Contoh Stratifikasi Sosial di Desa dan Kota

Diposting pada

stratifikasi sosial di desa dan kota

Diakui atapun tidak hakekatnya banyak sekali bentuk stratifikasi yang terjadi di lingkungan sosial dimana kita tinggal. Baik di kota dengan identik dengan masyarakat modern maupun di wilayah pedesaan dengan karakterstik masyarakat bekerja pada bidang agraris (pertanian).

Prihal ini tentusaja terdapat sejumlah perbedaan yang mendasar. Misalnya saja dalam pola pemikiran beserta proses sosial dan interaksi sosial tercipta. Namun yang pasti untuk penggambaran stratifikasi sosial ialah pelapisan di masyarakat dengan sistematika secara vartikal.

Stratifikasi Sosial di Desa dan Kota

Stratifikasi sosial adalah sistematika pengelompokan individu yang dilihat secara horizontal berdasarkan pada status sosial dan peran sosial yang dimilikinya, oleh karena itulah konsep dasar ini menjadi bagian fenomena sosial yang berhubungan dengan jenis kelas sosial di masyarakat.

  1. Stratifikasi Sosial Desa

Definisi stratifikasi sosial masyarakat desa pada dasarnya masih seputar pada bidang pekerjaan dan kemampuan finansial yang dimilikinya. Prihal ini kadangkala cederung lebih tertutup lantaran adanya kesempatan terbatas dalam mengambangkan potensi yang dimiliki seseorang individu.

  1. Stratifikasi Sosial Kota

Stratifikasi sosial masyarakat kota berhubungan erat dengan kemampuan yang lebih menonjol pada bidang pengelolaan sumber daya manusia maupun sumber daya alamnya. Keterlihatan dalam pelapisan sosial untuk masyarakat kota lebih tertutup dengan alasan konsep kehidupannya cenerung jarang bergaul (individualitas), meski demikian untuk arti pendidikan dalam stratifikasi sosialnya masih sangatlah terlhat.

Contoh Stratifikasi Sosial di Desa dan Kota

Sebagai pemebahasan lebih mendalam. Untuk contoh kasus stratifikasi sosial di desa dan masyarakat perkotaan. Misalnya saja;

  1. Contoh Stratifikasi Sosial Masyarakat di Desa

Prihal ini contohnya saja ketika adanya penggambaran atas suasana di daerah pedesaan yang cenderung memanas lantaran adanya pemilihan kepala desa. Ada beragam perbedaan dukungan serta pandangan politik menyebabkan terjadinya perdebatan antar warga yang membuat suasana bertetangga menjadi tidak nyaman.

Dalam kontentasi politik masyarakat pedesaan melihat kepada desa memiliki prestise tinggi sehingga tak khayal memperebutkannya. Gampangnya untuk memenangkan demokrasi tersebut kadangkala para calon kepada desa memanfaatkan tokoh masyarakat untuk bisa mendukungnya.

Misalnya saja para Kyai, Ustd, dan Tokoh Adat. Adana permintaan dari calon kepada desa setidaknya menujukan adanya faktor stratifikasi sosial antara masyarakat biasa dengan pimpinan agama maupun adat.

  1. Contoh Stratifikasi Sosial Masyarakat di Kota

Prihal ini misalnya saja setelah bekerja dengan kinerja yang sangat baik selama lima tahun berturut-turut dan
telah menempuh jenjang pendidikan formal dengan doktoral (S3) serta berpengalaman memimpin tim kerja,
Seseorang mendapakan promosi jabatan yang impikan.

Perasaan bangga dan bahagia serta mengadakan syukuran dengan keluarga. Lantaran keberhasilan yang diperoleh dalam sebagai masyarakat perkotaan tentunya tidak terlepas dari proses memperoleh stratifikasi sosial yang lebih tinggi. Sehingga nilai sosial tentang pendidikan dalam kasus ini berhubungan dengan peningkatan pelapisan di masyarakat.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh kasus yang menunjukan stratifikasi sosial di masyarakat desa dan stratifikasi sosial di masyarakat kota. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi semuanya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *