Pengertian Pertikaian, Bentuk, Faktor, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Pertikaian

Disisi lain, dalam objek kajian sosiologi materi pertikaian ini termasuk dalam bentuk interaksi sosial disosiatif yang mengarah pada perpecahan dalam lingkungan sosial yang dilakukan individu dan kelompok tertentu dengan tujuan perusahakan serta penghancuran.

Pertikaian

Istilah pertikaian sejatinya termasuk dalam bagian daripada konflik sosial yang terjadi lantaran adanya perbedaan antara kepentingan dalam pemenuhan arti kebutuhan dalam masyarakat. Sehingga realitas sosial ini dianggap merugikan secara langsung, bahkan memiliki dampak psikologis yang mendalam.

Oleh karena itulah setidaknya untuk mengindarinya diperlukan upaya penyelesaian konflik dalam masyarakat dengan tindakan preventif maupun represif.

Pengertian Pertikaian

Pertikaian adalah bentuk tindakan sosial yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk mengalahkan pihak lain yang terjadi karena semakin tajamnya perbedaan antara kalangan tertentu dalam masyarakat yang akhirnya mengakibat kan amarah dan rasa benci untuk kemudian mendorong tindakan untuk melukai, menghancurkan, atau menyerang pihak lain.

Pengertian Pertikaian Menurut Para Ahli

Adapun definisi pertikaian menurut para ahli. Antara lain;

  1. Asep Mulyana (2017), Pertikaian adalah bagian daripada proses sosial yang terjadi dengan cara menjatuhkan  dengan disertai tindakan kekerasan mapun acaman.
  2. Sri Sudarmi (2009), Pengertian pertikaian adalah terjadinya perselisihan dengan sifat terbuka dengan diseratai kekerasan dan ancaman guna memenuhi kebutuhan serta keinginan yang didapatkan.
  3. Mahmud, Pertikaian adalah adanya ketegangan yang terjadi antara individu dan kelompok dengan langkah menentang yang disertai dengan ancaman mapun kekerasan

Bentuk Pertikaian

Bentuk Pertikaian
Bentuk Pertikaian

Adapun untuk jenis pertikaian sendiri terbagi menjadi 2 macam. Yakni;

  1. Pertikaian Individu

Pertikaian ini dilakukan secara individu yang berarti di dasar pada masalah pribadi, dalam ruang lingkup kecil yang sehingga pertikaian seperti ini jarang terjadi, dan tentusaja terjadinya pertikaian lebih dekat masalah-masalah keluarga yang menyebabkan disorganisasi keluarga.

Contoh Pertikaian Individu

Adapun untuk contoh adanya pertikaian individu misalnya saja antara adik dan kakak dalam satu anggota keluarga berebut untuk mempergunakan mobil. Dimana pada saat terjadi perebutan tersebut adik maupun kakaknya saling memukul yang menyebabkan orangtuanya menjadi marah sekaligus menengahi.

  1. Pertikaian Kelompok

Pertikaian kelompok ruang lingkupnya cukup besar dibandingkan dengan pertikaian lainnya. Pertikaian kelompok biasanya dipicu oleh masalah sara, masalah sara ini termasuk agama, budaya, ras, atau adat istiadat yang riskan kepada perpecahan masyarakat.

Contoh Pertikaian Individu

Misalnya saja kasus mengenai adanya persaingan yang sangat tajam antara anak-anak geng motor satu dengan anak-anak geng motor lainnya, dalam hal ini pertiakian terjadi atas landasan untuk mendapat eksistensi lebih di dalam masyarakat.

Pengakuan secara berlebihan dan keinginan untuk menang dari pihak lain secara langsung dapat menimbulkan pertikaian antar geng motor. Fenomena sosial ini acapakali kita temui dan mudah untuk ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Faktor Penyebab Pertikaian

Bisanya teradinya pertikaian karena ada beberapa faktor yang menjadi pendorong. Antara lain;

  1. Adanya perbedaan kepentingan, pendapat, maupun tujuan yang tidak disertain dengan sikap penghormatan atas perbedaan yang ada.
  2. Terjadinya bentuk perubahan sosial secara cepat karena pergeseran nilai sosial dan norma sosial yang tidak diterima kelompok atau inidvidu lainnya. Oleh karena itulah kondisi ini dapat menimbulkan dampak negatif dibandingkan dengan dampak postif yang didapatkanya.
  3. Terdapatnya perbedaan dalam sifat kebudayaan yang tidak disertai dengan adanya arti tolerasi sehingga pada akhirnya mengarah pada disintegrasi antarindividu ataupun kelompok

Dampak Pertikaian

Akibat adanya pertikaian memebrikan dampak negatif dalam menjalankan kehidupan. Yakni;

  1. Merusak kerukunan antar hidup manusia
  2. Mendorong adanya konflik dalam kehidupan masyarakat
  3. Merugikan kedua belah pihak, baik secara material ataupun non material
  4. Memicu terjadinya disintegrasi masyarakat

Contoh Pertikaian

Adapun untuk contoh pertikaian yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Persaingan antara si A dan B dalam memperebutkan pasangan hidup (pacar) yang mengakibatkan adanya konflik berkepanjangan bahkan saling membunuh satu sama lainnya.
  2. Pertikaian yang terjadi antar suku yang bisanya berawal dari masalah sepela. Kasus ini terlihat adanya pertikaian yang termasuk dalam contoh konflik sosial di Indonesia antara Suku Lampung dan Bali di Kabupaten Lampung Selatan. Hanya masalah yang mendorong terjadinya pembantain berkebangan tersebut karena ketidakterimaan Suku Lampung terhadap perempuan yang dilecehkan secara seksual, tentusaja hal ini masih dalam tahap penyelidikan.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai pengertian pertikaian menurut para ahli, bentuk, faktor penyebab, dampak, dan contonya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan kepada setiap pembaca yang sedang membutuhkannya.

Rating: 4.5/5. From 2 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *