Kegunaan Sosiologi dalam Pembangunan di Masyarakat

Diposting pada

Kegunaan Sosiologi dalam Pembangunan

Kegunaan utama dalam ilmu sosial termasuk dalam untuk objek kajian sosiologi pada dasarnya adalah untuk memecahkan berbagai bentuk masalah-masalah sosial dalam kehidupan masyarakat. Pernyataan ini sesuai dengan sejarah sosiologi yang lahir dari konflik-konflik sosial di Prancis. Meski demikian dalam penerapannya hakikat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan juga berfungsi dalam memberikan pandangan terkait dengan segi pembangunan.

Baik yang berhubungan dengan pembangunan bidang hukum, ekonomi, politik, pertanian, dan lain sebagainya. Oleh karena itulah wajar jikalau ilmu pengetahuan ini begitu penting untuk dipelajari.

Kegunaan Sosiologi

Kegunaan sosiologi sebagai ilmu murni (pure science), menurut Bertrand sebagai bentuk gambaran mengenai usaha dalam mengetasi beragam masalah sosial. Arti masalah sosial terjadi lantaran memudarnya keteraturan sosial yang telah disepakati bersama. Oleh karenannya dalam upaya tersebut perlu adana rekonsialisasi dalam mengatur ulang kehidupan dengan mengedepankan pembangunan.

Bentuk Kegunaan Sosiologi dalam Pembangunan

Fungsi, peranan, serta kegunaan ilmu sosiologi dalam pembangunan ialah untuk merancang bagimana kehidupan masyarakat bisa terjadi seimbang, antara aturan, unsur budaya, dan juga arti kebutuhan dalam masyarakat.

Prihal ini arti sosiologi pembangunan sendiri ialah memberikan gambaran secara menyeluruh terhadap dampak negatif dan postif dari pembangunan yang telah direncanakan, tentusanya gambaran mengenai hal ini bisa terwudud dalam kajian-kajian sosialnya.

  1. Pembangunan ekonomi

Peran Sosiologi dalam Pembangunan Ekonomi
Peran Sosiologi dalam Pembangunan Ekonomi

Prihal peran sosiologi dalam pembangunan ekonomi berhubungan dengan kebutuhan dasar manusia yang mencangkup tentang adanya sandan, pangan, dan papan. Dimana seharusnya konsep utama dalam sosiologi pembangunan lebih mngedepankan hal tersebut sebelum terjadinya masalah sosial yang barangkali akan muncul.

Contoh Kegunaan Sosiologi dalam Pembangunan Ekonomi

Desain mengenai contoh pentingnya ilmu sosiologi dalam pembangunan misalnya saja pembangunan fly over yang banyak dilakukan oleh Pemerintah Daerah untuk mengatasi kemacetan yang terjadi, kemacetan ini dikaji dalam sosialnya akan menimbulkan kersesahan bagi masyarakat, akan tetapi disisi lain apabila pembangunan di lakukan maka dampak negatif yang timbul ialah sepinya pedagang-pedagang yang ada di lingkungan perempatan jalan, dimana akan menurunnya pendapatkan serta meningkatnya pengagguran inilah ditemukan kesesuaian dalam kegunaan sosiologi dalam pembangunan ekonomi.

Sehingga sebagai solusinya kadangkala untuk menangani masalah sosial di Indonesia akibat pembangunan fly over tersebut dilakukanlah relokasi dengan memindahkan pedagang di pasar-pasar tradisional.

  1. Pembangunan di Masyarakat

Kegunaan sosiologi dalam masyarakat, salah satu yang terpenting adalah meningkatkan integrasi sosial serta intensitas interakasi sosial, yang cenderung dengan berkurangnya interaksi sosial dan integrasi sosial dalam masyarakat akan menimbulkan banyak dinamika yang terjadinya.

Sehingga dalam aspek pembangunan di masyarakat penting untuk memahami arti budaya yang berkembang serta memberikan solusi atas berbagai contoh permasalahan sosial yang terjadi.

Contoh Kegunaan Sosiologi dalam Pembangunan Masyarakat

Kegunaan sosiologi dalam masyarakat, misalnya saja memberikan pandangan tentang interaksi sosial yang banyak dilakukan masyarakat melali media sosial, seperti facebok, twitter, dan juga instagram. Bentuk perubahan sosial terhadap interaksi nyata menjadi maya ini memiliki dampak postif dan negatif.

Oleh karenannya dalam hal ini diperlukan kajian sosial yang mantap, hingga pada akhirnya mampu untuk mengatasi permasalahan yang terjadi.

  1. Pembangunan Hukum

Kegunaan sosiologi dalam hukum yang terpenting adanya memberikan kesetaraan di mata hukum, selain itu juga memberikan keadilan kepada masyarakat.

Yang sampai saat ini pertanyaan tentang keadilan masih menjadi salah satu masalah sosial, seperti berlakunya hukum tajam ke bawah dan melemahnya hukum kepada masyarakat menengah ke bawah. Adapun secara spesifik kajian terkait dengan hal ini berhubungan erat dengan sosiologi hukum.

Contoh Kegunaan Sosiologi dalam Pembangunan Hukum

Prihal ini untuk contohnya kajiannya misalnya saja menelisik lebih dalam tentang berkembangnya inovasi dalam dunia internet yang mengharuskan hukum juga mengaturnya. Seperti halnya dengan seseorang yang mencover lagu karya orang lain dan di publikasikan dalam youtube.

Disatu sisi bentuk tindakan sosial yang dilakukan sebenarnya sah-sah saja jikalau memang ada hak cipta yang mengaturnya. Namun, disisi lainnya jikalau tidak hal tersebut akan merugikan para pencipta lagu lantaran kadangkala seseorang yang cover lebih terkenal daripada sang pencipta lagu.

  1. Pembangunan Sosial

Kegunaan sosiologi dalam perencanaan sosial ialah memberikan gambaran terhadap masalah yang terjadi, gambaran ini hanya bisa di dapatkan dari metode penelitian sosial. Yang mana sampai saat ini hasil dari penelitian sosial yang dilakukan selalu menjadi rencana dalam melakukan berbagai kebijakan-kebijakan dalam masyarakat.

Contoh Kegunaan Sosiologi dalam Pembangunan Sosial

Contoh kegunaan akan pentingnya ilmu sosiologi dalam pembangunan perencanaan sosial misalnya saja kebijakan pemerintah dalam menymbut bonus demografi di Indonesia. Pada saat ini bonus demografi menjadi hal penting dan di waspadai. Lantaran bonus demografi ini bisa menjadi masalah akan tetapi juga bisa menjadi berkah.

Syarat menjadi berkah dalam bonus demografi adalah masyarakat harus memiliki pendidikan, kesehatan, dan juga pekerjaan yang layak.

Oleh karena itulah hasil penelitian sosial, memberikan rekomendasi kebijakan pemerintah melalui perencanaan sosial, seperti Program KIP (Kartu Indonesia Pintar) dilakukan pemerintah untuk menciptakan masyarakat berpendidikan, KIS (Kartu Indonesia Sehat) yang dikelurkan untuk memberikan tingkat kesehatan lainnya. Hal inilah sebagai fungsi sosiologi dalam perencanaan sosial, agar mampu mengeluarkan keputusan yang layak.

  1. Pembangunan Pendidikan

Dalam arti pendidikan, sosiologi memberikan penjelasan yang amat panjang. Penjelasan ini misalnya saja dilakukan melalui penanaman karakter seseorang untuk mennggatakn wawasan dan pengetahuannya. Dengan pengetahuan yang tinggi dan wawasan yang luas, hanya dapat di dapat dari pendidikan, baik pendidikan formal ataupun pendidikan non formal.

Maka dari ilmu pendidikan juga menjadi fokus, bahkan menjadi cabang dari disipilin ilmu sosiologi pendidikan. Yang mengutarakan pentingnya pendidikan serta memberikan penjelasan mengenai dasar pendidikan bagi seseorang.

Contoh Kegunaan Sosiologi dalam Pembangunan Pendidikan

Prihal ini contohnya adalah tentang masuknya pendidikan anti korupsi yang dilakukan pemerintah dalam rangka memasukan kepribadian yang baik dengan tindak menggunakan kepentingan umum untuk kepentingan korupsi. Alasannya karena generasi muda yang ada dalam jenjang pendidikan apapun tentusaja menjadi harapan terbentuknya masa depan.

Untuk alasan tersebut dilakukan melihat tingginya arti korupsi yang terjadi, yang sama saat ini kehadirannya sangat mudah ditemukan. Utamanya dalam sistem sosial pemerintahan.

  1. Pembangunan Pertanian

Perubahan sosial sebagai aspek yang tidak bisa dihindari oleh setiap masyarakat, dengan adanya hal ini sosiologi memberikan penjelasan bahwa setiap masyarakat haruslah memahami pereubahan tersebut, dengan sikap terbuka dan mampu melakukan filtrasi yang baik, sosiologi akan mendorong manusia untuk mendapatkan dampak postif perubahan sosial khususnya yang berhubungan dalam bidang pertanian.

Sebagimana, masalah yang hadir dengan terbatasnya lahan dengan tingginya jumlah penduduk yang tentusaja secara otomatis kebutuhan akan pangan lebih besar.

Contoh Kegunaan Sosiologi dalam Pembangunan Pertanian

Untuk kajian atas contoh yang spesifik terkait dengan pembangunan dalam bidang pertanian misalnya saja melakukan kajian tentang sistem pertanian tradisional yang diterapkan sebagain masyarakat di pedesaan dengan hasil yang kurang maksimal.

Tentusaja hal ini akhirnya bisa lebih maksimal lagi jikalau dengan sistem modern seperti penggunaan pupuk anorganik yang ramah lingkungan sehingga hasil yang bisanya nantinya lebih maksimal.

Dari penjelasan yang dikemukakan pada dasarnya sangat banyak peran sosiologi lainnya seperti dengan adanya pemecahan masalah dalam upaya mengatasi terjadinya konflik sosial dalam masyarakat. Dengan upaya yang dilakukan ialah memperalukan kembali aturan sosial agar keteraturan sosial bisa tercapai.

Bahkan pentingnya ilmu sosiologi dipelajari karena untuk memberikan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya peran sosiologi dalam keluarga yang mengatur serta memberikan penanaman nilai sosial dan norma sosial agar seseorang bisa memahami sebelum bergaul dalam bentuk kelompok sosialnya.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan secara lengkap mengenai peran sosiologi dalam pembangunan masyarakat dan contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang membutuhkan referensinya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *