Pengertian Humanis, Ciri, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Humanisme

Seseorang dapat memilih berbagai contoh kelompok sosial masyarakat yang sesuai dengan keinginan dan tujuan hidupnya. Saat ini banyak ideologi yang dapat menampakkan eksistensi seseorang. Terdapat aliran yang bersifat terpimpin tetapi juga ada yang memetingkan kepentingan pribadi. Salah satu aliran yang ada di lingkungan kita adalah humanisme.

Humanis

Sudut pandang seseorang tentang nilai sosial dan kedudukan manusia dalam lingkungan hidup. Humanis memiliki anggapan manusia merupakan titik pusat segala kegiatan yang dilakukan. Humanis ini memiliki aliran yang bernama humanisme. Aliran ini memberikan doktrin seseorang dalam berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

Doktrin dalam aliran ini mencakup berbagai aspek kehidupan manusia. Aliran ini berawal dari kelompok kecil yang berada di masyarakat dan hanya sedikit yang menerapkan, namun seiring berjalannya waktu paham ini semakin meluas dan mampu mendoktrin berbagai kalangan.

Orang yang menganut humanis biasanya sangat menjunjing tinggi hak asasi manusia yang dimiliki oleh masing-masing individu. Mereka akan lebih mengahargai pendapat orang lain dan tidak bertindak sesukanya. Semakin kuat kepercayaanya maka akan semakin mudah bergabung dengan lingkungan sosial, karena sikap toleransi yang tinggi.

Pengertian Humanis

Humanisme adalah sebuah aliran yang bertujuan untuk menghidupkan rasa prikemanusiaan dan meninginkan pergaulan sehat yang lebih baik dan dapat mencapai titik dimana manusia merupakan obyek yang paling penting dibanding dengan obyek lainnya. Apapun yang terjadi derajat manusia dianggap paling tinggi.

Paham ini dalam sejarahnya pertama kali muncul di Italia kemudian seiring berjalannya waktu menyebar ke eropa. Aliran ini awalnya berasal dari budaya, sastra, pemikiran, dan pendidikan yang menjadikan manusia objek yang sangat penting.

Latar belakang munculnya aliran ini adalah melemahnya pemahaman teologi agama yang berkembang di Italia adalah Kristen. Banyak terjadi penyimpangan terkait pemahaman agama mereka tidak kuat dan lebih mempercayai segala hal yang berkaitan dengan Romawi dan Yunani Kuno.

Seiring berjalannya waktu aliran humanisme lebih diterima ketika menggunakan logika. Banyak orang yang menerima ketika pemahaman secara logika. Kesadaran yang tercipta mempermudah masuknya aliran ini dilingkungan masyarakat.Faktor utama yang mendorong seseorang ingin mengikuti aliran ini ialah ingin dihargai dan dipahami sebagai seorang manusia.

Pengertian Humanis Menurut para Ahli

Terdapat berbagai jenis definisi tentang humanis menurut para ahli, antara lain;

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Humanis adalah orang yang menjunjung tinggi dan memperjuangakan kehidupan masyarakat yang mengedepankan asas perikemanusiaan dan mementingkan kepentingan umat manusia. Humanis memiliki anggapan bahwa manusia adalah objek yang paling penting.

  1. Abraham Maslow

Pandangan yang dimiliki terkait manusia tentang herarki tingkatan manusia. Setiap orang pasti memiliki keinginan sesuai dengan apa yang kita mampu.

Mulai dari memiliki kenyamanan, keamanan, memahami diri sendiri, dan memahami dengan baik apa potensi yang kita miliki. Semakin baik mengenal diri sendiri maka aktualisasinya akan semakin cepat dan tujuan jelasa tercapai dengan maksimal.

  1. Arthur Combs

Humanis penerapannya dalam pembelajaran ialah setiap anak memiliki kebebasan dalam belajar. Dalam hal ini seorang guru tidak boleh memaksakan apapun kepada seorang anak. Siswa belajar sesuai dengan apa yang diinginkan.

Ciri Humanis

Berikut merupakan beberapa ciri humanis yang dapat kita lihat secara langsung,

  1. Mementingkan kepentingan manusia

Kepentingan individu merupakan sesuatu yang paling dihargai. Setiap individu akan mendahulukan kepentingan pribadinya dan kurang memiliki kepedulian dengan lingkungan sekitar. Hal tersebut sesuai dengan definisi awal bahwa manusia ialah objek yang sangat penting.

  1. Pendekatan befokus pada kepentingan manusia

Hal-hal yang dilakukan selalu berkaitan dengan kebutuhan manusia. Kepentingan tersebut bekaitan dengan hal-hal lain yang diperioritaskan oleh masing-masing individu. Kesejahteraan masyarakat merupakan hal yang sangat penting dan harus didahulukan dari pada kepentingan lain.

  1. Menikmati hidup di masyarakat

Hidup yang telah berjalan harus dinikmati sebaik mungkin agar tidak merasa hidup sia-sia. Hal ini merupakan kunci utama seseorang yang menganut paham humanis. Tidak ada paksaan apapun dalam melakukan segala tindakan dan memenuhi keinginan sesuai dengan kemampuannya.

  1. Keterampilan dan kemampuan membangun fisik yang positif

Seorang humanis akan selalu berusaha berfikir positif dan menikmasti hidup. Hal tersebut akan memberikan dampak yang baik kekuatan fisik, bai langsung atau tidak langsung. Dampak yang timbul membutuhkan beberapa kali kegiatan agar dapat mencapai keinginan tertentu serta menguasai keterampilan yang telah ada dalam diri kemudian dikembangkan.

  1. Setiap orang diharapkan dapat memahami dirinya sendiri

Setiap orang dituntut memahami diri sendiri agar tidak mendapat paksaan dari pihak manapun. Paksaan merupakan salah satu hal yang tidak sesuai dengan paham humanis. Tidak ada saling menyakiti karena kesadaran pentingnya saling menghormati dan memahami diri sendiri.

Jenis Humanis

Berikut merupakan beberapa jenis humanis yang terbentuk di lingkungan kita,

  1. Agama

Jenis ini dalam pelaksanaannya memegang teguh tradisi yang ada. Masayarakat sangat menghargai martabat individu yang menjaga keluhuran nenek moyang terdahulu.  Agama merupakan pedoman dalam bertindak. Aliran humanis ini timbul karena rasa yang kaut untuk memahami agama dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Sekuler

Aliran yang sudah mengarah kepada kehidupan masyarakat modern. Pada dasarnya aliran yang memiliki tujuan yang sama yaitu mengutamakan martabat dan nilai seseorang. Kepercayaan ini muncul karena kesadaran dan logika yang mereka miliki.

Ketika mempercayai aliran ini akan membuat seseorang merasa bebas. Kebebasan yang dimaksud ialah tidak ada lagi batasan atas dasar adat istiadat, agama, dan kebudayaan. Logika yang digunakan oleh seseorang akan semakin mempercayai aliran humanis dengan segala hal yang kemudian dicerna dengan logika.

Contoh Humanis

Berikut merupakan beberapa contoh humanis yang ada di lingkungan kita, antara lain;

  1. Melakukan aksi sosial

Hal yang sering dilakukan oleh seseorang yang memiliki kepercayaan humanis merupakan membela hak asasi manusia. Pembelaan tersebut dapat dilakukan melalui aksi yang dilaksanakan.

Tujuan utama aksi sosial ialah membantu seseorang untuk mendapatkan haknya sebagai sesama makhluk hidup. Kesejahteraan bersama merupakan hal yang paling penting dalam sebuah kepercayaan. Perjuangan yang dilakukan kadang memberikan hasil yang memuaskan dan mendapatkan arti apresiasi dari berbagai pihak.

  1. Saling gotong royong

Gotong royong tidak hanya dilakukan dalam lingkup kecil misal satu RT, namun juga untuk lingkungan besar. Misal melakukan kontribusi dengan menjadi relawan ketika terjadi bencana. Seseorang yang memiliki keyakinan humanis akan melakukan segala hal untuk sama-sama memperjuangkan hak sebagai manusia.

  1. Saling berbagi

Berbagi yang dimaksud ialah dalam berbagai jenis. Dapat berupa materi atau non materi. Berbagi materi biasa diberikan ketika terjadi bencana alam sehingga banyak orang yang membutuhkan bantuan. Bantuan non materi dapat dilakukan dengan pembelaan atas sebuah kasus yang berkaitan dengan hak asasi manusia bagi semua orang dalam lingkup yang luas.

  1. Mengapresiasi hasil karya seseoang

Memberikan apresiasi atas segala hasil karya seseorang. apresiasi tersebut diberikan agar semua saling menghargai atas usaha yang telah dilakukan oleh seseorang. Semakin baik karya yang dihasilkan diahrapkan semua orang dapat memberikan apresiasi.

  1. Saling memaafkan

Sikap yang harus diterpkan ialah saling memaafkan ketika seseorang melakukan kesalahan. Kesalahan yang dilakukan merupakan sebuah kewajaran yang dilakukan oleh manusia. Menjadi sesama manusia harus memahami hal tersebut secara logika.

  1. Saling menasehati

Mengingatkan antara satu dengan yang lain merupakan sebuah kewajiban. Hal ini dianggap sebagai sikap yang manusaiwi. Saran yang diberikan juga diharapkan dapat membangun kepercayaan diri seseorang bukan malah melakukan bullying atau justment kepada kesalah seseorang.

  1. Berperilaku baik kepada lingkungan sekitar

Perilaku yang dilakukan dalam kehidupan masyarakat merupakan hal yang penting. Menjaga perilaku individu merupakan kaharusan agar menghargai satu sama lain. Semua orang dituntut untuk melakukan hal-hal yang baik agar menjadi pribadi yang gampang bergaul dengan lingkungan.

Demikian penjelasan tentang pengertian humanisme menurut para ahli, ciri, jenis, dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat bermanfaat dan semakin menyadari akan segala hal yang berkaitan dengan individu. Trimakasih,

Daftar Sumber Tulisan
  • https://www.kompasiana.com/achnes/5927bdf0ba22bdc32ca5e72a/akar-purba-humanisme
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *