Manfaat Kerjasama dalam Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada

Fungsi Kerjasama

Kerjasama bisa dikatakan sebagai bentuk kesadaran setiap individu dalam lingkungan sosial yang akan muncul apabila memiliki kepentingan yang sama dan pengetahuan yang cukup, sehingga berniat untuk memenuhi kepentingan-kepentingan tersebut agar tercapai suatu tujuan.

Proses terbentuknya kerjasama yang bermanfaat bagi setip indivu/kelompok juga bisa dilakukan dalam berbagai bidang. Misalnya dalam mengatasi masalah sosial di Indonesia pada saat ini, keberagaman, politik, hukum, dan lain sebagainya.

Kerjasama

Kerjasama adalah sumber efisien dari suatu kualiatas pelayanan yang diberikan kepada seseorang, sehingga serangkaian aktivitas atau kegiatan yang mempunyai tingkatan berbeda dan dimulai dari koordinasi bersama sampai proses kolaborasi yang menunjukkan kegiatan kerjasama.

Oleh karena itulah kerjasama adalah sumber kekuatan yang hadir dalam sebuah organisasi sosial dan berfungsi untuk mempengaruhi suatu keputusan sekaligus tindakan dalam organisasi tersebut.

Manfaat Kerjasama

Tujuan yang menjadi manfaat melakukan kerjasama dalam keseharian. Antara lain;

  1. Meningkatkan rasio peluang untuk mencapai kerberhasilan

Kerjasama pada dasarnya mampu menumbuhkan peluang yang jauh lebih besar karena adanya hubungan sosial yang lebih banyak dan luas, maka dari itu suatu keberhasilan cenderung akan lebih mudah untuk dicapai. Kondisi seperti ini juga berlaku dalam setiap element kehidupan.

  1. Meningkatkan kesatuan serta persatuan

Kerjasama mampu meningkatkan suatu kesatuan dan persatuan antara orang-orang yang ada dalam suatu bentuk organisasi di masyarakat. Tujuannya agar rasa persatuan tersebut mampu membawa mereka pada keberhasilan akibat adanya kerjasama.

  1. Membuat pelaku kegiatan atau aktivitas saling mengenal

Hubungan yang berakibat pada kerjasama yang dilakukan oleh banyak orang pastinya akan membuat mereka saling mengenal dan mengikat mereka dalam tali persaudaraan yang lebih kuat. Atas dasar inipula tingkat interaksi sosial menjadi lebih tinggi.

  1. Menjadi sarana untuk mengemukakan opini

Kerjasama yang terjadi dalam bisnis maupun organisasi profesi pastinya dijadikan sebagai tempat untuk mengemukakan pendapat agar segala hal yang diinginkan bisa di eksplore lebih banyak lagi melalui opini-opini dari banyak orang.

  1. Memincu munculnya semangat

Kerjasama sudah pasti akan memunculkan rasa semangat yang jauh lebih tinggi karena adanya banyak orang yang saling mensupport satu sama lain. Apalagi ketika mengalami permasalahan, tentusaja kerjasama akan memberikan dorongan bagi setiap orang.

  1. Memperkuat suatu ikatan bagi orang ataupun kelompok

Hubungan kerjasama sejatinya memberikan dampak yang sangat baik dalam suatu ikatan yang lebih kuat dari seseorang maupun kelompok yang mereka ikuti. Maka dari itu sifat kebersamaan akan muncul dalam sebuah kerjasama.

  1. Pekerjaan menjadi lebih ringan

Kerjasama tentunya akan membuat pekerjaan terasa lebih ringan, karena adanya orang banyak yang memiliki pembagian tugas masing-masing.

Dalam hal ini misalnya saja untuk memajukan sekolah sebagai lembaga pendidikan, tentusaja semua element haruslah bersatu padau. Baik itu dewan guru, kepala sekolah, sampai berbagai jenis organisasi yang ada di lingkungan sekolah.

  1. Pekerjaan menjadi lebih cepat selesai

Pekerjaan juga menjadi lebih cepat selesai, hal ini lebih dikarenakan hubungan kerjasama ini melakukan tugasnya secara bersama atau kelompok. Tentusaja, contoh kelompok sosial yang berkejasama dalam hal ini seperti gotong royong antar masyarakat.

  1. Mempererat persaudaraan

Hubungan kerjasama juga memiliki hal positif lainnya yaitu memperat suatu tali persaudaraan. Walaupun dalam hal ini orang-orang bukan termasuk dalam darah yang sama, namun rasa korsa tersebut sudah menempel dalam diri masing-masing anggota.

  1. Memperluas relasi

Kerjasama juga mampu akan senantiasa dapat memperluas relasi sosial dan jaringan sosial antar masyarakat, hal ini dikarena adanya orang-orang baru yang akan dikenal untuk kemudian akrab dan menjalin perasatuan dan kesetuan antar sesama.

  1. Belajar memahami perbedaan

Hubungan kerjasama mengajari setiap individu untuk belajar memahami perbedaan. Hal ini dikarenaka masing-masing orang pasti mempunyai pendapat dan sifat yang berbeda-beda sehingga harus ada rasa toleransi satu sama lain.

  1. Sarana untuk terjadinya gotong royong

Kerjasama membuat suatu hal dilakukan secara gotong royong atau kebersamaan karena banyaknya anggota yang saling mendorong satu sama lain. Apalagi hal ini di dasari pada sikap saling menghargai tentusaja menjadi upaya untuk menghindari konflik sosial.

  1. Menambah pengalaman

Kerjasama sejatinya juga memberikan bentuk pengalaman yang begitu banyak baik dari hal toleransi, pengetahuan baru, dan lain sebagainya. Pengalaman ini bahkan akan membuat seseorang semakin berfikir dewasa dalam menyikapi persolan kehidupan.

  1. Memperkaya pengetahuan diri sendiri

Hubungan yang membentuk kerjasama dilakukan oleh seseorang dalam suatu organisasi akan memberikan banyak pengetahuan untuk diri sendiri terkait informasi maupun hal-hal baru yang sebelumnya belum diketahui sama sekali.

  1. Menahan egoisme dalam diri

Kerjasama juga menjadikan kepribadian seseorang agar bisa belajar menahan rasa egois yang ada dalam dirinya, mengingat bahwa bentuk kerjama ini menyebabkan prilaku positif yang mendorong adanya tenggang rasa yang cukup kuat.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan manfaat melakukan kerjasama yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan pemahaman untuk kalian yang membutuhkan.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *