Jenis Globalisasi dan Contohnya di Masyarakat

Diposting pada

Macam Globalisasi

Perkembangan zaman tidak dapat terlepas dari segala hal yang berubah keadaan sosial dan bahkan bentuk perubahan sosial ini bisa terjadi mendunia. Salah satu hal yang tidak dapat dihindari adalah aspek globalisasi pada berbagai bidang. Setiap bidang memiliki pengaruh yang cukup besar untuk kehidupan di lingkungan masyarakat.

Banyak bidang yang mengalami globalisasi. Hal ini sangat wajar mengingat istilah globalisasi muncul karena berbagai faktor salah satunya cepatnya komunikasi intrapersonal dan komunikasi interpersonal lebih cepat di antar negara. Dimana pada saat ini banyak media komunikasi yang memfasilitasi komunikasi kedua belah pihak. Didukung dengan alat transportasi dan lain-lain.

Globalisasi

Globalisasi menjadikan interaksi sosial antar negara satu dengan yang lain saat ini hampir tidak ada batasan. Semua orang di berbagai negara memiliki kebebasan berinterkasi baik secara individu dan kelompok. Kebebasan ini sudah ada dan memang semua orang telah merasakan.

Ketergantungan antar negara juga membuat hubungan antar negara berjalan terus menerus bahkan melakukan kerjasama dalam berbagai bidang. Kerjasama ini apabila dipandang dari sudut positif maka akan saling menguntungkan, namun apabila kerjasama disertai dengan politik yang ingin saling menjatuhkan ini akan merugikan salah satu pihak.

Jenis Globalisasi

Semua aspek pasti ikut serta merasakanadanya globaliasai. Berikut merupakan beberapa jenis globalisasi,

  1. Globalisasi perekonomian

Definisi globalisasi ekonomi biasanya ditandai dengan semakin tingginya rasa ketergantungan negara satu dengan yang lain. Hal ini disebabkan oleh cepatnya pergerakkan barang, jasa, dan teknologi. Sehingga globalisasi ekonomi ini lebih pada peningkatan integrasi antar negara bukan penghapusan segala kebijakan dalam bidang ekonomi. apabila sudah terjadi integrasi ekonomi maka dapat membentuk pasar global.

Faktor menjadi penyebab globalisasi ekonomi terdiri atas berbagai jenis antara lain, globalisasi bagian produksi, pemasaran, teknologi yang digunakan, persaingan pasar yang dihadapi, dan lain-lain. Tergantung pada kebutuhan dan sudut pandang masing-masing.

  1. Globalisasi Budaya

Globalisasi kebudayaan hakekatnya akan mengurangi keunikaan dari masing-masing yang dimiliki oleh masing-masing negara. Dahulu kita akan kesulitan mengenal unsur budaya lain, yang kita tahu hanya budaya yang ada di lingkungan kita.

Saat sudah terjadi globalisasi kita dapat menikmati berbagai hal dari berbagai negara melalui media yang sudah tersedia. Misal seni tari dari negara lain, sudah ada fasilitas di internet yang menyediakan itu semua. Makanan yang awalnya tidak kita kenal dan berasal dari luar negeri dapat dengan mudah kita dapatkan di dalam negeri.

  1. Globalisasi Politik

Apabila dipandang dari sisi negatif dengan adanya dampak globalisasi akan mengurangi keistimewaan suatu negara. Banyak organisasi dunia yang menyediakan fasilitas untuk membuat sebuah perjanjian bertaraf internasional dan untuk kepentingan umum.

Bidang politik yang melatarbelakangi berbagai bentuk kerjasama. Pada dasarnya tidak ada negara yang ingin kalah, melalui globalisasi ini dapat mempelajari negara lain. Saat ini sudah banyak program yang dilakukan berbagai negara yang berkaitan dengan program kemanusiaan.

  1. Globalisasi Ideologi

Banyak arti ideologi yang awalnya diterapkan dibeberapa negara berhasil sehingga negara lain juga ingin menerapkan ideologi yang sama akan menjadi negara yang maju. Banyak negara yang telah mengubah ideologinya atau memadukkan beberapa ideologi. Hal ini dilakukan demi kemajuan suatu negara.

Salah satu ideologi yang paling sering kita dengar di Indonesia dan pernah ada gerakan untuk mengubah ideologi Indonesia dengan komunis. Hal ini jelas adanya pengaruh internasional sehingga seseorang memiliki pemikiran seperti perubahan ideologi tersebut.

  1. Globalisasi Teknologi

Apabila kita lihat, saat ini kita tidak dapat hidup tanpa menggunakan teknologi. Semua hal yang mempermudah akses kita menggunakan teknologi, sementara banyaknya teknologi tidak mungkin suatu negara berkembang dapat memproduksi dalam waktu yang cepat dan memenuhi segala kebutuhan teknologi.

Indonesia hingga saat ini hasil produk teknologinya belum terlalu banyak dan bergantung pada berbagai jenis teknologi yang berasal dari luar negeri. Hal ini menunjukkan sudah tidak ada batasan penggunaan teknologi antara negara satu dengan yang lain.

  1. Globalisasi Sosial

Dapat dilihat dari gaya hidup masyarakat di suatu negara. Saat ini sudah tidak ada perbedaan pakaian orang dari mana mereka berasal. Semua orang menggunakan pakaian yang sama.

Musik yang dinikmati dikehidupan sehari-hari pun tidak berbeda dengan mereka yang berada di luar negeri. Sudah banyak orang di negara kita yang meniru gaya hidup orang barat atau budaya lain. Hal ini jelas terlihat perubahan sosial yang terjadi.

  1. Globalisasi Bahasa

Saat ini sudah tidak sesuatu yang baru apabila di berbagai negara terdapat lebih dari bahasa resmi yang dikenal oleh masyarakat, bahkan mempelajari dari segi sastranya. Contoh bahasa yang saat ini telah dipelajari dan telah dibuka dibeberapa perguruan tinggi adalah bahasa China, Bahasa Jepang, Bahasa Korea, dan lain-lain.

Bahasa yang paling dikenal di seluruh dunia adalah bahasa inggis. Hampir semua negara di dunia mempelejari bahasa inggis, karena digunakan untuk komunikasi internasional dalam berbagai kegiatan.

  1. Globalisasi Kesehatan

Akhir-akhir ini dunia sedang digegerkan dengan virus yang hingga saat ini belum ada obatnya. Kejadian ini dapat kita lihat bahwa kerjasama bidang kesehatan secara internasional sangat dibutuhkan.

Kerjasama dilakukan untuk memenuhi segala kebutuhan dibidang kesehatan, mulai dari peralatan kesehatan, obat, ilmu pengetahuan, dan lain-lain. Memberikan edukasi kepada masyarakat berdasarkan kesepakatan bersama pada orgnisasi kesehatan tingkat dunia.  

  1. Globalisasi dari Segi Lingkungan

Adanya produksi yang semakin bertambah setiap tahunnya maka memliki dampak lingkungan yang bersifat global. Jumlah pabrik yang semakin banyak denganpengolahan limbah yang kurang baik. Polusi udara, limbah, dan lain-lain kadang sampai ke luar negeri. Setiap aktivitas di berbagai belahan dunia akan memepengaruhi perubahan iklim yang terjadi di lingkungan sekitar.

  1. Globalisasi Tenaga Kerja

Kebebasan untuk menggunakan berbagai tenaga kerja dari berbagai negara. Ketika suatu negara membutuhkan tenaga kerja dari negara lain maka negara lain bersedia mengirim tenaga kerjanya baik sebagai tenaga ahli atau pekerja biasa.

Contoh negara Indonesia banyak pekerja yang dikirim keluar negeri sebagai buruh. Sementara Indonesia banyak mendatangkan tenaga ahli untuk diperkerjakan di Indonesia. Hal ini menunjukkan adanya hubungan internasional dibidang tenaga kerja.

  1. Globalisasi Pertanian

Globalisasi pada bidang pertanian adalah sebuah proses sosial dan interaksi sosial yang membuat segala sesuatu yang ada di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah. Karakteristik globalisasi pertanian akan memudahkan peralatan pertanian dengan memperimbangkan kecepatan dan ketepatan.

Contoh Globalisasi

Adanya proses globalisasi ditunjukkan dengan berbagai jenis kegiatan yang dilakukan oleh masayarakat. Hal yang paling terlihat sebagai orang awam adalah gaya hidup yang tentu saja sudah berubah dibandingkan dengan zaman dahulu. Berikut merupakan beberapa contoh kegiatan yang menunjukkan adanya globalisasi diberbagai bidang;

  1. Adanya WTO (World Trade Organization)
  2. MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)
  3. Adanya investasi langsung diberbagai negara yang memiliki potensi besar serta sumber daya alam yang melimpah
  4. Pariwisata Internasional
  5. Kemudahan transaksi dengan orang luar negeri dengan berbagai platform
  6. Kehidupa masyarakat yang mulai hidup secara individu
  7. Kegiatan ekspor impor
  8. Terdapat kerjasama internasional diberbagai bidang
  9. Kemudahaan akses informasi melalui internet
  10. Adanya program pertukaran pelajar dan guru dengan negara lain.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan berbagai macam globalisasi dan contohnya yang ada di dalam kehidupan masyarakat. Semoga memberikan wawasan bagi semua kalangan yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *