Faktor Penyebab Globalisasi, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Macam Faktor Penyebab Globalisasi

Globalisasi yang berkembang pada saat ini pada hakekatnya tidak akan terlepas dari berbagal bentuk faktor yang menyebabkan kemunculannya.

Adapun untuk faktor penyebab munculnya globalisasi ini bisa disebabkan internal dan eksternal. Misalnya karena bidang ekonomi, unsur budaya, komunikasi, teknologi, dan lain sebagainya. Namun yang pasti, untuk dominasi menonjol ialah pada proses sosial dan interaksi sosial terjadinya perluasan teknologi komunikasi.

Globalisasi

Globalisasi adalah kondisi masyarakat yang mendunia dan saling mempengaruhi satu sama lainnya. Masyarakat yang seperti ini akan berkompetisi melakukan bentuk perubahan sosial ke arah yang lebih baik, meskipun begitu pada realitas sosial yang terjadi dalam globalisasijuga memberikan pengaruh negatif, baik di sadari atau tidak di sadari keberadaanya.

Misalnya saja dalam hal ini jual beli online dalam marketplace tertentu menjadikan masyarakat secara luas efesien dalam mempergunakan waktunya, karena tidak langsung datang ke pasar serta melakukan tawar menawar namun disisi lain keadaan ini menjadi ancaman bagi produk-produk lokal untuk bersaing memperjual belikan. Bahkan, banyak toko sambako juga gulung tikar karenanya.

Jenis Faktor Penyebab Globalisasi

Penyebab globalisasi yang mampu mendorongnya, adalah kemunculan globalisasi ekonomi dan kemajuan telekomunikasi di dunia. Hal paling dominan, lantaran ekonomi dan telekomunikasi menyebabkan batas antarbangsa seolah luruh dengannya. Penjelasan lengkapnya, sebagai berikut;

  1. Ekonomi

Faktor Penyebab Globalisasi Bidang Ekonomi
Faktor Penyebab Globalisasi Bidang Ekonomi

Terjadinya integrasi ekonomi diberbagai belahan dunia menjadi salah satu pendorong masyarakat untuk melakukan perubahan sosial dalam segmen-segmen penting. Perubahan itu dilakukan untuk mengatisipasi penjajahan perekonomian yang dilakukan, yang umumnya bentuk penjajahan perekonomian di lakukan negara-negara maju.

Hingga akhirnya karena hal demikian karakteristik negara berkembang seperti Indonesia melakukan integrasi dunia dalam upaya mengtisipasi dampak globalisasi yang negatif dan mendorong akibat globalisasi yang positif dengan memberikan suntikan modal dan mendorong masyarakatnya membli produk-produk dalam negari sebagai bagian daripada bentuk nasionalime.

Ciri Faktor Penyebab Globalisasi Ekonomi

Yang menjadi penyebab terjadianya integrasi perekonomian memiliki beberapa karakteristik kegiatan. Misalnya saja;

  1. Kegiatan ekonomi yang diarahkan pada weightless economy (tanpa bobot). Pengertian perekonomian tanpa bobot ini adalah kegiatan perekonomian yang mana produknya berupa informasi dan jasa berbasis internet. Perkonomian jenis ini tentusaja hanya di dapat dikelola oleh negara-negara yang memiliki hak paten, sedangkan untuk penyebarannya dilakukan di seluruh dunia
  2. Perekonomian knowledge economy (berbasis pengetahuan), arti perekonomian berbasis pengetahuan adalah sebuah konsep mengenai pertumbuhan konsumen cakap teknologi sehingga mampu menjadi objek sekaligus subjek bagi pembangunan
  3. Penyebab lainnya dari faktor ekonomi dalam globalisasi adalah pekerjaan atau kerja yang dilakukan melalui jaringan internasional yang seolah menghilangkan batas-batas negara
Contoh Penyebab Globalisasi Bidang Ekonomi

Untuk kegiatan yang menggambarkan tentang pengaruh globalisasi ekonomi misalnya saja dalam sistem pendidikan informal yang dikenal dengan kursus. Dimana banyak sekali platform digital yang menyelenggarakannya, prihal ini misalnya saja Ruangguru yang membuka jasa di kurus pembelajaran di Malaysia padahal pusatnya berada di Indonesia.

Atau sebaliknya seperti Grab yang pusatnya berada di Malaysia membuka jasa transportasi di Indonesia dengan pangsa pasarnya saingan dengan Gojek yang asli produk Indonesia. Sehingga asas keterbukaan dan saingan sangatlah terlihat nyata.

  1. Teknologi Komunikasi

Faktor Penyebab Globalisasi Teknologi Komunikasi
Faktor Penyebab Globalisasi Teknologi Komunikasi

Prihal kemajuan teknologi komunikasi biasanya ditandai dengan mudahnya masyarakat dunia berinteraksi dengan komunikasi jarak jauh. Misalnya saja mengeai munculnya teknologi internet merupakan gebrakan baru dalam dunia komunikasi.

Internet seolah-olah menjadi mata bagi manusia di dunia. Melalui Internet, setiap individu dan kelompok dapat mengetahui perhelatan-perhelatan akbar yang terjadi di dunia tanpa harus berada di lokasi.

Ciri Faktor Penyebab Globalisasi Bidang Teknologi Komunikasi

Secara umum pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi dalam masyarakat ditandai adanya beragam faktor. Yaitu;

  1. Barang-barang elektronik yang mendukung sumber informasi dan komunikasi kini dapat dijumpai hampir di setiap tempat. Kantor, sekolah, dan rumah kini dilengkapi dengan berbagai barang elektronik, seperti telepon, televisi, dan internet.
  2. Telepon seluler saat ni bukan barang langka. Hampir setiap orang bisa memilikinya untuk berkomunikasi.
  3. Berkembangnya alat transportasi, baik di darat, laut, maupun udara. Munculnya kereta api tercepat di dunia merupakan bukti perkembangan teknologi di bidang transportasi darat.
Contoh Penyebab Globalisasi Bidang Teknologi Komunikasi

Misalnya saja adanya teknologi komunikasi dalam arti media sosial seperti halnya facebook, twitter, youtube, dan lainnya. Disatu sisi memudahkan manusia dalam beragam kegiatan di seluruh dunia bahkan bisa secara langsung menyaksikan momentum penting. Seperti Olimpiade Tokyo 2020, pemilihan presiden Amerika Serikan, dan lain sebagainya.

Sehingga atas dasar inilah kerapkali model bisnis dan kegiatan manusia di zaman sekarang sangatlah tergantung dengan keberadaan dunia maya.

  1. Penyebab Lainnya

Adapun untuk beberapa faktor yang turut memengaruhi aspek globalisasi yang lainnya. Antara lain;

  1. Rasionalisasi, adalah faktor penyebab globalisasi yang memiliki definisi sebagai gambaran masyarakat bahwa tidak pernah bisa lepas dari pengaruh globalisasi untuk kemajuan dirinya dan bangsanya
  2. Efisiensi dan produktivitas, hal ini menjadi pendorong adanya globalisasi di suatu negara. Lantaran dengan adanya globalisasi dampak postifnya masyarakat akan mampu menggerakan pekerjaannya lebih mudah dengan hasil yang di capai dengan maksimal
  3. Keberanian bersaing, bertanggung jawab, dan keberanian menanggung risiko
  4. Meningkatkan pengetahuan, adalah wujud yang menjadi penyebab globalisasi dimana hal ini di dasari pada keinginan masyarakat yang tidak bisa terlepas pada kebutuhan akan pengetahuan untuk kemajuan dirinya dan bangsanya
  5. Patuh pada hukum, hukum dalam globalisasi merupakan salah satu fakta sosial yang dipergunakan untuk menjaga keteraturan sosial dalam masyarakat
  6. Kemandirian, dengan adanya globalisasi masyarakat di dorong untuk melakukan kemandiarian jika tidak maka masyarakat akan terpuruk dan menjadi jajahan bangsa-bangsa lainnya
  7. Kemampuan melihat ke depan
  8. Keterbukaan, keterbukaan informasi dan keterbukaan pejabat publik dalam menyampaiakn hal-hal yang berhubungan dengan masyarakat merukan salah satu penyeba berkembangnya globalisasi di masyarakat/
  9. Etos kerja, penyebab globalisasi selanjunya berhubungan dengan etos kerja. Yang mana dengan adanya persaingan keras maka masyarakat di tuntut untuk melakukan kerja keras tanpa bersikap bermalas-masalasan

Contoh Penyebab Globalisasi

Contoh faktor penyebab globalisasi

Contoh mengenai bentuk penyebab adanya globalisasi misalnya saja;

  1. Industri Film

Kamjuan dalam industri kreatif perfilman dan arus informasi yang di dapatkan dalam live streaming. Dengan keadaan ini masyarakat akan bisa mendapatkan yang diinginkan secara cepat dan akurat, sebagai penambah pengetahuan ataupun diperlukan untuk memunculkan ide dan gagasan.

Oleh karena itulah dalam menalaah penyabab globalisasi ini sangatlah diperlukan bagi seseorang untuk berperilaku disiplin, hal tersebut lantaran dengan berperilaku disiplin, setiap individu akan mampu menghadapi proses globalisasi.

  1. Informasi dan Kebudayaan

Globalisasi informasi dan sifat kebudayaan bisa dikatakan bukanlah ancaman yang akan memupus watak dan kepribadian bangsa. Melainkan, globalisasi merupakan sebuah tantangan untuk semakin kreatif dalam merawat, menjaga, sekaligus mengkontekstualisasi, meredefinisi, dan menyaji ulang kebudayaan kita secara kreatif, realistis, dan kontekstual menghadapi tuntutan zaman.

Sehingga implementasi dari wacana faktor pendorong tersebut tentusaja perlu untuk melestarikan kearifan lokal dari ancaman daripada adanya jenis globalisasi, maka perlu mendekatkan budaya asli dengan semangat generasi muda, agar arti budaya asli tidak ditinggalkan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa ekonomi dan telekomunikasi merupakan faktor yang paling kuat pengaruhnya terhadap penyebab globalisasi. Akan tetapi, masih terdapat faktor-faktor lain yang turut memengaruhi proses globalisasi.

Tetapi yang pasti, pada dasarnya faktor penyebab tersebut ada yang berasal dari negari sendiri (internal) dan ada juga sebagian yang berasal dari negara-negara dunia (ekternal). Oleh karenannya agar bagimanapun masyarakat harus siap dalam menghadapi globalisasi, baik dalam pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lainnya.

Demikianlah pembahasan dan penjelasan mengenai faktor penyebab globalisasi bidang ekonomi, teknologi informasi, ciri, dan contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca yang membutuhkan refersensi mengenai “Globalisasi”. Trimakasih,

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *