Contoh Interaksi Sosial yang Mengarah kepada Persatuan

Diposting pada

Contoh Interaksi Sosial yang Mengarah kepada Persatuan

Pada hakekatnya adanya jenis interaksi sosial di masyarakat dapat membantu terciptanya kegiatan tolong menolong diantara sesama manusia sesuai dengan kodratnya yang tidak dapat hidup sendiri melainkan membutuhkan orang lain untuk bisa terus bertahan hidup. Prihal ini tentusaja interaksi sosial dimaknai sebagai asosiatif.

Disisi lain, untuk arti interaksi sosial sendiri terbagi menjadi 2 macam yaitu interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan dan interaksi sosial yang mengarah kepada perpecahan. Akan tetapi untukkali ini akan dibahas mengenai interaksi sosial asosiatif yaitu interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan.

Interaksi Sosial Persatuan (Asosiatif)

Interaksi sosial asosiatif memberikan gambaran bahwa setiap manusia memang sudah seharusnya membangun hubungan sosial agar tercipta kontak sosial dan komunikasi yang lebih baik lagi. Dengan adanya interaksi sosial seperti ini maka setiap orang dapat belajar dari orang lain tentang semua hal yang sebelumnya belum diketahuinya.

Artinya interaksi sosial asosiatif dapat memberikan pengalaman, pembelajaran, rasa saling menghormati, toleransi dan lain sebagainya diantara sesama manusia.

Contoh Interaksi Sosial yang Mengarah kepada Persatuan

Sedangkan untuk contoh interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan yaitu;

  1. Masyarakat yang ada di kampung pedesaan saling bekerjasama untuk melakukan kerja bakti membersihkan desa

Contoh kegiatan semacam ini umumnya dianggap sebagai interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan. Karena kegiatan yang dilakukan berguna untuk memberikan kenyamanan dan kebersihan untuk semua warga.

Sehingga cara gotong royong dilakukan agar segala pekerjaan terasa lebih ringan dan membantu antara warga satu dengan yang lainnya. selain itu dengan adanya kegiatan semacam ini juga mampu menciptakan pertemuan antara warga satu dengan warga lainnya yang kemungkinan jarang bertemu karena kesibukannya masing-masing.

  1. Praktek kegiatan olahraga yang dilakukan secara berkelompok

Kegiatan ini umumnya juga dapat menimbulkan interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan. Alasannya karena masing-masing kelompok akan berusaha sebaik mungkin untuk dapat melakukan praktek olahraganya dengan baik.

Sehingga antar anggota dalam kelompok tersebut berusaha untuk merancang strategi dengan baik untuk mencapai tujuan keberhasilan yang diinginkan.

  1. Seorang guru sedang mengajar siswanya di ruang kelas

Profesi guru memang bukanlah menjadi suatu pekerjaan yang asing didengar. Justru guru di zaman sekarang ini banyak sekali peminatnya. Umumnya seorang guru yang mengajar para siswanya didalam kelas sedang melakukan interaksi sosial antara individu dengan kelompok.

Dimana kegiatan interaksi ini dilakukan untuk memberikan sebuah ilmu maupun mendidik setiap siswa agar menjadi seseorang yang berperilaku baik dan mempunyai pengetahuan yang lebih luas lagi. Oleh karena itu interaksi semacam ini tidak akan menimbulkan bentuk pertentangan, melainkan menciptakan suasana yang kondusif dan penuh dengan hal-hal positif.

  1. Adanya rapat dalam lingkungan masyarakat

Umumnya di sebuah kampung ada kegiatan yang dilakukan setiap bulannya mulai dari rapat bapak-bapak, PKK ibu-ibu, maupu rapat anggota karang taruna.

Kegiatan semacam ini biasanya akan membahas berbagai kegiatan yang akan diselenggarakan maupun penyampaian-penyampaian informasi penting kepada masyarakat. Sehingga interaksi yang terjadi didalamnya akan memberikan banyak hal-hal positif yang baik untuk sesama.

  1. Kerjasama yang dilakukan antara investor dan pemerintah dalam membantu perekonomian nasional

Kerjasama ini merupakan salah satu bentuk interaksi sosial yang memberikan manfaat untuk perekonomian suatu negara. Sehingga interaksi sosial yang dilakukannya merupakan bentuk interaksi yang positif dan mengarah pada bentuk persatuan dan kesatuan.

  1. Kerjasama yang dilakukan para pemain sepak bola untuk mencetak gold an mengalahkan lawan mainnya

Permainan sepak bola yang pada dasarnya dimainkan oleh 11 orang ini memang tidak dapat dimainkan secara individu. Melainkan membutuhkan kerjasama yang tinggi dan membuang jauh-jauh rasa sombong yang ingin menampilkan permainannya yang paling bagus dalam diri individu.

Oleh karena itu setiap pemain harus melakukan kerjasama yang baik dan saling memberikan umpan agar bola bisa ditendang dan dimasukan ke gawang lawan dengan mudah.

  1. Hubungan kerjasama yang dilakukan antara negara Indonesia dan Malaysia pada bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan

Sama halnya dengan bentuk kerjasama yang lainnya. pada dasarnya segala hubungan yang dilakukan dengan kerjasama maka dianggap sebagai interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan. Karena didalamnya tercipta keinginan untuk berhasil secara bersama-sama.

  1. Seorang anak yang diberikan nasihan oleh ayah dan ibunya

Hubungan semacam ini juga dinamakan interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan. Alasannya karena setiap orang tua menginginkan anaknya tidak salah jalan dan dapat berperilaku dengan baik dalam segala tingkah lakunya, sehingga mampu untuk mencapai cita-cita atau keinginan yang diwujudkan.

  1. Pernikahan antara orang dari suku Jawa dengan suku Sunda

Pernikahan semacam ini mampu mewujudkan bentuk akulturasi dalam budaya, yang bermakna menjadikan satu sebuah kebudayaan tanpa menghilangkan kebudayaan lama yang selama ini diyakininya. Disisi lain, juga akhirnya mampu memberikan gambaran bahwa martabat manusia setainya tidak memandang arti suku, makna ras, dan lainnya.

  1. Rasa saling menghormati antar sesama umat yang memiliki perbedaan dalam hal keagamaan

Bentuk toleransi ini justru menjadi hal yang sangat diperlukan di zaman sekarang. Tujuannya agar segala keadaan dapat tercipta dengan damai, tenang, dan tanpa adanya permusuhan. Salah satu upaya yang mengarahkannya ialah dengan menghormati keyakinan satu sama lain.

Dari penjelasan yang dikemukakan, setidaknya perlu dipahami bahwa interaksi sosial hanya akan terjadi apabila antar manusia satu dengan yang lainnya melakukan sebuah komunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung.

Karena dari komunikasilah seseorang akan melakukan kegiatan untuk memahami pesan yang disampaikan orang lain dan memberikan reaksi atas pesan tersebut.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa dikemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan beragam contoh pengaplikasian interaksi sosial yang mampu mengarahkan kepada wujud persatuan (asosiatif) dalam kehidupan sehari-hari.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *