Pengertian Klan (Clan), Ciri, Macam, dan Contohnya

Diposting pada

Klan dalam sosiologi

Klan menjadi salah satu bahasan penting dalam sosiologi dan antropologi. Khususnya berkaitan dengan materi pembelajaran diferensiasi sosial. Alasannya karena perbedaan dalam klan ini bersifat horizontal sehingga tidak menciptakan berbagai contoh permasalahan sosial jikalau setiap individu dan kelompok menyadarinya.

Tetapi di luar daripada itu semuanya, kekerabatan berhubungan dengan sistem sosial kekerabatan dalam arti keluarga.

Klan (Clan)

Klan merupakan istilah yang berasal dari Bahasa Inggris clan dengan berdasakan pada segmen hubungan sosial kekerabatan antar seseorang dengan lainnya, khususnya berhubungan dengan keluarga. Oleh karena itulah tak di mushili bahwa klan ada hubungannya dengan kehidupan manusia di permukaan bumi sebagai anggota masyarakat.

Pengertian Klan

Klan adalah penggambaran terkait bentuk kelompok sosial yang bersatu dalam perasaan dan hubungan kekerabatan, sehingga hal ini berkaitan dengan keturunan yang terbagi berdasarkan pada arti suku, makna budaya, serta arti ras yang sama.

Pengertian Klan Menurut Para Ahli

Adapun definisi klan/clan menurut para ahli antara lain;

  1. Dwi Laning (2009), Klan adalah bentuk kesatuan yang didasari pada hubungan kekerabatan dengan menitikberatkan pada faktor keturunan yang sama, yakni pada hubungan darah (genealogis) dalam diri seseorang pada lingkungan sosialnya.
  2. Koentjaraningrat, Pengertian klan adalah bentuk organisasi sosial di masyarakat dengan didasari pada keturunan sedarah sehingga dalam proses penyusunannya ada struktur beserta peran masing-masing orang dalam upaya mempererat hubungan keluarga didalamnya

Ciri Klan

Terdapat beberapa karakteristik klan, yaitu;

  1. Dalam proses sosial dan interaksi sosial di dalamnya terdapat hubungan erat
  2. Membentuk kesatuan yang didasarkan pada faktor keturunan yang sama
  3. Membentuk hubungan kerjasama antar anggota dengan kurun waktu tidak ditentukan (selamanya)

Macam Klan

Adapun untuk macam-macam bentuk klan. Yaitu;

  1. Klan Patrilineal, Klan patrilineal secara makna sama dengan arti patriaki, yang prihal ini setidaknya mencerminkan adanya hubungan antara perempuan ayah dan saudara laki-laki ayah. Sehingga dalam penerapannya sendiri melihat konsep hubungan yang erat.
  2. Klan Matrilineal, Adapun untuk klan matrilineal ialah melihat hubungan saudara dari anggota kelompok laki-laki ibu, saudara perempuan ibu, saudara laki-laki ibu, dan saudara perempuan ibu.
  3. Klan Kecil, Arti klan kecil adalah suatu kelompok sosial yang melihat kekerabatan yang terdiri atas satu nenek moyang melalui garis keturunan ayah atau ibu.
  4. Klan besar, pengertian klan besar adalah bentuk kelompok kekerabatan yang terdiri atas satu nenek moyang.

Contoh Klan

Yang menjadi contoh adanya klan dalam objek kajian sosiologi. Misalnya saja;

  1. Batak

Dalam masyarakat batak yang berlaku hubungan atas klan didasari pada ayah. Sehingga tak khayal di Indonesia nama-nama seseorang, khususnya yang berhubungan dengan suku batak selalu ada marga. Dimana marga ini lebih condong pada hubungan kekerabatan dari ayah. Oleh karena itulah dalam masyarakat batak bisa dikatakan sebagai sistem patrilineal.

  1. Minangkabau

Lainnya halnya dengan Suku Minangkabau yang ada di Sumatra Barat. Dimana hubungan darah atau kekerabatan dilihat dari garis keturunan ibu, oleh karena itulah jikalau kongritnya menikah dengan orang Minangkabau melihat keturunannya lebih condong pada ibu, sehingga hal ini sebagai anggota satu klan matrilineal.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, setidaknya dapat dipahami bahwa hubungan atas klan ini dipelajari dengan lebih luas dan mendalam berkenaan dengan berbagai pendekatan dalam hubungan kekerabatan di dalamna. Oleh karena itulah biasnya dalam ranah kehidupan dijadikan sebagai status sosial.

Itulah saja artikel yang bisa kami bagikan pada semua pembaca berkenaan dengan pengertian klan menurut para ahli, ciri, bentuk, dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *