Pengertian Perilaku Positif, Cara, dan Contohnya

Diposting pada

Perilaku Positif Adalah

Manusia sebagai makhluk hidup yang ada di lingkungan sosial secara wajar memiliki perilaku yang dapat diamati ataupun tidak dapat diamati. Perilaku manusia ini sendiri terbagi menjadi dua yaitu persefektif, yaitu perilaku positif yang bisa bermanfaat bagi orang lain serta perilaku negatif yang cenderung merugikan orang lain. Sebagai bahasan lebih lanjut artikel ini mengulas terkait dengan pengertian perilaku positif dan contohnya.

Perilaku Positif

Pada era sekarang ini contoh nilai dan norma yang ada sudah mengarahkan agar seseorang berperiaku positif. Apabila seseorang tidak melakukan perilaku positif biasanya sangsi datang dari masyarakat sendiri. Bukan sangsi fisik seperti kekerasan yang didapatkan namun sanksi verbal dan bahkan bisa dikucilkan apabila seseorang terindikasi tidak melakukan perilaku positif.

Dalam artian apabila seseorang melakuakn perilaku negatif yang cenderung merugikaan masyarakat. Maka masyarakat sebagai kumpulan manusia akan tidak senang dan memberikan sanksi tertentu.

Aturan yang sudah dibuat digunakan untuk menata perilaku-perilaku manusia. Apabila seseorang berhasil dan bisa menaati pertauran yang sudah dibuat maka dia akan melakukan suatu perilaku yang positif. Perilaku positif yang sudah dilakukan akan memberikan kebermanfaatan yang besar untuk dirinya sendiri.

Namun pada kenyataannya untuk menciptakan bahkan melaksanakan perilaku positif butuh tenaga ekstra. Dalam artian apabila seseorang ingin melakukan kebaikan dan juga keteraturan memerlukan keberanian dan juga keajegan.

Apabila seseorang sudah melakukan perilaku positif apakah lantas akan disenangi oleh semua orang dan tidak akan dikucilkan? Pada praktikya belum tentu benar. Seseorang yang melakukan tindakan postof dapat juga menggangu oknum-oknum teetentu. Sehingga tidak bisa dipungkiri akan memiliki peluang tidak disenangi juga.

Namun, manusia hakikatnya sebagai makhluk sosial yang memiliki akal dan nalar yang digunakan untuk membedakan tindakan yang baik dan tindakan yang buruk. Oleh karena itu manusia akan tetap cenderung melakuan tindakan yang benar ataupun bisa juga disebut manusia akan cenderung lebih mudah melakukan perilaku positif apabila tetap menggunakan naluri dan nalar.

Pengertian Perilaku Positif

Perilaku positif adalah perilaku yang cenderung memberikan manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Perilaku positif ini banyak disukai oleh manusia lainnya. Karena sejatinya setiap tindakan perilaku positif dapat membawa kesuksesan apabila dilakukan secara konstan dan terus menerus.

Bahkan semua contoh lembaga agama dan juga lembaga pendidikan di sekolah mengajarkan untuk terus melaksanakan perilaku positif. Orang tua sebagai guru pertama juga selalu menggiatkan pendidikan moral di rumah untuk mendorong anaknya agar memiliki perilaku yang postif.

 

Cara Melakukan Perilaku Positif

Adapun tips untuk memulai prilaku positif dalam masyarakat. Diantaranya adalah sebagai berikut;

Berpikiran positif

Sebelum melakukan tindakan yang positif hendaknya menanamkan pada diri sendiri untuk terus berpikiran positif. Senantiasa bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan dan juga bersikap optimisme. Perilaku positif akan lebih mudah dilaksanakan apabila seseorang memiliki pikiran yang positif. Karena pikiran adalah pondasi dari setiap tindakan yang akan dilakukan.

Bersemangat

Perilaku positif adalah  tindakan yang sangat bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu sangat penting untuk bersemangat dalam melaksanakan setiap tindakannya.

Selain cara-cara di atas terdapat lima dasar ataupun alasan untuk selalu berperilaku positif, yaitu:

  • Motivasi

Salah satu cara agar tujuan dari berperilaku positif tetap tercapai adalah dengan memiliki motivasi yang kuat. Dengan berperilaku positif maka akan memotivasi diri sendiri untuk melakukan yang lebih lagi. Oleh karena itu motivasi merupakan salah satu unsur yang tidak bisa ditinggalkan apabila ingin memiliki perilaku yang positif.motivasi juga termasuk sifat baik yang dimiliki dan diterapkan pada setiap aspek kehidupan.

Terdapat pula ciri seseorang minim motivasi dalam tindakannya yaitu saat seseorang menunda-nunda pekerjaannya. Apabila seseorang merasa termotivasi maka akan memilki cara yang baik pula dalam menangani setiap pekerjaan.

  • Kebahagiaan

Semua orang berhak mendapatkan pengalaman dan juga berbahagia dalam hidupnya. Tidak peduli laki-laki atau perempuan, dari suku apa, menganut agama apa semua orang berhak menemukan kebahagiaan. Tidak perlu menunggu bnayak uang karena kebahagiaan tidak bisa dibeli dengan uang.

Tetapi justru kebahagiaan akan datang apabila dapat hidup dengan baik dan melaksanakan tindakan yang baik atau bisa disebut berperilaku positif. Orang bisa mendapatkan kepuasan tersendiri apabila berbuat baik dan dapat bermanfaat bagi orang lain.

Dengan memiliki pandangan positif dan juga berperilaku positif  maka secara alami akan membuat diri merasakan kebahagiaan. tidak hanya diri sendiri yang bisa merasakan kebahagiaan dampak dari berperilkau positif namun juga efeknya akan dirasakan oleh orang-orang sekitar.

  • Orang lain

Saat melakukan tindakan yang positif orang lain akan cenderung mendekat dan juga bersimpati. Tidak ada satupun orang di dunia ini yang mau mendekati orang yang mempunyai tindakan negatif dan merugikan orang lain di sekitarnya.

Akan sangat menyenangkan berada di dekat orang yang mempunyai motivasi tinggi mengeluarkan aura yang menggemberikankan dan berperilaku positif. Karena orang yang senang melakukan perilaku positif juga akan bisa membangkitkan semangat orang-orang di sekitarnya.

  • Percaya Diri

Sangat jelas bahwa perilaku positif harus dimulai dari diri sendiri dan untuk melakukannya butuh niat dan juga rasa percaya diri. Dengan memiliki rasa percaya diri maka akan dapat membantu meningkatkan dalam melakukan perilaku positif.

Perilaku positif tidak bisa dilaksanakan tanpa dukungan orang lain namun sangat penting untuk menumbuhkannya dari diri sendiri terlebih dahulu. Melatih kebiasaan untuk berperilaku positf juga penting tak lupa melandasinya dengan terus berpikir positif dan juag arasa percaya diri yang kuat.

Contoh Perilaku Positif

Setelah secara panjang lebar diuraikan menegnai perilaku positif, berikut ini contoh-contoh perilaku positif, antara lain;

Lingkungan Tempat Tinggal

Contoh tindakannya, antara lain;

  1. Menaati orang tua
  2. Membantu orang tua
  3. Sayang kepada seluruh anggota keluarga
  4. Menjaga nama baik keluarga
  5. Berusaha membuat orang tua bahagia

Lingkungan Sekolah

Adapun implementasi dalam perilaku positif, antara lain;

  1. Belajar dengan giat
  2. Menaati perintah guru
  3. Menyayangi sesama teman
  4. Membantu guru maupun teman yang mengalami kesulitan
  5. Tidak meyontek
  6. Menaati peraturan sekolah
  7. Menjaga nama baik sekolah
  8. Membanggakan sekolah
  9. Displin dengan datang ke sekolah tepat waktu.
  10. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah

Lingkungan Masyarakat

Adapun dalam perilaku positif di masyarakat. Antara lain;

  1. Menjaga lingkungan tetap bersih.
  2. Menyapa tetangga bila bertemu.
  3. Berbagi makanan kepada tetangga.
  4. Ikut melaksanakan kerja bakti.
  5. Ikut berbela sungkawa apabila tetangga ditimpa musibah.

Itu tadi contoh-contoh sikap atau perilaku positif yang bisa dilakukan oleh seseorang baik di lingkungan rumah dengan senantiasa melaksanakan kewajibannya sebagai anak. Di lingkungn sekolah atau juga bisa disebut lingkungn pendidikan dengan melaksanakan kewajiban sebagai murid. Serta di lingkungan masyarakat karena hakikatnya manusia adalah makhluk sosial.

Manusia sebagai makhluk sosial yang senantiasa membutuhkan pertolongan orang lain dan tidak bisa hidup sendiri. Oleh karena itu sangat penting untuk menerapkan perilaku yang positif. Karena selain akan disenangi banyak orang tetapi juga banyak manfaatnya. Perilaku positif merupakan perilaku yang baik, sesuai norma serta banyak memiliki manfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Contoh sikap positif yang sudah disebutkan di atas dapat dilatih serta dipupuk kepada anak sejak dini. Contoh-contoh tersebut merupakan hal sederhana yang biasa dilakukan dan adapat diajarkan kepada anak-anak untuk melatih kebiasaan.

Seperi contoh jika di dalam keluarga anak sudah dibiasakan untuk berkata jujur dan keterbukaan dalam bercerita maka anak sampai dewasa akan terbaisa berkata jujur dan akan merasa tidak nyaman apabila berbohong atau melakukan tindakan yang tidak jujur.

Jujur merupakan salah satu sikap positif yang sangat penting untuk dibisakan. Selain itu anak juga bisa diajarkan untuk selalu tolong menolong dan juga berbagi kepada sesama. Sikap tolong menolong dan suka berbagi juga termasuk contoh perilaku positif. Hal tesebut dapat dilatih sejak dini.

Karena jika sudah memiliki sikap suka berbagi dan saling tolong menolong. Orang lain akan cenderung suka dan juga bersimpati sehingga akan memiliki banyak teman. Hidup akan menjadi indah apabila memiliki banyak teman yang bisa saling tolong menolong dan berbagi.

Selain itu orag juga akan terlatih memiliki rasa tenggang sosial yang tinggi apabila sering dbiasakn menerapkan perilaku positif. Pertama-tama harus sudah menerapkan perilaku positif terhadap diri sendiri kemudian lebih baik lagi jika mengajak orang-orang di sekitar untuk ikut melakukan perilaku positif. Dengan contoh yang sudah bnayak sekali di sebutkan di bagian atas tadi.

Maka, demikianlah tadi kajian lengkap yang bisa kami sebutkan kepada segenap pembaca semuanya. Terkait dengan pengertian perilaku positif, cara melakukan, bentuk, dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi pemahaman.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *