Pengertian Suku, Ciri, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Ciri Suku dan Contohnya

Negara Kesatuan Republik Indonesia yang juga dikenal dengan NKRI adalah salah satu wilayah kepulauan terbesar di dunia yang membentang dari Sabang sampai Merauke menyebabkan adanya perbedaan suku bangsa. Indonesia sebagai karakteristik negara berkembang mempunyai bendera dengan warna merah dan putih, yang mana warna merah berarti berani serta putih berarti suci.

Negara Indonesia dengan mayoritas penduduk memiliki mata pencaharian di bidang agraris memiliki lambang burung garuda dan memiliki motto yang berbunyi Bhineka Tunggal Ika. Motto tersebut artinya adalah berbeda-beda tetapi tetap satu. Perbedaan tersebut yang membuat negara Indonesia hingga saat ini masih terbagi menjadi beberapa Suku, Ras, dan Agama. Oleh karena itulah terlepas darisemuanya menjadikan Indonesia memiliki masyarakat multikultural.

Suku

Suku pada hakekatnya adalah bentuk kelompok sosial yang terikat oleh kesadaran dan jati diri mereka akan unsur budaya dan sifat kebudayaan yang sama sehingga dalam hal ini terjadi hubungan sosial yang saling terarah berdasakan pada kesamaan bahasa maupun penggunaan adat istiadat.

Namun yang perlu dipahami bahwa istilah selain penyebutan suku ada etnis. Keduanya saling berhubungan meskipun ada perbedaan antara  suku ada etnis dimana untuk suku lebih condong pada penyebutan kesatuan sosial yang dapat membedakan kesatuan dengan didasarkan persamaan asal-usul seseorang sehingga dapat dikategorikan dalam status dalam contoh kelompok sosial mana ia dimasukkan, sedagkan arti etnis ini lebih identik dipergunakan untuk mengacu pada satu kelompok berdasarkan pada ketegori sosial yang terletak pada kriteria nilai kebudayaan.

Pengertian Suku

Suku adalah sekelompok masyarakat yang tinggal di daerah tertentu dengan memiliki keunikan tersendiri sesuai dari adat istiadat serta kebudayaan yang berlaku di daerah tersebut, sehingga prihal ini keragaman suku di Indonesia mempunyai jenis dan ciri-ciri tersendiri pada setiap sukunya.

Pengertian Suku Menurut Para Ahli

Adapun definisi suku menurut para ahli, antara lain;

  1. Koentjaraningrat (2007), Pengertian suku adalah proses pengelompokan sosial yang senantisa ditentukan dengan berdasarkan persamaan asal-usul yang menimbulkan adanya ikatan kedaerahan.
  2. Academic American Encyclopedia (1980), Definisi suku adalah pembagian kelompok berdasakan pada karakteristik warna kulit, bentuk rupa, warna dalam rambut, dan tingkat laku dalam perbedaan sehingga menjadikan dorongan adanya etnosentrisme.

Ciri Suku

Karakteristik pengelompokan suku, antara lain;

  1. Di bawa seseorang sejak lahir sehingga tidak bisa dirubah
  2. Memiliki adat istiadat yang diawariskan dari generasi ke generasi lainnya
  3. Dikelompokan berdasakan asal sulu wilayahnya
  4. Mempunya bentuk muka, warna kulit, dan warna rambut yang berbeda antara satu dengan lainnya

Jenis Suku

Jenis Suku
Jenis Suku

Berikut adalah beberapa jenis suku terbesar yang ada di Indonesia dan ciri-cirinya;

  1. Sub Ras Melayu (Proto Melayu)

Suku yang berada di Indonesia adalah suku sub ras melayu. Suku sub ras melayu atau yang sering disebut sebagai suku proto melayu adalah suku yang tertua di Indonesia. Suku sub ras melayu sudah menempati Indonesia sejak jaman kerajaan.

Berikut adalah contoh dan ciri-ciri dari suku sub ras melayu;

  1. Suku Tapanuli

Suku tapanuli adalah suku yang tinggal di Sumatera Utara. Orang tapanuli memiliki karakteristik yang sama seperti suku batak yaitu nada bicara yang keras. Sistem kekluargaan yang dipakai dari suku tapanuli adalah memakai sistem patrilineal yaitu alur keturunan diatur dari pihak laki-laki.

  1. Suku Batak

Suku batak adalah suku yang mendiami daratan Provinsi Sumatera utara berkolaborasi dengan suku tapanuli. Umunya suku batak banyak ditemukan di wilayah Kota Medan. Orang batak terkenal dengan nada bicara yang keras.

  1. Suku Riau

Suku riau adalah jenis suku yang mendiami Indonesia dan bertempat tinggal di daerah Riau, khususnya Kepulauan Riau.

Suku riau dapat dikatakan sebagai salah satu jenis suku terbesar di Indonesia karena masyarakat suku riau percaya bahwa rejeki seorang laki-laki itu terdapat di luar. Artinya adalah laki-laki suku riau akan merantau mencari rejeki di tanah orang apabila sudah berusia 18 tahun.

Meskipun suku riau tempat tinggal aslinya adalah di Kepulauan Riau, namun suku riau tersebar karena rantauan dan persebarannya banyak ditemukan di Jakarta dan Makassar. Suku riau mempunyai ciri-ciri tubuh yang tegap dan tinggi.

  1. Suku Kubu Lubu

Suku kubu lubu merupakan suku yang mendiami daerah asli di wilayah Jambi dan Sumatera Selatan. Suku kubu lubu mempunyai kebudayaan bahwa pria yang sudah berusia 18 tahun diharuskan untuk merantau. Maka sama seperti suku riau, suku kubu lubu banyak tersebar di luar daerah Jambi dan Sumatera Selatan. Daerah rantauan terfavorit dari orang suku kubu lubu adalah Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, dan Surabaya.

  1. Suku Dayak

Suku dayak adalah suku di Indonesia yang memiliki wilayah asli di Pulau Kalimantan. Suku dayak dikenal dengan suku yang memiliki aktivitas mistis yang tinggi. Hal ini membuat suku di wilayah lain Indonesia sangat menghargai orang asli suku dayak.

  1. Suku Bugis

Suku bugis adalah suku yang mendiami daerah Sulawesi Selatan. Suku bugis banyak terdapat di daerah Makassar. Keunikan dari suku bugis adalah memiliki sistem uang panai dalam pernikahan.

Uang panai bisa dikatakan sebagai salah satu tanda penghargaan untuk meminang gadis suku bugis dalam artian sebagai ganti dari biaya kepada orang tua yang telah menghidupi gadis tersebut dari masih bayi hingga tumbuh dewasa.

  1. Suku Toraja

Suku toraja adalah suku yang menempati dataran tinggi toraja daerah Sulawesi Selatan. Keunikan suku toraja adalah menyimpan mayat suku toraja dalam goa yang disebut Goa Londa. Lalu setiap anggota keluarga akan dipotong jarinya sesuai dengan jumlah anggota keluarga yang meninggal.

  1. Sub Ras Melayu Muda

Sub ras melayu muda atau lebih dikenal dengan istilah detero melayu adalah jenis suku yang menempati Indonesia setelah kehadiran dari proto melayu. Sub ras melayu muda ini juga pada hakekatnya dibedakan menjadi beberapa klasifikasi.

Berikut adalah penjelasannya terkait klasifikasi daripada ras melayu muda;

  1. Suku Minang

Suku minang merupakan suku di Indonesia yang menempati daerah asli di wilayah Sumatera Barat. Suku minang ini dikenal dengan masakan yang enak, yaitu masakan padang. Suku minang memiliki sistem matrilineal, yaitu alur keturunan diatur oleh pihak wanita.

  1. Suku Baduy

Suku baduy adalah suku yang menempati Provinsi Banten. Orang suku baduy sering disebut dengan istilah lokal yaitu urang kanekes. Suku baduy mempunyai pantangan dalam mandi, yaitu tidak boleh menggunakan bahan kimia seperti sabun. Hanya menggunakan air.

  1. Suku Betawi

Suku betawi adalah suku yang menempati Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Suku betawi memiliki kebudayaan yang terkenal yaitu ondel-ondel atau sepasang boneka raksasa. Pada saat orang betawi melakukan acara lamaran yang menarik adalah saling beradu pantun antara wakil dari mempelai wanita dan wakil dari mempelai pria.

  1. Suku Sunda

Suku sunda adalah bagian suku yang menempati wilayah Jawa Barat. Suku sunda pada zaman dahulu memiliki kerajaan besar yaitu kerajaan Pasundan. Masyarakat suku sunda masih banyak yang menganut kepercayaan sunda wiwitan.

  1. Suku Jawa

Suku jawa adalah suku yang mendiami daerah asli di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Persebaran suku jawa ini hampir di seluruh wilayah Indonesia karena kebijakan transmigrasi dari pemerintah akibat kepadatan penduduk. Suku jawa dibagi atas dasar 3 sub bagian, yaitu Jawa Kejawen, Jawa Banyumasan, dan Jawa Timuran.

  1. Suku Madura

Suku Madura merupakan suku yang mendiami Pulau Madura. Suku Madura terkenal dengan mata pencaharian penduduk yaitu berjualan sate dan menjadi tukang cukur. Suku Madura mempunyai ciri khas logat bahasa yang diulang-ulang

  1. Suku Bali

Suku bali pada hakekatnya mempunyai kesamaan dengan suku dayak. Yaitu memiliki unsur mistis yang tinggi. Dimana untuk mayoritas masyarakat suku bali menganut kepercayaan Hindu. Suku bali hanya tersebar di seluruh pulau bali.

  1. Suku Buton

Suku buton adalah suku yang mendiami wilayah asli di Provinsi Sulawesi Tenggara. Suku buton memiliki ciri khas suara yang besar dan bahasa yang dibalik-balik. Suku buton tersebar di seluruh provinsi Sulawesi tenggara dari mulai Kendari, Konawe, Kolaka, Bau-bau, hingga Wakatobi.

  1. Suku Manado

Suku manado adalah suku yang mempunyai wilayah asli di Sulawesi Utara. Mayoritas suku manado beragama nasrani. Suku manado terkenal mempunyai suara bagus alam bernyanyi. Hal merupakan sebab bahwa banyak artis di Indonesia yang berasal dari Manado.

  1. Sub Ras Negrito

Sub ras negrito adalah jenis suku di Indonesia yang menempati wilayah timur Indonesia yang juga umumnya berada di Waktu Indonesia Bagian Timur (WITA). Dimana, untuk klasifikasi jenis suku sub ras negrito adalah suku dani yang berada di papua dan suku ambon yang berada di Maluku. Orang suku sub ras negrito memiliki ciri-ciri khusus yaitu berambut keriting dan berkulit hitam.

Contoh Suku

Adapun untuk contoh suku yang ada di Indonesia berdasakan pada wilayahnya antara lain;

  1. Pulau Kalimantan

Kalimantan adalah pulau terbesar kedua di dunia, dimana untuk prihal suku yang mendiami daerah ini secara garis besarnya terbagi dalam beberapa bentuk. Yaitu suku Banjar, suku Dayak Indonesia, dan suku asal Kalimantan lainnya (non Dayak dan non Banjar).

Meskipun ada suku Jawa dan Sunda yang juga ada di Kalimantan namun mereka pada hakekatnya merupakan arti masyarakat yang melakukan transmigrasi sehingga bukan di golongkan suku asli.

Nah, penjelasan diatas adalah artikel yang membahas materi tentang definisi suku yang dikaji dari pengertian, jenis, ciri-ciri, dan contohnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk menambah pengetahuan. Terima kasih!

Rating: 3.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *