Pengertian Globalisasi Budaya, Bentuk, Dampak, dan Contohnya

Diposting pada

Globalisasi Budaya Adalah

Budaya adalah salah satu hal yang penting yang tidak boleh ditinggalkan oleh seseorang untuk terus menjaga budaya yang ada. Kebudayaan dan peradaban tersebut juga tetap mengalami perkembangan mengikuti zaman. Budaya tentu terpengaruh dengan adanya globalisasi.

Globalisasi ini tentu akan membuat pengaruh yang besar untuk sebuah unsur budaya yang dimiliki oleh seseorang ataupun masyarakat secara individu.

Globalisasi Budaya

Definisi globalisasi bukan hal yang baru di abad 21 ini, globalisasi sudah meyangkut seluruh aspek kehidupan manusia termasuk unsur budaya. Globalisasi budaya ini di tandai dengan masuknya beberapa budaya dari negara lain ke dalam negeri.

Budaya tersebut terbentuk bukan hanya karena penyebaran secara langsung melainkan sebuah kebiasaan baru yang terjadi karena faktor tertentu. Faktor yang mempengaruhi salah satunya ialah teknologi dan perdagangan dari organisasi internasional.

Apabila kita belajar dari sejarah budaya Indonesia juga dipengaruhi oleh para penjajah yang masuk ke Indonesia. Banyak bidang yang mendapat pengaruh penjajah salah satunya adalah bahasa di beberapa daerah, banyak kata serapan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Globalisasi Budaya

Globalisasi budaya adalah bentuk penyebaran suatu pemikiran, gagasan, makna, dan nilai sosial yang ada dalam masyarakat tertentu yang dibawa ke seluruh dunia. Cara yang dilakukan sangar beragam dengan tujuan awal mempererat hubungan sosial.

Globalisasi budaya ditandai dengan mulai masuknya budaya lain ke suatu negara dapat berupa, pakaian, gaya hidup, selera, dan lain-lain yang dapat mengubah kebiasaan hidup masyarakat. Kebiasaan ini akan terbentuk dalam waktu yang cukup lama. Ketika sudah mencapai penyesuaian maka akan terjadi globalisasi budaya.

Globalisasi budaya ini dapat berkembang pesat dengan cepat dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satu yang mempengaruhi cepatnya globalisasi budaya adalah alat komunikasi. Alat komunikasi membuat seseorang dapat dengan mudah mengakses apapun dibelahan dunia manapun.

Pengertian Globalisasi Budaya Menurut para Ahli

Adapun definisi globalisasi budaya menurut pendapat yang dikemukakan oleh para ahli. Antara lain sebagai berikut;

  1. Agung feriyanto, globalisasi budaya adalah sebuah proses sosial dan interaksi sosial untuk mengintegrasikan seluruh bangsa yang ada di dunia dalam sebuah sistem yang luas. sistem tersebut menyangkut dengan berbagai negara dan melewati batas-batas negara tersebut.
  2. Barker, Pengertian globalisasi budaya adalah suatu koneksi global dibeberapa bidang diantaranya bidang budaya, sosial, ekonomi, dan politik. Bidang yang ada akan mengarah kepada negara tertentu yang ada di dunia, bahkan dapat terjadi sebuah perpaduan dalam penerapannya. Perubahan ini secara tidak sadar akan merasuk kedalam diri seseorang.

Bentuk Globalisasi Budaya

Sedangkan macam-macam globalisasi budaya antara lain sebagai berikut;

  1. Pertukaran Budaya

Pertukaran budaya merupakan salah satu bentuk globalisasi budaya. Ketika terdapat pertukaran ini maka dari negara satu dapat belajar budaya dari negara lain. Hal tersebut sesuai dengan keinginan masing-masing negara untuk saling mempelajari budaya.

Ketika sudah terjadi kerjasama untuk mempelajari dua budaya yang berbeda maka akan terjaln hubungan sosial yang baik. Hal ini apabila terus berlanjut jangan sampai negara lain lebih mengetahui budaya yang kita miliki, sehingga kita kehilangan jati diri.

  1. Pertunjukkan budaya internasional

Kegiatan ini banyak dilakukan, dibeberapa negara yang memiliki ketertarikan dengan budaya yang ada di dunia. Terdapat beberapa universitas di luar negeri baik bagian dalam atau luar negeri mengadakan acara show budaya-budaya dunia. Pertnjukkan ini akan membuat seseorang yang melihat akan tertarik untuk mempelajari budaya yang ada.

  1. Pameran internasional

Pameran seni yang taraf internasional dapat menjadi dalah satu bentuk pengenalan budaya Indonesia ke luar negeri. Apabila terus berlanjut akan membuat seseorang terpengaruh oleh budaya lain.

Ketika membuat seni lukis dan tertarik dengan arah seni Eropa, maka orang akan cenderung membuat karya yang identik dengan Eropa. Hal terebut juga terjadi pada seseorang yang tertarik dengan budaya Indonesia, maka akan membuat karya yang berkaitan dengan Indonesia.

Dampak Globalisasi Budaya

Yang menjadi dampak positif dan negatif adanya globalisasi dalam seni budaya, antara lain sebagai berikut;

  1. Dapat dengan mudah melakukan pertukaran budaya

Cepatnya pertukaran budaya dipengaruhi oleh pengetahuan yang dimiliki masyarakat. Banyak fasilitas untuk melakukan kegiatan ini. Hal ini akan lebih mudah dilakukan ketika ingin melaksanakan pertukaran budaya.

Pertukaran budaya akan membuat semakin luas pemahaman seseorang tentang budaya yang ada di berbagai negara. Ketika hal ini sudah terjadi maka dapat dikatakan globalisasi budaya sebagai sarana pengenalan budaya dari dalam negeri ke luar negeri.

  1. Terdapat pembaruan dari suatu kesenian

Pengaruh dari globalisasi budaya membuat seseorang akan terpengaruh dengan budaya lain. Pengaruh tersebut kadang tidak terasa secara langsung namun seiring berkembangnya pemikiran seseorang maka akan menyesuaikan dengan hal-hal yang baru.

Dapat kita lihat perkembangan yang ada di lingkungan kita, baik dari cara berbicara, bergaul, kesenian, dan lain-lain. Kesenian musik saat ini sudah banyak perkembangan dengan segala perpaduan yang luar biasa.

Perpaduan yang sangat ampak ialah perpaduan musik daerah, religi, dan modern. Hal ini menjadi perpaduan yang luar biasa. Perpaduan ini dapat dinikmati oleh siapapun, bahkan sekarang anak-anak muda sedang tertarik melakukan kolaborasi dengan musik tradisional.

  1. Munculnya sikap individualis

Sikap individualis ini juga merupakan pengaruh budaya luar. Ketika terdapat globalisasi budaya maka masyarakat akan mengetahui cara hidup masyarakat di luar negeri. Kita tahu budaya barat berbeda dengan budaya timur, sikap individualisme ini lebih condong pada budaya barat.

Apabila diterapkan di budaya timur kurang cocok dan menandakan adanya pergeseran budaya. Ketika hal ini terjadi dan dibiarkan dikhawatirkan antar sesama masyarakat tidak memiliki rasa kebersamaan. Apabila sudah tidak merasakan kebersamaan maka akan mudah terjadi perpecahan.

  1. Hilangnya nilai-nilai budaya lokal

Globalisasi budaya tanpa adanya penyaringan budaya, maka akan merusak budaya yang ada. Budaya luar yang terus mengerus maka kita harus mampu memilih dan memilah mana yang paling tepat untuk bangsa kita. Kita sering mendengar ambil sisi baiknya dan tinggalkan sisi buruknya. Hal tersebut dapat menjadi patokan dalam mempelajari budaya lain dengan adanya globalisasu budaya ini.

  1. Rusaknya moral masyarakat

Masyarakat yang mendambakan kebebasan sebebas-bebasnya dan mengikuti budaya lain akan membuat moral masyarakat rusak. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat memprihatinkan. Keprihatinan ini harus menjadi perhatian khusus agar moral bangsa Indonesia tetap terjaga

Segala jenis etika, sopan santun, cara bertindak, cara berbicara, dan lain-lain merupakan hal yang wajib dipertahankan.

Contoh Globalisasi Budaya

Contoh globalisasi budaya yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain sebagai berikut;

  1. Pengaruh gaya berpakaian

Globalisasi budaya memberikan pengaruh pada cara menggunakan pakaian. Ketika melihat cara berpakaian masyarakat laur negeri mereka memiliki keinginan untuk menggunakan pakaian tersebut. Hal yang ditiru dapat berupa gaya perpaiakan, jenis kain, atau model pakaian.

Ketika masuk budaya berpakaian laur negeri banyak orang yang telah meninggalkan cara berpakaian zaman dahulu. Misal di jawa identik dengan jarik dan kebaya untuk kaum perempuan, yang digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Saat ini sudah nampak berbeda tinggal beberapa orang tua yang bertahan menggunakan pakaian tersebut, generasi muda menggunakan pakaian tersebut hanya pada acara tertentu saja.

  1. Keinginan untuk bermigrasi

Masyarakat telah mengetahui budaya luar, sehingga beberapa orang memiliki pemikiran untuk hidup di negara tersebut. keinginan tersebut yang mendorong seseorang untuk melakukan imigrasi. Mereka tergiur dengan segala kebeasan yang ada di luar negeri, dengan segala angan-angan yang ingin dirasakan.

Terdapat beberapa orang hanya untuk kenyamanan. Ketika merasa tidak nyaman maka ia memiliki kebebasan untuk berpindah tempat sesuai dengan apa yang diinginkan. Keinginan ini yang akan membawa mereka bermigrasi.

  1. Lunturnya budaya lokal

Budaya lokal kadang sudah tidak ada yang mempelajari sehingga lama kelamaan akan menghilang. Globalisasi budaya ini berlangsung sangat cepat sehingga harus selalu waspada. Saat ini kesadaran menjaga kebudayaan yang ada sudah mulai muncul tinggal menjaga konsistensinya saja.

  1. Terjadinya pertukaran budaya

Pertukaran budaya ini terjadi karena pihak satu merasa sudah tidak cocok dengan budaya ini dengan menyesuaikan perkembangan zaman, dan memerlukan budaya yang ada di negara lain. Contoh budaya asing yang perlu diadobsi Indonesia merupakan budaya kerja.

Kita tahu bahwa negara Indonesia merupakan negara yang memiliki masyarakat yang ramah dan cenderung santai dalam segala kegiatannya.

Di luar negeri terbiasa sistem kerja yang cepat dan disiplin dengan harapan dapat menghasilkan, hasil yang sempurna. Indonesia saat ini sedang berusaha untuk bekerja lebih cepat dan disiplin dengan segala hal yang mulai dapat dilakukan secara digital.

  1. Semakin meningkatnya penguasaan bahasa asing

Masyakat akan dengan mudah mempelajari budaya asing melalui platform yang ada di berbagai jenis aplikasi. Hal ini akan membatu masyarakat mempelajari bahasa asing, diperlukan kemauan yang kuat agar dapat mengimbangi globalisasi budaya ini.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian globalisasi budaya menurut para ahli, bentuk, dampak, dan contohnya yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberi edukasi.

Daftar Sumber Tulisan
  1. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Globalisasi_budaya
  2. https://kadri.blogspot.com/2011/01/globalisasi-budaya.html
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *