Pengertian Patriarki, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Patriarki Adalah

Patriarki kerapkali didefinisikan sebagai “aturan ayah” yang dianggap melampaui batas-batas hubungan sosial dalam arti keluarga, terutama sekali mencakup tata kelola laki-laki dan dominasi nilai-nilai laki-laki dalam masyarakat secara keseluruhan.

Tak khayal dominasi patriarki ini mengakibatkan laki-laki memiliki kendali penuh atas ekonomi keluarga dan politik. Sehingga tentusaja mampu membatasi kebebasan ekspresi dan aliansi seksual perempuan, meminggirkan atau menyingkirkan mereka dari kepemimpinan politik dan agama, membatasi pendidikan perempuan, dan bahkan terkadang kebebasan bergerak perempuan bisa terbatas. Adapun untuk contoh negara yang menganut sistem ini misalnya, India, Peru, AS.

Patriarki

Sejatinya, objek kajian sosiologi cenderung melihat patriarki sebagai produk sosial dan bukan sebagai hasil dari perbedaan bawaan antara jenis kelamin. Kondisi ini tentusaja memusatkan perhatian pada peran gender dalam masyarakat mempengaruhi perbedaan kekuasaan antara laki-laki dan perempuan yang terbatas dalam sistem patriarki.

Adapun sejarah patriarki terus berkembang, bukan hanya pada keluarga, melainkan dalam organisasi sosial, hukum, politik, agama, dan ekonomi dari berbagai unsur budaya yang berbeda.

Oleh karena demikianlah secara eksplisit patriarki didefinisikan oleh konstitusi dan hukum mereka sendiri, kebanyakan masyarakat kontemporer, dalam praktiknya, bersifat patriarkal. Sebagai lawan dari patriarki, ada istilah matriarki yang seringkali membingungkan dengan masyarakat matrilineal, matrilokal, dan matrifokal.

Pengertian Patriarki

Patriarkal adalah struktur sosial yang secara umum meletakan kedudukan di mana laki-laki memiliki kekuasaan atas perempuan. Masyarakat patriarki terdiri dari struktur kekuasaan yang didominasi laki-laki di seluruh masyarakat yang terorganisir dan dalam hubungan individu.

Kekuasaan terkait dengan hak istimewa dalam sistem patriarki ini terjadi dimana laki-laki memiliki lebih banyak kekuasaan daripada perempuan, laki-laki memiliki beberapa tingkat hak istimewa yang bukan hak perempuan. Konsep patriarki telah menjadi inti dari banyak teori feminis. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menjelaskan stratifikasi kekuasaan dan hak istimewa berdasarkan gender yang dapat diamati dengan banyak ukuran obyektif.

Pengertian Patriarki Menurut Para Ahli

Adapun definisi patriarki menurut para ahli. Antara lain;

  1. Merriam Webster, Patriartki adalah organisasi sosial yang ditandai dengan supremasi ayah dalam klan atau keluarga, ketergantungan hukum terhadap istri dan anak, serta penghitungan keturunan dan warisan dalam garis keturunan laki-laki.
  2. Your Dictionary, Pengertian patriarki adalah suatu bentuk organisasi sosial di mana ayah atau laki-laki tertua diakui sebagai kepala keluarga atau suku, keturunan dan kekerabatan dilacak melalui garis laki-laki. Dalam hal ini segenap pemerintahan, aturan, atau dominasi laki-laki, seperti dalam keluarga atau suku. Sehingga sistem sosial dalam masyarakat di mana laki-laki adalah kepala rumah tangga, memegang kekuasaan paling besar dan di mana garis keturunan keluarga diteruskan melalui laki-laki.

Jenis Patriarki

Adapun untuk berbagai bentuk patriarki dalam kehidupan masyarakat. Antara lain;

  1. Tradisional, dimana dalam sistem ini laki-laki yang lebih tua memiliki kekuasaan atas generasi laki-laki yang lebih muda. Masyarakat patriarki tradisional, biasanya, juga patrilineal gelar dan properti diwarisi melalui garis laki-laki. (Sebagai contoh, Hukum Salic yang diterapkan pada properti dan gelar mengikuti garis keturunan pria dengan ketat).
  2. Modern, patriarki  dalam sistem modern meletakan beberapa pria memegang lebih banyak kekuasaan (dan hak istimewa) berdasarkan posisi otoritas, dan hierarki kekuasaan (dan hak istimewa) ini dianggap dapat diterima.

Contoh Patriarki

Adapun untuk contoh negara yang dikenal dalam penerapan sistem patriarki ini, misalnya saja;

  1. Amerika Serikat

Amerika Serikat sebagai salah satu negara maju, memiliki penerapan patriarki dalam kehidupannya masyarakat. Hal ini di dasarkan pada pernyataan Philip Cohen, seorang profesor sosiologi di Universitas Maryland, berpendapat bahwa AS tetap merupakan masyarakat patriarkal. Cohen berpendapat bahwa AS tetap patriarki karena “diperintah oleh laki-laki

Berdasarkan angka-angka, ini tidak dapat disangkal benar: seperti yang dilaporkan oleh Vox, hanya 24 perusahaan Fortune 500 yang memiliki CEO wanita pada tahun 2018 (turun dari posisi tertinggi sepanjang masa yaitu 32 pada tahun 2017).

Center for American Women and Politics (CAWP) melaporkan bahwa perempuan hanya memegang 23,7 persen kursi di DPR dan 25 persen kursi Senat; dan Cohen mencatat bahwa di antara keluarga Amerika, hanya 6 persen wanita menikah kelahiran AS yang memiliki nama keluarga yang berbeda dari nama keluarga suami mereka pada tahun 2004.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian patriarki menurut para ahli, macam, dan contohnya yang ada di dunia. Semoga memberikan wawasan untuk kalian yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *