10 Contoh Pekerja Sosial di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Pekerja Sosial

Diakui atupun tidak, istilah pekerjaan memiliki jenis yang beraneka ragam. Ada yang bekerja sebagai pekerja sosial, ada pula yang bekerja dalam sektor informal atau sebagai pekerja informal. Namun yang pastinya, pekerja sosial itu sendiri bisa diartikan sebagai profesi berbasis praktik yang mendorong bentuk perubahan sosial, pengembangan, kohesi, dan pemberdayaan komunitas.

Oleh karena itulah, pekerja sosial dapat mencakup berbagai bidang profesi, contohnya yaitu pekerja sosial dalam bidang kesehatan misalnya pekerja sosial medis dan kesehatan masyarakat, pekerja sosial kesehatan mental dan penyalahgunaan zat, dan lain sebagainya.

Pekerja Sosial

Pekerja sosial adalah seorang profesional yang membantu individu dan arti keluarga meningkatkan kualitas hidup mereka dengan memastikan akses ke kebutuhan dasar seperti makanan, tempat tinggal dan keamanan. Mereka bekerja untuk mencapai kehidupan yang lebih baik bagi klien mereka dengan menganalisis lingkungan, hubungan, sistem, dan kebijakan yang memengaruhi kehidupan klien mereka.

Tantangan umum yang harus diatasi oleh pekerja sosial untuk klien mereka termasuk kemiskinan, pelecehan, pengangguran, penyakit mental, kecanduan, dan trauma. Pekerja sosial bertemu dengan klien dan membangun hubungan dengan mereka berdasarkan kepercayaan dan rasa iba. Mereka mengidentifikasi masalah yang dihadapi klien mereka dan menerapkan solusi seperti relokasi fisik, terapi, mengoordinasikan perawatan medis, dan membantu pekerjaan.

Pekerja sosial membantu orang dengan berbagai latar belakang pendidikan, status sosial ekonomi, asal budaya, agama dan disabilitas. Mereka mengenali bagaimana berbagai latar belakang mempengaruhi kesejahteraan mental dan emosional klien dan dapat memandu bagaimana klien dapat menanggapi metode pengobatan.

Contoh Pekerja Sosial

Pekerja sosial dapat dipekerjakan di berbagai bidang. Sementara semua pekerja sosial berusaha untuk membantu orang, setiap jenis pekerja sosial berfokus pada bidang kebutuhan tertentu. Jenis-jenis pekerjaan sosial yang umum meliputi contoh-contoh berikut ini:

  1. Pekerja sosial anak dan keluarga

Anak-anak dan keluarga mereka yang berjuang dengan masalah sosial atau psikologis di sekolah, di rumah atau di komunitas mereka dapat mencari bantuan pekerja sosial. Pekerja sosial bertanggung jawab untuk menilai kesesuaian lingkungan pendidikan, rumah dan lingkungan sosial untuk anak dan orang tua mereka. Para pekerja sosial tersebut akan bekerja sama dengan keluarga dan staf sekolah untuk mengatasi masalah tersebut.

Pekerja sosial anak dan keluarga menempatkan anak-anak di panti asuhan bila diperlukan, memantau kesejahteraan mereka dan membantu orang dewasa dalam proses mengadopsi atau menjadi orang tua asuh. Jenis pekerja sosial ini dapat dipekerjakan oleh sekolah, lembaga pemerintah dan lembaga asuh.

  1. Pekerja sosial medis dan kesehatan masyarakat

Individu yang berurusan dengan masalah kesehatan atau penyakit kronis dapat bekerja dengan pekerja sosial medis untuk membantu dalam menavigasi masalah medis mereka. Pekerja sosial membantu dengan menyediakan mekanisme koping, konseling dan rujukan medis kepada pasien dan keluarganya.

Mereka juga membantu pasien menavigasi sumber daya publik, dan mengoordinasikan banyak layanan perawatan kesehatan mereka. Seorang pekerja sosial kesehatan masyarakat berusaha untuk membatasi penyebaran penyakit dan membantu masyarakat mengatasi penyakit dan bencana yang meluas. Pekerja sosial medis dapat bekerja untuk rumah sakit, lembaga sosial kepemerintahan, dan penyedia layanan kesehatan.

  1. Pekerja sosial kesehatan mental dan penyalahgunaan zat

Para pekerja sosial yang satu ini mengoordinasikan dan memberikan terapi, program rehabilitasi, dan konseling kepada pecandu dan pasien yang memiliki masalah kesehatan mental. Mereka membantu menemukan pusat rehabilitasi yang terjangkau dan menghubungkan pasien dengan program konseling yang sesuai berdasarkan permasalahan mereka.

Jenis pekerja sosial ini juga menangani program penjangkauan dan pencegahan untuk menemukan individu yang membutuhkan dan memberikan perawatan tepat waktu. Pekerja sosial kesehatan mental dan penyalahgunaan zat dapat dipekerjakan oleh rumah sakit, fasilitas perawatan perumahan, organisasi sosial kemasyarakatan dan lembaga pemerintah.

  1. Pekerja sosial disabilitas

Pekerja sosial disabilitas mengkhususkan diri dalam memberikan bantuan kepada individu yang memiliki disabilitas fisik atau mental. Jenis bantuan yang diberikan sangat bervariasi dan sangat bergantung pada kebutuhan setiap klien.

Artinya, klien yang memiliki cacat fisik seperti kaki yang diamputasi akan membutuhkan layanan yang sangat berbeda dari klien yang memiliki keterbelakangan mental. Terlepas dari situasi spesifik klien, pekerja di bidang ini bertanggung jawab untuk mengoordinasikan layanan seperti pelatihan kerja dan perumahan untuk klien mereka.

  1. Pekerja sosial forensik

Pekerja sosial forensik mengkhususkan diri untuk bekerja dalam sistem hukum. Dalam konteks tersebut, mereka memenuhi sejumlah tugas, termasuk melayani sebagai saksi ahli, berkonsultasi dengan lembaga penegak hukum, mempersiapkan saksi untuk pengadilan, dan mengevaluasi dan mendiagnosis terdakwa yang mengalami gangguan jiwa.

  1. Pekerja sosial geriatri

Karena penuaan bisa menjadi proses yang sulit, pekerja sosial geriatri ditugaskan untuk membantu klien yang lebih tua dengan transisi ke masa dewasa akhir dengan semudah mungkin.

Pekerjaan ini termasuk membantu orang tua untuk menemukan perawatan kesehatan yang memadai, seperti perawat yang tinggal di rumah, membantu mereka menemukan cara untuk memperluas pendapatan terbatas lebih lanjut, dan membantu mereka menemukan kegiatan sosial yang menghubungkan mereka dengan orang tua lainnya agar tidak kesepian.

  1. Pekerja sosial komunitas/masyarakat

Seorang pekerja sosial komunitas menyediakan sumber daya dan meningkatkan lingkungan keadilan sosial bagi suatu daerah atau kota tertentu. Mereka bekerja dengan sekelompok besar anggota komunitas, bukan satu lawan satu dengan klien.

Pekerja sosial komunitas fokus pada pengorganisasian dan pengembangan program sosial untuk meningkatkan kualitas hidup di daerah komunitas klien mereka. Para pekerja sosial tersebut biasanya dipekerjakan oleh lembaga pemerintah daerah.

  1. Pekerja sosial militer

Anggota dinas dan keluarga mereka menghadapi tantangan unik dalam transisi ke, selama dan setelah dinas militer mereka dan dapat mencari bantuan dari pekerja sosial militer yang memahami kebutuhan mereka.

Para pekerja sosial tersebut menilai kesejahteraan anggota layanan, mengidentifikasi gangguan stres pasca-trauma atau tantangan kesehatan mental lainnya dan merekomendasikan rencana perawatan. Pekerja sosial militer paling seringkali dipekerjakan oleh pemerintah di lingkungan angkatan bersenjata, tapi dapat bekerja di sektor swasta untuk pusat kesehatan yang sering melayani militer.

  1. Pekerja Sosial Internasional

Pekerja sosial internasional memiliki tugas seperti mendorong terjadinya perubahan sosial melalui advokasi untuk populasi yang terpinggirkan, mendorong kohesi sosial melalui pendidikan, dan memberdayakan masyarakat dengan informasi sehingga perubahan sosial dapat terjadi. Selain itu, para pekerja sosial tersebut biasanya sangat fokus pada masalah keadilan sosial dan berupaya meningkatakan kesetaraan sambil memerangi penindasan.

  1. Asisten pekerjaan sosial

Asisten pekerjaan sosial bekerja di bawah arahan seorang pekerja sosial untuk memberikan sejumlah layanan kepada klien. Tugas mereka termasuk membantu klien penyandang cacat untuk mandi dan mengurus kegiatan lain dari kehidupan sehari-hari, mengoordinasikan layanan seperti kupon makanan atau kesejahteraan untuk klien.

Selain itu, mereka juga dapat melatih klien dalam pengembangan keterampilan, seperti keterampilan mengasuh anak atau keterampilan wawancara untuk pekerjaan. Asisten pekerjaan sosial tersebut melakukan tugas dengan berbagai populasi, termasuk orang tua, orang cacat, orang sakit mental, dan keluarga.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh adanya pekerja sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.