Contoh Kejahatan di Masyarakat dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Kejahatan di Masyarakat

Kejahatan menjadi salah satu masalah sosial di Indonesia pada saat ini dan beberapa bentuk negara dunia yang seringkali mengakibatkan kerugian, baik materi ataupun non materi. Oleh sebab itulah sebagai bangasa berdaulat senantiasanya menghindarinya dari tindakan dalam arti kriminalitas ini.

Disisi lainya banyak contoh perilaku kejahatan yang sedang berkembang di lingkungan sosial bermasyarakat. Misalnya saja seperti kemanusiaan, genosida, dunia maya, dan lain sebagainya. Namun yang pasti semua bentuknya tergolong sebagai perilaku menyimpang.

Kejahatan

Kejahatan adalah prilaku yang dijalankan oleh seseorang atau sekelompok dalam masyarakat sebagai implementasi atas ketidakpuasaan yang dialaminya, sehingga ketiksetujuan atas dasar ini bisa disebabkan karena lunturnya keteraturan sosial, ekonomi, atapun faktor pendorong konflik sosial tanpa adanya toleransi keberagaman.

Atas hal inilah, prilaku yang menjadi penyabab kejahatan ini kompleks peranannya. Misalnya saja dalam element ketidakpuasaan dalam segi aturan ataupun keputusan pemeraintah bisa menjadi dorongan upaya melakukan tindakan yang mengimpang.

Contoh Kejahatan

Contoh Kejahatan
Contoh Kejahatan

Setidaknya terdapat beragam contoh kejahatan di masyarakat yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Kemanusiaan

Kasus kejahatan yang pertama berhubungan erat dengan kemanusiaan yang bisa pernah terjadi di Indonsia ialah pembunuhan masal yang dilakukan masyarakat asli di Provinsi Lampung kepada masyarakat bersuku Bali, lantar belakangnya ialah konflik sosial terutama perbedaan suku dan tingkatan kesejahteraan ekonomi.

  1. Genosida

Kasus lainnya yang berhubungan dengan kejahatan ialah genosida. Peristiwa ini pernah terjadi di kawasan Eropa terutama oleh Bangsa Nazi kepada Bangsa Yahudi, bahkan dalam peristiwa sejarah kejahatan yang dilakukan di wilayah ini menjadi kejahatan terparah yang pernah terjadi di dunia.

  1. Korporasi

Kasus lainnya tentang sistem kejahatan yang dapat dikatakan korporasi ialah prwitiwa tentang adanya penipuan atas nama Perusahaan Jawa Umroh dan Haji yang pernah dilakukan Fist Travel pada tahun 2018.

Kejahatan tersebut mengakibatkan kerugian besar bagi masyarakat dan juga negara, bahkan atas nama lembaga agama seluruh asset serta kekayaan pemiliknya akan dikembalikan ke negara sebagai wujud pertangungjawaban atas penyalahgunaan perusahaan.

  1. Terorganisasi

Kejahatan yang selanjutnya adalah pristiwa kasus yang tersistem dengan baik, misalnya saja tentang pemberontakan PKI (Partai Komunis Indonesia). Dalam kajian inilah tersistem serta terorganisasinya dengan baik PKI pernah mampu membuat Indonesia terpecah-pecah, bahkan penah ingin menjadi Indonesia sebagai negara komunis terbesar di dunia.

  1. Perang

Yang berkaitan dengan kejahatan adalah perang yang perah terjadi di dunia misalnya saja perang dunia pertama dan kedua. Sedangkan terjadi di cangkupan wilayah Indonesia misalnya saja perang yang dilakukan masyarakat antar arti suku atau arti budaya yang berbeda sebagaimana yang terjadi di Pulau Kalimantan dan Papua.

  1. Dunia Maya

Tentang kejahatan di dunia maya baru-baru ini menjadi sorotan hal yang unik, mengingat semua out disebabkan kerena faktor pendorong perubahan sosial yang cepat sehingga ketidaksiapan atauran dengan konten-konten yang memadai.

Priwitiwa kejahatan di dunia maya ini pernah terjadi di Indonesia, misalnya saja yang dilakuakn Jonru dengan menyebarluaskan berita (konten) negative kepada Presiden Republik Indonesia dengan penyebutan PKI ataupun yang lainnya. Sehingga memunculkan ketegangan sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

  1. Bisnis

Mengenai kasus kejahatan bisnis juga menjadi salah satu pristiwa penting yang patut menjadi acuan bagi semua pihak. Kejahatan ini misalnya saja tentang penipuan yeng berkedok invetasi bodong, sehingga mengancam lembaga ekonomi negara.

  1. Agrasi

Pristiwa kejahatan yang lainnya, ialah agresi dengan merugikan banyak masyarakat dan warga negara. Kejahatan ini bisanya lebih condong dilakukan antar bangsa merdeka dengan tujuan penjajahan, oleh sebab itulah pada saat ini nyaris dikurangi bentuknya. Misalnya saja penjajahan yang dialami Belanda kepada Indonesia, selama 350 Tahun lebih.

  1. Digital

Kejahatan dalam dunia digital memanglah marak terjadi di Indonesia, utamanya dengan sistem pencuraian data-data penting negara.

Misalnya saja data terkait dengan kependudukan. Adapun cara melakukan kejahatan ini biasanya dengan menginstal beberapa aplikasi yang kemudian dari aplikasi tersebut mampu meretas semua data yang ada di henphone maupun smartphone milik kita.

  1. Kesehatan

Tindakan yang tegolong dalam kejatan kesehatan ini senantiasanya menjadi kerugian bagi bangsa dan negara. Adapun contohnya misalnya apa yang terjadi dalam kasus Alat Rapid Test Bekas di Bandara Kualanamu yang menggunakan peralatan bekas dalam mengindetifikasi virus corona.

Padahal, kondisi dengan demikian untuk tidak aman dalam menjaga Indonesia agar bebas secara sepenuhnya dengan virus corona.

  1. Kehidupan Sehari-Hari

Adapun untuk bentuk-bentuk yang tergolong menjadi kejahatan lainnya dalam sisi humanis (kemanusiaan) yang bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Pembunuhan
  2. Pemusnahan terhadap golongan ataupun inividu
  3. Perbudakan kepada golongan masyarakat
  4. Deportasi yang seringkali dikenal dengan pemindahan paksa penduduk, kejadian ini misalnya saja pernah terjadi di Myanmar yang melakukan pengusiran kepada Suku Rohingnya karena perbedaan keyakinan.
  5. Pemenjaraan kepada seseorang yang tidak bersalah
  6. Penyiksaan
  7. Pemerkosaan
  8. Perbudakan seksual
  9. Penganiayaan
  10. Pencurian yang juga disebut kriminalitas
  11. Apartheid

Faktor Penyabab Kejahatan

Beberapa hal yang menjadi sebab musabab munculnya kejahatan dalam masyarakat, antara lain;

  1. Disintegrasi Bangsa

Peranan bangsa-bangsa berdaulat akan senantiasanya penting dalam upaya mencegah prilaku kejahatan, dengan demikianlah setiap disintegrasi sosial harus dialakukan upaya penyelesaian, jikalau tidak tindakan ini akan merusak integrasi sosial masyarakat.

  1. Konflik Sosial

Penyebab kejahatan selanjutnya bisa muncul dari adanya konflik, banyak sekali contoh konflik sosial di Indonesia yang pernah terjadi, dan terutama memicu tindakan kejahatan, salah satunya misanya saja dalam fenomena yang terjadi di Kalimantan Barat, peperangan antara masyarakat Madura dan Dayak

  1. Toleransi

Penyebab munculnya kejahatan dalam masyarakat bisa terjadi lantaran adanya toleransi yang kurang memadai, sehingga keadaan inilah menjadi pemicu masyarakat untuk cepat marah dalam menghadapi perbedaan yang senantiasa ada dalam kehidupan.

Demikianlah serangkaian tulisan tentang beragam contoh kejahatan yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan meningkatkan ilmu pengetahuan bagi segenap pembaca yang membutuhkan materinya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *