Pengertian Enkulturasi dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian dan Contoh Enkulturasi

DosenSosiologi.ComEnkulturasi menjadi salah satu konsep yang dapat mempengaruhi perubahan sosial dalam masyarakat. Selain diperuntukan untuk memberikan analisis dalam proses-proses dinamika sosial, enkulturasi juga menjadi unusr penting dalam kebudayaan yang berkembang di dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itulah dalam tulisan ini akan memberikan penjelasan mengenai pengertian enkulturasi dan contohnya.

Pengertian Enkulturasi

Pengertian enkulturasi adalah suatu proses sosial yang dilakukan oleh seorang individu dalam mempelajari dan menyesuai kan pikiran serta sikapnya dengan adat istiadat, sistem norma, tata sosial, dan peraturan-peraturan yang hidup dalam kebudayaan nya.

Proses enkulturasi  dalam Bahasa Inggris “enculturation”, pada hekaktnya sudah dimulai oleh seseorang sejak ia masih kecil di dalam lingkungan keluarga, tetangga, sudara, teman sepermainan atau di bahkan di dalam sekolah sekalipun.

Proses terjadinya enkulturasi seringkali dimulai dari adanya kegiatan belajar dengan meniru berbagai tindakan, kemudian dari tindakan yang di hasilkan dari belajar tersebut diinternalisasikan atau di masukan dalam kepribadiannya. Dengan proses yang dilakukan berkali-kali, tindakan seseorang menjadi suatu pola yang mantap dan norma yang mengatur tindakannya dibudayakan.

Pengertian Enkulturasi Menurut Para Ahli

Definisi para ahili terhadap pengertian enkulturasi, antara lain sebagai berikut;

Havilland (1988)

Pengertian enkulturasi adalah praktik pendidikan dilakukan seseorang yang biasanya bersumber dalam adat kebiasaan pokok masyarakat yang berhubungan dengan pangan, tempat berteduh dan perlindungan, dan bahwa praktik pendidikan anak pada gilirannya menghasilkan kepribadian tertentu pada masa dewasa.

Adamson Hoebel

Definisi enkulturasi adalah suatu keadaan yang terjadi pada seseorang untuk mengakuturasikan budayanya sekaligus menginternalisasi hasil kebudayanya dalam kehidupan bermasyarakat.

Dari 2 pengertian enkulturasi menurut para ahli di atas, dapatlah disimpulkan secara umum enkulturasi  adalah proses yang dilakukan oleh seseorang untuk mengenal hasil kebudayaan dengan cara dilakukan secara ajeg (terus menerus).

Contoh Enkulturasi Dalam Masyarakat

Beragam contoh yang dapat disampaikan dalam enkulturasi, contoh-contoh tersebut misanya adalah kejadian yang dilakukan oleh seorang anak dalam menyesuaikan diri dengan waktu makan di setipa paginya. Dengan adanya proses tindakan sebelumnya berupa pengajaran, yang menjelaskan bahwa banyak manfaat sarapan yang harus di dapatkan oleh seseorang.

Karena adanya kegiatan sarapan (makan pagi) yang dilakukan oleh seseorang dalam memberikan pandangan dan penjelasan, maka kebiasaan itu akan tertanam dalam diri seseorang, kebiasan-kebiasaan inilah yang dinamakan dengan enkulturasi.

Contoh Enkulturasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh lainnya, mengenai enkulturasi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saja ialah adanya keteraturan yang dilakukan oleh seseorang untuk tidur  di waktu siang hari. Keteraturan tersebut lambat laun akan menjadi kebiasaan yang terus berlaku dalam keluarganya, bahkan setelah seseorang berkeluarga.

Contoh Enkulturasi dalam Kebudayaan

Contoh enkulturasi dalam kebudayaan, misalnya saja adalah prilaku yang dilakukan oleh Suku Baduy Dalam, yang menutup perkembangan dan pengaruh globalisasi. Mereka banyak mengangap bahwa pengaruh dunia luar akan dapat memberikan dampak negatif, tidak akan ada dampak postif yang di dapatkannya. Keadaan ini terus menerus di tanamkan dari generasi ke genrerasi, maka suatu kewajaran jika kebudayaan tidak menerima perkembangan zaman inilah menjadi pengaruh besar dalam terbentuknya enkulturasi di dalam masyarakat baduy.

Contoh Enkulturasi dalam Pendidikan

Contoh lainnya, mengenai enkulturasi dalam pendidikan misalnya saja ketika seseorang sejak kecil mendapatkan pendidikan untuk mengenal ideologi pancasila, sebagai ideologi negara tanpa bisa dianggangu gugat. Pengenalan ini kemudian dilakukan secara terus menerus, hingga akhirnya seseorang dapat mengenai ideologi bangsa Indonesia. Baca, juga; Pengertian Sosiologi Pendidikan, Ruang Lingkup, dan Tujuannya

Dari penjelasan mengenai pengertian enkulturasi dan contohnya di atas, maka dapat dipahami bahwa enkulturasi ini ialah proses seorang individu yang dilakukan secara terus menerus, da kelakuannya tersebut membentuk kebiasaan dan kebudayaan yang melakat pada kehidupannya di dalam masyarakat.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai pengertian enkulturasi dan contohnya. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari referensi mengena “Materi Enkulturasi”. Trimakasih,

Rating: 3.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *