Pengertian Kebersamaan, Unsur, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Kebersamaan

Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai jenis suku, bahasa, dan beragam unsur kebudayaan. Keberagaman ini biasa disebut dengan masyarakat multikultural. Segala jenis keberagaman membuat satu sama lain harus saling menghargai. Sikap masyarakat yang saling menghargai membuat terciptanya lingkungan yang ramah. Sikap ramah tamah ini disebut kebersamaan dalam lingkungan sosial bermasyarakat.

Oleh karena itulah adanya kebersamaan dapat diciptakan dengan adanya saling memberikan penghargaan dan posisi setiap individu dan kelompok dalam menghargai perbedaan yang ada.

Kebersamaan

Hidup bersama adalah sebuah kodrat yang telah ada sejak dari zaman dahulu. Definisi masyarakat merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, hal ini membuat masyarakat cenderung hidup bersama-sama. Kebersamaan juga membuat segala hal yang dilakukan lebih menyenangkan.

Alasannya karena proses sosial dan interaksi sosial dengan banyak orang juga akan memberikan pelajaran kepada masing-masing individu ketika bersikap dan bertindak di tempat umum.

Pengertian Kebersamaan

Kebersamaan adalah sebuah ikatan yang terjadi dengan alasan kekeluargaan antar sesama masyarakat hal ini dilakukan lebih dari hanya sekedar kerjasama yang bersifat profesional melainkan untuk kepentingan bersama demi dapat terwujudnya tujuan yang sama dengan orang yang berada di kelompok kita dalam jangka waktu tertentu.

Oleh karena itulah kebersamaan juga merupakan yang wajar dilakukan untuk memahami lingkungannya. Individu yang gagal memahami lingkungannya akan merasa tidak nyaman di lingkungan tersebut. Merasa tidak betah dan  memilih untuk menyendiri menarik diri dari masyarakat.

Pengertian Kebersamaan Menurut Para Ahli

Adapun definisai kebersamaan menurut para ahli, antara lain;

  1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Arti kebersamaan berasal dari kata sama yang memili padanan kata seperti kedamaian, harmoni, ketenangan, kesejahteraan, dan lain-lain. Kata kebersamaan biasa digunakan untuk memperjuangan sesuatau. Hal yang paling besar hasil dari sebuah kebersamaan adalah kemerdekaan negara Indonesia.

Unsur Kebersamaan

Unsur pembentuk kebersamaan di masyarakat. Yaitu;

  1. Sehati

Memiliki tujuan yang sama untuk kepentingan umum. Hal ini akan mempermudahkan jalan menuju segala hal yang telah direncanakan. Orang yang telah mengatakan sehati dalam berbagai aspek maka akan tercipta sebuah kebersamaan yang harmonis. Tentu kebersamaan harus dibangun bersama-sama.

  1. Tidak egois

Kepentingan bersama merupakan salah satu ukuran dimana seseorang termasuk egois atau tidak. Orang yang mengutamakan kebersamaan dapat dikatakan tidak egois. Melihat pernyataan tersebut jelas dalam kebersamaan masing-masing individu harus mengurangi rasa egoisnya untuk menuju tujuan bersama.

  1. Kerendahan hati

Bertemu banyak orang dengan berbagai karakter yang sangat unik. Ketika berada di lingkungan yang baru kadang membuat kita harus mulai mengenal lingkungan agar tidak terkucikan. Bersifat rendah diri juga membuat seseorang dapat dengan mudah membangun komunikasi dengan orang lain yang ada disekitarnya. Sikap rendah hati ini dapat menciptakan unsur kebersamaan.

  1. Rela berkorban

Orang yang memilih untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan orang banyak harus mau berkorban dengan segala kosekuensi yang harus diterima oleh masing-masing individu. Semakin banyak orang yang rela berkorban maka akan semakin kuat kebersamaan yang dibangun.

Tujuan Kebersamaan

Untuk tujuan adanya kebersamaan antara lain;

  1. Menghargai perbedaan

Perbedaan merupakan hal yang tidak mungkin dihilangkan di negara Indonesia yang memang sejak awal terbentuk dari berbagai unsur. Orang yang memutuskan untuk membangun kebersamaan maka harus menghargai segala jenis perbedaan yang ada di lingkungan tersebut tanpa membeda-bedakan.

  1. Melatih kekompakkan

Kebersamaan dibentuk untuk menciptakan kekompakkan antar individu atau bahkan antar kelompok. Kekompakkan akan membuat tujuan terselesaikan dengan baik.  Kekompakkan ini juga dapat menjadi alat ukur seseorang dalam menjalankan sebuah misi untuk kepentingan bersama.

  1. Saling melengkapi

Banyaknya jenis pola pikir dari masing-masing individu kadang membuat sebuah ide menjadi sesuatu yang sangat luar biasa. masing-masing individu dapat memberikan idenya kepada kelompoknya. Hal ini merupakan salah satu tujuan dari kebersamaan yaitu saling melengkapi.

  1. Mengurangi beban individu

Kebersamaan yang kuat dapat membuat seseorang tidak merasa kesusahan sendirian. Perasaan tidak pernah sendiri membuat seseorang lebih kuat dan semangat menghadapi kenyataan yang ada. Kebersamaan diharapkan dapat membuat individu lebih kuat, namun tidak selalu bergantung dengan orang lain.

  1. Bekerjasama

Kerjasama adalah hal yang pokok dalam kebersamaan. Kebersamaan tanpa kerjasama menjadi hal yang percuma, karena tidak ada keselarasan antara satu dengan yang lain. Keselarasan ini akan mempermudah seseorang untuk melakukan kerjasama.

Manfaat Kebersamaan

Manfaat adanya kebersamaan dalam masyarakat. Yaitu;

  1. Sumber kekuatan

Seseorang pasti akan menemui berbagai jenis permasalahan baik individu atau kelompok. Permasalahan ini kadang tidak dapat diselesaikan sendiri sehingga membutuhkan pemikiran orang lain untuk menemukan solusi. Kekuatan untuk menyelesaikan permasalahan secara bersama-sama memiliki nilai tersendiri.

  1. Menjadi terasa ringan

Semua permasalahan atau kegiatan yang dilakukan bersama-sama akan terasa ringan dan menyenangkan. Kadang akan terdapat pengalaman yang tidak terduga dari berbagai sumber. Hal ini bisa dikatakan dengan gotong royong dalam berbagai hal. Orang juga cenderung lebih semangat.

  1. Bertukar pendapat

Pemikiran seseorang kadang hanya fokus pada satu titik sehingga membutuhkan pemikiran orang lain agar memandang sesuatu lebih luas. Ketika seseorang telah mampu memandang dengan lebih luas maka semua akan terasa lebih tenang dan mampu memikirkan solusi yang paling tepat.

  1. Mencari solusi dengan cepat dan tepat

Pemikiran bersama sejatinya senantisa dapat membuat banyak masalah dapat terselesaikan dengan cepat karena memiliki setiap orang pada akhirnya banyak alternatif yang dapat diterapkan untuk menyeselaikan sebuah tantangan atau permasalahan.

  1. Berinterkasi dengan orang lain

Kebersamaan tentu akan mengurangi rasa individualisme dari masing-masing individu. Bertemu dengan banyak orang membuat kita dapat lebih mudah memahami orang lain. Setiap individu memiliki peluang untuk meningkatkan kemampuan dalam komunikasi dengan orang lain.

Contoh Kebersamaan

Contoh Kebersamaan
Contoh Kebersamaan

Untuk contoh adanya kebersamaan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Kemerdekaan Indonesia

Masyarakat Indonesia memiliki latar belakang yang sangat beragam. Rasa penderitaan yang dirasa bertahun-tahun membuat masyarakat Indonesia memiliki keinginan yang sama yaitu merdeka. Perasaan yang telah dirasakan sama, merasa diberlakukan tidak adil, dan tertindas.

Keinginan ini membuat segala jenis perbedaan dikumpulkan menjadi satu untuk membentuk sebuah kekuatan. Kekuatan tersebut bernama kebersamaan, kekuatan bersama dapat mengalahkan segalanya. Pola pikir yang terbentuk ini membuat masyarakat terus membuat rencana dibarengi dengan tindakan tertentu untuk kemerdekaan negara Indonesia.

  1. Gotong royong

Kegiatan yang dilakukan bersama-sama dengan tujuan yang sama seperti halnya yang sering kita lihat yaitu gotong royong. Gotong royong masih eksis di daerah pedesaan, hal ini sungguh berbeda jika di perkotaan yang berada di lingkungan perumahaan elit.

Budaya gotong royong dan saling tolong menolong merupakan kebersamaan yang sudah ada sejak dahulu. Kita generasi sekarang tinggal melanjutkan tentu dengan berbagai kemasan yang berbeda tetapi dengan tujuan yang sama.

  1. Kerja bakti

Kegiatan membersihkan lingkungan merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan masyarakat. Kerja bakti dapat dilakukan sebulan sekali atau periode lainnya yang disepakati. Semua anggota harus memiliki semangat yang sama agar tujuan tercapai.

Pembagian tugas ketika pelaksanaan kerja bakti merupakan bentuk kerjasama yang luar biasa. Pembagian tugas juga membuat kerja bakti cepat selesai serta akan terasa kebersamaan dalam sebuah lingkungan. Ada yang bagian bersih-bersih, penyemprotan, memasak, dan lain-lain.

  1. Karang Taruna

Organisasi sosial terkait dengan kepemudaan di sebuah lingkungan paling kecil dalam masayarakat akan memberikan pergerakkan dalam lingkungan tersebut. Pergerakkan ini tentu akan memberikan dampak yang baik bagi lingkungan baik secara langsung atau tidak langsung.

Karang taruna juga menjadi pelopor dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Semakin aktif dan kompak pemudanya makin banyak kegiatan yang dilakukan. Kegiatan karang taruna ini tentu saja akan menciptakan kebersamaan dalam lingkungannya.

  1. Kolaborasi

Kerjasama dengan cara kolaborasi merupakan salah satu cara untuk memunculkan bentuk kebersamaan dalam lingkungan kerja. Sebuah organisasi dalam sebuah perusahaan tetap ingin membentuk sebuah kebersamaan agar tujuan yang telah dibuat dapat terwujud.

Kegiatan event tahunan yang telah diagendakan oleh perusahaan diharapkan dapat membuat seseorang berkolaborasi dengan baik. Kolaborasi yang baik akan membuat kebersamaan yang membuat setiap individu terkesan. Kesan ini menjadi kepuasan tersendiri bagi individu.

  1. Paguyuban

Paguyuban wali murid atau alumni sekolah tertentu yang melakukan berbagai kegiatan untuk tetap menjaga kekompakkan.

Paguyuban biasanya memiliki kegiatan yang berkaitan dengan pihak instansi terkait. Kekompakkan sebuah paguyuban akan membentuk sebuah kebersamaan, bahkan bisa terus berlanjut. Paguyuban yang dibarengi kegiatan sosial pasti akan menambah rasa kebersamaan dalam lingkungan tersebut. Hal ini biasanya juga dipengaruhi atas adanya kerukunan dan kebersamaan di kelas sewaktu menempuh pendidikan formal.

Nah, demikianlah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian kebersamaan menurut para ahli, unsur, tujuan, manfaat, dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan sekaligus pengetahuan.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *