Pengertian Tindakan Ekonomi Rasional, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Tindakan Ekonomi Rasional

Tindakan adalah hal yang sangat erat dengan manusia baik sebagai individu maupun secara berkelompok. Setiap manusia pasti melakukan bentuk tindakan sosial tertentu dalam kehidupan sehari-harinya. Begitu pula dengan tujuannya dalam memenuhi arti kebutuhan hidup, maka manusia akan melakukan tindakan tertentu. Tindakan ini kemudian disebut dengan tindakan ekonomi.

Tindakan ekonomi pada dasarnya hampir sama dengan arti tindakan sosial. Yaitu terbagi menjadi dua bagian berupa tindakan rasional dan irasional.

Tindakan Ekonomi Rasional

Asumsi atas munculnya kajian tentang tindakan ekonomi secara rasional tidak terlepas daripada peran serta mikroekonomi, dimana dalam setiap sifat manusia mempunyai seperangkat preferensi dan pilihan yang disesuikan dengan kebutuhan.

Akan tetapi untuk prilaku tindakan rasional cenderung lebih mengedepankan pemikiran yang matang dalam berbagai pemenuhan hidup dengan memaksimalkan pemanfaatan daripada keuntungan.

Pengertian Tindakan Ekonomi Rasional

Tindakan ekonomi rasional ialah tindakan manusia yang berdasarkan atas akal pikiran yang logis atau masuk akal dalam upaya mencapai kesejahteraan guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Jenis perilaku ini terlihat bahwa manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari dilakukan dengan melakukan tindakan-tindakan yang masuk akal seperti memikirkan untung rugi yang mungkin akan diperolehnya jika melakukan tindakan tersebut.

Sehingga pada umumnya, orang memiliki sikap rasional ini akan memikirkan untung ruginya mulai dari hal terkecil hingga yang besar.

Pengertian Tindakan Ekonomi Rasional Menurut Para Ahli

Adapun definisi tindakan ekonomi rasional yang dikemukakan pada ahli, antara lain;

  1. Weber (1922), Pengertian tindakan ekonomi rasional adalah buah pemikiran yang didapatkan dari hubungan antara selera yang ada dengan harga serta kuantitas barang dan jasa, sehingga biasanya proses ini ditandai sepenuhnya dengan kebutuhan.

Ciri Tindakan Ekonomi Rasional

Adapun karakteristik yang mencerminkan tindakan ekonomi rasional, antara lain;

  1. Mampu memenuhi kebutuhan dengan barang ekonomi dengan berasaskan pada sifat kehati-hatian.
  2. Mengharpkan tindakan seminimal mungkin dengan hasil semaksimal mungkin dalam upaya memenuhi keginingan
  3. Mengedepankan kepuasan dengan berasaskan pada kebutuhan

Contoh Tindakan Ekonomi Rasional

Berikut contoh tindakan ekonomi rasional yang mudah ditemukan dalam keseharian. Antara lain;

  1. Peserta didik baru membeli seragam sekolah di koperasi sekolah karena harganya yang lebih murah dan mereka tidak perlu mencari lagi di tempat lain. Selain itu, seragam yang dijual oleh pengelola koperasi sekolah sudah tentu sesuai dengan standar yang ditentukan pihak sekolah. Dengan demikian, peserta didik tersebut akan jauh lebih hemat karena seragam yang dibelinya tidak akan menyalahi aturan dan tidak ada biaya transport yang dikeluarkannya. Terlebih, jika menjahitkan sendiri seragam tersebut di tukang jahit maka akan semakin besar biayanya karena harga bahan seragam dan jasa jahit berbeda.
  2. Ibu membeli kebutuhan hidup seperti Sembilan Bahan Pokok (SEMBAKO) sesuai dengan keadaan ekonomi keluarga dan tidak secara berlebih-lebihan. Hal ini dilakukan ibu karena sudah mempertimbangkan untung ruginya hingga pada pengalokasian dana sehari-hari untuk keperluan lain yang sama pentingnya dengan kebutuhan pokok.
  3. Selama puluhan tahun Bu Dwi menggunakan kompok minyak tanah untuk berjualan gorengan. Namun, seiring berjalannya waktu Bu Dwi mengetahui bahwa minyak tanah mulai langka dan harganya menjulang tinggi. Kemudian, ia mengetahui bahwa gas elpiji harganya lebih murah dan mudah didapatkan dibandingkan dengan minyak tanah. Tak selang waktu lama, Bu Dwi beralih menggunakan gas elpiji dan meninggalkan menggunakan minyak tanah dalam berjualan.
  4. Menjelang idul fitri, harga bahan makanan meningkat, salah satunya harga daging sapid an daging ayam. Seorang ibu rumah tangga kemudian mempertimbangkan pembelian daging untuk konsumsi keluarganya. Kemudian, ia mengambil alternative dengan menggangi konsumsi daging dengan konsumsi tahu dan tempe yang harganya jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan daging. Tindakan ibu rumah tangga ini masuk akal karena yang terpenting baginya adalah keluarganya dapat tetap mengkonsumsi makanan bergizi meskipun bukan daging.
  5. Seorang pelajar pergi ke pusat perbelanjaan. Namun, sebelumnya ia telah menuliskan daftar keperluan sekolahnya yang akan ia beli disana. Ketika sampai di tempat belanja, ia langsung menuju ke tempat-tempat tujuannya dan membeli barang yang ada dalam daftarnya tersebut. Tindakan pelajar ini merupakan suatu tindakan rasional karena berdasar pada pertimbangan skala prioritas.
  6. Ayah membeli rokok di warung dan tidak memilih untuk membuatnya sendiri. Hal ini merupakan tindakan rasional karena jika membuat sendiri akan lebih mahal karena diperlukan alat dan bahan untuk membuat rokok serta biaya transportasi yang harganya lebih mahal dibandingkan dengan membeli rokok di warung.
  7. Di zaman modern seperti saat ini, pembelian dapat dilakukan dari rumah salah satunya dengan menggunakan aplikasi belanja dari rumah. Ketika ada promo gratis ongkir dan juga diskon belanja, maka kakak memilih untuk membeli buku melalui aplikasi tersebut. Maka, harga buku jadi lebih murah dan kakak sudah menghemat biaya transportasi jika dibandingkan dengan ia pergi membeli buku tersebut langsung ke toko buku.
  8. Ibu memilih untuk mesan makanan dalam perayaan ulang tahun ayah dibandingkan dengan membuat makanan itu sendiri. Hal ini dinilai lebih hemat karena tidak memerlukan tenaga berlebih dan berbelanja bahan makanan yang mungkin akan melebihi porsi yang akan dibuat. Sehingga, tindakan ibu merupakan tindakan yang rasional.
  9. Adek berangkat sekolah yang hanya 200 meter dari rumah dengan berjalan kaki dan menolak untuk dibelikan sepeda oleh ayah. Tindakan adek ini dirasa menguntungkan karena selain menjadi lebih sehat, juga uangnya dapat digunakan untuk membeli perlengkapan sekolah yang lebih penting.
  10. Ibu memasak setiap hari untuk konsumsi sehari-hari keluarga. Ibu tidak membeli nasi maupun lauk di luar karena jika memasak sendiri akan lebih hemat dan lebih sehat.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan tentang adanya berbagai contoh sikap yang mencerminkan prilaku atas pengertian tindakan ekonomi rasional menurut para ahli, ciri, dan contohnya dalam kehidupan sehar-hari. Semoga bisa bermanfaat.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *