Contoh Perilaku Positif dalam Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada

Perilaku Positif di Masyarakat

Perilaku atau merupakan representasi dari tindakan sosial seseorang dalam kehidupan sehari-hari sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi dengan memiliki sikap perilaku positif dalam masyarakat tentunya berhubungan dengan orang lain dalam artian merupakan contoh tindakan sosial yang patut untuk dilestarikan. Baik untuk di kehidupan sekolah, keluarga, negara, atau masyarakat. Oleh sebab itulah peruwjutan atas sikap prilaku positif ini penting untuk diketahui oleh semua kalangan.

Perilaku Positif

Perilaku positif merupakan sikap atau karakter yang digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain. Manusia merupakan makhluk sosial sehingga harus berinteraksi dengan orang lain. Tentunya orang lain mengharapkan tindakan yang baik dari seseorang

Oleh karena itu setipa pribadi harus menerapkan dan memiliki sikap perilaku yang positif. Untuk membantu orang lain maupun akan bermanfaat bagi dirinya sendiri.

Manusia pada hakikatnya merupakan mahkluk yang memiliki akal dan budi. Dengan akal sebagai pusat kontrol seseorang untuk melakukan tindakan yang berbudi atau tindakan yang baik. Akal yang dimiliki manusia membuatnya membedakan dengan hewan yang tnpa akal dan hanya memiliki nafsu.

Dengan akal yang dimiliki mansuia mampu membedaknnya dengan binatang dan mmapu bertindak dengan baik dan benar. Namun tak jarang juga manusia yang memiliki tindakan negatif atau tindakan menyimpang.

Perilaku negatif yang dilakukan oleh manusia dapat merugikan dirinya sendiri bahkan yang paling buruk juga turut dapat merugikan orang lain. Mayoritas orang dalam masyarakat juga tidak suka apabila ada seseorang yang memiliki perilaku negatif.

Karena perilaku negatif cenderung melanggar atauran dan merusak. Apalagi dengan melakukan tindakan ini cederung banyak merugikan orang lain, sehingga lebih baik berperilaku positif dalam tindakan bermasyarakat.

Contoh Perilaku Positif

Adapun untuk penjabaran atas beragam bentuk prilaku positif di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain sebagai berikut;

  1. Peka Terhadap Sekitar

Hidup tidak akan bermakna apabila tidak memiliki kepedulian terhadap sekitar. Kepedulian dapat terhadap orang ataupun lingkungan sekitar. Kepedulian terhadap orang sekitar misalnya apabila terdapat tetangga yang sedang kesusahan tertimpa musibah ada anggota keluarganya meninggal sebagai bentuk simpati sebaiknya ikut berbela sungkawa dengan datang ke rumahnya.

Setelah itu terdapat pula contoh kepekaan terhadap lingkungan sosial yaitu apabila ada sampah yang tidak dibuang pada tempatnya maka perilaku yang baik adalah memungutnya kemudian membuangnya pada tempat sampah. Kemudian apabila ada batu besar di jalan yang dapat mengakibatkan kecelakaan maka hendaknya diambil dan disingkirkna ke pinggir jalan.

Tindakan-tindakan tersebut merupakan contoh dari perilaku positif di lingkungan masyarakat dalam bentuk kepekaan terhadap sekitar,

  1. Tidak Ikut Campur Urusan Orang Lain

Mungkin bagi sebagian orang ikut campur urusan orang lain berniat untuk membantu namun tidak setiap orang yang mempunyai masalah ingin dibantu. Oleh karena itu jika tidak diminta membantu sebaiknya tidak ikut untuk mencampuri urusan orang lain.

  1. Mendengarkan saat ada seseorang yang mengajak berbicara

Zaman sekarang merupakan era digital, banyak dari aktivitas manusia yang menggunakan alat digital seperti komputer dan HP. Sehingga cukup banyak mengurangi sosialisasi antar manusia. Tak jarang jika berkumpul dalam suatu acara orang-orang sibuk bermain gawai masing-masing sehingga tidak saling menghiraukan.

Tindakan sibuk dengan gadged masing-masing merupakan tindakan tidak menghormati orang lain. Apabila ada seseorang yang sedang berbicara hendaknya memperhatikan bahkan lebih baik juga turut memberi tanggapan agar orang yang sedang berbicara merasa dihargai.

  1. Tanggap dengan keadaan

Tanggap dengan kedaan artinya kita sponta melakukan tindakan yang memang perlu dilakukan. Tak jarang dalam kehidupan sosial bermasyarakat memerlukan bantuan dan respon dari orang lain. Respon inilah yang sangat diperlukan apabila terdapat keaadan yang darurat.

Misalnya saja terdapat teman yang tidak bisa mengerjakan tugas sebaiknya kita bertanya mengapa tidak bisa mengerjakan tugas sekolah. Apabila karena terkendala peralatan seperti komputer sebaiknya kita menawarkan untuk meminjamkan.

Apabila kterkendala pengetahuan karena tidak memahami pelajaran yang diberikkan oleh guru sebaiknya menawari bantuan dengan mengajak belajar bersama.

  1. Bermurah Senyum

Tidak ada orang yang senang melihat orang lain menekuk muka atau bersedih. Oelh karena itu sebaiknya tersneyum apabila bertemu orang lain atau saat berbicara juga sambil tersenyum. Tersenyum merupakan kegiatan yang mudah dan sederhana apabila dilakukan namun berdampak besar.

Seseorang dengan murah senyum juga akan dinilai memiliki karakter yang baik dan ramah. Terdapat pula slogan “senyum merupakan inadah” karena dengan tersneyum akan membuat orang lain merasa nyaman dan dihargai. Hal kecil namun memiliki dampak positif apabila dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat yang memerlukan banyak beragam bentuk sosialisasi.

  1. Mengayomi

Mengayomi merupakan hal yang biasa dilakukan oleh orang tua kepada orang yang lebih muda. Dalam kehidupan di lingkungan rumah akan banyak menjumpai anak kecil. Sehingga diperlukan sikap mengayomi dalam artian memaklumi apabila anak kecil di sekitar lingkungan rumah melakukan kesalahan.

Namun sebagai orang dewasa harus melakukan tindakan yang benar dengan cara memberi tahu kesalahan yang telah diperbuat dan memberi contoh yang baik.

  1. Membiasakan mengucapkan tolong, maaf dan terima kasih

Dalam mengucapkan tolong, maaf, dan terim kasih merupakan tindakan yang bagus dilakukan pada lingkungan mana saja. Tidak merasa gengsi meminta maaf saat melakukan kesalahan. Tidak malu untuk meminta tolong dengan sopan apabila sedang kesusahan serta mengucapkan terima kasih sebagai tanda apresiasi terhadap orang lain.

Tindakan yang sederhana namun masih sulit dilakuakan oleh sebagain orang. Misalnya saja saat makan di restoran hendaknya mengucapkan terima aksih kepada pelayan yang mengantar makanan.

Mengucapkan tolong kepada tukang parkir untuk mengambilkan kendaran yang terparkin dan meminta maaf kepada teman apabila melakuakan kesalahan. Tindakan-tindakan tersebut akan lebih membuat memanusiakan manusia.

  1. Tidak saling menjelekan

Manusia merupakan tempatnya kesalahan, tidak ada manusia yang sempurna oleh karena itu banyak yang membuat kesalahan. Apabila orang lain membuat kesalahan hendaknya ditegur dan memberi tahu letak kesalahannya dengan sopan.

Jangan menjelekn orang lain di belakangnya dan membicarakan kesalahannya dengan orang lain. Hal tersebut merupakan tindakan tidak terpuji.

  1. Mengutamakan Persatuan, Kesatuan dan Perdamaian

Dalam kehidupan bermasyarakat sering terjadi perbedaan pendapat bahkan perbedaan ras, suku dan agama. Namun harus tetap saling menghormati dan melaksanakan sila ketiga pancasila dengan lebih mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi.

  1. Aktif dalam kegiatan positif

Gotong royong, rapat rutin, memperingati HUT RI, menjenguk orang sakit merupakan contoh kegiatan positif yang ada di masyarakat. Dengan ikut serta aktif dalam berbagai  kegiatan tersebut sudah merupakan kontribusi yang baik dan memiliki tenggang rasa dan kepedulian terhadap sesama dalam kehidupan bermasyarakat.

Itulah rangkaian penjelasan dan ulasan yang bisa kami sebutkan pada segenap pembaca berkaitan dengan contoh-contoh perwujutan sikap untuk perilaku positif yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga sebagai makhluk sosial kita dapat menerapkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *