Pengertian Kejahatan, Jenis, Penyebab, dan Contohnya

Diposting pada

Kejahatan Adalah

Terjadi berbaga kondisi di masyarakat dalam proses sosial dan interaksi sosial yang tinggi banyak menghasilkan berbagai perilaku sosial di masyarakat, termasuk perilaku kejahatan seperti dalam arti genosida. Prilaku ini sendiri manjadi sumber masalah sosial karena berkaitan dengan perebutan hak yang dimiliki oleh orang lain.

Disisi lainnya, masalah sosial kejahatan bisa terjadi karena adanya beragam faktor yang melatarbalanginya. Misalnya saja tingginya angka pengangguran, terjadinya bencana alam, dan terbatasnya sumber daya alam yang dimiliki oleh suatu bentuk negara. Tetapi yang pasti, kejahatan menjadi salah satu bagian pembelajaran dalam objek kajian sosiologi.

Kejahatan

Kejahatan pada hakekatnya merupakan istilah yang berada dari Bahasa Inggris crime. Dimana prilaku semacam ini melanggar norma hukum. Alasannya lantaran bagian dari bentuk perilaku menyimpang masyarakat yang dilakukan secara individu atau kelompok, untuk mengambil hak orang lain tapa izin, baik melalu kekerasan ataupun dilakukan secara diam-daim (semubunyi).

Pengertian Kejahatan

Kejahatan adalah tindakan merugikan anggota masyarakat lainnya dengan latar belakang dalam diri manusia seringkali di dasari dari proses imitasi seseorang pada pergaulan, dorongan karena membaca berita atau koran yang hoks, keadaan ekonomi yang lamah, gaya hidup yang hedon, dan lain sebagainya.

Pengertian Kejahatan Menurut Para Ahli

Adapun untuk definisi kejahatan menurut para ahli, antara lain;

  1. Sutherland, Pengertian Kejahatan adalah perilaku menyimpangan di lingkungan sosial bermasyarakat yang keluar dari norma sosial dan nilai sosial, dimana prilaku ini menjadi penentu dalam pelanggaran ketentuan hukum pidana, sehingga seseorang yang melakukan kejahatan haruslah dihukum sesuai dengan keteraturan sosial yang berlaku di masyarakat.
  2. Soesilo, Definisi kejahatan adalah prilaku masyarakat yang melanggar UU (Undang-Undang), sehingga bentuk tindakan sosial ini dilihat dari sudut padang sosiologis menyebabkan banyak hilangnya keseimbangan, ketertiban, dan ketentraman masyarakat. Oleh karena itulah harus dilakukan pengentasan yang efesien melalu penegak hukum yang baik.

Jenis Kejahatan

Adapun untuk macam-macam jenis kejahatan. Antara lain;

  1. Kejahatan Terorganisir (Organized Crime)

Tipe keajahan ini untuk para pelaku memiliki ikatan sosial dan jaringan sosial yang kuat. Sehingga individu dan kelompok yang bergabung melakukan tindakan dengan bersama-sama demi memperkaya diri dengan cara tersistematis dan rapih. Adapun conthnya yaitu adanya tindakan korupsi yang dilakukan oleh sebagai para pejabat publik di Indonesia.

  1. Kejahatan Tanpa Korban (Crime Without Victim)

Tipikal prilaku kejahatan tidak menjadi penyebab tumbulnya koraban pada orang lain. Alasannya karena tindakan pelaku tersebut hanya merugikan untuk dirinya sendiri. Adapun prihal ini contohnya saja seperti adanya penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh sebagaian artis di Indonesia.

  1. Kejahatan Korporat (Corporate Crime)

Bentuk kejahatan atau dalam arti kriminalitas ini dilakukan dengan atas nama organisasi sosial ataupun perusahaan tertentu dengan maksud untuk menakan angka kerugian ataupun melakukan penggelapan dalam sistem perpajakan. Adapun contohnya adalah perusahaan tertentu yang membuat limbahnya langsung kedalam laut sehingga menyebabkan lingkungan tercemar.

  1. Kejahatan Kerah Biru (Blue Collar Crime)

Tipikal kejahatan dalam bentuk ini dilakukan dalam jenis kelas sosial menengah ke bawah. Lantaran hanya merugikan jumlah yang tidak terlalu besar bagi masyarakat hanya saja kadangkala sanksi sosialnya lebih tinggi. Contoh kejatanan kerah biru misalnya saja  mencuri sepatu di masjid.

  1. Kejahatan Kerah Putih (White Collar Crime)

Makusd daripada kejahatan kerah putih atau yang dikenal dalam istilah sosiologis dengan white collar crime adalah tindakan yang dilakukan oleh orang orang dari kelas menangah ke atas sehingga secara status sosial dan peran sosialnya sangat tinggi. Untuk contohnya seperti adanya tindakan suap yang dilakukan sebagai pejabat dalam menutup kasus hukumnya.

Faktor Penyebab Kejahatan

Faktor Penyebab Kejahatan

Untuk faktor kejahatan dan pelanggaran bisa terjadi. Antara lain;

  1. Keinginan

Keinginan mendapatkan hak orang lain menjadi salah satu penyebab kejahatan. Keinginan ini bisa di dasarkan pada psikologi manusia, yang selalu merasa kekeurang dengan apa yang dimilinya. Oleh karena itulah jika kehatan dilakukan berdasarkan keinginan akan lebih sulit untuk menyadarkannya.

  1. Kesempatan

Kejahatan yang terjadi dalam masyarakat bisa didasari pada kesempatan, kesempatan ini diperoleh dari adanya hubungan kedekatan antara pelaku dan korban. Oleh karena itulah kesempatan yang mendorong seseorang melakukan kejahatan misalnya karena kondisi yang sepi, barang-barang mewah, dan lain sebaginya.

  1. Lemahnya Iman

Kelemahan iman yang dimiliki seseorang juga menjadi salah satu unsur kejahatan seseorang, iman berkaitan dengan kepercayaan pada tuhan.

Definisi iman ini haruslah diyakini dalam hati, dilakukan dengan amal perbuatan, dan diucapakan dengan lisan. Iman yang berhubungan dengan lembaga agama sangat memiliki keterikatan masyarakat untuk mencehag tindakan yang melanggar hukum.

Contoh Kejahatan

Untuk beberapa bentuk kejahatan yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Kemanusiaan

Mengenai kejahatan yang berhubungan dan menausia ini terjadi misalnya saja adalah kejahatan dalam pencurian, kejahatan dalam pemerkosaan, dan kejahatan-kejahatan yang berhubungan antar mahluk hidup. Kejahatan model ini menjadi salah satu jenis kejahatan yang paling sering terjadi dalam masyarakat.

  1. Perang

Mengenai kejahatan dalam peperangan. Kejahatan ini bisa terjadi dalam masyarakat karena dilatar belakangi dengan konflik, baik konfilk sosial ataupun bentuk konflik lainnya. Contoh kejahatan model ini adalah kejahatan yang terjadi di Myanmar yang melakukan pembantaian dalam masyarakat muslim.

  1. Komputer

Tipikal kejahatian ini menjadi bentuk kejahatan yang terjadi karena globalisasi ini. Misalnya saja adalah kejahatan komputer, seperti halnya melakukan pencurian data, hack situs pemerintah, ataupun menyerbarkan situs-situs hoks yang dapat merusak integrasi bangsa.

Dari penjelasan mengenai pengertian, penyebab, dan contoh kejahatan dalam kehidupan di atas, dapat dikatan bahwa kejahatan adalah tindakan penyimpangan sosial masyarakat. Yang harus dilakukan keadilan sosial, dan juga diganjar dengan hukum, hal ini berkaitan dengan kejahatan yang berdampak pada keadaan sebagai berikut;

  1. Merugikan Orang Lain
  2. Menyebabkan Kemiskinan dalam Masyarakat
  3. Menyebabkan rusaknya keteraturan sosial

Demikianlan penjelasan mengenai pengertian kejahatan menurut para ahli, jenis, faktor penyebab, dan contohnya di masyarakat. Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan bagi para pembaca yang sedang mencari refensinya.

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

2 thoughts on “Pengertian Kejahatan, Jenis, Penyebab, dan Contohnya

  1. Terimakasih banyak kepada penulis, artikel ini sangat membantu saya, sangat mudah dipahami, terimakasih

    Rating: 5.0/5. From 1 vote.
    Please wait...
    1. Wah, sama-sama. Trimakasih juga telah berkunjung 🙂

      No votes yet.
      Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *