaksi sosial ada yang bersifat positif ada pula yang besifat negatif.

Interaksi Sosial

Pengertian interaksi sosial adalah hubungan timbal balik yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk saling berhubungan atau lebih demi terciptanya kesepatakan atau transformasi informasi yang diharapkan (diinginkan).

Misalnya saja ketika di dalam kelas, ada seseorang siswa melakukan bentuk tindakan sosial seperti mencontek kepada siswa lainnya. Mencontek yang dimaksudkan adalah kerjasama tanpa adanya sepengathuan dari guru (tenaga pendidikan). Kegiatan tersebut sejatinya bisa dikatakan sebagai interaksi, meskipun mempergunakan simbul-simbul tertentu.

Jenis Interaksi Sosial

Penjelasan terkait dengan bentuk interaksi sosial akan diulas, antara lain sebagai berikut;

  1. Individu dengan Individu

Jenis Interaksi Sosial Individu dengan Individu
Interaksi Sosial Individu dengan Individu

Jenis interaksi sosial yang pertama adalah individu dengan individu. Maksud dari interaksi sosial individu dengan individu adalah pemberian informasi atau saling bertukar informasi antara satu orang dengan orang yang lain. Interaksi sosial individu dengan individu dapat bersifat privasi dan dapat memiliki sifat terbuka.

Contoh Interaksi Sosial Individu dengan Individu
  1. Percakapan Pribadi

Interaksi sosial yang berjenis individu dengan individu adalah percakapan pribadi. Percakapan pribadi berguna untuk mentransfer informasi dari satu orang ke orang yang lain secara langsung yang bersifat pengetahuan umum maupun informasi yang sifatnya rahasia.

Percakapan pribadi hendaknya dilakukan secara tertutup, hal tersebut berguna untuk mencegah orang lain mendengar isi dari percakapan pribadi karena dapat mengandung informasi yang tidak layak untuk didengar orang lain.

  1. Percakapan Lewat Telephone

Percakapan lewat telepon adalah contoh dari interaksi sosial jenis individu dengan individu yang selanjutnya. Pada zaman yang serba mudah ini, bercakap dengan seseorang yang letaknya berjauhan dapat dilakukan melewati telepon. Telepon ada yang jenisnya telepon rumah dan ada yang jenisnya telefon genggam.

Percakapan lewat telefon semakin dimudahkan karena pada fitur dari smartfone melalui media sosial terdapat akses untuk kita melakukan panggilan video dengan lawan bicara kita. Panggilan video memudahkan kita untuk melihat langsung lawan bicara kita secara visual sehingga tampak berbincang secara langsung.

  1. Percakapan Pesan Singkat

Percakapan pesan singkat dapat dilakukan dengan cara sms (short message service) atau melalui chatting. Percakapan pesan singkat adalah interaksi individu dengan individu yang bukan melalui perbincangan suara, dalam bentuk tulisan yang memberikan informasi kepada lawan interaksi kita.

Kondisi seperti inilah kerap kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi adanya banyak contoh sosial media yang beredar. Percakapan bisa lebih mudah dilakukan. Misalnya saja;

  1. Chat mempergunakan Whatshaap
  2. Chat mempergnakan Facebook
  3. Chat mempergunakan Twitter
  4. Dan lain sebagainya.
  1. Individu dengan Kelompok

Jenis Interaksi Sosial Individu dengan Kelompok
Interaksi Sosial Individu dengan Kelompok

Jenis interaksi sosial yang kedua adalah interaksi individu dan kelompok. Syarat interaksi sosial ini biasanya bersifat informasi yang disampaikan dari individu kepada kelompok memiliki sifat dan manfaat yang baik kepada penerima informasi.

Contoh Interaksi Sosial Individu dengan Kelompok
  1. Guru Mengajar di Kelas

Interaksi sosial individu dengan kelompok contoh yang pertama adalah guru mengajar di kelas. Dalam hal ini, guru yang ada di lembaga pendidikan sebagai pembicara memberikan informasi kepada peserta didik melalui penyampaian materi yang dapat didengarkan oleh peserta didik di dalam kelas.

  1. Supervisor Mempresentasikan Produk

Supervisor yang mempresentasikan produk yang dihasilkan oleh perusahaan tempat dia bekerja kepada perusahaan yang akan menjadi partner pengembangan perusahaan merupakan salah satu jenis interaksi sosial individu dengan kelompok. Dalam hal ini seperti terdapat kesamaan antara arti supervisor dengan marketing.

Yang membedakan adalah tugas supervisor mempresentasikan kepada perwakilan perusahaan yang hendak menjadi calon partner bisnis, sedangkan marketing tugasnya ialah mempresentasikan kepada calon pembeli produk perusahaan.

  1. Khotib Ceramah Diatas Mimbar

Khotib pemberikan ceramah kepada jamaah melalui atas mimbar merupakan salah satu contoh jenis interaksi sosial individu dengan kelompok. Hal yang sama juga terjadi seperti pemuka agama lain yang memberikan pencerahan kepada khalayak banyak di tempat-tempat ibadah.

  1. Presiden Sedang Memberikan Pidato

Presiden yang memberikan pidato kepada masyarakat umum atau pada saat memimpin rapat dengan para anggota dewan merupakan salah satu jenis interaksi sosial individu dengan kelompok. Untuk saat ini pidato bisa dilakukan melalui berbagai media. Seperti televisi ataupun youtube.

  1. Orator Memimpin Jalannya Aksi Demonstrasi

Orator merupakan orang yang memimpin aksi demonstrasi. Orator dalam hal ini menjadi perwakilan peserta aksi demonstrasi dalam menyampaikan aspirasinya. Dalam hal ini, orator yang memimpin jalannya aksi dari arti demonstrasi merupakan contoh dari jenis interaksi sosial individu dengan kelompok.

Bahkan kejadian dalam contoh demontrasi ini misalnya saja adanya undang undang omnibus law cipta kerja. Dimana banyak demontrasi yang terjad dari berbagai element untuk menolak keberadannya.

  1. Kelompok dengan Kelompok

Jenis Interaksi Sosial Kelompok dengan Kelompok
Interaksi Sosial Kelompok dengan Kelompok

Jenis interaksi sosial yang ketiga sekaligus jenis interaksi sosial yang terakhir adalah interaksi sosial kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial kelompok dengan kelompok memiliki sifat pertentangan antara tujuan kelompok satu dan kelompok yang lain.

Contoh Interaksi Sosial Kelompok dengan Kelompok
  1. Interakasi Antar Kelompok Sepakbola

Pernahkah kalian mendengar saut-sautan supporter bola yang saling menyanyikan lagu yang menyindir “lawan” dalam pertandingan sepakbola? Hal tersebut merupakan salah satu contoh jenis interaksi sosial kelompok dengan kelompok sosial.

  1. Adu Debat Antar Anggota Tim Sukses

Pada saat musim kampanye tentunya sering diadakan adu debat antar tim sukses calon pemimpin yang mengikuti pilkada di berbagai daerah.

Tidak hanya calon pemimpin, tetapi anggota tim sukses dari pemimpin yang mencalonkan diri tentunya akan mengadakan adu debat. Adu debat antar anggota tim sukses tersebut masuk ke dalam contoh interaksi sosial kelompok dengan kelompok.

Nah, penjelasan diatas merupakan artikel yang mengkaji tentang jenis interaksi sosial beserta contohnya. Semoga melalui tulisan kali ini dapat menambah wawasan pembaca serta menjadi referensi yang bisa membantu dalam mengerjakan soal sosiologi.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *