Peran Sosiologi dalam Berbagai Aspek di Masyarakat Indonesia

Diposting pada

Peran Sosiologi dalam Berbagai Aspek

Keragaman arti budaya yang ada di Indonesia seharusnya menyadarkan kepada setiap masyarakat mengenai betapa penting memahami latar belakang sosial budaya yang ada dalam masyarakat lainnya agar kemudian mengindari terjadinya konflik sosial.

Disisi lain, kajian tentang fenomena sosial termasuk di dalamnya memunculkan dinamika kelompok sosial secara keseluruh menjadi kajian dalam peran-peran sosiologi. Baik dalam bidang ekonomi, hukum, pendidikan, penelitian, dan lainnya. Oleh karena itulah membicarakan peran dan fungsi sosiologi menjadi sangat penting untuk ditelaah lebih mendalam.

Peran Sosiologi

Kehidupan yang ada di dalam masyarakat Indonesia, cederung dikenal dengan multietnis dan masyarakat multikultural. Dalam hal ini kajian sosiologi sangat berperan penting dalam mewujudkan integrasi sosial atau bentuk persatuan nasional.

Pemanfaatan ilmu sosiologi ini lebih terasa praktis dan bahkan sifatnya bisa dilihat pada penggunaannya yang cederung mengatasi permasalahan sosial akibat globalisasi di masyarakat.

Bentuk Peran Sosiologi dalam Berbagai Aspek

Setidaknya untuk kegunaan sosiologi dalam berbagai aspek di Masyarakat mencangkup berbagai bidang. Berikut penjelasannya;

  1. Pembangunan

Peran ilmu sosiologi dalam pembangunan adalah memperlancar proyek pembagunan manusia, proyek ini dilakukan dengan mendesain bagimana agar pembangunan fisik bisa terjadinya.

Sebab tentusanya dalam sosiologi yang dilakukan untuk pembangunan bukanlah pembangunan fisik akan tetapi pembangunan manusia, maka suatu kewajaran jikalau dalam perkembangannya peran sosiologi ini berfungsi sebagai pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) yang dapat menunjang pembangunan lainnya.

Contoh Peran Sosiologi dalam Pembangunan

Contoh mengenai peran sosiologi dalam pembangunan ini misalnya saja mengenai adanya program yang dikeluarkan oleh pemerintah. Melalui Program Indonesia Pintar (PIP) yang khusus memberikan bantuan kepada peserta didik di kalangan masyarakat tidak mampu, dan kalangan pondok pesantren.

Apa yang dilakukan pemerintah melalui Program Indonesia Pintar ini semata-mata dilakukan untuk mewujudkan pembangunanyang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu juga diperlukan penyetraan dalam pendidikan yang akan mendorong pembangunan.

  1. Kependudukan

Fungsi dan peran sosiologi dalam melakukan kajian terhadap kependudukan yang dianggap sebagai gejala sosial ialah mengantispiasi masalah sebelum masalah terjadi. Maksudnya mengantisipasi ini dilakukan dalam upaya melakukan pencegahan yang akan timbul akibat bentuk gejala sosial yang diramalkan akan terjadinya,

Contoh Peran Sosiologi dalam Kependudukan

Yang terkait dengan fungsi dan peran sosiologi dalam mengkaji kependudukan di masyarakat ini misalnya saja adanya Program KB (Kelurga Berencana) yang disusun dalam upaya mencegah membeludaknya jumlah pendudukan dengan tingkat pekerjaan yang rendah, tingginya jumlah pendudukan tersebut jika tidak diimbangi dengan perekonomian yang baik maka bukan kemustahilan jika yang terjadi adalah tingkat kriminalitas yang tinggi.

  1. Teknisi

Peran sosiologi dalam teknisi adalah memberikan desain pembangunan dalam masyarakat. Desain ini sendiri biasanya dilakukan dalam perencanaan sosial, yang dirudingkan berdasarkan ada hasil penelitian atau kajian sosial. Sosiologi sebagai teknisi juga mengindikasikan bahwa dalam bentuk pembangunan apapun ilmu sosiologi diperlukan.

Contoh Peran Sosiologi dalam Teknisi

Sosiologi sebagai teknisi misalnya sala dalam pembangunan JSS (Jembatan Selat Sunda) yang direncanakan akan dilakukan pada tahun 2018, akan tetapi proyek pembangunan tersebut pada akhirnya gagal, hal ini lantaran melihat perbedaan pembangunan atau ketimbangan pembangunan yang terjadi antara masyarakat Papua dan masyarakat di Indonesia Barat, oleh karenannya sebagai teknisi sosiologi merumuskan untuk terlebih dahulu melakukan pembangunan di Indonesia Timur.

  1. Pendidikan

Peran sosiologi dalam arti pendidikan bukan hanya diperoleh dalam lembaga pendidikan, seperti sekolah sebagai pendidikan formal, tempat kursus sebagai pendidikan informal, dan pondok pesantren sebagai pendidikan non formal.

Akan tetapi peran sosiologi ini juga diperoleh melalui fungsi sosiologi dalam keluarga, yang mana setiap orang akan mendapatkan pendidikan pertamakali di lingkungan keluarga.

Contoh Peran Sosiologi dalam Pendidikan

Mengenai kasus sosiologi dalam pendidikan misalnya saja, adalah memberikan penanaman nilai dan norma agar melakukan kegiatan yang tidak bertentangan dengan keteraturan sosial masyarakat sekitar. Penanaman nilai sosial dan norma sosial ini adalah bentuk peran sosiologi dalam pendidikan.

  1. Kesehatan

Peran sosiologi dalam kesehatan ialah melakukan kajian-kajian penelitian, yang mampu mendorong masyarakat untuk berprilaku yang sesuai dan tidak menimbulkan penyekit di dalam kehidupannya. Oleh karena itulah banyak pihak yang mengatakan bahwa peran sosiologi dalam kesehatan ini menjadi penting, khsusnya memberikan perlindungan pada manusia.

Contoh Peran Sosiologi dalam Kesehatan

Fungsi dan manfaat sosiologi dalam kesehatan bisa menelaah lebih dalam terkait dengan pandemi akibat adanya Virus Corona yang muncul sepanjang tahun 2019, 2020, hingga 2021. Adapun kebiasaan masyarakat dengan menggunakan masker dan juga menjaga jarak (social distancing dan physical distancing) pada hakekatnya mampu menurunkan tingkat penyebaran virus.

Namun, disatu sisi dalam kesehatan mental banyak sekali masyarakat yang merasa tertekan dengan hal ini. Sehingga sosiologi memberikan solusi agar tetap produktif dan bahagia dalam menjalankan proses tersebut.

  1. Penelitian

Peran Sosiologi dalam Penelitian
Peran Sosiologi dalam Penelitian

Hakikat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan tentusaja juga berperan penting dalam melakukan penelitian sosial. Pengertian penelitian sosial ini adalah riset yang dilakukan untuk merencanakan dan menganalisa masalah sosial yang teroritis, serta bisa di pertanggung jawabkan.

Contoh Peran Sosiologi dalam Penelitian

Prihal ini misalnya saja adanya konsep pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Kampung Inggris Pare maupun Kampung Marketer di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Hakekatnya, desain dalam mengangkatan perekonomian masyarakat tersebut selain adanya daya juang yang gigih juga ditelaah dengan menggunakan modal sosial yang sudah ada di lingkungan sosial masyarakat sekitar.

  1. Hukum

Peran sosiologi dalam hukum tentusaja adalah untuk melakukan penegakan hukum, yang adil tanpa memandang pekerjaan, status sosial, dan peran sosial dalam masyarakat. Peran ini juga mengibaratkan bahwa hukum akan bisa mengontrol kehidupan masyarakat yang seimbang.

Contoh Peran Sosiologi dalam Hukum

Penelahaan dalam hukum ini misalnya saja analisis terkait dengan adanya hukuman yang diberikan oleh Nenek Asyani sebagai terdakwa Pencuri Kayu yang divonis 1 Tahun penjara dengan telaah terkait dengan para prilaku korupsi yang sama-sama diberikan hukuman.

Namun, konsep hukuman yang diberikan berbeda lantaran melihat seberapa besar kerugiatan yang didapatkan sehingga disisi lain hal ini memberikan dampak negatif namun disisi lainnya juga penegakan hukuman terasa tidak adil.

  1. Keluarga

Fungsi sosiologi dalam keluarga adalah menciptakan hubungan yang harminis diantara lingkungan-lingkungan yang ada dalam keluarga, pembangian tugas serta tangung jawab menjadi kajian utama dalam pengertian sosiologi keluarga, oleh karenannya keluarga dan sosiologi di kajian secara tersendiri dalam ilmu sosial.

Contoh Peran Sosiologi dalam Keluarga

Prilaku yang mencerminkan adanya peran sosiologi dalam arti keluarga, misalnya saja adanya kajian tentang banyaknya disorganisasi keluarga yang terjadi di masyarakat modern. Telaah tersebut bisa diakibatkan faktor pendorongnya dimana tidak adanya proses sosial da interaksi sosial yang baik antara ayah dan ibu sebagai keluarga inti.

Dari penjelasan yang dikemukakan. Dapatlah dikatakan bahwa peran yang di dapatkan dari penerapan ilmu sosiologi dalam masyarakat adalah untuk memberikan penyelesaikan konflik-konflik sosial, penyelesaian ini di dapatkan dengan melakukan pendorongan untuk menciptakan integrasi sosial dalam kehidupan bersama.

osiologi memberikan solusi atas permasalahan ini, dengan teori dan kajian yang dilakukan dalam sosiologi masyarakat akan memiliki banyak wawasan dan pengetahuan yang mendalam.

Adapun untuk contoh peran ilmu sosiologi dalam masyarakat ini misalnya dengan adanya metode yang di dalakukan untuk pengendalian penduduk melalui KB  (Keluarga Berencana).  Metode ini dipergunakan dalam upaya mengtasi permasalahan sosial yang akan terjadi, hingga akhirnya penyusunan kualitas lebih penting daripada sekedar kuantitas. Dan inilah salah satu wujud peran sosiologi dalam ilmu pengetahuan di masyakat.

Demikianlah tulisan dan penjelasan mengenai peran sosiologi dalam berbagai aspek di masyarakat Indonesia dan contohnya, semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami serta mencari referensinya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *