Pengertian Joint Venture, Jenis, Faktor Penyebab, dan Contohnya

Diposting pada

Joint Venture Adalah

Istilah joint venture dalam objek kajian sosiologi termasuk daripada jenis interaksi sosial yang terjadi secara asosiatif lantaran mengarah pada hubungan sosial persatuan dan kesehatuan yang ada di masyarakat. Penggunaan kata ini tentusaja mencerminkan adanya bentuk kerjasama.

Disisi lain dalam kajian ekonomi joint venture biasanya dikenal dengan usaha patungan yang bisa didefinisikan sebagai pengaturan kerjasama antara dua atau lebih entitas bisnis, seringkali dengan tujuan untuk memulai kegiatan bisnis baru. Salah satu contoh joint venture prihal ini misalnya antara Samsung and Spotify. Namun sejatinya kajian keduanya disiplin ilmu ini tidak jauh beda.

Joint Venture

Sebagimana yang dikemukakan pada joint venture sebagai interaksi sosial yang mengarah pada persatuan dianggap menunjang kesetabilan di lingkungan sosial bermasyarakat. Dengan tanpa adanya arti pertikaian maupun konflik sosial semua element bisa bersatu diatas kepentingannya masing-masing.

Namun, dalam sisi ekonomi joint venture mengacu pada jenis bisnis yang terbentuk ketika dua bisnis bergabung bersama dan memenuhi keahlian yang berbeda untuk mencapai tujuan bisnis yang sama. Oleh karena itulah jointe venture sama seperti bisnis lain seperti perusahaan atau kemitraan, perbedaannya adalah bahwa usaha patungan hanya dimiliki oleh dua orang atau pihak yang berbeda. Realitas sosial ini seperti perjanjian bisnis di mana kedua mitra setuju untuk berbagi keuntungan dalam rasio tertentu kepemilikan mereka.

Pengertian Joint venture

Joint venture adalah usaha patungan yang memberikan pengaturan bisnis di mana dua atau lebih pihak setuju untuk menyatukan sumber daya mereka dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Sehingga sebagai usaha patungan masing-masing pihak bertanggung jawab atas keuntungan, kerugian, dan biaya yang terkait dengannya.

Namun, usaha tersebut adalah entitasnya sendiri, terpisah dari kepentingan bisnis pihak lainnya. Prihal ini  misalnya berupa proyek baru atau aktivitas-aktivitas bisnis.

Pengertian Joint Venture Menurut Para Ahli

Adapun definisi joint venture menurut Para Ahli, Antara lain;

  1. Erman Rajagukguk, Arti joint venture adalah terjadinya hubungan yang saling bekerjasama diantara para pemilik modal dengan modal asing biasanya didasari pada adanya ketrepihakan kontraktual dengan konsep perjanjian
  2. Peter Mahmud, Definisi joint venture adalah terjadinya kontak sosial hingga melahirkan adanya perjanjian yang terjadi diantara dua perusahaan guna mendirikan perusahaan baru
  3. Retno Hendariningrum (2009), Pengertian joint venture dalam sosiologi ialah terlahirkan bentuk kerjasama yang dilakukan oleh individu dan kelompok dalam proses sosial pendirian maupun penyelesaian atas adanya proyek-proyek tertentu.

Jenis Joint Venture

Untuk macam-macam joint venture antara lain;

  1. Joint Venture Domestik

Joint venture domestik adalah adanya penggabungan dua unsur perusahaan yang bekerjasama dalam mengelola usaha baru dalam rana kenegaraan maupun wilayah tertentu tanpa adanya modal asing, biasanya sistem sosial dalam mengaturnya dengan penyebab bahwa usaha tersebut diperlukan untuk melindungki kekayaan sebuah negara.

  1. Joint Venture Internasioanal

Joint venture internasional adalah adanya kerjasama yang dilakukan oleh perusahaan dalam wilayah maupun negara tertentu dengan membuka diri kepada badan maupun modal yang diberikan oleh pihak asing. Hal ini terjadi dengan alasan adanya keterbatasan dana dan sumber daya manusia.

Cara Kerja Joint Venture

Terkait dengan bagaimana cara kerja joint venture. Berikut penjelasannya;

Jika JV menghasilkan pembentukan entitas baru, tentusaja hal itu dapat terstruktur sebagai korporasi, perseroan terbatas, atau kemitraan.

Prihal ini misalnya, jika JV adalah korporasi, dan kedua bisnis pendiri menginginkan kontrol yang sama atas hal tersebut, mereka biasanya akan menyusun JV sehingga setiap perusahaan pendiri memiliki jumlah saham perusahaan yang sama serta tanggung jawab dan perwakilan manajemen yang sama di dewan direksi.

Faktor Penyebab Adanya Joint Venture

Terdapat beberapa alasan suatu bisnis melakukan joint venture, diantaranya yaitu:

  1. Menggabungkan sumber daya: Entitas JV mungkin memiliki lebih banyak pengaruh dalam industri atau lebih banyak sumber daya untuk memastikan keberhasilan usaha daripada perusahaan hanya sendirian.
  2. Menggabungkan keahlian: Untuk bisnis teknologi, misalnya, satu perusahaan mungkin memiliki tim desainer yang hebat, yang lain mungkin memiliki hak paten kunci, dan yang lainnya lagi mungkin unggul dalam pemasaran.
  3. Menghemat uang: Dua perusahaan kecil mungkin mempertimbangkan usaha patungan untuk menghemat uang pada pemasaran dan periklanan, mungkin di pameran dagang atau dalam publikasi perdagangan.

Selain itu, dua perusahaan yang terlibat dalam penambangan logam mulia atau pengeboran bahan bakar fosil (keduanya merupakan proposisi yang mahal) dapat membentuk JV untuk memulai penambangan atau pengeboran di area tertentu.

Contoh Joint venture

Contoh joint venture yang pernah terjadi, diantaranya;

  1. Perusahaan induk Google dan perusahaan farmasi Glaxo dan Smith

Perusahaan induk Google dan perusahaan farmasi Glaxo dan Smith memutuskan untuk menandatangani perjanjian joint venture untuk memproduksi obat-obatan bioelektrik dengan rasio kepemilikan 45%-55%. Usaha patungan tersebut berlangsung dan berkomitmen selama 7 tahun dengan modal sebesar 540 juta Euro.

  1. UBER dan Volvo

Contoh lain dari joint venture adalah usaha patungan antara perusahaan taksi raksasa UBER dan produsen kendaraan berat Volvo. Tujuan joint venture adalah untuk memproduksi mobil tanpa pengemudi, dengan rasio kepemilikan adalah 50% sampai dengan 50%. Arti nilai bisnis adalah 350 juta dolar sesuai kesepakatan dalam usaha patungan.

  1. Sony dan Ericson

Sony dan Ericson juga merupakan contoh yang baik dari joint venture saat mereka bergandengan tangan untuk memproduksi smartphone dan gadget. Setelah beberapa tahun beroperasi, Sony akhirnya mengakuisisi divisi manufaktur ponsel Ericson.

  1. NBC dan Disney

Joint venture pada 2008 dari NBC Universal Television Group (Comcast) dan Disney ABC Television Group (The Walt Disney Company). Tujuan dari joint venture ini adalah untuk membuat aplikasi video streaming atau website bernama “HULU”.

Produk ini menyediakan konten berkualitas streaming yang ada di komputer, laptop, atau ponsel. Produk ini menjadi sukses besar dengan penawaran yang mencapai 1 miliar dolar.

  1. Kellogg dan Wilmar International Limited

Contoh lain yang terkenal dari pembentukan usaha patungan adalah kesepakatan antara Kellogg dan Wilmar International Limited. Kellogg International memasuki pasar dalam rangka memperluas kehadirannya di pasar Cina untuk menjual sereal dan makanan ringan lainnya kepada konsumen di Cina.

Bergandengan tangan dengan Wilmar menghasilkan hubungan sinergis yang menguntungkan bagi kedua perusahaan karena Wilmar International menyediakan jaringan distribusi dan rantai pasokan yang luas kepada Kellogg International dan juga Kellogg berhasil memasuki geografi baru dengan perjanjian dan hubungan ini.

  1. Joint Venture dalam Sosiologi

Adapun untuk contoh adanya joint venture dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja ketika kita sebagai pejabat ingin bekerjasama dengan salah satu lembaga survai untuk menyelenggaran riset pasar agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat lebih optimal.

Sehingga prihal ini terjadi hubungan joint venture antara lembaga survai dengan pejabat tersebut yang diwakilkan pada instansi dimana ia bernaung.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian joint venture menurut para ahli, macam, cara kerja, faktor penyebab, dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja bisa memberi wawasan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *