Pengertian Inovasi, Ciri, Tujuan, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Inovasi

Konsep dalam bentuk perubahan sosial yang terjadi ditengah-tengah kehidupan masyarakat pada dasarnya dapat dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya yang dominan mempengaruhi masyarakat adalah proses sosial dan interaksi sosial yang menciptakan pembaruan atau inovasi.

Inovasi sendiri keberadannya tidak lepas dari fakta sosial bahwa masyarakat adalah mahkluk sosial yang bergerak secara dinamis bukan statis sehingga senantiasa melakukan pemikiran untuk terus mencipatakan teknologi dan metode baru yang lebih praktis.

Inovasi

Istilah penyebutan inovasi hakekatnya berasal dalam Bahasa Inggris “inovation” yang memiliki makna penemuan baru yang berbeda dari keadaan ataupun kondisi yang sebelumnya pernah ada. Sehingga dalam melahirkan inovasi diperlukan masyarakat yang siap untuk dikritik lantaran apa yang dijalankan dan dilakukannya tidak sesuai dengan sistem sosial berupa kebiasaan yang ada sebelumnya.

Pengertian Inovasi

Inovasi adalah suatu proses pembaruan dari penggunaan sumber-sumber alam, energi, dan modal, pengaturan baru dari berbagai jenis tenaga kerja dan penggunaan teknologi baru yang semua akan menyebabkan adanya sistem produksi, dan dibuatnya produk-produk yang baru.

Oleh karena itulah inovasi seringkali dihubungan antara pembaruan pada sifat kebudayaan, teknologi, dan juga pada perekonomian.

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli
Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

Adapun definisi inovasi menurut para ahli, antara lain;

  1. Green, Howells & Miles, Pengertian inovasi adalah kondisi atas penemuan baru yang menghasilkan praktek, metode, atau proses baru yang bisa berupa barang dan jasa
  2. Thomas, Definisi inovasi adalah proses perubahan sosial budaya dalam sekala besar yang bersifat radikal dari adanya penemuan yang sebelumnya belum pernah ada
  3. Albury dan mulgan, Arti inovasi adalah penciptaan dan pelaksanaan penemuan baru yang bisa berupa barang, produk, jasa, serta metode yang lebih bersifat efektif dan efisien
  4. Edguist (2001), Inovasi adalah ciptaan baru yang menghasilkan materi sehingga memiliki arti nilai dalam bidang ekonomi dan dipergunakan oleh perusahaan serta individu dan kelompok yang yang membutuhkannya.
  5. Stephen Robbins (1994), Makna inovasi adalah gagasa baru yang bisa memprakasai untuk penggunaan produk dan jasa agar lebih efektif

Ciri Inovasi

Ciri Inovasi
Ciri Inovasi

Adapun untuk karakteristik penemuan baru (inovasi) antara lain;

  1. Memiliki ciri khusus yang bisa dihasilkan dari ide, program, sistem, serta tatanan yang berbeda dari kondisi sebelumnya
  2. Memiliki unsur kebahruan, artinya disini sebuah inovasi adalah karya dari pemikiran yang menciptakan kebaharuan atau orisinalitas dari kondisi yang berbeda
  3. Memiliki program yang terencana, artinya pencipataan inovasi haruslah terprogram sehingga perubahan yang dicipatakan cepat untuk diterima oleh masyarakat
  4. Memiliki tujuan yang memudahkan, disini sangatlah jelas bahwa setiap inovasi haruslah memiliki tujuan untuk memudahkan dari konsep sebelumnya

Tujuan Inovasi

Sedangkan adanya inovasi yang ditemukan dalam kehidupan masyarakat memiliki tujuan. Antara lain;

  1. Mampu untuk menurunkan tingkat biaya
  2. Diharapkan mampu untk meningkatkan efisiensi
  3. Bertujuan agar menyampaikan kualitas yang baik dengan ondisi harga yang sesuai
  4. Inovasi tetap untuk memungkinan memperoleh provit dan pertumbuhan

Sumber Inovasi

Adapun untuk realitas sosial yang mampu dalam merangsang adanya inovasi adalah:

  1. Adanya tuntutan atas arti kebutuhan yang mendesak, hal ini tentusaja terasa dalam kehidupan sehari-hari. Dimana proses keterdesakan bisanya mampu mencipatakan inovasi baru
  2. Adanya jaringan sosial yang akhirnya mampu untuk mencipatakan komunikasi dan menangkap peluang baru
  3. Mampu menerima kritik dan saran atas keterbukaan sikap yang dimiliki
  4. Memiliki masalah serta tantangan yang akhirnya mendorong untuk proses penyelesaian dari problematika yang dialami
  5. Adanya bentuk tekanan yang kuat untuk menjadi lebih baik

Contoh Inovasi

Baik dalam pendidikan, kebudayaan, masyarakat, ataupun di dalam kehidupan sehari-hari yang kita jalankan selama ini ada berbagai contoh inovasi. Antara lain;

  1. Pendidikan

Mengenai inovasi dalam arti pendidikan misalnya saja adanya seorang guru mengajar dalam pendidikan formal tertentu dengan cara yang membuat kelas ribut. Meskipun tadinya dianggap mengganggu dari adat yang sebelumnya dijalankan akan tetapi pada faktanya dengan cara itulah keberhasilan yang di dapatkan adalah meningkatkan semangat siswa belajar.

  1. Budaya

Inovasi dalam kebudayaan, misalnya saja mengenai adanya pembaharuan dalam memanfaatkan teknologi. Banyak ditemukan aplikasi di adroid yang membuat musik angklung secara online, musik dan suaranya diciptkan sama persis akan tetapi untuk alat yang dipergunakan berbeda dengan keadaan sebelumnya, yang cederung dengan tradisional.

  1. Masyarakat

Masyarakat yang bergerak secara dinamis menimbulkan banyak indovasi. Pengertian masyarakat ini adalah sekumpulan orang yang beriteraksi berintergrasi untuk mencapai tujuan. Adapun contoh inovasi dalam masyarakat, khususnya seringkali dipergunakan dalam pertanian menggunakan traktor padahal pada saat sebelumnya pertanian menggunakan bajak sawah yang memanfaatkan hewan kerbau.

  1. Teknologi

Adapun di dalam kehidupan sehari-hari secara tidak langsung kita juga menjalakan inovasi, dalam hal ini misalnya saja untuk berinterkasi dengan orang lain. Yang dahulu dipergunakan melalui surat menyurat akan tetapi pada saat ini bisa memanfaatkan media sosial, menelphon, dan kegiatan lainnya.

  1. Ekonomi

Pada bidang ekonomi juga terdapat inovasi baru yang ditemukan. Prihal ini misalnya saja penggunaan uang elektronik yang dijadikan sebagai alat transaksi dalam berbelanja onlline. Baik mempergunakan facebook ads, ataupun menggunaan marketplace. Adapun untuk contoh e-money sendiri misalnya saja ovo, dana, gopay, link aja, dan produk-produk lainnya.

  1. Sosial

Dalam bidang sosial khususnya pada tujuan pemberdayaan masyarakat pada saat ini juga ditemukan inovasi dari metode yang dipergunakan. Misalnya saja munculnya situs kitabisa dalam proses penggalangan dana, atau hadirnya contoh pemberdayaan masyarakat di Kampung Marketer dengan memanfaatkan iklan di media sosial untuk memberdayakan pemuda desa.

Kesimpulan

Dari penjelasandapat disimpulkan bahwa inovasi adalah sesuatu yang baru dan belum ada pada saat sebelumnya dapat menciptkan masyarakat yang berkembang meskipun dengan keadaan yang berbeda. Oleh karena itulah ada pendapat yang mengatakan jika inovasi ini di definisikan sebagai penemuan unsur-unsur kebudayaan baru. Sebagaiman dalam pengertian asimilasi dan pengertian akuturasi.

Disisi lain, untuk objek kajian sosiologi inovasi diartikan sebagai sikap yang dimiliki oleh seseorang untuk menerima cara baru dalam penempatan nilai budaya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam inovasi upaya pencapaian tujuan tidak dilakukan dengan cara yang konvensional dan dilarang, khususnya yang dapat merusak integrasi sosial dan keteraturan sosial.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian inovasi menurut para ahli, ciri, tujuan, sumber, dan contohnya, semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca yang sedang memerlukannya.

Rating: 4.0/5. From 4 votes.
Please wait...

One thought on “Pengertian Inovasi, Ciri, Tujuan, dan Contohnya

  1. Alhamdulilah sy Sudan membacanya, sang at membantu, Dan menambah ilmu pengetahuan sy.

    No votes yet.
    Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *