Contoh Nilai Vital dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Nilai Vital

Secara umum nilai adalah segala sesuatu yang dianggap baik atau buruk, pantas atau tidak pantas sehingga kerapkali dijadikan pedoman hidup manusia dalam mencapai keteraturan sosial yang diinginkan. Disisi lain, dalam objek kajian sosiologi tentang pemaknaan nilai. Khususnya dikemukakan oleh Prof. Dr. Notonegoro membagi menjadi tiga yaitu nilai vital, nilai material dan nilai rohani.

Akan tetapi yang pasti, untuk implementasi nilai vital mengacu pada segala hal yang memberikan manfaat bagi manusia dalam melakukan aktivitas harian. Misalnya seperti stetoskop bagi seorang dokter, laptop bagi pelajar/mahasiswa, motor bagi tukang ojek.

Nilai Vital

Nilai vital adalah segala sesuatu yang berguna bagi manusia guna melaksanakan aktivitas sehari-hari, sehingga pemaknaan nilai vital ini menjadi seperangkat keyakinan dan prinsip untuk melakukan tindakan sosial dalam kehidupan seseorang. Oleh karena itulah wujud nilai vital juga merupakan manfaat dari suatu benda yang didapatkan.

Contoh Nilai Vital

Adapun untuk contoh nilai vital yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya;

  1. Motor dan HP android untuk tukang ojek online

Seiring perkembangan teknologi, ojek berbasis aplikasi online menjadi hal yang booming. Bahkan banyak masyarakat yang saat ini lebih memilih untuk menggunakna jasa ojek online dibanding dengan ojek konvensional, karena kemudahan dan kelengkapan fitur yang dimiliki.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi tukang ojek untuk memiliki ponsel yang dapat digunakan untuk menginstal aplikasi ojek online, karena apabila seseorang tidak memilikinya tentu tidak akan dapat mencari orderan penumpang.

  1. Cangkul bagi petani

Cangkul yang menjadi salah satu contoh alat pertanian tradisional tentu akan lebih berharga apabila dimiliki oleh petani dibandingkan apabila dimiliki oleh seorang pelajar/mahasiswa. Bahkan cangkul diidentikkan dengan peralatan utama seorang petani.

  1. Laptop untuk mahasiswa

Berbeda dengan cangkul, laptop akan sangat berguna bagi seorang mahasiswa yang berada dalam lembaga pendidikan tertentu. Di zaman sekarang ini laptop merupakan kebutuhan pokok (kebutuhan primer) bagi mahasiswa.

Keberadaan laptop akan membantu seorang mahasiswa untuk menyelesaikan tugas, mengakses informasi, mengolah data, melakukan penelitian sosial, dan lain sbagainya.

  1. Stetoskop bagi dokter

Stetoskop merupakan alat bantu pemeriksaan yang digunakan oleh dokter untuk mendengar suara detak jantung maupun suara-suara lain di dalam tubuh. Bagi seorang dokter, stetoskop merupakan barang yang wajib dimiliki karena akan membantu dokter untuk dapat mendiagnosis suatu penyakit atau menilai kondisi pasien.

  1. Kamera bagi fotografer

Kamera merupakan alat paling popular dalam suatu aktivitas fotografi yang berfungsi untuk mengabdikan suatu objek menjadi sebuah gambar baik gambar diam ataupun gambar bergerak. Bagi seorang fotografer, kamera merupakan barang yang wajib dimiliki, karena tanpa adnaya kamera ia tidak akan dapat mengambil gambar suatu objek.

  1. Mesin jahit untuk penjahit

Mesin jahit bisa diartikan sebagai peralatan mekanis atau elektromekanis yang fungsinya untuk menjahit. Bagi seorang penjahit, mesin jahit merupakan barang yang wajib dimiliki untuk membantu dalam proses menjahit, karena apabila dijahit dengn menggunakan jahitan tangan tentu hasilnya kurang rapih dan memakan waktu yang lebih lama.

  1. Gergaji untuk tukang kayu

Bagi seorang tukang katu gergaji merupakan perkakas yang sangat penting yang digunakan untuk memotong atau membelah kayu maupun benda lainnya. Tanpa menggunakan gergaji tentu seorang tukang kayu akan merasa kesulitan untuk dapat melakukan pekerjaannya.

  1. Buku teks pelajaran bagi seorang guru

Bagi seorang guru buku teks pelajaran, baik yang berupa buku cetak ataupun e-book merupakan hal yang sangat penting, hal ini merupakan salah satu dari perangkat pembalajaran dalam arti pendidikan yang dibutuhkan guru. Adanya buku teks pelajaran akan menjadi sarana belajar untuk menunjang proes dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas.

Itulah tadia artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh nilai vital yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *