Contoh Mobilitas Sosial Vartikal dan Horizontal

Diposting pada

Mobilitas Sosial Vartikal dan Mobilitas Sosial Horizontal

Mobilitas sosial pada hakekatnya menjadi bahasan pokok dalam objek kajian sosiologi, alasannya karena mobilitas sosial ini erat kaitannya dengan bentuk perubahan sosial yang terjadi di masyarakat yang dipengaruhi oleh adanya  gerak sosial sosial.

Disisi lainnya, prihal mobilitas horizontal yang dianggap sebagai perpindahan dari satu posisi ke posisi lain dengan tidak mengubah status sosial seseorang terbagi menjadi beberapa bentuk. Yakni seperti adanya mobilitas secara vertikal, horizontal, dan lateral yang semua hal tersebut bisa dengan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Mobilitas Sosial

Mobilitas sosial adalah gerak yang ada di dalam perkembangan masyarakat dengan berbagai pengaruhnya, dimana untuk gerak ini bisa dilatarbelakangi dengan adanya penciptaan teknologi, unsur budaya yang mepengaruhi, komunikasi, dan aspek lainnya. Sehingga secara umum mobilitas sosial ialah pergerakan dalam masyarakat.

Contoh Mobilitas Sosial Vartikal dan Mobilitas Sosial  Horizontal

Secara garis besarnya setidaknya ada dua bentuk yang ada dalam mobilitas sosial masyarakat, yakni mobilitas sosial vartikal dan mobilitas sosial horizontal. Penjelasan dan contonya, yakni;

  1. Mobilitas Sosial Vartikal

Pengertian mobilitas sosial vartikal adalah rangkaian perbuahan yang termobilasasi secara sosial yang arah pergerakannya naik atau turun. Artinya mobilas sosial ini selalu ada perebuhan yang signifikan pada diri seseorang atau sekelompok orang yang mendiami wilayah tertentu.

Contoh Mobilitas Sosial Vartikal

Contoh khususnya dalam lembaga pendidikan. Sering kita temui bahkan kita lakukan sehari-hari ialah melanjutkan pendidikan, dari Lulus SD, ke SMP/Sederajat, dari SMP ke SMA. Penjelasan perpindahan kelas tersebut bisa dikatakan sebagai salah satu contoh mobilitas sosial vartikal

Disisi lainnya dalam mobilitas sosial vartikal ini terbagi menjadi dua macam. Yakni mobilitas sosial vartikal naik dan mobilitas sosial vartikal turun. Yang setidaknya hal ini dipengaruhi dengan adanya perubahan status pekerjaan dan politik yang sehingga menyebabkan perubahan posisi masyarakat. Untuk contohnya sebagai berikut;

  1. Contoh Mobilitas Sosial Vartikal Naik

This is box title
  1. Adanya perpindahan tugas yang dialami Guru Sekolah Negari menjadi Kepala Sekolah di Wilayah Lain dalam Geografis yang sama (Mobilitas Sosial Vartikal Naik dalam Pendidikan)
  2. Pengangkat Ketua RT menjadi Kepala Luruh yang dialami oleh Seseorang setelah menang dalam Pilihan Kepada Desa (Mobilitas Sosial Vartikal Naik di Pemerintahan)
  3. Perajurut TNI menjadi Kepada TNI di Indonesia (Mobilitas Sosial Vartikal dalam Militer)
  4. Pengangkatan Jokowi dari Walikota, Gubernur, dan Menjadi Presiden di Indonesia (Mobilitas Sosial Vartikal dalam Pemerintahan)
  5. Negara Singgapura berubah dari Negara Berkembang ke Negara Maju (Mobilitas Sosial Vartikal Naik dalam Negara)
  6. Berubahnya status Banten dari Kabupaten di Jawa Barat menjadi Provinsi Tersendiri (Mobilitas Sosial Vartikal Naik dalam Pemerintahan)
  7. Kenaikan pangkat yang dialami PNS dari Golongan 2 A menjadi 3 A, karena kemampuannya (Mobilitas Sosial Vartikal Naik dalam Status Sosial)
  8. Adanya masyarakat biasanya dan anak petani yang bekerja di luar negri dan akhirnya ia menjadi Bos di Desa nya (Mobilitas Sosial Vartikal Naik dalam Kelompok Sosial)
  9. Penemuan Facebook yang merubah arah komunikasi masyarakat, dari komunikasi konfensional menjadi komunikasi modern dengan interkasi sosial dalam internet  (Mobilitas Sosial Vartikal Naik dalam Teknologi)
  10. Adanya seorang karyawan bisanya, dengan layalitas tinggi dan kemampuan yang baik lalu dianggap menjadi Dikertur di Perusahaan (Mobilitas Sosial Vartikal Naik dalam Kerja)
  11. Terbentuknya kelompok sosial dalam masyarakat yang di sahnya menjadi Organsiasi dengan struktur yang jelas (Mobilitas Sosial Vartikal Naik dalam Organisasi)
  12. Merdekannya Timor-timor dari Provinsi di Indonesia menjadi Negara Sendiri (Mobilitas Sosial Vartikal Naik dalam Pemerintahan)
  13. Indonesia menjadi negara yang dijajah dan pada saat ini telah medeka menjadi negara sendiri  (Mobilitas Sosial Vartikal)
  14. Adanya HP yang hanya bisa berkumonikasi dan pada saat ini bisa untuk mengakses internet (Mobilitas Sosial Vartikal)
  15. Kasus yang Dialami Seseorang dari Kejaksaan Tinggi, lalu naik banding ke Mahkamah Agung (Mobilitas Sosial Vartikal Naik dalam Hukum)
  16. Pemilihan Presiden di Indonesia, yang dilakukan oleh DPR dan pada saat ini Presiden langsung di Pilih Oleh Rakyat (Mobilitas Sosial Vartikal Naik dalam Demokrasi)
  1. Contoh Mobilitas Sosial Vartikal Turun

This is box title
  1. Adanya Kepada Daerah yang Dipecat karena terlibat kasus korupsi  (Mobilitas Sosial Vartikal Turun dalam Pemerintahan)
  2. Sejarah Indonesia yang pernah keluar dari PBB dan kembali lagi masuk menjadi Anggota PBB (Mobilitas Sosial Vartikal dalam Politik)
  1. Mobilitas Sosial Horizontal

Mobilitas sosial horizontal adalah pergerakan masyarakat yang dilakukan dengan sejajar. Artinya pergerakan ini dipengaruhi oleh gejala sosial sebagai wujud perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat. Meski mengelami perubahan sosial akan tetapi arah dan jalannya adalah sama, tidak naik dan turun.

Contoh Mobilitas Sosial Harizontal

Mobilitas sosial horizontal dalam masyarakat, misalnya saja adanya pepindahan kewarganegaraan yang dilakukan oleh seseorang. Dari Warga Negara Jerman menjadi Warga Negara Indonesia, atau sebaliknya dari Warga Negara Indonesia menjadi Warga Negara Italia, Jerman, atau Negara selain Indonesia.

Begitu juga dalam mobilitas horizontal yang dianggap sebagai perpindahan posisi dari lapisan yang satu ke lapisan yang lainnya yang bisanya terjadi dalam kaitannya dengan perubahan agama, politik, teritorial, atau pergeseran horizontal lainnya tanpa menyebabkan terjadinya perubahan posisi vertikal. Terbagi atas dua jenis. Yakni mobilitas horizontal antargenerasi dan mobilitas horizontal intragenerasi.

  1. Contoh Mobilitas Horizontal Antargenerasi

This is box title
  1. Adanya anak pejabat gubernur yang akhirnya anak tersebut juga menjadi gubernur di wilayah yang sama (Mobilitas Sosial Horizontal Antargenerasi dalam Politik)
  1. Contoh Mobilitas Horizontal Intragenerasi

This is box title
  1. Adanya anak Petani yang kuliah di Perguruan Tinggi Negri (PTN) dengan Bidikmisi, dan akhirnya ia menjadi Sarjana Starta 1 dan Ia Menjadi Seorang Guru (Mobilitas Sosial Intergenerasi dalam Pendidikan)

Contoh Mobilitas Sosial di Lingkungan Masyarakat

Contoh Mobilisasi Sosial
Contoh Mobilisasi Sosial

Penjelasan lebih lengkapnya, mengenai contoh mobilitas sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Mislanya saja;

  1. Adanya Guru Sekolah SMP 1 Jakarta dipindah Tugaskan Menjadi Guru di SMP 20 Jakarta (Mobilitas Sosial Horizontal dalam Lembaga Pendidikan)
  2. Adanya dosen PTN yang dituntut untuk kuliah S2 namun tidak bisa lulus sehingga jabatannya menjadi staf adminitrasi di PTN yang bersangkutan (Mobilitas Sosial Vartikal dalam Pendidikan)
  3. Pembelajaran di Lembaga Pendidikan pada zaman dahulu harus sitem face to face (tatap muka) akan tetapi pada saat ini pembajalaran bisa dilakukan dengan online (Mobilitas Sosial Vartikal Naik dalam Sistem Pembelajaran)
  4. Tukang Ojek Konvensional mengikuti perkembangan zaman dengan teknologi, menjadi Tukang Ojek Online. Bisa menggunakan Grap atau Gojek (Mobilitas Sosial dalam Pekerjaan)
  5. Berpindahnya seorang dari perusahaan satu ke perusahaan lainnya, dengan kedudukan yang sama (Mobilitas Sosial Horizontal dalam Pekerjaan).
  6. Seorang anak yang tidak naik kelas, dan mengulang pada kelas yang sama (Mobilitas Sosial Horizontal dalam Pendidikan).
  7. Perpindahan masyarakat dari Desa satu ke Desa yang lainnya (Mobilitas Sosial Horizontal dalam Masyarakat).
  8. Mahasiswa melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa satu Ke desa yang lainnya, dalam geografis yang sama (Mobilitas Sosial Horizontal dalam Pelajar/Mahasiswa).
  9. Periswitiwa persidangan yang dilakukan oleh seseorang dari wilayah DKI berpindah di wilayah lainnya, karena alasanya keamanan (Mobilitas Sosial Horizontal dalam Hukum).
  10. Persoalan pindahnya agama yang dilakukan oleh Gonles (Pemain Sepak Bola) dari Agama Kristen Menjadi Agama Islam (Mobilitas Sosial Horizontal dalam Agama).
  11. Pindahnya pelatih Sepak Bola dari MU ke Mancaster City (Mobilitas Sosial Horizontal dalam Olahraga).

Demikinalah pembahasan mengenai beberapa contoh mobilitas sosial vartikal dan mobilitas sosial horizontal di lingkungan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan bagi pembaca yang sedang mencari refrensinya.

Rating: 3.8/5. From 17 votes.
Please wait...

4 thoughts on “Contoh Mobilitas Sosial Vartikal dan Horizontal

  1. Saya ingin cerita mobilitas yg pendek . Untuk tugas saya nihg

    Rating: 4.5/5. From 2 votes.
    Please wait...
    1. Owalah gitu ya kak, siap deh. Tak save dulu, nanti buat tulisan baru tentang itu. Trimakasih telah berkunjung 🙂

      Rating: 5.0/5. From 1 vote.
      Please wait...
  2. Maaf yah, ini bentuknya mobilitas sosial “VARTIKAL” atau “VERTIKAL”?

    Rating: 5.0/5. From 3 votes.
    Please wait...
    1. Pada dasarnya sama saja kak antara “VARTIKAL” atau “VERTIKAL” hanya redaksi pembahasannya saja kak. 🙂

      Rating: 5.0/5. From 2 votes.
      Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *