Contoh Lembaga Agama di Indonesia

Diposting pada

Lembaga Agama di Indonesia

Lembaga agama menjadi salah satu jenis daripada tipe lembaga sosial yang dilakukan pengkajian tentang penuntasan permasalahan hukum-hukum masyarakat Indonesia, khususnya di bidang keyakinan. Baik Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Hindu, atuapun Konghu Chu semuanya memiliki kelembagaan sendiri.

Alasannya karena institusi agama ini berfungsi untuk mengatur kehidupan masyarakat dalam hubungan dengan tuhannya agar tidak terjadi penyelewengan untuk kepentingan individu dan kelompok.

Lembaga Agama

Lembaga agama adalah konsensus hidup yang mengatur tentang regulasi terkait dengan kayakinan seseorang dalam meningkatkan kepercayaan serta memberikan perlindungan atas pengakuan berdasarkan lagalisasi hukum yang ada.

Dengan demikianlah setiap agama di Indonesia senantiasnaya memiliki dewan agama ini, sebagai akibat dari penyesuaian kebutuhan serta pengaturan pada perubahan sosial yang bersifat negative serta tidak baik bagi keteraturan sosial hidup masyarakat.

Contoh Lembaga Agama

Contoh Lembaga Agama di Indonesia
Contoh Lembaga Agama

Contoh institusi agama yang ada di Indonesia ini tidak terlebih haruslah mampu memberikan perlindungan pada semua keyakinan, antara lain;

  1. Islam

Lembaga agama dalam Islam sebagai Agama Masyoritas diyakini oleh masyarakat Indonesia memiliki, Majelis Ulama Indonesia atau disingkat dengan MUI. Peranan MUI ini penting, selain memiliki fungsi memberikan jaminan halal/haram juga memberikan fatwa-fatwa yang berhubungan dengan dinamika kehidupan sosial.

  1. Kristen

Lembaga agama lainnya yang mengatur tentang tata kelola hidup masyarakat, salah satu diantaranya adalah Persekutuan Gereja-Gereje Indonesia yang lebih dikenal dengan PGI. PGI ini sendiri memiliki peranan untuk mencitai dan mengasihi anak tuhan.

  1. Katolik

Bentuk-bentuk lembaga keagamaan yang lainnya ialah khatolik, dengan lekat pada keyakinan ini adalah Konferensi Wali Gereja Indonesia yang kemudian disingkat menjadi KWI. Peranan KWI ini selain berkerjasama untuk memberikan perlindungan atas pemeluknya.

  1. Buddha

Contoh lainnya yang berkaiatan dengan lembaga agama, salah satunya ialah Agama Buddha deng simbul institusinya adalah Perwakilan Umat Buddha Indonesia yang disingkat menjadi WALUBI. Fungsi institusi ini selain memberikan regulasi juga memberikan fatwa-fatwa tentang keagamaan.

  1. Hindu

Jenis lembaga agama selanjutnya yang ada dalam Agama Hidup adalah Parisada Hindu Dharma Indonesia atau yang lebih dikenal dengan PHDI. Institusi ini memberikan pengulasan tentang beraga masalah sosial di Indonesia serta memberikan perlindungan bagi seluruh WNI yang beragama Hindu.

  1. Khonghucu

Khonghucu merupakan agama termuda di Indonesia yang telah diakui secara lagalitasnya oleh Presiden K.H. Abdurrahman Wahid, sebagai salah satu keyakinan, ia memiliki lembaga agama dengan nama Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN). Dengan penyebaran pemeluknya hampir ada disebagaian besar Provinsi-Provinsi di Indonesia itu sendiri.

Lembaga Agama di Indonesia

Contoh lainnya mengenai lembaga agama ini yang ada dalam kehidupan masyarakat Indonesia, antara lain;

  1. KUA (Kantor Urusan Agama) yang berfungsi untuk memberikan regulasi oengaduan KDART ataupun Pernikahan.
  2. Depag (Departemen Agama), menjadi salah satu contoh lembaga agama yang memberikan kontribusi pada peranan pendidikan-pendidikan secara menyeluruh kepada masyarakat.
  3. Kementrian Agama (Kemenag), menjadi salah satu jenis lembaga agama yang diakui sebagai peranan tertinggi masyarakat dengan upaya memberikan hubungan kepada lembaga legistatif yaitu presiden.
  4. Pengadilan Agama, merupakan salah satu bentuk lembaga agama yang memberikan regulasi tindakan-tindakan menyimpang dengan norma atau hukum yang berlaku di dalam masyarakat.
Karakteristik Kegiatan dalam Lembaga Agama

Dengan adanya lembaga agama ini tentu ada banyak dampak positif yang diperoleh manusia dan salah satu contoh perbuatan yang ada dalam lembaga agama yaitu;

  1. Adanya aturan-aturan yang berkaitan dengan tata cara hubungan manusia dengan Tuhannya maupun manusia dengan manusia lainnya.
  2. Adanya sebuah prinsip-prinsip yang perlu dipahami benar dan salahnya.
  3. Diaturnya sebuah ungkapan perasaan dengan baik dan saling menghormati kepada sesama manusia.
  4. Adanya keyakinan manusia bahwa segala sesuatu yang dilakukan akan mendapatkan balasan dari Tuhannya.
  5. Pedoman mengenai kebesaran Tuhan yang mampu menciptakan dunia dan seisinya.
  6. Mempelajari cara-cara melakukan hubungan yang baik terhadap semua makhluk yang ada di muka bumi.
  7. Adanya pedoman untuk tetap memberikan kenyamanan dalam hidup dengan melakukan rekreasi maupun hiburan tanpa melanggar kaidah agama yang ada.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa lembaga agama ini pada dasarnya terdapat beberapa unsur yang penting yaitu kepercayaan agama yang diyakini dengan sepenuh hati oleh seseorang, simbol agama yang diperlihatkan dalam lambang atau simbol, kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam peribadahan agama yang dianut, dan lain -lain.

Oleh karena itulah contoh lembaga agama diatas, secara umum dapatlah dikatkan bahwasanya peranan mampu memberikan edukasi, rasa persaudaraan, perlindungan, pengawas sosial dan juga penyelamat bagi penganutnya. Dengan demikianlah segala aspek dalam lembaga agama diperlukan.

Semoga tulisan tentang contoh lembaga agama islam, kristen, katolik, buddha, hindu, dan khonghucu di Indonesia bermanfaat.

Rating: 1.0/5. From 1 vote.
Please wait...

2 thoughts on “Contoh Lembaga Agama di Indonesia

  1. kalo semua agama dianggap benar bagi pengikutnya, trs mana Tuhan yg bener?

    Rating: 5.0/5. From 1 vote.
    Please wait...
    1. Sesuai dengan keyakinan dan ajaran yang kamu yakini. Tolerasi penting dalam hal ini 🙂

      No votes yet.
      Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *