Contoh Diferensiasi Sosial di Masyarakat dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Diferensiasi Sosial di Lingkungan Sekitar

Manusia yang hidup termasuk dalam makhluk sosial, dimana makhluk sosial ini merupakan arti masyarakat yang secara individu tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itulah sebagai makhluk sosial,terdapat beberapa keragaman dalam kehidupan seperti sifat kebudayaan, adat-istiadat, suku, ras, agama, dan lain-lain. Meskipun diakui ataupun tidak dalam keberagaman tersebut diferensiasi sosial yang membedakan satu golongan dengan golongan yang lainnya.

Prihal diferensiasi sosial ini erat kaitannya dengan stratifikasi sosial. Namun yang pasti untuk diferensiasi sifatnya adalah horizontal artinya perbedaaan tersebut tidak menyebabkan adanya konflik sosial asalkan sesama masyarakat mampu untuk memahaminya sedangkan stratifikasi cederung memiliki karakteristik yang vartikal sehingga perbedaannya mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Diferensiasi Sosial

Diferensiasi sosial adalah terdapatnya beragam perbedaan golongan dalam bentuk kelompok sosial secara horizontal yang biasanya didasari pada adanya ketidaksamaan terhadap agama, suku, unsur budaya, dan lainnya dengan dikur dalam aspek sosiokultural dan ekonomi maupun penghasilannya.

Contoh Diferensiasi Sosial

Contoh Diferensiasi Sosial
Contoh Diferensiasi Sosial

Beragam contoh kasus yang bisa disebut sebagai bagian darpada bentuk diferensiasi sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, antara lain;

Parameter Sosiokultural

Sosiokultural terkait dengan perbedaan secara horizonal dalam diferensiasi sosial yang lebih identik dengan kajian antara manusia dalam arti kebudayaannya. Prihal ini di lingkungan sekitar sangatlah mudah ditemukan. Misalnya saja;

  1. Klan

Klan adalah suatu perbedaan di masyarakat berdasarkan dengan keturunan. Di Pulau Jawa sendiri terdapat klan yang contohnya ialah hubungan antara keturunan bangsawan dan klan rakyat biasa. Prihal ini klan rakyat biasa akan sulit untuk bergaul dengan klan bangsawan lantaran memiliki peran sosial dan status sosial yang tidak sama, meskipun secara konsepnya tercipta sebagai makhluk sosial yang sama.

  1. Suku Bangsa

Suku bangsa merupakan suatu arti suku yang sudah menempati wilayah tertentu selama dalam jangka waktu yang lama. Diferensiasi suku bangsa dapat menjadi pemecah belah antar bangsa. Sehingga setidaknya perlu dilakukan penanaman dalam beragam contoh toleransi antar perbedaan suku bangsa supaya terwujud integrasi nasional yang kuat.

Adapun untuk contohnya misalnya saja antara Suku Jawa dan Suku Lampung, Suku Padang dan Suku Papua, Suku Bugis dan Suku Dayak.

  1. Agama

Setidaknya sampai saat ini terdapat 6 agama yang berbeda di Indonesia. Perbedaan agama tersebut dapat memicu timbulnya konflik apabila tidak didasari dengan sikap toleran yang tinggi. Maka sebagai umat beragama kita harus bisa menjunjung rasa kemanusiaan yang tinggi.

Adapun untuk contoh diferensiasi sosial berdasarkan agama misalnya saja ketika di Sekolah ada teman kita yang bergama Islam, Budha, dan Hindu yang semuanya bisa hidup berdampingan dengan penuh kesadaran.

  1. Profesi

Diferensiasi profesi yang juga dikenal dengan diferensiasi pekerjaan adalah bentuk diferensiasi sosial yang sifatnya vertikal atau ke atas. Diferensiasi prihal profesi mampu menimbulkan kesenjangan sosial antara profesi yang bergengsi dengan profesi yang ala kadarnya.

Adapun contoh diferensiasi sosial berdasarkan pekerjaan misalnya saja terkait guru sebagai tenaga pendidik, kepala sekolah sebagai seseorang yang memberikan kontrol dalam menjalankan aktivitas, dan juga supervisi pendidikan sebagai pengontrol kepala sekolah di wilayah tertentu.

Parameter Biologis

Parameter biologis dalam diferensiasi sosial yang sering diartikan sebagai parameter demografi. Prihal ini parameter biologis membahas tentang makhluk hidup. Makhluk hidup yang dibahas dalam ilmu sosial adalah manusia. Maka dari itu pantas apabila parameter biologis disebut sebagai parameter demografi mengingat demografi adalah cabang dari ilmu geografi yang membahas tentang antroposfer (manusia).

  1. Jenis Kelamin

Diferensiasi dalam jenis kelamin pada masa sekarang sudah bukan menjadi masalah lagi bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan pada masa sekarang sudah terbentuk yang namanya emansipasi wanita. Yaitu penyamaan derajat antara laki-laki dan perempuan.

  1. Diferensiasi Ras

Diferensiasi sosial dalam makna ras dapat memicu timbulnya arti konflik. Penghinaan terhadap ras yang berbeda disebut dengan rasisme. Perlu diberikan penanaman tentang pemahaman perbedaan ras agar mencegah terjadinya konflik antar ras. Adapun contoh diferensiasi sosial berdasarkan pekerjaan ras misalnya adanya Ras Mogoloid dan Ras Negroid.

  1. Umur

Diferensiasi umur bisa dikatakan sebagai bentuk perbedaan usia diantara beberapa kelompok sosial. Prihal diferensiasi umur dapat dilihat dengan jelas dari perkumpulan pertemanan yang dapat dilihat dari tingkat usia seseorang.

Parameter Ekonomi

Parameter ekonomi dalam diferensiasi sosial adalah perbedaan sistem sosial perekonomian antar masyarakat yang membuat terjadinya perbedaan baik secara vertikal maupun secara horizontal. Berikut adalah beberapa diferensiasi sosial yang dibahas melalui parameter ekonomi.

  1. Diferensiasi Pendapatan

Mirip dengan diferensiasi profesi, alasannya karena diferensiasi pendapatan ini sejatinya terjadi karena perbedaap pekerjaan yang menentukan pendapatan seseorang. Diferensiasi pendapatan dapat berujung pada kesenjangan sosial.

Adapun contohnya misalnya saja adanya pendapatan antara guru honorer dan guru negeri, meski status mereka sama-sama sebagai tenaga pendidik.

  1. Diferensiasi Status Tempat Tinggal

Status tempat tinggal pada hakekatnya dapat dibedakan menjadi milik sendiri, rumah orang tua/mertua, dan kontrak/sewa. Diferensiasi status tempat tinggal dapat membedakan status sosial seseorang daam kehidupan bermasyarakat.

  1. Diferensiasi Kesejahteraan

Indikator kesejahteraan dikur melalui pengeluaran dan pendapatan suatu keluarga. Diferensiasi kesejahteraan tidak dapat disaksikan melalui kasat mata. Namun perbedaan kesejahteraan tersebut mampu dilihat dari tingkat profesi seseorang.

Parameter Kelompok

Parameter kelompok sosial adalah klasifikasi jenis diferensiasi sosial yang dikaji melalui perbedaan masyarakat yang membentuk beragam contoh kelompok sosial. Parameter dalam arti kelompok sosial dalam diferensiasi sosial adalah sebagai berikut;

  1. Kegiatan

Diferensiasi kegiatan yang dimaksud disini adalah perbedaan kegiatan antara masyarak satu dengan masyarakat yang lain. Perbedaan kegiatan ini menyebabkan sulitnya menyatukan waktu apabila ingin mengadakan perkumpulan.

  1. Olahraga

Perbedaan jenis olahraga yang menjadi hobi dan digeluti menyebabkan diferensiasi kelompok sosial berdasarkan olahraga yang digemari. Diferensiasi olahraga dapat dilihat dari penonton sepakbola lebih banyak dari penonton bulu tangkis.

  1. Komunitas

Diferensiasi dalam contoh komunitas adalah perbedaan dari beberapa komunitas tertentu. Prihal diferensiasi komunitas ini pada hakekatnya dapat menyebabkan terjadinya perselisihan antara kelompok komunitas yang berbeda satu sama lain.

  1. Diferensiasi Hobi

Diferensiasi hobi adalah dasar dari diferensiasi komunitas. Prihal ini setidaknya terdapat perbedaan hobi menyebabkan terbentuk beberapa komunitas tertentu. Hobi yang berbeda antar golongan apat menyebabkan dampak negatif dan dampak positif.

Parameter Geografis

Dalam diferensiasi sosial parameter geografis sejatinya dikaji dalam cabang ilmu geografi yaitu astronomis (lokasi) dan perbedaan iklim. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

  1. Lokasi Tempat Tinggal

Perbedaan lokasi tempat tinggal dapat dikatakan sebagai diferensiasi sosial jenis vertikal. Tempat tinggal di perumahan biasanya ditempati oleh golongan pendapatan tinggi dan tempat tinggal di kampung biasanya ditempati oleh golongan dengan pendapatan rendah.

  1. Perbedaan Iklim

Diferensiasi perbedaan iklim terjadi pada lokasi tempat tinggal yang berbeda antara daerah pegunungan dengan daerah pantai. Contohnya saja individu dan kelompok yang tinggal di daerah pantai memiliki hawa panas sedangkan daerah pegunungan memiliki udara yang sejuk.

Parameter Subkultural

Parameter subkultural adalah klasifikasi jenis diferensiasi sosial yang membahas tentang perbedaan jenis karakter bangsa pada suatu wilayah tertentu. Parameter subkultural penjelasannya adalah sebagai berikut.

  1. Kebudayaan

Diferensiasi kebudayaan terjadi apabila pertemuan dari suku yang berbeda dalam satu wilayah. Diferensiasi kebudayaan perlu diadakan akulturasi budaya, hal ini dijalankan supaya menghindari beragam contoh konflik sosial antar suku.

  1. Adat Istiadat

Diferensiasi dalam arti adat istiadat terjadi karena pertemuan adat yang berbeda dalam satu wilayah. Prihal ini setidaknya perlu diadakan bentuk asimilasi budaya agar terjadi percampuran budaya yang baru di masyarakat dan mencegah terjadinya konflik.

  1. Logat

Diferensiasi dalam logat terjadi karena perbedaan logat yang berbeda dalam satu wilayah dengan [erwilayahan lainnya. Diferensiasi logat ini dapat menjadi bahan olok-olokan pada orang yang tidak menjunjung tinggi nilai toleransi dalam masyarakat.

  1. Aktivitas

Diferensiasi aktivitas merupakan perbedaan aktivitas sehari-hari antar lingkungan sosial bermasyarakat. Diferensiasi aktivitas dapat menimbulkan kesulitan waktu untuk mengadakan suatu pertemuan tertentu di masyarakat.

Nah, artikel diatas merupakan beragam kasus tentang contoh diferensiasi sosial di masyarakat yang mudah ditemukan. Semoga, hadirnya penjelasan dari kami ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi para pembaca.

Rating: 4.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *