Pengertian Akulturasi Budaya dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Akulturasi Budaya dan Contohnya

DosenSosiologi.Com– Akulturasi menjadi salah satu bagian dari bentuk asosiatif dalam masyarakat. Sebagai bentuk asositif dalam masyarakat akulturasi memiliki hubungan yang erat antara masyarakat satu dengan masyarakat yang lainnya. Termasuk dalam sistem kebudayaan yang selalu hadir disetiap segmen kehidupan manusia. Atas dasar hal tersebut dalam artikel ini akan memberikan penjelasan megenai pengertian akulturasi budaya dan contohnya.

Pengertian Akulturasi

Pengertian akulturasi budaya (acculturation) adalah berpadun diantara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda dan bersatu dalam upaya membentuk kebudayaan baru tanpa dengan maksud menghilangkan kepribadian kebudayaannya yang asli. Definisi akulturasi ini tentusanya berbalik dengan asimilasi, yang mana pengertian asimilasi adalah adanya penggamburan dua kebudayaan baru dan menghilangkan kebudayaan yang lama.

Proses Akulturasi Budaya

Proses terjadinya, akulturasi budaya dalam masyarakat biasanya memakan waktu lama akan tetapi ada yang hanya membutuhkan waktu sedikit, semua kondisi akulturasi  tersebut tentusaja bergantung pada persepsi masyarakat setempat terhadap budaya asing yang masuk.

Akulturasi bisa terjadi dalam kurun waktu yang relatif lama apabila masuknya melalui proses pemaksaaan dalam masyarakat, hal ini tentsauaja akan menimbulkan konflik sosial (baca; pengertian konflik sosial) yang dapat merusak keteraturan dalam kehidupan masyarakat. Akan tetapi jika sebaliknya masuknya akulturasi ini melalui proses damai, maka akulturasi tersebut akan relatif lebih cepat.

Kedua bentuk akulturasi yang ada antara pemaksanaan dan juga dengan damai memiliki kelebihan dan kekuarangan. Salah satu kelebihannya jika akulturasi dilakukan dengan keadaan pemaksaaan seperti dalam penggaburan yang dilakukan penjejah di Indonesia, maka akulturasi akan hilang dengan ceoat takalah penjajahan telah tiada. Dan untuk kelebihan apabila akulturasi dilakukan secara damai maka budaya yang ada tersebut akan berlangsung sangat lama dan melekat erat dalam kehidupan masyarakat.

Contoh Akulturasi

Beragam contoh yang dapat ditemukan dalam akulturasi, contoh-contohnya antara lain adalah sebagai berikut;

Contoh Akulturasi Budaya

Conth akuturasi budaya yang sering kita temukan dalam kehidupan, misalnya saja adanya perpaduan anatar musik melayu yang kemudian bertemu dengan musik Spanyol. Perpaduan kedua musik ini pada akhirnya menghasilkan musik keroncong, yang mana musik keroncong sebenarnya adalah bagian daripada kedua musik akan tetapi tidak menghilangkan ciri khasnya.

Contoh Akulturasi Bangunan

Contoh lainnya, mengenai bentuk akulturasi arsitektur misalnya saja dalam Candi Borobudur. Sebagai salah satu candi terbesar dan juga tegolong sebagai Kejaiban Dunia. Bagunan atau teknik pembangunan dalam candi ini pada dasarnya merupakan perpaduan yang ada dinatara kebudayaan India dengan kebudayaan yang asli lahir dari Indonesia.

Dengan gabungan keduanya, maka bisa dikatkan bahwa Candi Borobudr sebenarnya adalah Candi yang mampu menggabarkan kerukuran dan eratnya hubungan antara Indonesia dan India, yang sampai saat inpun kedua negara ini berkerjasama dalam berbagai bidang.

Contoh Akulturasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh lainnya, yang mampu menjelaskan dalam akulturasi di kehidupan sehari-hari misalnya saja menegenai adanya proses belajar mengajar di sekolah. Belajar mengenajr di sekolah yang khas asli Indonesia adalah sistem pembelajaran Pesantren, yang tidak menggunakan seragam, akan tetapi karena adanya unsur akulturasi dari Bangsa-Bangsa di Eropa yang mempengaruhinya sampai saat ini sistem pendidikan kita adalah bagian daripada akulturasi, karena memakai seragam.

Untuk kurikulum dan tata cara pembelajaran adalah khas Indonesia sedangkan untuk bagian formalitasnya, seperti penggunaan seragam, memakai meja, memakai kursi, adalah bagian daripada akulturasi yang di dapat dari bangsa eropa.

Contoh Akulturasi Budaya Islam (Agama)

Contoh lainnya, dalam penggambaran akulturasi ini misalnya saja dalam beragama, khususnya dalam Agama Islam. Islam masuk di Indonesia melalui kebudayaan yang dekat dengan Indonesia, penggambaran ini sebagaimana yang dijelaskan bahwa adanya sistem Dakwah melalui wayang.

Wayang yang khas kebudayaan Indonesia oleh Sunan Kalijogo diberikan bumbu-umbu dalam berdakwah. Hingga secara langsung dalam penyampaian wayang dikenal dengan syahadatain, atau penyampaian kewajiban menyambah Allah.

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa proses terjadinya akulturasi dilakukan dengan penggabungan dua kebudayaan tanpa menghilangkan salah satu unsur kebudayaan aslinya. Maka tak khayal akulturasi ini menjadi perubahan sosial yang biasanya dilakukan tanpa adanya konflik sosial dalam masyarakat.

Artikel Terkait;

  1. Pengertian Asimilasi, Ciri, Syarat, Faktor, dan Contohnya
  2. Proses Perubahan Sosial Budaya dan Contohnya
  3. 8 Contoh Kelompok Sosial di Masyarakat Pada Umumnya

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian akulturasi budaya dan contohnya. Semoga dengan adanya adanya tulisan ini bisa menambah wawasan dan juga bisa menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami serta mencari referensi mengenai “Materi akulturasi”. Trimakasih,

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *